Parenting

PARENTING
23 Desember 2020

Dukung Anak Menjadi Tinggi, Tangguh, dan Tanggap Selama Liburan Di Rumah Aja

Untuk tumbuh kembang Si Kecil yang optimal!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Hingga kini, Indonesia masih berjuang menghadapi pandemi COVID-19 yang masih belum selesai. Apalagi, Indonesia telah memiliki kasus positif COVID-19 sebanyak 658.000 jiwa, per 19 Desember 2020.

Mengetahui hal tersebut, tentunya Moms dan keluarga perlu menjaga diri dengan tidak bepergian saat libur akhir tahun 2020. Ini untuk menghindari kemungkinan dari paparan virus.

Meskipun tidak bepergian, bukan berarti Si Kecil tidak bisa melakukan ragam kegiatan menarik selama akhir tahun.

Moms dapat turut membantu mendukung tumbuh kembang Si Kecil saat berada di rumah, sehingga ia dapat bertumbuh menjadi anak tinggi, tangguh, dan tanggap.

Yuk, cari tahu pentingnya tetap mendukung tumbuh kembang Si Kecil di masa pandemi COVID-19 saat akhir tahun berikut ini, Moms.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Bisa Bikin Otak Anak Jadi Lebih Cerdas

Mengapa Moms Harus Tetap Mendukung Tumbuh Kembang Si Kecil

anak tinggi, tangguh, tanggap

Foto: Orami Photo Stock

Bermain di rumah saja tidak hanya sekadar duduk-duduk sambil menatap layar saja lho, Moms.

Faktanya, bermain di dalam ruangan dapat melibatkan banyak hal, seperti bermain video game edukatif, membuat seni dan kerajinan tangan, serta aktivitas menarik lain seperti permainan papan, dan aktivitas fisik dalam ruangan.

Mengutip Play Ground Centre, salah satu manfaat bermain dalam ruangan adalah mendorong kreativitas dan pemikiran kritis.

Seperti yang dapat Moms bayangkan, membuat kerajinan tangan dan menghabiskan waktu untuk bercerita mendorong anak-anak untuk menjadi kreatif.

Selain itu, permainan papan mendorong keterampilan untuk pemecahan masalah, dan kegiatan seperti menari atau olahraga dalam ruangan dapat menjadi aktivitas fisik untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil menjadi anak tinggi, tangguh, dan tanggap.

Di sisi lain, bermain di luar rumah juga dapat mendukung tumbuh kembang anak, tetapi kegiatan ini juga memiliki tantangannya tersendiri.

Saat berada di luar, lebih mudah bagi Si Kecil untuk terluka, tersesat, menjadi sedikit lebih gaduh atau ramai daripada saat anak berada di ruang tertutup.

Tak hanya itu, bermain di rumah saja dapat mengurangi risiko, termasuk risiko cedera yang lebih rendah dan alternatif yang nyaman. Apalagi, Si Kecil juga perlu berada di dalam rumah untuk mengurangi risiko dari paparan COVID-19.

Hal ini membuat para orang tua yang idealnya selalu ingin agar anak bisa bermain aman, dan Moms dapat menjaga Si Kecil terhindar dari risiko merugikan.

Karena itu, bahkan ketika berada di rumah saja, Moms perlu memastikan Si Kecil dapat melakukan ragam aktivitas untuk mendukung tumbuh kembangnya, agar menjadi anak tinggi, tangguh, dan tanggap.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Tumbuh Kembang Anak Harus Diperhatikan Sejak Kehamilan

Mendukung Setiap Aspek Pertumbuhan Si Kecil

trik membiasakan balita minum susu dengan gelas hero

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui manfaat dari bermain di rumah saja, yang dapat menjadi cara untuk mendukung aspek pertumbuhan Si Kecil menjadi anak tinggi, tangguh, dan tanggap.

Dengan memahami pentingnya aspek pertumbuhan Si Kecil, Moms berkeinginan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya.

Cari tahu ragam aspek pertumbuhan Si Kecil dan nutrisi yang ia butuhkan untuk menjadi anak yang tinggi, tangguh, dan tanggap berikut ini.

1. Anak Tinggi

Mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bahkan sebelum pandemi COVID-19 terjadi, Indonesia sudah menghadapi masalah gizi yang tinggi.

Saat ini, lebih dari dua juta anak di Indonesia menderita gizi buruk dan lebih dari tujuh juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami stunting.

Karena itu, dibutuhkan langkah untuk mencegah stunting pada anak, dengan cara memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung Si Kecil menjadi anak tinggi.

Beberapa vitamin untuk mendukung pertumbuhan anak yang penting yaitu:

  • Vitamin A
  • Vitamin D dan Kalsium
  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Zat Besi
  • Seng

Tentunya, kalsium punya peran sangat penting dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, sehingga membantu anak tumbuh tinggi secara fisik.

2. Anak Tangguh

Saat berada di usia tumbuh kembangnya, Si Kecil diharapkan menjadi anak yang aktif.

Apalagi, mengutip The Journal of Epidemiology & Community Health, kesempatan untuk bermain, eksplorasi dan pembelajaran yang diberikan kepada anak-anak secara kritis membentuk kesehatan dan perkembangan di sepanjang hidup anak.

Karena itu, bahkan selama berada di rumah saja, Moms dapat mengajak anak untuk melakukan ragam kegiatan aktif. Misalnya dengan berolahraga, atau menari bersama, yang dapat melatih keterampilan fisiknya.

Dalam situs Today's Dietitian, beberapa nutrisi penting yang dapat mendukung Si Kecil menjadi anak tangguh seperti protein dan karbohidrat, serta pasokan energi yang tercukupi.

Sumber protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, sehingga membantu menjadi anak yang tangguh dan siap dalam menghadapi setiap tantangan di sekolah.

3. Anak Tanggap

Setiap orang tua tentu ingin agar anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat, pintar, dan juga aktif. Moms bisa mendukung Si Kecil menjadi anak yang tanggap dengan lingkungan yang dapat mendorong kreativitasnya.

Pada situs Open Learn, dijelaskan bahwa kreativitas muncul melalui eksplorasi, keingintahuan, dan mengikuti minat anak sendiri.

Ide-ide Si Kecil dapat mendorong keterampilan seperti pemecahan masalah, mendefinisikan ruang dan materi, cara berkomunikasi dengan orang lain dalam sebuah permainan, dan keterampilan bernegosiasi.

Tidak hanya itu, penting juga memberikan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi otaknya. Beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjadikan Si Kecil anak yang tanggap seperti:

  • Asam lemak Omega-3
  • Vitamin E
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Kolin

Khususnya Omega-3, dapat membantu perkembangan fisik dan menjaga kesehatan jantung, sehingga Si Kecil selalu menjadi anak tanggap menerima dan menyerap pelajaran di sekolah.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Tinggi, Tangguh, dan Tanggap dengan Indomilk Susu Bubuk

Moms sudah mengetahui pentingnya beraktivitas di rumah saja selama pandemi COVID-19, sebagai cara untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil menjadi anak tinggi, tangguh dan tanggap.

Tidak hanya dengan pemberian makanan gizi seimbang dengan vitamin dan mineral penting, Moms juga dapat memberikan asupan vitamin pertambahan dengan Indomilk Susu Pertumbuhan Bubuk.

Indomilk Susu Bubuk adalah susu pertumbuhan yang tinggi kalsium, sumber protein, dan omega-3 yang dapat mendukung Si Kecil menjadi anak tinggi, tangguh, dan tanggap.

Indomilk Susu Bubuk merupakan susu pertumbuhan tinggi kalsium yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, sehingga membantu anak tumbuh TINGGI secara fisik.

Sumber protein dalam Indomilk Susu Bubuk juga dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, sehingga membantu menjadi anak TANGGUH menghadapi setiap tantangan di sekolah.

Dilengkapi dengan Omega 3, Indomilk Susu Bubuk membantu perkembangan fisik dan menjaga kesehatan jantung sehingga anak selalu TANGGAP menerima dan menyerap pelajaran di sekolah.

Dengan dua pilihan rasa, yaitu Cokelat dan Plain, susu Indomilk Susu Bubuk plain juga bebas gula, lho! Moms juga dapat memilih kemasan sachet yang lebih praktis dan ekonomis.

Nah, itu dia Moms, pentingnya mendukung anak menjadi anak tinggi, tangguh, dan tanggap selama di rumah saja! Moms juga bisa dapatkan tips dan informasi lengkap seputar tumbuh kembang Si Kecil dengan mengunjungi website www.tinggitangguhtanggap.com atau follow socmednya di @indomilk.susububuk dan Facebook Indomilk Susu Bubuk.

Bagi Moms yang tinggal di luar Jabodetabek, yuk dapatkan free sample Susu Bubuk Indomilk dengan mengisi form berikut. Gratis ongkir juga lho! Jangan sampai kehabisan Moms!"

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait