Kesehatan Umum

12 Oktober 2021

9+ Manfaat Daun Perilla, Daun Sehat dan Lezat Favorit Orang Korea

Daun ini hampir selalu hadir di setiap hidangan Korea
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daun Perilla banyak digunakan dalam banyak hidangan. Selain karena rasanya yang unik, daun ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan yang luar biasa.

Untuk Moms yang suka melihat drama Korea atau penggemar masakan Jepang, pasti tidak asing lagi dengan daun yang satu ini.

Sering dimasukkan sebagai tambahan dalam beberapa jenis masakan atau langsung dimakan, daun Perilla memiliki cita rasa khas yang menjadi tambahan rasa yang unik dalam sebuah masakan.

Baca Juga: Manfaat Daun Stevia, Pemanis Alami yang Rendah Kalori dan Aman Dikonsumsi

Mengenal Daun Perilla

Daun Perilla -1.jpg

Foto: Umamimart.com

Perilla frutescens, biasa disebut perilla atau perilla Korea, termasuk dalam keluarga Mint Lamiaceae. Ini berasal dari Asia Tenggara dan dataran tinggi India.

Secara tradisional, tamanam ini ditanam di semenanjung Korea, Cina Selatan, Jepang dan India sebagai tanaman. Ini digunakan sebagai sumber makanan yang kaya akan lemak dan protein berkualitas baik.

Daun Perilla ada yang berdaun hijau dan berdaun ungu. Di Jepang, daun Perilla juga disebut dengan shiso. Di Asia, minyaknya digunakan untuk pengobatan dan penyedap makanan dalam permen dan saus.

Rasanya adalah kombinasi dari jeruk dan kayu manis, dengan sedikit nada adas manis. Ramuan aromatik ini juga merupakan bumbu yang bagus untuk ikan, ayam, daging sapi, dan lobak.

Perilla adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3 dan daunnya digunakan sebagai bumbu untuk tahu dan sebagai hiasan untuk tempura.

Daun Perilla sering terlihat di sup, salad, dan sushi. Ini adalah tanaman aromatik dengan aroma mint yang kuat.

Tampilan daunnya saling berhadapan dan berukuran sedang, dan secara bertahap mengecil ukurannya dari bawah ke atas tanaman, bertumpuk halus hingga padat.

Pangkal membulat hingga runcing, tepi halus hingga bergerigi kasar, terkadang bergelombang, puncak pendek meruncing hingga mukronasi. Daunnya berwarna hijau dengan sentuhan ungu di bagian bawah.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Dapat Sembuhkan Luka

Manfaat Daun Perilla

Daun Perilla -2.jpg

Foto: Koreanbbqonline.com

Di bawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari Daun Perilla:

1. Menurunkan Kolesterol

Selain daun, bijinya juga sangat bagus untuk menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah.

Ini dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan stroke, dan bahkan kanker, serta membantu mencegah aterosklerosis.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Karena rasio lemak sehat yang luar biasa dalam daun perilla, ini membuatnya sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Ini membantu dalam menjaga kesehatan pembuluh darah.

Antioksidan dalam daun Perilla membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam makanan yang dimakan, menjaganya dengan baik dapat menyebabkan beberapa masalah yang sangat serius.

3. Anti Depresan dan Baik untuk Otak

Karena semua sifat antioksidan kuat dari biji, minyak, dan daunnya memiliki efek besar pada pusat dopamin di otak sehingga membantu membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Ini juga membantu mengoptimalkan fungsi otak dan membantu memori. University of Maryland Medical juga menemukan bahwa ALA yang dalam Perilla dapat membantu mengatasi depresi.

4. Mengurangi Ketidaknyamanan Perut

Daun Perilla mengandung flavonoid, yang membantu meringankan tanda-tanda ketidaknyamanan pada perut seperti termasuk kembung, mual dan gas yang berlebih.

Minyaknya juga dapat membantu mengurangi peradangan di perut, sehingga meningkatkan kinerja sistem pencernaan sekaligus mengurangi efek gangguan pencernaan.

5. Mengurangi Stress Oksidatif

Salah satu permasalaha yang terkait dengan stress oksidatif adalah radang sendi bahkan hingga kanker. Stress oksidatif adalah hal yang terjadi saat tubuh dibanjiri radikal bebas dalam jumlah berlebihan.

Antioksidan dalam Perilla mampu memusnahkan radikal bebas berlebih yang menjadikannya sering digunakan untuk pencegahan masalah yang berkaitan dengan stress oksidatif.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Kanker Payudara

6. Kanker

Antioksidan dalam daun Perilla memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker menurut penelitian. Semakin banyak antioksidan yang dikonsumsi, semakin rendah kemungkinan terkena kanker.

Penelitian Food Science and Nutrition menunjukkan bahwa daun Perilla kering meningkatkan kandungan nutraceuticals antikanker. Ini merupakan metode sederhana dan efektif untuk meningkatkan konsentrasi agen bioaktif.

7. Efektif Lindungi Kulit dari Cahaya Matahari

Pasta daun perilla bila dioleskan pada kulit cenderung dapat mencegahnya terbakar sinar matahari. Dikonsumsi sebagai rebusan juga diketahui bermanfaat dalam mencegah stroke akibat sinar matahari.

Tidak hanya mencegah penyakit yang disebutkan di atas, tetapi juga membantu menyembuhkan sengatan matahari atau kutil jika sudah terjadi.

8. Baik untuk Asma, Pilek, Alergi, dan Bronkitis

Perilla diketahui mengandung banyak quercetin, luteolin, asam alfa-lineolic, dan asam rosmarinic yang semuanya bagus untuk menyembuhkan saluran pernapasan, dan membantu bernapas dengan mudah.

Dalam International Archives of Allergy and Immunology ditemukan bahwa dengan empat minggu pengobatan dengan Perilla Seeds, sangat meningkatkan kapasitas paru-paru.

9. Baik untuk Kulit Bermasalah

Perilla Oil digunakan dalam kosmetik dan sangat cocok untuk kulit bermasalah. Ini karena kualitas anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, dan kemampuan untuk membantu menahan lebih banyak air di kulit.

Ini bekerja sangat baik untuk menyembuhkan ruam, jerawat, dan membantu menghilangkan kerutan dan membuat kulit tampak awet muda.

10. Menjaga Kesehatan Mulut

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, ramuan ini dikenal memiliki sifat anti-mikroba dan juga dapat menjaga kesehatan mulut.

Ketika dikonsumsi secara oral seperti menjadi tambahan makanan atau lalapan, cenderung dapat menghindari masalah seperti pendarahan gusi serta pengurangan rongga mulut.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Obesitas

Kegunaan Daun Perilla dalam Pengobatan

Daun Perilla -3.jpg

Foto: Cnz.to

Daun Perilla kering biasanya banyak digunakan dalam pengobatan herbal Cina, termasuk pengobatan kondisi pernapasan (misalnya asma, batuk, pilek), sebagai antispasmodik, untuk menginduksi keringat, untuk meredakan mual, dan untuk mengurangi sengatan matahari.

Ada beberapa penggunaan daun Perilla dalam dunia pengobatan tradisional, di antaranya:

  • Daun perilla dianggap sebagai ramuan penghilang gejala flu dan jenis gangguan yang kesehatan yang serupa, seperti hidung tersumbat, batuk, dan sakit kepala
  • Biji ramuan ini juga dikunyah dan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mulut.
  • Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, daun Perilla digunakan untuk mengobati batuk terus-menerus dan gejala hidung tersumbat.
  • Teh atau bubuk daun Perilla dipercaya dapat meredakan mual dan muntah pada kehamilan, serta meredakan kram perut akibat gangguan pencernaan atau keracunan makanan.

Baca Juga: Konsumsi Daun Pepaya untuk Ibu Hamil, Benarkah Bisa Menyebabkan Keguguran?

Kegunaan Daun Perilla dalam Masakan

Daun Perilla -4.jpg

Foto: Maangchi.com

Daun Perilla bahkan bijinya banyak dikonsumsi di beberapa daerah di Asia. Dalam dunia kuliner, daun Perilla biasanya ditambahkan dalam:

  • Roti Perilla dibuat dari adonan tepung ketan atau sorgum ketan yang diisi dengan pasta kacang merah, dan dibungkus dengan daun perilla.
  • Daun perilla digunakan untuk membuat efen, “roti kukus” dalam masakan Manchu.
  • Biji dan daun Perilla juga digunakan untuk bumbu kari.
  • Dalam masakan Korea, daun Perilla banyak digunakan sebagai ramuan dan sayuran.
  • Daun inin juga digunakan segar sebagai sayuran Assam, segar atau pucat sebagai sayuran namul, atau asinan dalam kecap atau pasta kedelai untuk membuat jangajji (acar) atau kimchi.
  • Ini juga digunakan sebagai pelapis atau topping untuk makanan penutup: Yeot dan beberapa jenis tteok (kue beras) dapat dilapisi dengan bubuk Perilla panggang.
  • Dalam makanan barat gaya Korea, daun Perilla kadang-kadang digunakan untuk menggantikan kemangi dan bubuk biji serta minyak digunakan dalam saus salad serta saus celup.

Ada banyak cara untuk menikmati manfaat daun perilla yang bukan cuma memiliki rasa yang unik, tapi memberi khasiat untuk kesehatan.

  • https://www.healthbenefitstimes.com/perilla-2/
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/fsn3.993
  • https://www.researchgate.net/publication/353820104_BIOLOGICAL_ACTIVITIES_AND_THERAPEUTIC_POTENTIAL_OF_PERILLA_FRUTESCENS_PURPLE_MINT_A_REVIEW
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4429230/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait