Bayi

BAYI
17 Desember 2019

Bagaimana Mengatasi Batuk Kering Pada Bayi?

Moms harus tahu jenis batuknya terlebih dahulu ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pengobatan atau perawatan untuk batuk kering pada bayi tergantung pada penyebabnya. Oleh karena itu, untuk memastikan Si Kecil mendapatkan perawatan yang tepat, Moms harus terlebih dahulu mengetahui penyebab pasti dari kondisinya.

Mengatasi Batuk Kering pada Bayi

Berikut beberapa pilihan perawatan atau cara untuk mengatasi batuk kering pada bayi:

1. Batuk kering pada bayi karena pilek

batuk kering pada bayi

Foto: parenting.firstcry.com

Situs kesehatan Healthline menyarankan beberapa cara di bawah ini untuk meringankan batuk kering yang diderita bayi di bawah 1 tahun:

  • Terapi uap: Nyalakan shower hangat di kamar mandi dan tutup pintu, ini memungkinkan uap hangat untuk memenuhi ruangan. Kemudian ajak Si Kecil untuk berada di dalam ruangan tersebut selama sekitar 20 menit agar ia bisa menghirup uap hangat yang ada di dalamnya.
  • Gunakan pelembap udara (humidifier): Jika udara di rumah cenderung kering, itu bisa mengeringkan saluran udara bayi dan membuatnya menderita batuk kering. Moms dapat mencoba menggunakan pelembap udara untuk membantu Si Kecil mendapatkan udara yang lebih lembap dan meringankan batuknya.

Baca Juga: Anak Batuk Pilek, Jangan Asal Inhalasi Pakai Nebulizer!

2. Batuk kering pada bayi karena influenza

batuk kering pada bayi

Foto: goodtoknow.co.uk

Dalam laman MomJunction disebutkan bahwa untuk mengatasi batuk kering pada bayi yang disebabkan influenza dapat dilakukan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Dalam kebanyakan kasus, kecuali gejalanya cukup parah atau telah berlangsung selama beberapa hari, perawatan sederhana dan makanan sehat sangat direkomendasikan untuk mengatasi batuk kering karena influenza.
  • Pastikan kebutuhan cairan bayi tercukupi agar ia selalu terhidrasi. Jika Si Kecil masih menyusui eksklusif, teruskan melakukannya. Jika bayi sudah mulai disapih, Moms dapat memberikan jus buah segar dan sup hangat.
  • Tidak disarankan memberikan antibiotik.

Baca Juga: Batuk Pilek Berulang pada Balita, Apa Penyebabnya?

3. Batuk kering yang berhubungan dengan asma

batuk kering pada bayi

Foto: babycentre.co.uk

Menurut Norton Children’s, jika batuk kering pada bayi semakin memburuk di malam hari atau setelah beraktivitas, maka Moms disarankan untuk membawa Si Kecil menjalani pemeriksaan asma oleh dokter anak. Pasalnya, batuk kering yang mengacu pada asma memerlukan intervensi medis dan tidak akan hilang dengan sendirinya.

Beberapa hal yang dapat Moms lakukan di rumah untuk meringankan gejalanya adalah dengan mengontrol pemicu asma seperti debu, jamur, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan.

Baca Juga: 5 Pencegahan Bayi Tertular Flu, Batuk dan Pilek

4. Segera hubungi dokter untuk batuk kering yang lebih serius

batuk kering pada bayi

Foto: drsmiths.com

“Bayi yang berusia di bawah 4 bulan umumnya tidak sering mengalami batuk, jadi jika Si Kecil sering mengalami batuk kering, maka bisa jadi ia mengalami kondisi yang lebih serius,” kata Catherine Dundon, M.D., profesor klinis pediatri di Vanderbilt University Medical School dan dokter anak di Goodlettsville, Tennessee, seperti dikutip dari Parents.

Jika bayi baru lahir sering mengalami batuk kering saat musim dingin misalnya, bisa jadi itu merupakan gejala dari infeksi virus (RSV) yang berbahaya untuk bayi. Maka dari itu Moms harus segera menghubungi dokter untuk memeriksa kondisi Si Kecil.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penularan Batuk Pilek dari Orang Tua ke Anak

4. Hindari penggunaan obat tanpa resep dokter

batuk kering pada bayi

Foto: happiestbaby.com

“Banyak obat yang dijual bebas mengandung dekongestan dan antihistamin. Dekongestan dikaitkan dengan aritmia jantung dan antihistamin memiliki peningkatan risiko kantuk dan depresi pernapasan,” kata dokter anak Annette Cameron, MD., seperti dikutip dari Yale Medicine. “Jika obat-obatan itu tidak diberikan dengan dosis sesuai berat atau pada interval yang tepat, bisa berbahaya.”

Alasan lain mengapa Moms tidak boleh mengatasi batuk kering pada bayi dengan obat adalah karena beberapa obat di pasaran tidak mengatasi penyebab batuk yang sesungguhnya. Padahal batuk kering bisa saja disebabkan oleh asma, alergi, radang paru-paru atau bahkan mainan kecil yang tersangkut di saluran pernapasan.

Batuk kering pada bayi bukanlah kondisi yang bisa dianggap enteng, karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi dan komplikasi lainnya. Konsultasikan dengan dokter dan temukan cara terbaik untuk mengatasinya.

RGW

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait