Kesehatan

14 Juni 2021

Awas Infeksi! Ini 6 Penyebab Sakit Telinga Kiri

Mengetahui penyebab sakit telinga kiri yang kerap dialami orang dewasa dan anak.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Sakit telinga kiri memang membuat tidak nyaman. Dalam tahap tertentu, sakit telinga kiri mungkin malah akan mengganggu aktivitas keseharian ya, Moms.

Sakit telinga kiri bukan hanya bisa dialami oleh anak-anak, namum juga orang dewasa, lho! Sayangnya ketika anak-anak mengalami hal ini, kemungkinan mereka masih belum bisa menjelaskan apa yang dirasakan.

Pada akhirnya, Si Kecil cenderung lebih rewel karena merasa tak nyaman atas kondisi sakit telinga kiri. Nah, pada orang dewasa sendiri, masalah ini malah bisa disertai demam hingga gangguan pendengaran sementara.

Sebenarnya apa sih, Moms penyebab sakit telinga kiri ini? Yuk simak penjelasannya!

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Berdenging atau Tinnitus pada Anak

Penyebab Sakit Telinga Kiri

sakit telinga kiri

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata ada berbagai macam penyebab sakit telinga kiri nih, Moms. Agar tahu apa yang harus dilakukan, ini penjelasan lengkapnya!

1. Temporomandubular Joint Syndrom (TMJ)

TMJ adalah salah stau penyebab sakit yelinga kiri. TMJ sendiri bisa terjadi karena malfungsi sitem otot, ligamen, disk dan juga tulang yang berada di rahang.

Dilansir dari Diagnosis and Treatment of Temporomandibular Disorders, 10-15% orang dewasa mungkin akan mengalami kondisi ini.

Ketika mengalami gangguan TMJ yang kronis, gejala yang Moms rasakan mungkin akan lebih dari 3 bulan lamanya.

Ketika mengalami kondisi ini, gejala paling umum yang akan dirasakan adalah rasa sakit pada pelipis dan sepanjang rahang bawah. Rasa sakit pun bisa munncul saat mengunyah atau ketika rahang bekerja.

Gejala lain pun termasuk sakit kepala, sakit telinga, mulut dan wajah. Jadi TMJ pun bisa menjadi salah satu penyebab sakit telinga kiri nih, Moms!

Baca Juga: 4 Penyebab Sakit Gigi pada Orang Dewasa, Berbeda dari Anak-anak

2. Sakit Gigi

sakit telinga kiri

Foto: Orami Photo Stock

Ketika sakit telinga kiri dirasakan, hal tersebut ternyata bisa dikarenakan oleh kondisi gigi yang sakit, nih Moms! Sakit telinga kiri bisa terjadi akibat saraf di wajah dan leher memiliki posisi yang berdekatan dengan telinga bagian dala. Nah, dalam dunia medis, rasa sakit yang muncul di satu area tubuh namun menyebar ke beberapa titik lain disebut dengan referred pain.

Tak sampai sana, Moms. Beberapa kondisi seperti gigi yang berlubang, abses gigi dan tumbuhnya wisdom teeth atau gigi geraham pun bisa menjadi salah stau penyebab sakit telinga kiri.

Baca Juga: Sering Pilek? Waspadai 5 Gejala Sinusitis Berikut Ini

3. Infeksi Sinus

Ternyata penyebab sakit telinga kiri juga bisa dikarenakan oleh sinus, Moms! Salah satu gejala sinus yang paling utama sendiri adalah telinga terasa penuh yang dikarenakan adanya sumbatan di area sinus.

Jadi, ketika infeksi sinus terjadi, sangat wajar terjadi sakit telinga kiri dan mengalami pendengaran yang terganggu nih, Moms! Tak sampai itu, gejala lain yang bisa terasa ketika sinus adalah mengalami wajah nyeri, napas yang sesak serta tekanan di area wajah hingga dahi.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Simak 4 Tips Meredakan Pilek si Kecil Tanpa Obat Berikut

4. Infeksi Telinga

sakit telinga kiri

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya, penyebab sakit telinga kiri adalah infeksi telinga. Infeksi telinga sendiri kerap dialami oleh anak-anak, Moms. Dilansir dari

Boston Medical Center, mengungkapkan bahwa sekitar 50% anak yang baru lahir atau bayi memiliki kemungkinan untuk terkena infeksi telinga minimal 1 kali di dalam 1 tahun pertama masa hidupnya.

Penyebab infeksi telinga bisa dikarenakan oleh berbagai macam kondisi seperti, pilek, infeksi tenggorokan, refluks asam, atau alergi bisa membuat tabung eustachius membengkak. Seseorang bisa mengalamiinfeksi telinga ketika virus atau bakteri berkembang di telinga tengah yang membengkak dan dipenuhi oleh lendir yang tidak bisa mengalir keluar.

Saat menderita penyakit tersebut, telinga tengah Si Kecil akan dipenuhi dengan nanah (cairan yang terinfeksi). Nanah itu kemudian mendorong gendang telinga dan bisa menyebabkan sakit telinga kiri atau bahkan di kedua telinga.

Baca Juga: 5 Penyebab Telinga Bunyi Dug Dug, Bisa Jadi Karena Kotoran yang Menumpuk!

5. Kotoran Telinga

Nah, Moms memiliki kotoran telinga juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit telinga kiri.

Dilansir dari WebMD, memiliki kotoran telinga sendiri adalah proses alami yang dialami oleh setiap orang. Meski demikian, ketika terjadi penumpukan kotoran yang mengeras, saluran telinga bisa tersumbat.

Nah ketika saluran tertutup oleh kotoran yang mengeras, hal tersebut bisa menyebabkan sakit telinga kiri, Moms.

Ketika hal ini terjadi, jangan menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga dan mengeluarkan kotorannya ya, Moms! Karena dengan menggunakan cotton bud hal tersebut malah membuat kotoran yang mengeras di telinga malah akan jadi masuk terlalu dalam.

Nah Moms, saat kotoran telinga yang mengeras sudah membuat pendengaran terganggu. Sebaiknya Moms segera memeriksakan diri ke dokter agar tak sampai merusak gendang telinga, ya!

Baca Juga: 8 Manfaat Berenang bagi Perkembangan Bayi, Bisa Meningkatkan Fungsi Kognitif!

6. Sering Berenang atau Menyelam

sakit telinga kiri

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms memiliki hobi berenang atau menyelam, kegiatan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab sakit telinga kiri yang saat ini Moms alami.

Ketika Moms merasakan rasa sakit saat menarik cuping telingan, mungkin Moms mengalami infeksi telinga luar yang disebabkan oleh kegiatan berenang atau menyelam.

Terlebih ketika Moms merasakan sakit telinga kiri karena ada air yang terperangkap di saluran telinga, Moms harus segara mengobatinya, ya! Pasalnya, air yang terperangkap di telinga bisa membuat kuman berkembang biak.

Ketika Moms membiarkan kuman berkembang biak di telinga, hal tersebut bisa menyebabkan sakit telinga kiri dan membuat telinga jadi merah, bengkak, gatal dan bahkan mengeluarkan nanah.

Meski demikian, Moms tak perlu khawatir karena kondisi ini tidak menular, Moms. Demi menghindari kondisi ini terjadi, sebaiknya Moms tetap menjaga agar telinga dalam keadaan bersih setiap waktu, ya!

Baca Juga: Waspada Infeksi Saluran Kemih pada Anak, Jangan Dianggap Remeh!

Cara Mengobati Sakit Telinga Kiri

sakit telinga kiri

Foto: Orami Photo Stock

Jangan khawatir, Moms! Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sakit telinga kiri. Sebelum ke dokter, berikut hal yang bisa Moms aplikasikan!

  • Hindari telinga basah terutama jika yang menjadi penyebab sakit telinga adalah infeksi
  • Berikan kompres dingin pada area telinga
  • Duduk tegak jika masalah telinga disebabkan tekanan udara
  • Konsumsi obat pereda nyeri

Jika sudah dilakukan pengobatan namun masih belum juga bisa sembuh, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter THT ya, Moms! Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik atau obat tetes telinga.

Obat tetes telinga ini berfungsi untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah tanpa harus merusak area sekitar saluran telinga atau gendang telinga.

Nah itu dia berbagai hal yang bisa menjadi penyebab sakit telinga kiri nih, Moms! Jangan sampai hal ini terjadi, jaga kesehatan dan kebersihan telinga setiap saat, yuk!

  • https://www.aafp.org/afp/2015/0315/p378.html
  • https://www.bmc.org/audiology/hearing-loss/ear-infection
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait