Rupa-rupa

23 Juli 2021

Sederet Fakta Menarik Alat Musik Tamborin dan Cara Memainkannya

Menghasilkan bunyi gemerincing yang khas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Alat musik tamborin merupakan alat musik perkusi tidak bernada yang dimainkan dengan cara ditabuh atau digoyangkan. Tamborin umumnya dibuat dari bingkai kayu bulat, yang salah satu sisinya ditutupi dengan membran kulit sapi atau lembu, selaput hologram maupun plastik.

Pada bingkai kayu tamborin terdapat lubang-lubang berisi semacam lempengan atau kepingan logam tipis berukuran kecil dan dipasang berpasangan. Ketika tamborin dipukul atau digoyangkan, kepingan logam itu akan menghasilkan suara gemerincing.

Mengutip berbagai sumber, asal usul alat musik tamborin sebenarnya sudah ada sejak lama, yaitu dari zaman Roma Kuno, Yunani Kuno, India, Timur Tengah dan zaman Mesopotamia. Orang-orang pada masa tersebut menggunakan tamborin dalam acara keagamaan dan ritual penyembahan.

Sementara nama tamborin berasal dari bahasa Perancis yaitu tambour yang berarti drum.

Alat Musik Tamborin

alat musik tamborin

Foto: Istockphoto.com

Alat musik tamborin memiliki sejarah perkembangan yang cukup panjang. Dikenal di benua Eropa, Timur Tengah hingga ke Asia termasuk Indonesia. Mengutip Ensiklopedia Jakarta, tamborin modern memiliki kemiripan dengan  alat musik sejenis yang berkembang di beberapa negara di dunia.

Untuk lebih mengenal alat musik ini, mari simak ulasannya berikut, Moms!

Baca Juga: Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Otak

Sejarah Tamborin

alat musik tamborin

Foto: Pinterest.com

Seperti disebutkan sebelumnya, tamborin telah ada sejak zaman kuno, di mana pada zaman Roma Kuno dan Yunani Kuno digunakan untuk ritual pemujaan dewi-dewi, seperti Cybele, Isis, dan Astarte.

Pada abad ke-13, tentara Salib membawa tamborin ke Eropa dan lebih sering dimainkan oleh kaum wanita sebagai instrumen pengiring untuk lagu dan tarian mereka.

Selama abad pertengahan, tamborin pun menjadi alat musik yang cukup umum digunakan di beberapa negara di Eropa, termasuk Perancis, Spanyol dan Italia.

Di Indonesia sendiri, tamborin dikenal karena dibawa oleh Belanda yang pada saat itu terkena demam membuat grup musik pribadi, sejenis musik kamar (Chamber Music) atau musik yang dimainkan dalam suatu ruangan atau tempat yang kecil dan biasanya hanya dinikmati di dalam rumah.

Suara khas tamborin berupa perpaduan antara tabuhan dan gemerincing masih sering dijumpai di masa sekarang. Sebagai salah satu instrumen dalam musik dangdut, maupun digunakan dalam dalam ritual puji-pujian di gereja untuk mengiringi tarian tamborin.

Baca Juga: Wajib Ada! Salah Satu Unsur Utama Tari Adalah Musik

Cara Memainkan Alat Musik Tamborin

alat musik tamborin

Foto: Superprof.com

Dari sekian banyak alat musik, tamborin adalah salah satu alat musik yang memiliki teknik permainan yang mudah. Ada dua cara dalam memainkan tamborin:

  1. Memegang tamborin dengan tangan, kemudian ditabuh atau digoyang-goyangkan agar menghasilkan bunyi.
  2. Memasang tamborin dalam set bersama drum dan simbal, dan dipukul dengan stik drum.

Teknik pukulan tamborin yang cara mainnya sambil dipegang dengan tangan terbagi atas tiga variasi teknik, yaitu:

  • Teknik standar, merupakan cara memukul tamborin dengan tangan atau memukulkan tamborin pada bagian tubuh sehingga menghasilkan bunyi.
  • Teknik thumb-roll yaitu ibu jari atau jari lainnya menekan tepian tamborin, sambil tangan lain menggetarkan tamborin. Teknik membutuhkan banyak latihan, pengalaman dan ketrampilan agar menghasilkan irama yang sesuai. Beberapa pemain tamborin menggunakan tambourine beeswax pada ketika menggunakan teknik ini.
  • Teknik shake-roll dilakukan dengan menggoyangkan atau menggetarkan tangan yang memegang instrumen dengan tempo yang cepat untuk membunyikan kepingan logam atau jingles pada tamborin.

Perlu diingat Moms, untuk memainkan tamborin dengan benar, maka cara memegang instrumen ini juga harus tepat.

Fakta-Fakta Menarik tentang Alat Musik Tamborin

alat musik tamborin

Foto: Istockphoto.com

Ada beberapa fakta tentang tamborin yang cukup menarik untuk diketahui, Moms. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Tamborin dapat dimainkan dalam beragam genre musik termasuk rock and roll, klasik, marching band, musik pop dan musik genre lainnya. Di Indonesia, instrumen ini sering digunakan dalam musik dangdut.
  2. Komposer musik klasik Wolfgang Amadeus Mozart pernah menggunakan tamborin dalam komposisi musiknya lho.
  3. Banyak vokalis band ternama dunia yang memainkan tamborin sambil bernyanyi. Misalnya, Jim Morrison, Freddie Mercury, Mick Jagger, hingga Ariel NOAH. Drummer band U2, Larry Mullen juga memasang tamborin pada set drumnya.
  4. Tamborin termasuk instrumen yang mudah dipelajari sehingga sering digunakan untuk mengajarkan irama kepada anak-anak atau hanya sekedar hiburan untuk mereka.
  5. Tamborin sering dikombinasikan dengan alat musik lainnya seperti drum, gitar akustik dan kastanyet.

Baca Juga: Apa Manfaat Balita Belajar Bermain Alat Musik Sejak Dini?

Itulah dia sejarah, cara memainkan dan sederet fakta menarik tentang tamborin. Karena cara memainkannya cukup mudah, sehingga cocok digunakan untuk mengenalkan irama kepada si Kecil ataupun merangsang indera pendengarnya.

Sekarang sudah banyak tamborin mainan yang aman diberikan kepada anak lho, Moms!

  • https://www.softschools.com/facts/music_instruments/tambourine_facts/3014/
  • http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/tamborin--seni-musik?lang=id
  • https://www.cmuse.org/tambourine/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait