Kesehatan Umum

15 Agustus 2021

Ternyata Mudah, Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Murni di Rumah!

Yuk Moms bikin sendiri minyak kelapa murni di rumah yang punya segudang manfaat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Minyak kelapa kini tampaknya semakin populer ya Moms dalam beberapa tahun terakhir. Tidak heran banyak orang ingin mencari tahu cara membuat minyak kelapa.

Apalagi setelah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa minyak kelapa memiliki ragam manfaat, mulai dari membantu penurunan berat badan hingga memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Moms mungkin juga sedang mencari bagaimana cara membuat minyak kelapa.

Pada Juli 2016, hasil survei yang dilakukan The New York Post menunjukkan bahwa 72 persen orang percaya bahwa minyak kelapa menyehatkan, namun hanya 37 persen ahli gizi yang setuju.

Ini karena minyak kelapa mengandung lebih dari 80 persen lemak jenuh. Mengutip American Heart Association, beberapa ahli juga telah mengaitkan lemak jenuh dengan penyakit kardiovaskular dan penyakit lainnya.

Namun, minyak kelapa sebetulnya bermanfaat tidak hanya saat dimakan. Ya, beberapa ahli juga meyakini bahwa minyak kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

Jika Moms tertarik membuatnya sendiri di rumah, ada beberapa cara membuat minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil) yang perlu Moms ketahui.

Baca Juga: 12 Manfaat Ajaib Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni

Foto: shayandcompany.com

Jika Moms melihat di internet, akan ada banyak cara membuat minyak kelapa murni atau VCO. Perlu Moms ketahui juga bahwa tidak semua minyak kelapa dibuat sama.

Beberapa cara alami menghasilkan lebih banyak minyak daripada metode yang lain. Moms bahkan bisa menggunakan hanya tiga butir kelapa untuk menghasilkan kira-kira ⅓ cangkir minyak kelapa.

Yuk simak cara membuatnya berikut ini!

Langkah Pertama: Buang Kulitnya

Pegang kelapa dengan mantap (telapak menghadap ke atas) dan banting tulang belakang pisau ke dalamnya hingga retak. Untuk lebih mudah, Moms bisa membungkus kelapa dengan handuk dapur.

Dengan menggunakan palu atau palu, ketuk perlahan beberapa bagian kelapa sampai kulit coklatnya retak. Ambil cangkang yang tersisa dengan hati-hati. Moms bisa menyisihkan air kelapa untuk diminum.

Langkah Kedua: Parut Kelapa

Langkah selanjutnya dalam cara membuat minyak kelapa, parut kelapa dengan tangan menggunakan sisi parutan halus. Moms juga bisa menggunakan food processor atau blender untuk memarut kelapa.

Langkah Ketiga: Rendam dan Saring

Tambahkan sekitar 1 hingga 3 cangkir air ke kelapa parut (cairan tambahan akan membantu saat memeras santannya).

Peras santan dari parutan kelapa dengan tangan.Moms juga bisa menggunakan kain katun tipis untuk memerasnya. Kemudian saring santan melalui saringan untuk mengeluarkan sebanyak mungkin serpihan yang tersisa.

Langkah Keempat: Panaskan

Cara membuat minyak kelapa selanjutnya, masukkan santan ke dalam panci besar dan biarkan hangat. Namun jangan sampai santan mendidih ya Moms. Cukup hangatkan dan matikan api. Dan jangan aduk campurannya.

Langkah Kelima: Dinginkan

Biarkan santan dingin. Namun Moms bisa hanya membiarkannya sampai sedikit hangat, kira-kira hingga suhu kamar.Moms juga boleh membiarkannya di lemari es untuk sementara waktu.

Langkah Keenam: Skim

Setelah didinginkan, Moms akan melihat bahwa lemak kelapa itu berlapis-lapis di atas air kelapa. Moms bisa menggunakan sendok untuk membuang lemak di atasnya dan masukkan ke dalam wajan. Moms bisa menggunakan panci stainless steel untuk menaruh lemak ini.

Langkah Ketujuh: Rebus

Aduk sedikit saja selama proses ini. Biarkan “puding” kelapa mendidih, lalu kecilkan api menjadi sedang dan biarkan mendidih selama kurang lebih 45 menit (tergantung pada banyaknya sisa puding).

Pada proses ini, penampilan akan berubah. Moms akan melihat bintik-bintik bening (minyak) dan limbah tebal berwarna keabu-abuan / kecokelatan.

Minyak akan terus terpisah dari limbah yang sudah dimasak. Akhirnya, Moms bisa menggunakan sendok dan memisahkan keduanya.

Langkah Kedelapan: Saring dan Dinginkan

Saring minyak dengan saringan atau dengan kain katun tipis. Biarkan benar-benar dingin dan gunakan untuk melembapkan kulit, rambut, atau untuk lulur.

Baca Juga: Benarkah Minyak Kelapa Bisa Mengatasi Stretch Mark?

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni VCO

Cara Membut Minyak Kelapa Murni VCO

Foto: Orami Photo Stock

Sementara cara membuat minyak kelapa murni VCO (Virgin Coconut Oil), ada perbedaan cara membuatnya. Begini caranya:

1. Belah Kelapa

Cara membuat minyak kelapa yang pertama, belah kelapa dengan pisau tajam. Moms bisa gunakan kelapa tua berwarna coklat, bukan kelapa muda yang hijau.

2. Kikis Daging Kelapa

Kikis daging dari cangkangnya. Gunakan pengikis kelapa, pisau pengupas tajam, atau sendok logam yang kokoh. Mengikis daging kelapa memang cukup rumit, jadi pisau mentega jauh lebih baik daripada pisau pengupas yang tajam.

3. Potong Daging Kelapa

Moms bisa memotong daging kecil-kecil atau suwir daging kelapa dengan alat pengerik.

4. Haluskan

Tempatkan potongan ke dalam food processor. Nyalakan food processor dengan kecepatan sedang dan haluskan hingga tercampur rata. Tambahkan sedikit air untuk membantunya membaur jika perlu.

5. Saring Santan

Letakkan filter kopi atau kain katun tipis di atas toples dengan mulut lebar. Tuang atau sendokkan sedikit campuran kelapa ke atas kain.

Bungkus kain di sekitar adonan kelapa dan peras santan ke dalam toples. Peras kuat-kuat, untuk memastikan Moms mendapatkan setiap tetesnya. Ulangi proses ini sampai semua campuran kelapa habis.

6. Dinginkan

Biarkan toples tanpa pengawasan setidaknya selama 24 jam. Saat mengeras, santan dan minyak akan terpisah dan lapisan dadih akan muncul di bagian atas stoples. Dinginkan toples ke dalam kulkas agar dadih mengeras lebih cepat jika diperlukan.

7. Ambil Dadih

Cara membuat minyak kelapa yang terakhir, setelah terpisah, Moms bisa ambil dadih dengan sendok dan buang. Dan minyak kelapa murni tertinggal di toples.

Baca Juga: 23 Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Berkhasiat Banget!

Tips Penyimpanan Minyak Kelapa Murni

Yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Minyak Kelapa Murni

Foto: healthline.com

Moms sudah tahu tentang cara membuat minyak kelapa. Lalu, berapa lama minyak ini akan bertahan?

Perlu Moms ingat bahwa minyak kelapa murni buatan sendiri memiliki umur simpan yang sangat pendek. Baunya akan sangat busuk dalam beberapa minggu jika tidak disimpan dengan benar.

Beberapa merek organik yang dibeli di toko masih menggunakan jenis pengawet tertentu untuk bertahan lebih lama.

Karena versi buatan sendiri diekstrak perlahan dalam jumlah kecil, penting untuk menyimpannya dengan benar agar tidak cepat bau.

Disarankan untuk menyimpannya di wadah kaca tertutup dan di lemari es. Ambil jumlah yang diperlukan setiap kali digunakan dan biarkan mencapai suhu kamar sebelum digunakan.

Baca Juga: 11+ Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil, Luar Biasa!

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Foto: organicauthority.com

Setelah berhasil mengetahui cara membuat minyak kelapa, lantas apa saja sih manfaat minyak kelapa? Berikut daftar manfaat minyak kelapa yang perlu Moms ketahui:

1. Mengurangi Stres

Minyak kelapa murni mungkin memiliki sifat antioksidan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang dipublikasikan oleh jurnal Experimental and Therapeutic Medicine, minyak kelapa tampaknya dapat mengurangi stres akibat olahraga dan flu kronis.

Para peneliti percaya bahwa minyak kelapa murni dapat bermanfaat dalam mengobati beberapa jenis depresi. Selain itu, banyak makanan nabati lainnya yang menyediakan antioksidan untuk membantu meredakan stres.

2. Membuat Rambut Berkilau

Moms ingin rambut tampak sehat dan berkilau? Moms bisa mencoba mengoleskan minyak kelapa ke rambut untuk meningkatkan kilau dan melindunginya dari kerusakan.

Minyak kelapa dengan berbagai nutrisi di dalamnya akan menembus kulit kepala lebih baik daripada minyak mineral lainnya.

Namun, bukti bahwa minyak kelapa bisa membuat rambut menjadi lebih sehat belum sepenuhnya terbukti.

Pasalnya, ada penelitian terhadap orang-orang dengan jenis rambut serupa tidak menemukan perbedaan kondisi rambut antara mereka yang menggunakan minyak kelapa dan mereka yang tidak.

3. Menutrisi Kulit

Setelah melakukan cara membuat minyak kelapa, Moms bisa mengoleskan ekstrak kelapa ke kulit manusia dapat meningkatkan fungsi pelindung dan memiliki efek anti-inflamasi.

Penemuan ini dapat berimplikasi pada pengobatan tetapi tidak untuk diet. Ini karena beberapa makanan memang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

4. Mengatasi Candida

Dalam sebuah penelitian in vitro, minyak kelapa aktif melawan Candida albicans (C. albicans), sehingga minyak ini efektif untuk mengobati candida.

Ini mungkin karena fungsi penghalang ekstrak dan sifat anti-inflamasi dalam minyak kelapa. Namun hal ini tidak sama dengan mengkonsumsi minyak kelapa biasa karena tidak difermentasi.

5. Mencegah Penyakit Liver

Melansir jurnal Society of Chemical Industry Dalam sebuah studi tahun 2017, tikus dengan penyakit hati mengonsumsi makanan tinggi glukosa baik dengan atau tanpa minyak kelapa.

Mereka yang mengonsumsi minyak kelapa memiliki masalah kesehatan hati yang lebih baik setelah 4 minggu dibandingkan mereka yang tidak. Ini menunjukkan bahwa beberapa elemen dalam minyak kelapa dapat membantu melindungi hati.

6. Kesehatan Gigi

Mengutip sebuah jurnal yang dipublikasikan International Journal of Health Sciences - Qassim University, ternyata penting melakukan oil pulling untuk kesehatan gigi.

Oil pulling adalah pengobatan oral tradisional. Ini melibatkan mengoleskan minyak di sekitar rongga mulut, dengan cara yang mirip dengan obat kumur modern.

Penelitian ini juga telah menemukan bahwa minyak kelapa efektif untuk melindungi gigi berlubang, memperbaiki radang gusi, dan mempengaruhi keseimbangan bakteri mulut.

Itulah ulasan mengenai manfaat minyak kelapa dan cara membuat minyak kelapa murni dan VCO. Mudah bukan? Selamat mencoba ya Moms!

Sumber

  • https://www.nytimes.com/interactive/2016/07/05/upshot/is-sushi-healthy-what-about-granola-where-americans-and-nutritionists-disagree.html?_r=0
  • https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/prevention-and-treatment-of-high-cholesterol-hyperlipidemia/the-skinny-on-fats#.WcG90tOGNE8
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/jsfa.8650
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5654187/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait