Home & Living

17 September 2021

Ini Cara Merawat Sugar Glider, Hewan Kecil Seperti Tupai yang Menggemaskan

Cara merawat sugar glider tidak jauh berbeda dengan hewan peliharaan lainnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bosan memelihara kucing atau anjing? Moms bisa mulai mencoba merawat sugar glider hewan eksotis lainnya yang saat ini sedang populer. Tapi kemudian yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara merawat sugar glider?

Sugar glider adalah hewan berkantung kecil yang mungil, lucu, dan unik yang berasal dari Australia dan sebagian Indonesia. Tubuh mereka mirip dengan tupai dengan bulu abu-abu dan tanda hitam.

Mereka juga memiliki membran halus—struktur tipis seperti kulit yang memanjang dari depan ke belakang di setiap sisi hampir seperti sayap—yang membantu mereka melakukan perjalanan di antara pepohonan.

Cara merawat sugar glider memang susah-susah gampang, Moms. Hewan kecil tersebut membutuhkan perhatian yang ekstra agar tetap jinak.

Selain itu, cara merawat sugar glider juga serupa hamster, mereka membutuhkan ruang yang cukup untuk berolahraga. Sementara terkait makanannya, sugar glider membutuhkan diet yang sangat khusus.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Burung Lovebird, Bisa Jadi Hewan Peliharaan di Rumah!

Cara Merawat Sugar Glider

cara merawat sugar glider

Foto: critterlove.com

Meski bukan untuk pemilik hewan peliharaan pemula, tetapi sugar glider adalah hewan peliharaan yang menawan dan menghibur. Mereka cepat, suka memanjat, dan akan meluncur dari satu tempat ke tempat lain jika ruang mereka memungkinkan.

Plus, sebagai hewan nokturnal, mereka suka meringkuk di sarang di siang hari untuk tidur. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut adalah cara merawat sugar glider bagi pemula seperti dilansir dari Pet Keen.

1. Kandang

Hal paling utama sebagai cara merawat sugar glider bagi pemula adalah, Moms perlu menyiapkan kandang yang memungkinkan sugar glider peliharaan Moms bisa melompat dan memanjat. 

Direkomendasikan sangkar logam dengan palang dengan jarak kurang dari inci. Jarak antar palang yang lebih besar dapat memungkinkan pelarian. Idealnya, pintu kandang harus dapat dikunci. Jangan lupa untuk tetap memerhatikan kebersihan kandangnya, ya Moms.

2. Tempat Tidur

Cara merawat sugar glider untuk pemula selanjutnya adalah Moms perlu menyiapkan tempat tidur. Tempat tidur sugar glider bisa berupa kertas robek atau tempat tidur yang tersedia secara komersial. Tempat tidur untuk sugar glider harus tidak beracun jika tertelan dan harus dapat menyerap limbah dan air.

Baca Juga: Suka Pelihara Anjing atau Kucing? Kenali Bahaya Bulu Hewan Untuk Kesehatan

3. Makanan dan Air

Untuk urusan makanan dan minuman, cara merawat sugar glider untuk pemula juga sama seperti hewan peliharaan lain. Moms perlu menyediakan akses air bersih, baik dalam piring atau botol minum.

Sebaiknya sediakan dua atau lebih wadah air di berbagai lokasi kandang. Selain itu, Moms perlu menyediakan piring makanan dangkal harus digunakan untuk meminimalkan jumlah makanan yang berakhir di substrat tangki.

Sugar glider adalah omnivora, jadi makanan mereka harus terdiri dari sumber makanan nabati dan hewani. Sekitar 25% dari diet mereka harus terdiri dari buah, 25% protein, dan 50% harus menjadi makanan sugar glider komersial atau diet Bourbon Modified Leadbeater buatan sendiri.

Buah-buahan yang cocok untuk sugar glider antara lain anggur, pisang, mangga, persik, dan melon. Sayuran untuk sugar glider bisa termasuk jagung, ubi jalar, wortel, dan bayam.

Protein untuk sugar glider bisa berupa hal-hal seperti daging tanpa lemak yang dimasak dan tidak dibumbui dan telur yang dimasak. Diet Bourbon Modified Leadbeater, atau BML, adalah diet buatan sendiri yang terdiri dari bahan-bahan seperti suplemen vitamin reptil, telur rebus kupas, madu, sereal bayi, dan makanan bayi berprotein tinggi seperti ayam.

Sebagai hadiah, sugar glider suka memakan makanan seperti ulat, cacing tanah, jangkrik, dan kacang-kacangan. Hal-hal ini tinggi lemak dan harus diberi makan secukupnya sebagai makanan dan bukan sebagai komponen makanan utama.

Suplementasi vitamin dan mineral mungkin diperlukan, yang dapat dicapai dengan banyak suplemen vitamin dan mineral reptile. Tetapi sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter hewan.

4. Kantung Tidur

Jangan lupa untuk menyiapkan kantung tidur untuk sugar glider di dalam kandang. Ini akan berfungsi sebagai tempat tidur yang aman di siang hari.

Menyiapkan kantung tidur yang cukup tebal juga menjadi ara merawat sugar glider untuk pemula. Kantung tidur tebal  tersebut menghalangi sebagian besar pencahayaan tetapi cukup ringan untuk memungkinkan aliran udara yang memadai.

Baca Juga: Moms, Ini Manfaat Pelihara Ikan bagi Anak

5. Mainan

Ingat Moms, sugar glider adalah hewan yang aktif. Jadi salah satu ara merawat sugar glider untuk pemula adalah menyediakan tempat bermainnya untuk melompat dan memanjat, seperti cabang.

Mereka juga akan mendapat manfaat dari roda latihan tertutup yang tidak membiarkan ekor mereka tersangkut, tangga, lonceng, dan mainan burung gantung semuanya bisa menjadi mainan yang menyenangkan dan memperkaya bagi sugar glider.

6. Sosialisasi

Cara merawat sugar glider untuk pemula untuk membuatnya nyaman berada di dekat Moms adalah dengan pemberian makan dan pembersihan kandang secara perlahan-lahan sampai mereka cukup nyaman, hingga Moms bisa mulai menyentuh dan menanganinya.

Sugar glider akan mengembangkan preferensi terhadap orang-orang tertentu, terutama yang memberi makan dan merawat mereka.

Begitu mereka terikat, sugar glider senang nongkrong di saku orang dan sering kali merasa nyaman bertemu orang baru.

Sugar glider harus perlahan-lahan diperkenalkan satu sama lain atau ke hewan peliharaan lain di rumah. Beberapa sugar glider rukun dengan kucing, anjing, dan hewan peliharaan lainnya, tetapi perkenalan ini harus dilakukan secara perlahan dan aman, dan hewan-hewan ini tidak boleh ditinggalkan tanpa pengawasan.

7. Mandi

Sugar glider adalah salah satu hewan yang resik. Jadi cara merawat sugar glider untuk pemula selanjutnya adalah Moms tidak perlu sering memandikannya. Kecuali mereka entah bagaimana mendapatkan sesuatu yang beracun atau mereka tidak dapat membersihkan diri mereka sendiri.

Baca Juga: Hewan Peliharaan Bisa Menjamin Pernikahan Lebih Awet

Cara Merawat Sugar Glider yang Masih Kecil

cara merawat sugar glider

Foto: worldatlas.com

Jika Moms ingin memelihara sugar glider yang masih kecil, Moms harus memperhatikan cara merawat sugar glider yang masih berusia anakan atau sekitar satu bulan. Tentu saja cara merawat sugar glider anakan ini berbeda dengan cara merawat sugar glider pada umumnya yang dewasa.

Cara merawat sugar glider yang masih anakan tentu saja membutuhkan beberapa perhatian lain, seperti makanan dan juga suhu ruang dimana mereka tinggal.

1. Suhu

Sugar glider lebih menyukai suhu hangat antara 24-27 derajat Celsius, tetapi mereka dapat hidup dengan nyaman di suhu 18-32 derajat Celsius. Ini berarti bahwa sebagian besar sugar glider dapat disimpan pada suhu kamar normal. 

Namun untuk sugar glider umur satu bulan, sebaiknya disimpan di tempat yang lebih hangat dengan batu panas yang aman untuk hewan peliharaan atau bantalan pemanas.

2. Diet Ideal Bayi Sugar Glider

Melansir Exotic Nutrition, sugar glider bayi harus ditawarkan berbagai jenis makanan untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi yang tepat. Memberi makan berbagai atau makanan saat masih muda juga membantu glider menjadi kurang pilih-pilih saat sudah tua.

Cara merawat sugar glider yang usianya kurang dari sebulan diberi makan dari ibu mereka atau perlu diberi makan dengan tangan menggunakan pengganti susu dan jarum suntik. Sementara cara merawat sugar glider usia satu bulan atau lebih bisa beralih ke diet yang lebih permanen, seperti pelet, Gliderade, buah-buahan dan sayuran.

Moms juga bisa mulai mengenalkan makanan kering setelah bayik gilder sudah mencapai usia enam bulan. Jangan lupa, untuk tetap menyediakan air bersih di dekatnya, ya Moms.

Baca Juga: 6 Trik Jitu Menghilangkan Bau Tak Sedap Akibat Hewan Peliharaan di Rumah

Itulah beberapa cara merawat sugar glider yang sebenarnya cukup sederhana dan tidak jauh berbeda dibandingkan cara merawat hewan peliaharaan lainnya. Jika Moms ingin memelihara sugar glider, pastikan Moms benar-benar memperhatikan cara merawat sugar glider tersebut ya. Karena bagaimanapun, setiap hewan memiliki tips dan trik yang berbeda dalam perawatan. 

  • https://petkeen.com/how-to-take-care-of-a-sugar-glider/
  • https://www.exoticnutrition.com/what-to-feed-baby-sugar-gliders.aspx
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait