Scroll untuk melanjutkan membaca

KESEHATAN MENTAL
09 Maret 2022

6 Cara Menghilangkan Grogi yang Berlebihan, Siapkan Mental untuk Hadapi Tantangan!

Jangan biarkan grogi menghancurkan rencana
6 Cara Menghilangkan Grogi yang Berlebihan, Siapkan Mental untuk Hadapi Tantangan!

Cara menghilangkan grogi yang berlebihan ternyata dapat dilakukan dengan langkah sederhana, lho!

Grogi, atau yang biasa dikenal dengan istilah gugup, merupakan kondisi yang ditandai dengan kecemasan, takut, dan gembira sekaligus.

Tanda lain yang dialami termasuk peningkatan detak jantung, berkeringat, dan jantung berdebar-debar.

Grogi bisa terjadi akibat pengalaman negatif yang dialami atau baru pertama kali melakukan hal tertentu.

Banyak orang yang mengartikan grogi sebagai rasa cemas berlebihan. Padahal, keduanya adalah kondisi yang berbeda.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan grogi yang berlebihan?

Baca juga: 7 Bacaan Ijab Kabul dan Tata Cara Pengucapannya

Jangan Salah, Grogi dan Cemas adalah Gangguan Berbeda

penyakit yang menyebabkan nyeri dada - 4 Serangan panik.jpg

Foto: penyakit yang menyebabkan nyeri dada - 4 Serangan panik.jpg (shutterstock.com)

Foto: Orami Photo Stock

Grogi adalah respons alami terhadap peristiwa yang membuat stres.

Kondisi ini terjadi sementara dan akan hilang setelah stres berlalu.

Grogi dapat dikendalikan, bahkan pada seseorang yang rentan mengalaminya.

Perlu Moms pahami bahwa grogi adalah gejala umum dari gangguan kecemasan.

Gangguan kecemasan sendiri adalah gangguan kejiwaan yang berkembang dari sejumlah faktor kompleks, termasuk genetika, kimia otak, dan peristiwa dalam kehidupan.

Gangguan kecemasan berlangsung lama dan tidak dapat dikendalikan tanpa pengobatan dari para ahli.

Orang dengan gangguan kecemasan sering mengalami perasaan grogi atau khawatir parah yang datang tanpa sebab pasti.

Penderita juga mengalami sejumlah gejala fisik dan mental, seperti:

  • Sakit kepala
  • Sensasi aneh di tubuhmu
  • Mati rasa
  • Badan pegal dan nyeri
  • Sifat lekas marah
  • Gemetar
  • Insomnia
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Peningkatan detak jantung
  • Rasa sesak pada dada
  • Kelelahan
  • Sakit perut
  • Diare
  • Berkeringat

Begini Cara Menghilangkan Grogi yang Berlebihan

Perbedaan Serangan Panik dan Serangan Cemas

Foto: Perbedaan Serangan Panik dan Serangan Cemas

Foto: Orami Photo Stock

Grogi adalah perasaan umum yang disebabkan oleh respons stres pada tubuh.

Grogi melibatkan respons hormonal dan fisiologis yang membantu mempersiapkan tubuh untuk menghadapi ancaman yang dirasakan atau dibayangkan.

Tubuh bersiap untuk melawan atau melarikan diri dari ancaman dengan meningkatkan produksi adrenalin.

Kemudian, tubuh akan menunjukkan sejumlah gejala, seperti peningkatan detak jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

Namun, jangan khawatir, grogi adalah reaksi normal terhadap situasi tertentu.

Agar tidak berlarut-larut, berikut ini cara menghilangkan grogi yang berlebihan:

1. Hadapi dan Jangan Takut

Cara menghilangkan grogi yang berlebihan yang pertama adalah hadapi dan jangan takut.

Dalam situasi yang tidak nyaman, ingatkan diri bahwa grogi adalah hal yang normal.

Sebagian besar orang merasakannya ketika dihadapkan dengan tantangan dan hal yang baru dalam hidup.

Grogi bisa dibilang adalah cara tubuh mempersiapkan diri untuk menghadapi hal yang akan datang.

Melepaskan rasa takut dan belajar menerima adalah cara alami yang dapat membantu menjaga saraf tetap terkendali.

2. Bangun Kekuatan Mental

Melansir dari Kid’s Health, alih-alih memikirkan apa yang bisa saja menjadi kesalahan, sebaiknya tingkatkan energi positif.

Jika Moms adalah atlet, disarankan untuk menonton pertandingan terlebih dulu sebelum berlari ke lapangan.

Hal tersebut dilakukan untuk memompa diri dengan energi positif dan semangat tim.

Moms juga bisa meminta seorang teman untuk memberikan semangat.

Moms juga bisa mengatakan pada diri sendiri, "Saya bisa!", "Saya siap melakukan ini!" atau, "Ini akan menyenangkan!"

Baca juga: Ini Doa Kelancaran Berbicara Agar Lebih Percaya Diri dan Perkembangan Anak Optimal

3. Persiapkan Kondisi yang Akan Terjadi

Mempersiapkan kondisi yang akan terjadi menjadi cara menghilangkan grogi yang berlebihan selanjutnya.

Memang, Moms tidak selalu dapat memprediksi atau merencanakan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup.

Namun, ada beberapa situasi yang dapat dipersiapkan terlebih dahulu, seperti:

  • Berlatih sebelum presentasi atau rapat kerja
  • Mengajak teman untuk menemani ke acara formal
  • Memberikan waktu ekstra untuk bersiap-siap bekerja, berkencan, atau menghadiri acara tertentu

4. Selalu Berpikir Positif

Kurangnya kepercayaan atau khawatir bahwa diri sendiri akan mengacaukan acara sering menjadi penyebab grogi.

Ketika Moms mulai meragukan kemampuan diri sendiri, temukan cara untuk membuat diri berpikir lebih positif.

Untuk melakukanya, gunakan self-talk positif atau bayangkan hasil yang diinginkan.

5. Berbicara dengan Seseorang

Cara menghilangkan grogi yang berlebihan selanjutnya dilakukan dengan berbicara pada orang yang Moms percayai.

Jika mengalami grogi secara tiba-tiba, Moms bisa menghubungi keluarga atau sahabat untuk sekedar mengobrol agar hati dan pikiran menjadi tenang.

Moms juga bisa meminta dukungan terkait dengan hal yang akan dikerjakan.

Rasa nyaman yang diberikan dapat membantu menempatkan segala sesuatu dalam perspektif.

Biasanya, orang lain dapat membantu melihat situasi dengan cara yang lebih rasional.

Berbagi perasaan dengan orang lain, terutama seseorang yang pernah mengalami situasi serupa, dapat bantu mengurangi stres dan membuat merasa lebih positif.

6. Melakukan Teknik Relaksasi

Yoga.jpg

Foto: Yoga.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan grogi yang berlebihan terakhir dapat dilakukan dengan teknik relaksasi.

Belajar untuk rileks penting untuk mengatasi grogi dan mengelola stres secara umum.

Latihan pernapasan dalam bekerja dengan cepat mengatasi grogi. Hal tersebut dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja saat merasa gugup.

Ada berbagai jenis latihan pernapasan yang terbukti berhasil, termasuk teknik pernapasan 4-7-8 dan pernapasan diafragma.

Selain itu, berikut ini teknik relaksasi sebagai cara menghilangkan grogi yang berlebihan:

  • Yoga
  • Meditasi
  • Pijat
  • Mendengarkan musik
  • Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan
  • Aromaterapi

Baca juga: Kecemasan Berlebih, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Grogi adalah respons alami terhadap pengalaman baru atau situasi yang berada di luar zona nyaman.

Meskipun merasa tidak nyaman, perasaan itu hanya sementara dan akan hilang setelah penyebab kegugupan dihadapi.

Atasi dengan langkah yang tepat seperti yang telah disebutkan agar grogi tidak mengganggu aktivitas yang dilakukan.

  • https://kidshealth.org/en/teens/nerves.html
  • https://www.healthline.com/health/anxiety/nervousness#why-we-feel-nervous