Kesehatan Mental

25 November 2021

10+ Cara Agar Tidak Mudah Menangis, Olahraga Salah Satunya

Cara agar tidak mudah menangis dapat dilakukan dengan berbagai cara
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Amelia Puteri

Menangis merupakan hal yang umum terjadi. Salah satu cara agar tidak mudah menangis adalah memahami apa yang menyebabkan menangis, dan belajar bagaimana mengendalikannya seringkali sangat melegakan.

Terkadang, Moms memiliki keinginan untuk menangis ketika tidak menginginkannya.

Jika Moms mudah sekali menangis, sebaiknya lakukan beberapa cara untuk mengendalikan dan mencegahnya terjadi.

Simak penjelasan lengkap tentang cara agar tidak mudah menangis dalam artikel berikut ini yuk Moms.

Baca juga: Bayi Jarang Menangis dan Cenderung Pendiam, Normalkah?

Cara Agar Tidak Mudah Menangis

Menangis adalah respons alami terhadap situasi emosional. Tetapi beberapa Moms akan lebih mudah menangis dan air mata yang dikeluarkan berlebihan.

Hal ini memang tidak membahayakan, tetapi Moms mungkin akan merasa tidak nyaman saat berada di suatu keramaian.

Moms yang ingin mengendalikan respon emosi tersebut, simak cara agar tidak mudah menangis berikut ini yuk.

1. Berjalan-jalan

berjalan-jalan

Foto: Orami Photo Stock

Berjalan menjauh dari suatu situasi, itu bisa menjadi cara agar tidak mudah menangis. Pergi ke tempat yang menenangkan dapat menekan perasaan seperti merasa kesal atau frustasi yang membuat Moms menangis.

Ingat Moms, berjalan-jalan bukan berarti menahan emosi, tetapi luapkan dengan cara yang lain. Hal ini dipercaya dapat mengubah suasana hati agar lebih tenang.

2. Ungkapkan dengan Kata

Mengungkapkan dengan kata-kata

Foto: Orami Photo Stock

Kegagalan untuk berkomunikasi dengan benar dapat menyebabkan kemarahan dan frustrasi, yang dapat memicu keinginan untuk menangis.

Mempelajari cara mengungkapkan perasaan dengan jelas, tetap tenang, dan menggunakan kata-kata dapat menjadi cara agar tidak mudah menangis lho Moms.

3. Alihkan dengan Kegiatan Lain

mengalihkan perhatian

Foto: Orami Photo Stock

Saat ada dorongan untuk menangis, Moms dapat mengalihkannya dengan kegiatan lain. Misalnya, menggambar, memainkan bola stress untuk mengalihkan emosi sehingga tidak memicu air mata keluar.

Selain itu, Moms juga dapat mencoba teknik distraksi.

Teknik ini dapat berfokus pada aktivitas atau tugas, mendengarkan musik yang membangkitkan semangat, atau memulai percakapan juga dapat membantu.

Baca Juga: Memahami Kecerdasan Emosional dan Cara Melatihnya

4. Pikirkan Hal yang Positif

memikirkan hal positif

Foto: Orami Photo Stock

Cobalah untuk mengubah pikiran negatif dengan yang positif atau memikirkan sesuatu yang lucu atau konyol sebagai gantinya.

Melihat sisi yang lebih ringan dan lucu dari situasi stres dapat membuat segalanya lebih mudah dan menghentikan seseorang dari menangis dengan mudah.

5. Ambil Napas Dalam

Mengambil nafas dalam

Foto: Orami Photo Stock

Cara agar tidak mudah menangis lainnya adalah mengambil napas dalam.

Saat Moms mulai mengambil napas dalam dan fokus mengerjakannya dapat dapat membantu mengendalikan emosi dan menagan keluarnya air mata.

6. Mengedipkan Mata

mengedipkan mata

Foto: Orami Photo Stock

Menggerakkan mata dan mengedipkan kembali air mata dapat mencegahnya keluar. Cara ini dapat Moms lakukan saat ingin menahan air mata saat berada di tengah keramaian.

7. Relaksasi Otot Wajah

relaksasi otot wajah

Foto: Orami Photo Stock

Ketika seseorang menangis, wajahnya cenderung tegang. Jadi relaksasi otot wajah dapat menjadi cara agar tidak mudah menangis. Moms dapat membuka dan tutup mulut atau memijat pipi dengan tangan.

Baca Juga: 11 Arti Mimpi Menangis, Mulai dari Diri Sendiri Hingga Orang Tersayang

8. Minum Air

Minum air putih

Foto: Orami Photo Stock

Tangisan emosional juga mempengaruhi sistem saraf. Salah satu cara bereaksi adalah dengan membuka otot di bagian belakang tenggorokan (disebut glotis).

Untuk mencegahnya, Moms dapat meminum air untuk menghilangkan benjolan tersebut. Seelas air juga dapat membuat perasaan Moms lebih tenang.

9. Olahraga

Olahraga

Foto: Orami Photo Stock

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga mampu mengontrol emosi ya Moms. Brain Plasticity menjelaskan olahraga memiliki efek pada perilaku dan juga keadaan psikologis Moms.

Olahraga dapat melepaskan endorfin perasaan-baik dan merupakan pengalihan perhatian yang besar dari apa yang menyebabkan kesal juga.

Moms yang mudah menangis sebaiknya mulai membiasakan diri untuk olahraga agar emosi lebih mudah terkendali ya.

10. Mengakui Perasaan

Mengakui perasaan

Foto: Orami Photo Stock

Terkadang menangis bisa menjadi refleks karena orang berjuang untuk mengakui apa yang mereka rasakan. Hal ini dianggap ampuh agar Moms tidak mudah menangis.

Mencoba memahami penyebab kesusahan dan menemukan solusi praktis akan lebih membantu daripada menutupi masalah dengan menangis.

11. Mengubah Kebiasaan

Mengubah kebiasaan

Foto: Orami Photo Stock

Mengubah kebiasaan dan mencoba untuk fokus pada pikiran dan tindakan mereka dapat menjadi salah satu cara agar tidak mudah menangis.

Melakukan hal yang memicu emosi mungkin akan membuat air mata keluar lebih cepat. Melakukan coping dapat membantu Moms mengendalikan emosi, sehingga tidak mudah menangis.

Semakin sering Moms mengulanginya, akan semakin mudah mengendalikan emosi sehingga tidak mudah menangis.

Baca Juga: Mengapa Wanita Menangis Lebih Banyak dari Pria?

12. Berbicara dengan Seseorang

menelpon seseorang

Foto: Orami Photo Stock

Berbicara dengan seseorang, baik itu teman tepercaya, anggota keluarga, atau profesional terlatih seperti terapis, dapat membantu seseorang mengatasi masalah, menghilangkan stres, dan merasa lebih bebas.

13. Menulis Jurnal

menulis jurnal merupakan cara menghilangkan stres pikiran

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa orang menemukan bahwa membuat jurnal atau menuliskan emosi mereka adalah cara yang bermanfaat untuk mengeksplorasi perasaan mereka, menemukan pola, dan melihat apakah ada akar penyebab masalah mereka yang perlu ditangani.

14. Tidur Cukup

tidur yang cukup.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang kurang tidur juga disebut sulit dalam mengendalikan emosi, sehingga mudah menangis. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan waktu tujuh atau sembilan jam untuk tidur per malam.

Jadi, pastikan Moms untuk tidur cukup setiap malam ya.

Baca Juga: Cerita Rakyat Batu Menangis yang Kaya akan Pesan Moral

Penyebab Mudah Menangis

Penyebab mudah menangis

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa Moms mungkin memiliki kondisi lebih mudah menangis dibanding orang lain. Ternyata, ada beberapa kondisi yang menyebabkan Moms lebih mudah menangis dibandingkan yang lainnya.

Berikut penyebab Moms mudah menangis.

1. Hormon

Apa pun yang menyebabkan perubahan hormon, seperti waktu pramenstruasi, pascamelahirkan, atau menopause, dapat menyebabkan wanita lebih mudah menangis.

Baca Juga: 9 Cara Meredakan Emosi Suami dan Menurut Pandangan Islam, Catat!

2. Stres

Ketika tubuh mengalami stres, pikiran akan mulau menguasai sistem syaraf sehingga memungkinkan air mata mengalir lebih mudah. Stres juga meningkatkan kadar kortisol, yang dapat meningkat.

Hipersensitivitas dan reaktivitas terhadap situasi yang menantang atau penuh tekanan.

3. Trauma

Moms yang pernah mengalami peristiwa traumatis ekstrem akan lebih sering menangis. Kondisi ini dianggap sebagai respons yang tidak normal.

Karena sistem saraf simpatik mereka mengalami trauma atau kecemasan dengan cara responsif somatik yang sama, terlepas dari skala seberapa traumatisnya.

Jurnal Frontiers of Psychology menyebutkan trauma dapat disebabkan oleh berbagai kejadian baik dari keluarga atau lingkungan.

Demikian artikel tentang cara agar tidak mudah menangis yang dapat Moms coba di rumah. Semoga bermanfaat ya.

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/319778#types-of-crying
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5928534/
  • https://www.healthline.com/health/how-to-stop-crying#moving-forward
  • https://www.self.com/story/how-to-stop-crying
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6603306/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait