ADVERTISEMENT

KESEHATAN UMUM
16 Juli 2022

Apa Manfaat Bersepeda untuk Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya!

Bersepeda kini banyak digemari untuk olahraga sehari-hari, lho!
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Budhi

Banyak yang belum mengetahui manfaat bersepeda. Meski demikian, bersepeda kini menjadi olahraga yang mulai banyak digemari masyarakat.

Bersepeda memang bisa menjadi pilihan bagi Moms dan keluarga untuk tetap melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan.

Hal ini karena bersepeda bisa dilakukan oleh hampir setiap usia.

Bersepeda membutuhkan usaha yang berasal dari energi. Energi yang terbakar ini membantu Moms untuk mampu menghilangkan lemak dalam tubuh.

Namun, secara umum, bersepeda mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports mengungkapkan manfaat bersepeda pada orang dewasa.

Studi ini menyebutkan, manfaat bersepeda, yaitu menurunkan risiko penyakit jantung diabetes tipe-2, tekanan darah tinggi (hipertensi), sindrom metabolik, dan stroke.

ADVERTISEMENT

Bersepeda juga disebutkan mampu menurunkan berat badan dan mengurangi tingkat depresi.

Lantas, seberapa efektif bersepeda untuk menurunkan berat badan? Ini dia ulasannya.

Baca Juga: 15 Cara Diet Sehat Tanpa Olahraga, Tertarik Mencoba?

ADVERTISEMENT

Bersepeda untuk Menurunkan Berat Badan

Perlu diketahui, menurunkan berat badan bukan ilmu yang pasti.

Artinya, setiap orang mungkin memiliki cara yang berbeda untuk menurunkan berat badan ke rentang optimal.

Namun, secara garis besar, dapat dikatakan bahwa bersepeda mampu menurunkan berat badan.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan juga terkait menurunkan berat badan dengan bersepeda, yaitu:

1. Tambah Asupan Protein

Foto: Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-1.jpg

Foto: Konsumsi Protein (wellandgood.com)

Menurunkan berat badan bukan berarti menunda jam makan agar terlihat semakin langsing. Hal tersebut malah bisa membuat tubuh lemas dan tidak bertenaga saat bersepeda.

Covert Bailey, pakar diet dari Boston, AS, mengungkapkan penurunan berat badan juga bisa berasal dari jaringan otot.

Jika Moms hanya memotong kalori namun tidak memperhatikan nutrisi, maka Moms tidak akan mendapatkan tubuh yang sehat.

“Jangan lupa bahwa otot membakar kalori. Semakin banyak volume otot yang dimiliki, semakin banyak kalori yang dapat dibakar tubuh. Untuk itu, pastikan mengonsumsi protein yang cukup dapat mengoptimalkan fungsi otot untuk membantu menurunkan berat badan,” ungkap Bailey.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Protein Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

2. Hal yang Dilakukan Usai Bersepeda

Foto: Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-2.jpg

Foto: Bersepeda (freepik.com)

Jika Moms berpikir berat badan akan turun lebih cepat apabila tidak makan setelah bersepeda, maka hal ini salah besar.

Sebab, tubuh membutuhkan pemulihan seusai bersepeda.

Hal tersebut hanya dapat diwujudkan apabila Moms segera mengisi bahan bakar dengan karbohidrat dan protein setelah bersepeda.

Jika tidak, maka tubuh Moms akan cenderung lemah dan berisiko sakit.

ADVERTISEMENT

3. Tetap Perhatikan Keamanan

Foto: Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-3.jpg

Foto: Keamanan Bersepeda (freepik.com)

Journal of Public Health Policy mengungkapkan, saat bersepeda tetap utamakan keamanan demi keselamatan.

Pasalnya, risiko paling tinggi dari bersepeda adalah kecelakaan.

Untuk itu, sebaiknya gunakan helm khusus sepeda untuk mencegah cedera kepala. Gunakan juga pakaian yang nyaman, ya, Moms!

Selain itu, jaga tubuh selalu terhidrasi, terutama ketika cuacanya sedang panas dan lembap. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Sediakan minum air putih untuk mengisi kembali cairan yang hilang melalui keringat.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: 6 Artis yang Hobi Bersepeda, Ada yang Suka Sejak Kecil!

4. Nutrisi yang Seimbang

Foto: Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-4.jpg

Foto: Pola Makan Sehat (freepik.com)

Mengonsumsi makanan bernutrisi, seperti sayur dan buah memang penting.

Tapi, tidak ada salahnya untuk makan sedikit es krim atau dessert asalkan dalam porsi yang tidak berlebihan.

Hal ini untuk menyeimbangkan nutrisi di dalam tubuh.

“Harus jujur dengan diri sendiri tentang apa yang dikonsumsi. Artinya, cobalah kurangi dan batasi minum soda atau makan junk food agar tak berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan pasti akan mengganggu metabolisme tubuh,” ungkap Frank Overton, pemilik dan pendiri FasCat Coaching di Boulder, Colorado.

ADVERTISEMENT

Baca Juga: Sehat dan Bernutrisi, Ini 5 Ide Menu Sarapan yang Mudah Dibuat

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Medical News Today fisik yang aktif akan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa dibandingkan dengan gaya hidup santai.

Walaupun tidak ada ukuran pasti dalam menunjukkan seberapa besar efek positifnya. Moms bisa simak manfaat bersepeda untuk kesehatan di bawah ini:

1. Manajemen Berat Badan

Foto: Manfaat bersepeda untuk kesehatan - 1 berat badan.jpg (shutterstock.com)

Foto: Menimbang Berat Badan (shutterstock.com)

Bersepeda dengan intensitas tinggi dapat membantu menurunkan kadar lemak tubuh, yang mempromosikan manajemen berat badan sehat.

Mengutip Healthline, manfaat bersepeda juga mampu meningkatkan metabolisme serta membentuk otot yang memungkinkan Moms membakar lebih banyak kalori, termasuk ketika istirahat.

Baca Juga: 4 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Anak

2. Meningkatkan Kekuatan Kaki

Foto: Manfaat bersepeda untuk kesehatan - 2 meningkatkan kekuatan kaki.jpg (shutterstock.com)

Foto: Kekuatan Kaki (shutterstock.com)

Manfaat bersepeda dapat meningkatkan keseluruhan fungsi tubuh pada bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki, tanpa terlalu menekannya.

Hal ini dikarenakan, olahraga bersepeda menargetkan paha depan, glutes paha belakang, serta betis.

Untuk membuat kaki lebih kuat, Moms bisa mencoba latihan angkat berat, seperti squat, leg presses serta lunges.

Selain itu, dengan latihan angkat berat beberapa kali dalam seminggu, dapat meningkatkan kinerja Moms ketika bersepeda.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Foto: Manfaat bersepeda untuk kesehatan - 3 meningkatkan kesehatan mental.jpg (shutterstock.com)

Foto: Kesehatan Mental (shutterstock.com)

Manfaat bersepeda juga bisa meredakan perasaan stres, depresi, dan kecemasan.

Berfokus pada jalan ketika Moms bersepeda dapat membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran.

Olahraga bersepeda juga bisa membantu untuk mengalihkan fokus Moms dari masalah yang mengganggu mental serta pikiran

Jika Moms merasa lesu, cobalah bersepeda setidaknya 10 menit.

Karena, dengan bersepeda dapat melepaskan endorfin, yang pada gilirannya bisa membantu seseorang merasa lebih baik sambil menurunkan tingkat stres.

Baca Juga: Amankah Bersepeda Saat Hamil? Simak Penjelasannya di Sini

4. Membantu Penderita Kanker

Foto: Manfaat bersepeda untuk kesehatan - 4 membantu penderita kanker.jpg (shutterstock.com)

Foto: Pita Kanker (shutterstock.com)

Bersepeda merupakan olahraga fisik yang baik dilakukan, jika Moms sudah atau sedang berada dalam masa pemulihan kanker.

Manfaat bersepeda juga dapat membuat tubuh tetap ramping dan menjadi bugar, yang dapat mengurangi risiko menderita jenis kanker tertentu, salah satunya adalah kanker payudara.

5. Mencegah dan Mengelola Kondisi Medis

Foto: Manfaat bersepeda untuk kesehatan - 5 mencegah dan mengelola kondisi medis.jpg (shutterstock.com)

Foto: Stetoskop Dokter (shutterstock.com)

Jika Moms ingin mencegah masalah kesehatan tertentu, olahraga teratur merupakan kuncinya. Manfaat bersepeda juga dapat mencegah dan mengelola kondisi medis.

Dalam hal ini, bersepeda dengan teratur adalah salah satu cara untuk bisa menghindari gaya hidup tidak menentu dan masalah kesehatan yang biasanya menyertainya.

Moms juga perlu memahami bahwa bersepeda tidak mampu mengurangi lemak pada bagian tertentu, misalkan perut atau lengan.

Moms memerlukan latihan lainnya untuk fokus mengurangi lemak pada area tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

6. Membantu Menghilangkan Insomnia

Tahukah Moms kalau salah satu manfaat bersepeda adalah bisa menghilangkan insomnia?

Jika Moms sering mengalami insomnia, bersepeda bisa membantu Moms untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Insomnia dipicu oleh aktifnya hormon kortisol.

Meski banyak orang yang menganggap insomnia sulit dihilangkan, namun sebenarnya untuk beberapa kasus Moms hanya perlu bersepeda selama 20-30 menit saja.

Moms bisa melakukannya di pagi ataupun sore hari. Sesuaikan saja dengan jadwal Moms di hari itu.

Cara ini bisa dilakukan minimal dua hari sekali untuk mereduksi insomnia. Waaah, manfaat bersepeda ternyata banyak sekali ya!

7. Membantu Membuat Jadi Lebih Bahagia

Apalagi yang dicari dalam kehidupan selain kebahagiaan? Ya, ketika mood sedang menurun, rasanya ingin mengerjakan segala sesuatunya pun jadi lebih sulit.

Nah, menaikan mood adalah salah satu manfaat bersepeda nih, Moms!

Dengan melakukan sepeda santai selama 30 menit setiap harinya, bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan akhirnya Moms bisa jadi lebih bahagia.

Selain itu, Moms juga bisa melakukan me time setiap harinya untuk menjaga pikiran lebih tenang.

Melakukannya di pagi atau sore hari sambil melihat pemandangan bukanlah sebuah ide yang buruk, bukan?

Mood yang jelek juga bisa membuat stres juga tidak segera dihilangkan.

Terlebih di kala pandemi seperti ini, untuk menghilangkan kejenuhan, bepergian keluar kota seperti biasa bukanlah sebuah hal yang memungkinkan ketika sudah memiliki Si Kecil.

Nah, Moms bisa melakukan refreshing kecil dimulai dari rumah. Cobalah bersepeda ke taman dekat rumah.

8. Meringankan Nyeri Menstruasi dan Menopause

Karena seperti yang sudah diketahui, manfaat bersepeda sangat baik untuk meningkatkan mood.

Berolahraga bisa membuat tubuh memproduksi hormon endorfin yang akan meningkatkan suasana hati yang positif.

Salah satu manfaat bersepeda untuk perempuan adalah meredakan gejala atau nyeri saat menstruasi dan menopause lho Moms!

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bersepeda membantu melepaskan hormon endorfin.

Hormon ini bukan hanya bisa membuat mood Moms membaik namun juga bisa menjadi pereda nyeri.

Produksi hormon endorfin bisa membantu membakar prostaglandin yakni zat yang menyebabkan kontraksi di perut.

Agar nyeri saat menstruasi serta menopause berkurang, cobalah untuk melakukan olahraga selama 30 menit saja Moms!

Jangan lupa untuk melakukannya tiga kali dalam seminggu ya!

Baca Juga: 10 Manfaat Yoga untuk Perkembangan Bayi, Yuk Cari Tahu!

Tips Aman Bersepeda Saat Pandemi

Foto: manfaat bersepeda

Foto: Bersepeda Pakai Masker (Orami Photo Stocks)

Seperti yang sudah kita ketahui, pandemi membatasi ruang gerak. Meski bertujuan untuk menyehatkan badan, jangan sampai malah tertular virus COVID-19 ya, Moms.

Untuk tetap merasakan manfaat bersepeda sembari pandemi, berikut tips aman bersepeda agar terhindar dari corona!

1. Menjaga Jarak

Jika Moms sudah rutin bersepeda, jangan lupa menjaga jarak, ya! Hal ini sangat penting untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona.

Bersepedalah sesuai dengan protokol kesehatan yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan RI yakni harus memperhatikan jarak antar pengguna sepeda minimal 20 meter.

2. Menggunakan Masker

Meski sedang berolahraga, jangan lupa untuk menggunakan masker ketika sedang berada di kerumunan atau tempat ramai ya!

Agar lebih aman, Moms harus tetap memperhatikan kemampuan fisik dan paru-paru. Jika Moms sudah merasa cukup lelah, jangan tunda istirahat dan tetaplah memakai masker.

Baca Juga: Patut Dibiasakan Sejak Dini, Ini Dia 4 Manfaat Olahraga untuk Anak

3. Berolahraga di Waktu yang Tepat

Jika memungkinkan, cobalah untuk memilih waktu yang tepat saat memutuskan untuk bersepeda Moms. Manfaat bersepeda memang banyak, namun Moms perlu memikirkan kondisi kesehatan diri sendiri dan keluarga terutama di tengah pandemi seperti ini.

Hindarilah bersepeda di jam-jam sibuk atau saat banyak kendaraan sedang berlalu-lalang di jalanan.

Jangan pula bersepeda di minggu pagi saat waktunya car free day. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara penularan virus corona.

Jadi, sebaiknya pilih waktu saat jalanan sepi agar tetap aman, ya!

Nah Moms, sekarang sudah tahu manfaat bersepeda untuk kesehatan kan? Yuk mulai lakukan secara rutin agar kondisi tubuh selalu prima!

  • https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/cycling-vs-running
  • https://www.researchgate.net/publication/51054095_Health_benefits_of_cycling_A_systematic_review
  • https://www.researchgate.net/publication/324927404_Benefits_and_Risks_of_Bicycling

Sebelumnya

Dads, Ketahui Ciri-Ciri Sperma yang Baik dan Sehat Yuk!
Defara Millenia • 16 Jul 2022

Selanjutnya

Mengenal Vaskulitis, Penyakit Peradangan pada Pembuluh Darah
Defara Millenia • 16 Jul 2022

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT