05 Oktober 2023

Konsumsi 8 Makanan Agar Mudah Melahirkan Ini Yuk, Moms!

Makanan ini bantu menambah energi yang Moms butuhkan ketika persalinan.

Buah KurmaMendekati waktu persalinan akan semakin dekat, Moms disarankan menyantap beberapa jenis makanan agar mudah melahirkan.

Selain perlu membawa barang-barang yang diperlukan saat persalinan nanti, Moms juga harus mengonsumsi makanan agar memudahkan proses melahirkan, sekaligus memberikan banyak asupan kalori.

Menurut American Society of Anesthesiologists (ASA), persalinan adalah pekerjaan fisik yang berat, dan wanita bisa membakar banyak kalori selama proses persalinan berjalan.

Baca Juga: Tidak Ingin Melahirkan Caesar, Ini 3 Persiapan Melahirkan Normal yang Harus Dilakukan

Makan dan minum selama persalinan, terutama pada tahap awal, dapat memberi kita energi yang diperlukan dan membantu Moms tetap nyaman.

Tenaga kerja dinamai dengan sangat tepat karena ini adalah tugas fisik yang membutuhkan kekuatan dan stamina.

Membatasi asupan makanan selama persalinan dapat menyebabkan stres, mual, muntah, dan sakit kepala. Gizi dan hidrasi yang baik dapat mencegah kita merasa lelah.

Kelelahan dapat memperpanjang persalinan dan menyebabkan lebih sedikit kontraksi.

Jika melahirkan di rumah sakit atau pusat persalinan, maka diskusikan kebijakan mereka tentang makan dan minum dengan dokter kandungan sebelumnya.

Bila Moms menjalani operasi caesar, penyedia layanan harus memberi pedoman tentang asupan makanan dan minuman khusus untuk prosedur itu.

Apa saja daftar makanan agar mudah melahirkan? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Jenis Makanan Agar Mudah Melahirkan

Dalam Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, diperkirakan proses persalinan bisa membakar hingga 100 kalori per jam.

Karena itu, penting memerhatikan asupan makanan sebelum dan sesudah melahirkan.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi agar mudah dalam melahirkan.

1. Konsumsi Cukup Protein

Makanan Agar Mudah Melahirkan
Foto: Makanan Agar Mudah Melahirkan (Freepik.com)

Pastikan mengonsumsi beberapa sumber protein yang cukup selama proses melahirkan. Beberapa pilihan sumber protein terbaik yaitu:

Telur tidak hanya mengandung protein, tetapi juga lemak omega-3.

Studi pada jurnal Depression Research and Treatment, menemukan adanya hubungan antara kadar omega-3 rendah dengan depresi pascapersalinan.

Baca Juga: Postpartum Depression, Gangguan Mental setelah Melahirkan

2. Makan Karbohidrat Kompleks

Roti Gandum
Foto: Roti Gandum (Freepik.com)

Karbohidrat kompleks memberikan asupan serat dan membantu membuat Moms menjadi lebih bertenaga saat persalinan sehingga cocok menjadi makanan agar mudah melahirkan.

Beberapa contoh karbohidrat kompleks seperti berikut ini:

  • Roti atau biskuit gandum
  • Pasta gandum
  • Beras merah
  • Oatmeal

Menurut Nutricia, karbohidrat menjadi sumber energi yang baik saat melahirkan.

Moms juga dapat memadukannya dengan sumber protein untuk mendapatkan asupan makanan yang bergizi.

3. Pilih Minuman Elektrolit Tinggi

Air Kelapa Kaya Elektrolit
Foto: Air Kelapa Kaya Elektrolit (Freepik.com)

Tidak hanya mengonsumsi makanan agar mudah melahirkan, tetap penting menjaga tubuh Moms tetap terhidrasi.

Biasanya, dokter akan sering mengandalkan cairan infus. Namun, tak ada salahnya Moms mulai membiasakan tubuh selalu terhidrasi.

Untuk memastikan kebutuhan cairan tercukupi, Moms dapat mengonsumsi air kelapa sebagai minuman dengan kadar elektrolit tinggi.

"Air kelapa adalah minuman super yang memberikan asupan elektrolit yang dibutuhkan.

Kemas minuman ini pada botol sehingga lebih mudah untuk diminum selama proses persalinan," jelas Sharon Muza, LCCE, FACCE, doula bersertifikat di Seattle, mengutip Very Well Family.

Baca Juga: 13+ Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil, Luar Biasa!

4. Buah Segar Sebagai Camilan Bernutrisi

Buah Kaya Nutrisi
Foto: Buah Kaya Nutrisi (Freepik.com)

Ketimbang mengonsumsi camilan manis, Moms dapat menggantinya dengan buah segar yang dapat memberikan asupan nutrisi sebagai makanan agar mudah melahirkan.

Sharon menuliskan beberapa buah-buahan segar yang bisa Moms pilih utnuk membantu proses persalinan, seperti berikut ini:

  • Buah beri
  • Anggur
  • Melon
  • Pisang

Jika Moms merasa terlalu sulit untuk mengunyah, maka Moms bisa membuat buah-buahan ini menjadi smoothie yang menyegarkan.

Namun ingat, untuk tidak menambahkan pemanis seperti madu atau gula secara berlebihan, ya.

Beberapa di antara makanan ini mungkin tampak berbeda dari yang Moms ketahui selama kehamilan.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb