3-12 bulan

30 Juni 2021

Bolehkah Cussons Baby Cream untuk Wajah Bayi? Ini Jawabannya!

Cari tahu jawabannya yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Adeline Wahyu

Jika Si Kecil memiliki bercak kulit yang kering, akan lebih baik untuk menggunakan losion pelembab untuk menenangkan area yang kering. Tapi bagaimana jika bercak kering itu terjadi di wajah bayi? Banyak Moms yang bertanya-tanya, bolehkah Cussons Baby Cream untuk wajah bayi?

Merk ini biasanya banyak tersedia di pasaran sehingga menjadi pilihan pelembab bagi beberapa Moms.

Pertanyaan bolehkah cussons baby cream untuk wajah bayi akan terlontar karena biasanya jenis baby cream digunakan untuk area tertentu di badan bayi, dan bukan area wajah karena cenderung sensitif.

Baca Juga: Review 7+ Baby Cream Terbaik untuk Si Kecil, Mana yang Moms Pilih?

Penyebab Wajah Bayi Kering

Bolehkah Cussons Baby Cream untuk Wajah Bayi -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum menjawab pertanyaan bolehkah Cussons baby cream untuk wajah bayi, ada baiknya untuk mengetahui penyebab kulit wajah bayi kering.

Sebenarnya wajah bayi yang kering adalah hal yang wajar dan dalam banyak kasus, kondisi ini tidak berbahaya dan cenderung hilang sendiri tanpa perawatan.

Kulit bayi mungkin masih menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar rahim, atau mungkin bereaksi terhadap alergen dalam produk atau pakaian. Dehidrasi dan kondisi kulit juga dapat menyebabkan kulit kering. Beberapa penyebab wajah bayi kering adalah:

1. Kulit Bayi Baru Lahir Terkelupas

Sesekali kulit wajah bayi akan terlihat memiliki bercak kulit kering. Ini adalah kondisi yang umum terjadi pada bayi baru lahir selama satu atau dua minggu setelah lahir. Sebab di dalam rahim, cairan ketuban mengelilingi janin.

Pengelupasan kulit adalah proses alami dan kebanyakan bayi tidak memerlukan perawatan. Kulit kering akan hilang dengan sendirinya. Mandi dengan menggunakan air hangat dan pelembab udara juga dapat membantu.

2. Terpapar Air yang Berlebih

Mandi dalam waktu lama terutama dengan air panas, cenderung menghilangkan sebagian minyak alami yang ada di kulit. Ini meningkatkan risiko kulit kering dan mengelupas.

Moms dapat menghindari sabun yang keras dan kuat karena memiliki efek pengeringan yang serupa.

Yang terbaik adalah membatasi waktu mandi bayi hingga 15 menit dalam air hangat. Keringkan kulit bayi dengan lembut dengan menepuk-nepuk wajahnya dengan handuk lembut. Hindari menggosok dengan handuk untuk mengurangi gesekan dan meminimalkan risiko kulit mengelupas.

3. Dehidrasi

Menyusui dapat membantu menjaga bayi tetap terhidrasi. Lingkungan yang sejuk dan kering baik di luar maupun di dalam rumah membuat kulit dehidrasi dengan sangat cepat, dan dapat menyebabkan kerusakan atau pengelupasan kulit.

Seringkali, pelembab udara dapat membantu mengatur tingkat kelembapan di dalam ruangan. Untuk bayi baru lahir, ASI adalah solusi terbaik untuk menjaganya tetap terhidrasi.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif, yang berarti tidak ada makanan atau cairan lain selama 6 bulan sejak kelahiran.

4. Penggunaan Lotion Berbahan Dasar Alkohol

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat berbelanja produk bayi adalah membaca label kemasan. Moms harus menghindari losion dan krim yang mengandung alkohol, karena dapat mengeringkan permukaan luar kulit bayi.

5. Eksim

Eksim dapat menyebabkan kulit kering dan gatal. Dalam beberapa kasus, kondisi kulit yang disebut dermatitis atopik atau eksim ini juga dapat menyebabkan kekeringan pada wajah bayi dan membuatnya merasa tidak nyaman.

Baca Juga: Minyak Esensial, Aman untuk Kulit Bayi

Jadi bolehkah bolehkah cussons baby cream untuk wajah bayi? Yuk kita simak terlebih dahulu perbedaan baby lotion dan baby cream.

Perbedaan Baby Lotion dan Baby Cream

Bolehkah Cussons Baby Cream untuk Wajah Bayi -2

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti selalu mencari produk yang aman dan alami untuk perawatan kulit bayi, sebab kulit Si Kecil sangat sensitif dan mudah mengalami reaksi alergi.

Terkait dengan pertanyaan bolehkah Cussons baby cream untuk wajah bayi, sebenarnya apakah ada perbedaan antara lotion dengan baby cream untuk bayi?

Sebenarnya, secara umum perbedaannya dalam persentase campuran air dan minyak. Sebab, minyak dan air tidak dapat tercampur dengan baik, jadi emulsifier pun digunakan.

Lotion terdiri dari 70% atau lebih air dan sisanya krim, sedangkan baby cream memiliki 50% atau lebih krim dan sisanya adalah air.

1. Baby Cream

Baby cream adalah emulsi air dan minyak yang digunakan untuk melindungi kulit bayi yang lembut dan sensitif dari iritasi, kekeringan, dan menjaga kelembapan kulit. Baby cream yang ideal adalah yang kental, tetapi tidak terlalu berminyak.

Baby cream bisa digunakan juga untuk area seperti pipi, lutut, siku, dan hidung. Mom juga harus memperhatikan kandungan baby cream yang memiliki karakteristik seperti:

  • Membantu menjaga kelembapan alami kulit bayi,
  • Tidak berminyak atau mudah diserap,
  • Menjaga tingkat kelembapan kulit bayi,
  • Mengembalikan pH seimbang,
  • Hypoalergenik,
  • Mendukung keseimbangan lipid alami,
  • Membangun lapisan pelindung terhadap kekeringan,
  • Terbukti secara klinis,
  • Teruji secara dermatologis,
  • Bebas dari bahan berbahaya seperti minyak silikon/Parafin/Paraben dan Propilen glikol.

Tidak semua baby cream yang tersedia di pasaran amam lho Moms. Sebab, masih ada yang mengandung beberapa bahan berbahaya yang dapat menyebabkan alergi, jerawat, dan iritasi. Salah satu zat tersebut adalah wewangian, yang menjadi salah satu penyebab utama alergi pada bayi.

Bahan lainnya adalah Ceteareth yang menyebabkan kerusakan pada sistem saraf, ginjal dan hati, Benzalkonium Chloride menyebabkan alergi kulit, Minyak mineral, setil alkohol, dan tetrasodium EDTA berbahaya bagi kulit bayi.

2. Baby Lotion

Baby lotion sering digunakan untuk menutrisi dan melembutkan kulit bayi. Ini dipakai untuk mencegah kekeringan kulit, menjaga tingkat kelembaban, dan menenangkan dari iritasi kulit ringan. Beberapa elemen penting untuk baby lotion adalah:

  • Jumlah minyak yang cukup untuk melembutkan dan melembabkan kulit,
  • Menggunakan bahan organik,
  • Bebas paraben,
  • Bebas pewarna,
  • Hipoalergenik,
  • Bebas Minyak Mineral,
  • Teruji secara klinis.

Selain itu, baby lotion yang baik harus mengandung bahan-bahan seperti:

  • Minyak Almond, yang bertindak sebagai pelembut kulit,
  • Minyak Zaitun, karena mengandung Vitamin E yang membantu menutrisi kulit dari lecet dan membuat kulit lembut dan sehat,
  • Ekstrak Calendula,
  • Tanpa pengharum,
  • Ceramides, karena membantu menjaga kelembapan alami kulit.

Jadi bolehkah cussons baby cream untuk wajah bayi?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lotion Bayi untuk Melembapkan dan Melembutkan Kulit

Bolehkah Cussons Baby Cream untuk Wajah Bayi?

Bolehkah Cussons Baby Cream untuk Wajah Bayi -3

Foto: Orami Photo Stock

Bolehkah cussons baby cream untuk wajah bayi?

Dalam website officialnya, merk Cussons Baby varian baby cream ini biasanya digunakan untuk pantat bayi. Sebab di bagian tersebut biasa terjadi iritasi akibat pemakaian pospak.

Selain itu, bisa juga digunakan untuk membuat kulit tetap lembut di bagian tubuh yang lain. Namun jika Moms masih bertanya-tanya bolehkah Cussons Baby Cream untuk wajah bayi, perhatikan terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan kulit bayi ini ya Moms.

Cussons Soft & Smooth baby Cream mengandung bahan alami Almond Oil agar menjaga kelembaban kulit, dan Rose Oil agar kulit tetap lembut dan halus. Selain itu, merk ini telah melewati Dermatologically tested dan lulus uji dokter kulit untuk digunakan pada bayi.

Memiliki formula yang lembut dan wangi bunga, kandungan baby cream ini pun memiliki pH Seimbang. Melihat beberapa penjelasan di atas, jawaban dari pertanyaan bolehkah cussons baby cream untuk wajah bayi adalah boleh, baik untuk perawatan atau pengobatan.

Saat menggunakan baby cream untuk perawatan atau pengobatan kulit kering, yang terbaik adalah dengan menggunakan sesedikit mungkin baby cream yang dioleskan di atas kulit wajah. Selain menggunakan baby cream, beberapa tips ini juga dapat mencegah kulit kering, seperti:

  • Menjaga bayi tetap hangat,
  • Menghindari krim dan parfum yang keras dan beraroma kuat,
  • Menjaga waktu mandi maksimal 15 menit,
  • Menepuk-nepuk wajah bayi dengan lembut dan hindari menggosok kulitnya dengan handuk,
  • Bayi yang baru lahir hanya perlu dimandikan tiga hari seminggu,
  • Selalu cek bahan dan tanggal kadaluwarsa baby cream dan produk lainnya,
  • Pilih pakaian dengan bahan katun lembut yang breathable,
  • Oleskan baby cream atau baby lotion lembut setelah mandi,

Inilah jawaban dari pertanyaan bolehkah Cussons baby cream untuk wajah bayi. Semoga dapat memberi inspirasi ya.

  • https://www.cussonsbaby.co.id/product/cussons-baby-soft-smooth-cream/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/325036
  • https://www.who.int/health-topics/breastfeeding
  • https://www.aad.org/public/diseases/a-z/ichthyosis-vulgaris-treatment
  • https://www.beingtheparent.com/what-is-the-difference-between-a-baby-lotion-and-a-baby-cream-when-to-use-what/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait