Kesehatan

10 Desember 2020

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Beruang?

Sebenarnya, aman atau tidak ibu hamil minum susu beruang? Ini ulasannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, suka minum susu beruang? Nah, susu beruang yang dimaksud ini adalah susu sapi murni yang disterilisasi dan diklaim tanpa penambahan bahan pengawet sehingga dapat langsung dikonsumsi. Adapun sterilisasi susu dilakukan dengan memanaskan susu di atas titik didih sehingga mematikan kuman yang terdapat pada susu murni.

Susu beruang disebut baik untuk kesehatan. Namun, bagaimana dengan ibu hamil? Bolehkah ibu hamil minum susu beruang? Perlu Moms ketahui, susu yang sudah melalui proses sterilisasi dapat membuat beberapa jenis protein dan vitamin yang terdapat dalam susu menjadi rusak.

Namun, susu beruang juga bisa dilengkapi dengan vitamin tambahan, seperti vitamin B1, B2, B6, dan B12 untuk membantu mempercepat proses pengolahan energi dalam menjalani aktivitas. Varian lainnya juga bisa ditambahkan malt sebagai penambah kalori.

Tidak perlu bingung, berikut ini ulasan tentang ibu hamil minum susu beruang yang bisa Moms simak, ya!

Baca Juga: Perlukah Minum Susu Khusus Ibu Hamil?

Ibu Hamil Aman Minum Susu Beruang

Ibu Hamil Aman Minum Susu Beruang.jpg

Foto: momhaul.com

Faktanya, susu menjadi salah satu komponen nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Susu untuk ibu hamil termasuk penting, namun bukan hal yang wajib.Susu berguna untuk melengkapi zat gizi yang dibutuhkan Moms, saat terjadi gangguan makan.

Nah, fakta berikutnya adalah ibu hamil aman minum susu beruang. Ditambah lagi, menurut laman Net Doctor, sebaiknya ibu hamil juga harus minum susu yang sudah disterilkan atau dipasteurisasi. Sebab, susu yang belum dipanaskan dikhawatirkan dapat membawa kuman berbahaya yang dapat memengaruhi kehamilan.

Susu ini belum diolah dengan panas kemungkinan mengandung organisme yang berbahaya bagi kesehatan. Hal ini tentunya berbahaya untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungan. Nah, jadi apabila Moms ingin minum susu beruang, tentunya hal ini aman untuk dilakukan.

Namun, ada hal penting yang perlu diingat bahwa susu beruang bukan susu khusus untuk ibu hamil. Susu khusus untuk ibu hamil dirancang khusus untuk diminum oleh ibu yang sedang hamil. Hal ini karena biasanya susu ini sudah ditambahkan zat gizi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.

Apa saja zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil? Sebut saja, seperti vitamin D, kalsium, folat, zat besi, EPA dan DHA. Jika kekurangan gizi-gizi ini, dampak yang ditimbulkan tidak hanya akan berakibat pada ibu, pada anak juga nantinya.

Maka dari itu, susu beruang juga bukan satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Keseimbangan dalam pola makan saat masa kehamilan itu penting dilakukan. Tujuannya agar seluruh kebutuhan gizi dan nutrisi Moms selama hamil dapat tercukupi dengan baik.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi, ya, karena ibu hamil aman minum susu beruang. Ditambah lagi, tetap ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari ibu hamil minum susu beruang. Apa saja? Simak ulasan berikutnya, ya!

Baca Juga: Susu Hamil, Apa Benar Bermanfaat untuk Kesehatan Ibu dan Janin?

Ibu Hamil Minum Susu Beruang, Ini Manfaatnya

Ketika Moms ingin minum susu, maka penting untuk memerhatikan kandungan nutrisi di dalamnya. Hal ini untuk menimbang manfaat yang bisa didapatkan dengan minum susu saat hamil.

Nah, berikut ini beberapa manfaat dari ibu hamil minum susu beruang, yaitu:

1. Sumber Kalsium

Sumber Kalsium.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kebutuhan kalsium Moms meningkat saat masa kehamilan. Maka, penting untuk mencukupi asupan kalsium selama kehamilan. Selama hamil, kebutuhan kalsium Moms melonjak hingga 1.000 miligram per hari. Mengapa demikian?

Menurut Journal of Obstetrics & Gynecology of India, kalsium adalah mineral yang paling banyak di dalam tubuh dan penting untuk berbagai mekanisme dan reaksi seperti kontraksi otot, pembentukan tulang, serta fungsi enzim dan hormon.

Selama kehamilan, bayi yang tumbuh dalam rahim membutuhkan banyak kalsium untuk mengembangkan tulangnya. Kebutuhan kalsium ini meningkat pada 3 bulan sebelum persalinan.

“Ketika Moms tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka bayi akan mengambil apa yang dibutuhkannya dari tulang ibunya,” ujar Dr. Murray Favus, dokter ortopedi dari University of Chicago.

Dengan begitu, penting sekali untuk tidak kekurangan kalsium saat hamil agar mencegah terjadinya osteoporosis pada Moms. Selain itu, ibu hamil wajib mencukupi kebutuhan kalsium untuk mencegah terjadinya masalah pada area mulut dan gigi.

Nah, salah satu cara untuk mencukupi asupan kalsium selama hamil dengan minum susu, termasuk minum susu beruang. Kalsium juga digunakan untuk membantu pembentukan tulang, gigi, jantung, otot, dan saraf janin di dalam kandungan. Asupan kalsium yang cukup juga mampu mencegah terjadinya masalah jantung pada bayi.

Selain itu, kalsium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah berbagi risiko gangguan saat kehamilan, seperti nafsu makan yang buruk, tekanan darah tinggi selama kehamilan, risiko kelahiran prematur, hingga berat badan bayi lahir rendah. Jadi, manfaat kalsium tidak main-main, kan, Moms?

Selain ibu hamil minum susu beruang untuk memenuhi kalsium, ada beberapa makanan dan minuman lainnya yang juga bisa dikonsumsi. Di antaranya adalah kurma, kacang almond, tahu, kiwi, jeruk, sayur bayam, pepaya, dan berbagai jenis buah berry.

Baca Juga: 7 Manfaat Susu Kunyit untuk Ibu Hamil dan Cara Membuatnya

2. Memenuhi Asupan Protein

Memenuhi Asupan Protein.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kebutuhan protein wanita meningkat selama masa kehamilan. Hal ini karena volume darah seorang wanita meningkat secara dramatis selama kehamilan. Protein kehamilan menghasilkan jumlah sel darah yang tepat dan membantu tubuh memproduksi zat besi, nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan yang membantu Moms mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Salah satu sumber protein yang bisa Moms dapatkan dari susu. Manfaat lainnya dari ibu hamil minum susu beruang adalah memenuhi asupan gizi dan protein yang dibutuhkan oleh janin. Protein adalah nutrisi yang penting di setiap kehidupan manusia, apalagi untuk perkembangan janin di kandungan.

Pada dasarnya, susu sapi juga kaya akan asam amino yang membantu membangun sel dalam tubuh ibu dan bayi. Si Kecil di dalam tubuh Moms sedang berkembang dan bergantung pada protein untuk membangun sel-sel baru yang sehat. Janin akan bertumbuh cukup pesat terutama di trimester kedua dan ketiga, sehingga kebutuhan protein paling tinggi berada di tahap terakhir kehamilan. Lalu, apa yang terjadi ketika asupan protein Moms tidak tercukupi selama hamil?

Asupan protein yang tidak tercukupi selama kehamilan bisa memengaruhi pertumbuhan janin dan menghasilkan berat badan lahir yang lebih rendah. Untuk itu, penting sekali bagi Moms untuk memenuhi protein saat hamil, salah satunya dengan minum susu beruang.

Selain ibu hamil minum susu beruang, ada beberapa sumber protein lainnya yang bisa dikonsumsi. Di antaranya adalah ikan yang mengandung asam lemak omega-3 untuk kesehatan jantung dan umumnya kurang berlemak dibanding daging.

Daging merah juga menjadi sumber protein yang memberikan variasi pada makanan kehamilan yang sehat. Pilihlah daging tanpa lemak sebagai sumber protein protein penting saat hamil. Terlepas dari pilihan protein yang Moms pilih, pastikan makanan yang dikonsumsi sudah dicuci bersih dan dimasak sampai matang, ya.

3. Memiliki Kandungan Vitamin D

Memiliki Kandungan Vitamin D

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin D berjalan bersamaan dengan asupan kalsium, karena tanpa kalsium tubuh tidak bisa menyerap mineral dalam jumlah yang mencukupi. Kedua nutrisi ini berfungsi untuk menjaga tulang kuat selama kehamilan.

Vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, seperti membantu menangkal infeksi dan menjaga janin di dalam kandungan aman. Vitamin D bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu sesuai kebutuhan selama kehamilan. Vitamin D juga penting untuk penyerapan kalsium dan melindungi dari diabetes gestasional.

Dilansir dari National Health Service UK, wanita hamil dan menyusui 10 mikrogram vitamin D setiap harinya. Vitamin D mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, Moms bisa berjemur setiap pagi. Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari. Moms juga bisa mendapatkan makanan yang mengandung vitamin D, seperti ikan berminyak (salmon, sarden, dan mackerel), daging merah, hati, kuning telur, dan sereal sarapan.

Selain mengonsumsi dari makanan, Moms juga dapat mempertimbangkan suplemen vitamin D untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Namun, ada baiknya hal ini dikonsultasikan dengan dokter kandungan masing-masing, ya, Moms!

Itulah manfaat ibu hamil minum susu beruang. Nah, bagaimana jika Moms memiliki alergi pada susu sapi? Adakah jenis susu lainnya yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan?

Baca Juga: Alergi Susu Ibu Hamil, Apa yang Harus Dilakukan?

Alergi Susu Sapi, Ini Pilihan Susu untuk Ibu Hamil

Kenyataannya, tidak semua wanita bisa minum susu beruang. Kondisi ini dikhususkan bagi mereka yang memiliki alergi susu sapi. Ingat, minum susu saat hamil memang diperbolehkan, namun hal ini bukan wajib untuk dilakukan.

Ada banyak sumber nutrisi penting yang bisa didapatkan dari makanan dan minuman lainnya. Namun, apabila Moms tetap ingin minum susu, berikut ini pilihan susu untuk ibu hamil selain susu sapi:

1. Susu Almond

Susu Almond.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Susu ini terbuat dari kacang almond dan dinilai memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dari susu sapi. Benarkah? Kelebihan susu ini memang terletak pada kandungan vitamin E yang tinggi.

Namun, susu almond terfortifikasi lebih banyak mengandung air dibandingkan almond. Oleh karena itu, jika Moms menginginkan kandungan vitamin E yang lebih tinggi, lebih baik mengonsumsi almond secara langsung.

Selain itu, kekurangan susu almond berada pada kandungan vitamin, mineral, dan asam lemak yang lebih rendah dibandingkan susu sapi. Apabila Moms ingin minum susu almond tentu saja boleh, namun hindari bagi Moms yang alergi kacang, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

2. Susu Kedelai

Susu Kedelai.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Susu kedelai terbuat dari ekstrak kacang kedelai. Susu kedelai berasal dari tanaman dan secara alami bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Susu kedelai mengandung protein yang hampir sama banyaknya dengan susu sapi, namun dengan kalori yang lebih rendah.

Susu kedelai memiliki kandungan fitoestrogen dan isoflavon. Pada orang dewasa, isoflavon dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, osteoporosis, dan kanker payudara. Sementara itu, fitoestrogen bermanfaat mengurangi gejala pada wanita menopause akibat kekurangan estrogen.

3. Susu Oat

Susu Oat.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Susu oat terbuat dari gandum dan bisa menjadi sumber serat yang baik untuk ibu hamil. Susu oat kaya akan vitamin A dan B dan mineral seperti kalium, fosfor, dan mangan. Jenis susu ini mengandung lebih banyak protein daripada susu almond tetapi tidak sebanyak susu sapi.

Itulah pilihan susu yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Ingat, jika ibu hamil minum susu beruang atau jenis susu lainnya, tetap seimbangkan dengan nutrisi lainnya, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait