Kesehatan

KESEHATAN
29 Oktober 2020

11 Pelancar Haid Alami, Moms Ingin Mencobanya?

Tahukah Moms kalau pepaya bisa membantu melancarkan haid?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, siklus menstruasi dihitung dari hari pertama periode ke hari pertama berikutnya. Siklus menstruasi rata-rata yaitu 28 hari. Akan tetapi, hal ini bervariasi pada setiap perempuan setiap bulannya.

“Menstruasi dianggap teratur jika datang setiap 24 hingga 38 hari. Periode menstruasi dianggap tidak teratur jika waktu antara periode terus berubah dan membuat haid datang lebih awal atau lebih awal,” ungkap asisten dokter spesialisasi kebidanan dan ginekologi, Holly Ernst, PA-C.

Sementara itu, menurut Holly, perawatan untuk melancarkan haid diawal dengan mencari tahu apa yang menyebabkan periode tidak teratur pada Moms. Dia menambahkan, ada beberapa bahan alami yang bisa menjadi pelancar haid.

Jika Moms ingin

Baca Juga: Apakah Penderita Penyakit Lupus Bisa Hamil?

Pelancar Haid Alami

Berikut ini pelancar haid alami yang sudah terbukti secara sains dan bisa Moms coba.

1. Peterseli/Parsley

Parsley

Foto: Orami Photo Stock

Pelancar haid alami yang pertama adalah peterseli. Peterseli secara tradisional digunakan untuk menginduksi menstruasi selama berabad-abad.

"Apiol dan myristicin, dua zat yang terkandung dalam peterseli, merangsang kontraksi rahim," kata Dr. LovneetBatra, Ahli Nutrisi Klinis Fortis La Famme, yang menghasilkan efek pendorong siklus bulanan Anda.

Caranya, dosis peterseli harian Moms harus 6 g daun peterseli kering yang dapat dikonsumsi dalam 3 dosis masing-masing 2 g, direbus dalam 150 ml air, saran Dr. Batra. Atau minum teh peterseli dua kali sehari.

2. Pepaya

Pepaya

Foto: Orami Photo Stock

Pelancar haid alami yang selanjutnya adalah pepaya. Ini adalah pengobatan rumah paling efektif yang tersedia dengan mudah. Menurut Dr. Batra, pepaya mentah merangsang kontraksi di dalam rahim dan dapat membantu dalam menginduksi menstruasi.

Karoten yang ada dalam pepaya merangsang hormon estrogen sehingga menginduksi periode awal.

Caranya, konsumsi pepaya mentah atau dalam bentuk jus pepaya dua kali sehari. Satu cangkir jus pepaya (sekitar 200ml) atau satu mangkuk pepaya matang segar dapat dimakan sekitar pertengahan siklus untuk efek.

Baca Juga: Ini Dia Obat Alami untuk Penyakit DBD

3. Jahe

Jahe

Foto: Orami Photo Stock

Pelancar haid alami yang selanjutnya adalah jahe. Teh jahe adalah salah satu herbal yang paling kuat (herbal dengan khasiat magis yang merangsang aliran menstruasi dan membuat menstruasi lebih baik).

Untuk periode yang sangat terlambat, kombinasi teh peterseli dan jahe direkomendasikan. Jahe dianggap meningkatkan panas di sekitar rahim, sehingga memicu kontraksi.

Caranya, konsumsi jahe dalam bentuk teh atau jus jahe segar dengan sedikit madu atau sama seperti jahe mentah bersama madu.

Minumlah secangkir jus jahe segar dengan air (2: 1) setiap pagi dengan perut kosong selama beberapa hari sebelum kencan rutin.

4. Seledri

Seledri

Foto: Orami Photo Stock

Pelancar haid alami yang selanjutnya adalah seledri. Seledri benar-benar aman, alami, dan direkomendasikan oleh dokter, meminum jus seledri adalah salah satu cara untuk melancarkan haid.

Caranya, minum jus seledri segar dua kali sehari dapat merangsang aliran darah ke panggul dan rahim Moms, sehingga mendorong menstruasi Anda.

5. Biji Ketumbar

Ketumbar

Foto: Orami Photo Stock

Pelancar haid alami yang selanjutnya adalah biji ketumbar. Biji ketumbar dikatakan sebagai salah satu obat rumah yang paling efektif.

Caranya, rebus 1 sdt ketumbar dengan 2 gelas air dan tunggu sampai air berkurang menjadi hanya satu gelas.

Gunakan saringan untuk mengeluarkan biji dan minum ramuan tiga kali sehari selama beberapa hari sebelum periode bulanan Moms.

Baca Juga: Moms, Pahami Dampak Hepatitis B Pada Ibu Hamil

6. Makanan Vitamin C

Vitamin C

Foto: Orami Photo Stock

Bahan pelancar haid yang selanjutnya adalah makanan yang mengandung vitamin C. Dilansir dari MedicalNewsToday, Vitamin C dosis tinggi dapat memicu menstruasi dengan meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh.

Peningkatan kadar hormon ini merangsang kontraksi rahim, yang pada gilirannya merangsang perdarahan.

Vitamin C juga dapat mengurangi kadar progesteron, yang memicu kerusakan dinding rahim, yang mengarah ke periode awal.

Makanan yang kaya vitamin C seperti buah jeruk, kiwi, dan sayuran seperti tomat, brokoli, dan paprika dapat dimasukkan ke dalam makanan harian Moms.

7. Cuka Sari Apel

Cuka Apel

Foto: Orami Photo Stock

Pelancar haid alami yang selanjutnya adalah cuka sari apel. Hasil penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa minum 0,53 oz (15 ml) cuka sari apel setiap hari dapat mengembalikan menstruasi ovulasi pada perempuan dengan PCOS.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memvalidasi hasil ini, karena studi khusus ini hanya melibatkan tujuh peserta.

Cuka sari apel juga dapat membantu Moms menurunkan berat badan, dan menurunkan kadar gula darah dan insulin.

Sari apel memiliki rasa pahit, yang mungkin sulit dikonsumsi oleh sebagian orang. Jika Moms ingin mencoba meminumnya tetapi mengalami kesulitan dengan rasanya, Moms dapat mencoba mengencerkannya dengan air dan menambahkan satu sendok makan madu.

8. Nanas

pelancar haid alami-nanas

Foto: Orami Photo Stock

Buah yang bisa menjadi pelancar haid yang selanjutnya adalah nanas. Nanas memiliki kandungan bromelain, yaitu enzim yang dipercaya memengaruhi estrogen dan hormon lainnya, juga bisa menghilangkan kram dan sakit kepala selama menstruasi.

Sebuah penelitian dari Section of Orthopaedics, Department of Surgery, Aga Khan University, Karachi, Pakistan menyebutkan bahwa bromelain bisa membantu mengurangi peradangan.

Sehingga, hal ini bisa membantu penyebab menstruasi tidak teratur yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: Program Hamil Jika Haid Tidak Teratur, Bagaimana Caranya?

9. Anggur

pelancar haid alami-anggur

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk melancarkan haid yang selanjutnya adalah anggur.

Anggur bisa menjadi pelancar haid karena menjadi sumber vitamin A, vitamin C, sumber tembaga, potasium, dan serat. Kandungan-kandungan inilah yang dipercaya bisa jadi solusi efektif untuk melancarkan haid Moms.

Untuk melancarkan haid, konsumsi segelas jus anggur selama tiga minggu sebelum masa menstruasi dimulai.

10. Wortel

pelancar haid alami-worte

Foto: Orami Photo Stock

Wortel juga bisa menjadi makanan pelancar haid alami. Apalagi, wortel juga sangat enak bila dijus dan dicampur dengan tomat atau jeruk. Nyatanya, wortel pun bisa dikonsumsi untuk melancarkan haid, lho.

Wortel kaya akan zat besi, vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, vitamin E kalium, folat, fosfor, dan masih banyak lagi. Kandungan dalam wortel bisa meningkatkan fungsi hormon sehingga melancarkan haid.

11. Sawo

pelancar haid alami-sawo

Foto: Orami Photo Stock

Sawo menjadi pelancar haid alami yang bisa Moms coba. Buah berwarna cokelat ini punya rasa yang enak dan manis.

Apalagi, buah sawo ini mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin seperti zat besi, protein, fosfor, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, dan masih banyak lagi.

Kandungan buah sawo punya banyak manfaat, salah satunya melancarkan haid. Moms juga bisa mengonsumsi buah sawo saat sedang menstruasi untuk mengurangi rasa sakit. Buah sawo bisa dikonsumsi dalam bentuk segar atau diolah menjadi jus.

Baca Juga: 6 Tanda Awal dari Kehamilan Selain Telat Menstruasi

Obat Pelancar Haid di Apotek

obat pelancar haid di apotik

Foto: Orami Photo Stock

Moms juga bisa mengonsumsi obat pelancar haid di apotek. Tetapi, penting dicatat bahwa konsumsi obat ini sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi ke dokter, ya. Mengingat ada efek samping yang bisa berisiko.

1. Gonadotropin

Mengutip Pacific Fertility Center, gonadotropin adalah hormon suntik yang digunakan untuk mengobati infertilitas. Obat-obatan ini mengandung bentuk aktif FSH, hormon utama yang bertanggung jawab untuk menghasilkan sel telur matang di ovarium.

Gonadotropin seringkali mampu menginduksi ovulasi pada wanita yang tidak berhasil dengan pengobatan kesuburan lain.

Dengan mendorong pelepasan banyak folikel telur selama siklus menstruasi, gonadotropin secara signifikan meningkatkan kemungkinan pembuahan dan kehamilan.

Selain itu, obat gonadotropin juga membantu mengatur siklus menstruasi, sehingga ovulasi diukur dengan lebih tepat. Ini bisa menjadi salah satu obat pelancar haid di apotek.

2. Clomiphene

Mengutip Drugs, clomiphene adalah obat kesuburan non steroid. Ini menyebabkan kelenjar pituitari melepaskan hormon yang dibutuhkan untuk merangsang ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium).

Clomiphene digunakan untuk menyebabkan ovulasi pada wanita dengan kondisi medis tertentu (seperti sindrom ovarium polikistik) yang mencegah ovulasi yang terjadi secara alami.

Menjadi salah satu obat pelancar haid di apotek, dosis awal obat ini yang khas adalah 50 miligram per hari selama lima hari, dimulai pada hari ketiga, keempat, atau kelima setelah menstruasi dimulai.

3. Metformin

Metformin juga menjadi salah satu obat pelancar haid di apotek.

Mengutip Endocrinology Advisor, ada sebuah studi menyimpulkan bahwa metformin memang berhubungan dengan peningkatan keteraturan siklus menstruasi dan pola hormonal pada wanita dengan berat badan normal.

Sementar, wanita dengan kelebihan berat badan dengan PCOS yang diberikan terapi obat metformin selama 24 bulan karena keempat subkelompok BMI/testosteron menunjukkan tingkat yang sama untuk mencapai menstruasi normal setelah 6 bulan.

4. Progestin

Progestin adalah hormon steroid sintetis yang mengaktifkan reseptor progesteron dengan cara yang mirip dengan progesteron tetapi progestin masing-masing individu memiliki efek yang berbeda.

Progestin oral diambil selama fase pramenstruasi dari siklus menstruasi. Obat dapat membantu mencegah pendarahan hebat, dan paling membantu bila diminum selama 21 hari di setiap siklus.

Baca Juga: Siklus Haid Tidak Teratur, Mengapa Bisa Terjadi?

Aktivitas untuk Melancarkan Haid

Selain mengkonsumsi makanan di atas, Moms pun bisa melakukan beberapa kegiatan ini untuk melancarkan haid. Berikut beberapa kegiatan pelancar haid yang bisa dilakukan.

1. Rutin Melakukan Yoga

Yoga

Foto: Orami Photo Stock

Yoga telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah menstruasi.

Sebuah studi yang dilakukan Department of Obstetrics and Gynecology, Chhatrapati Sahuji Maharaj Medical University, India, pada 126 peserta menemukan bahwa 30-40 menit yoga, 5 hari selama 6 bulan bisa menurunkan kadar hormon yang berhubungan dengan haid tidak teratur.

Yoga juga telah terbukti mengurangi nyeri haid dan gejala emosional yang berhubungan dengan menstruasi, seperti depresi dan kecemasan, dan meningkatkan kualitas hidup pada perempuan dengan dismenore primer.

Moms dengan dismenore primerakan mengalami nyeri hebat sebelum dan selama periode menstruasinya.

2. Berolahraga secara Teratur

aktivitas untuk melancarkan haid

Foto: Orami Photo Stock

Moms, tentunya tahu jika olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat menjadi pelancar haid.

Ini dapat membantu Moms mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat dan umumnya direkomendasikan sebagai bagian dari rencana perawatan untuk sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi.

Hasil dari uji klinis baru-baru ini menunjukkan bahwa olahraga dapat secara efektif mengobati dismenore primer.

Tujuh puluh mahasiswa dengan dismenore primer berpartisipasi dalam uji coba. Kelompok intervensi melakukan 30 menit latihan aerobik, 3 kali seminggu, selama 8 minggu.

Pada akhir percobaan, para perempuan yang melakukan latihan melaporkan lebih sedikit rasa sakit yang terkait dengan periode menstruasi mereka.

3. Konsumsi Asupan Vitamin D

pelancar haid-asupan vitamin D

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam usus yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D juga dapat membantu mengatur ovulasi.

Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh Anne Marie Z Jukic dan kawan-kawannya, ditemukan hubungan antara tingkat rendah vitamin D dan haid tidak teratur.

Moms juga bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Vitamin D juga bisa didapatkan dari salmon, tuna, susu, dan sereal.

Baca Juga: Jerawat di Dagu Tanda PMS, Kok Bisa?

Nah, beberapa hal di atas mampu untuk mengembalikan serta melancarkan siklus menstruasi Moms. Namun, jika Moms khawatir tentang menstruasi yang tidak teratur, maka tidak ada salahnya berbicara dengan dokter. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait