Parenting

14 Mei 2021

Simak Fakta Anak Ke 5, Mulai dari Karakter, Sifat dan Kepribadiannya!

Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai fakta-fakta anak kelima
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sudah tahu fakta anak ke 5?

Pernahkah Moms mendengar anggapan bahwa anak pertama lebih dewasa daripada adik-adiknya? Atau mungkin Moms sudah tak asing lagi dengan sebutan bahwa anak tengah lebih netral dan santai dibandingkan kakak atau adiknya.

Percaya atau tidak, urutan kelahiran dapat memengaruhi kepribadian anak dan berkaitan dengan karakter Si Kecil.

Lebih dari 90 tahun yang lalu, seorang psikolog menemukan gagasan bahwa urutan kelahiran anak berdampak pada sifat hingga kepribadiannya. Gagasan tersebut lantas tertanam dan bertahan dalam budaya populer.

Apakah Moms memiliki anak kelima bungsu atau anak kelima tengah dan ingin mencari tahu kepribadian serta sifat-sifatnya sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter anak?

Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai fakta-fakta anak kelima. Apakah Moms sudah mengetahuinya?

Baca Juga: Yuk Ketahui 5 Mitos dan Fakta Seputar Diabetes Pada Anak

Fakta Anak ke-5 Bungsu

Sebagai anak bungsu nomor lima, tentu ia memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda dibandingkan anak tengah, anak pertama, maupun anak satu-satunya.

Pada tahun 1927, psikolog Alfred Adler pertama kali menulis tentang urutan kelahiran dan prediksi perilaku. Selama bertahun-tahun, sejumlah teori dan definisi telah dikemukakan. Tetapi pada umumnya, anak-anak bungsu digambarkan sebagai:

  • Sangat sosial
  • Percaya diri
  • Kreatif
  • Pandai memecahkan masalah
  • Mahir membuat orang lain melakukan sesuatu untuk mereka

Tak hanya itu, masih ada fakta anak ke 5 bungsu lainnya yang perlu Moms ketahui.

Baca Juga: Hindari 5 Pola Asuh yang Membuat Anak Jadi Tak Percaya Diri

1. Sosok Anak yang Manja

fakta anak ke 5

Foto: Orami Photo Stocks

Fakta anak ke 5 bungsu yang pertama ialah manja. Mereka tak segan mengambil risiko dan kurang pandai dalam hal antisipasi risiko tersebut dibandingkan kakak-kakaknya.

Selain itu, si anak kelima bungsu juga cenderung manja karena ia merasa memiliki empat kakak yang siap mengalah dan menjaganya. Oleh sebab itu, sebaiknya Moms tidak terlalu memanjakan si anak kelima bungsu agar dia tumbuh menjadi sosok mandiri dan bisa diandalkan.

Baca Juga: Bolehkah Anak Diimunisasi saat Sakit? Cari Tahu Dulu Faktanya

2. Suka Mengambil Risiko Tanpa Pertimbangan Matang

Para peneliti menyebut bahwa anak kelima bungsu terkadang percaya diri bahwa mereka tidak terkalahkan karena tidak ada yang pernah membiarkan mereka gagal.

Alhasil, anak bungsu diyakini tidak takut melakukan hal-hal yang berisiko dan cenderung ceroboh dibandingkan saudaranya.

3. Paling Disukai Banyak Orang

fakta anak ke 5

Foto: Orami Photo Stocks

Sebagai anak kelima bungsu, Si Kecil cenderung paham dan belajar bagaimana menghibur dirinya sendiri dan orang lain.

Terlebih jika keempat kakaknya terlalu sibuk untuk diajak bermain, maka si anak kelima bungsu akan memutar otak dan melakukan kegiatan penuh kreativitas untuk membuatnya merasa bahagia.

Hal inilah yang membuat si anak kelima bungsu disukai banyak orang karena ia berbeda, menarik, dan bisa menghibur diri sendiri maupun orang lain.

Baca Juga: 10 Fakta Anak Ke 4, Sudah Tahu?

4. Rentan Mengalami Obesitas

Dalam sebuah penelitian oleh Journals Public Library of Science, anak kelima bungsu cenderung rentan mengalami obesitas karena ia adalah anak yang paling dimanja dan diperhatikan oleh banyak orang terutama kakak dan orang tuanya.

Selain itu, orang tua cenderung melonggarkan aturan dan batasan untuk anak kelima bungsu dibandingkan kepada anak-anak lainnya. Sehingga obesitas pun mengintai si anak kelima bungsu.

Baca Juga: Layak Dicontoh, 7 Cara Efektif Membesarkan Anak Bahagia Ala Pola Asuh Belanda

Fakta Anak ke 5 Tengah

Jika Moms memiliki anak kelima tengah dengan adik dan kakak, tentu sifat dan karakternya berbeda dibandingkan dengan anak kelima bungsu.

Bahkan, untuk anak kelima tengah ini ada istilah 'Sindrom Anak Tengah' yang menyebut bahwa mereka kerap diabaikan, dikucilkan, dan hal itu memengaruhi karakteristik serta kepribadiannya.

Untuk lebih paham tentang kepribadian anak kelima tengah, berikut fakta anak ke 5 tengah yang perlu Moms ketahui.

Baca Juga: Selain Kreatif, Cari Tahu 10+ Fakta Anak Bungsu Lainnya di Sini!

1. Dibayangi Saudara Kandung

fakta anak ke 5

Foto: Orami Photo Stocks

Fakta anak ke 5 tengah pertama ialah, mereka cenderung hidup dibayang-bayangi oleh saudara kandungnya yang lain. Kakak yang lebih tua berkemauan keras, dan adiknya adalah sosok yang manja, sehingga mau tak mau ia terjebak dalam situasi tersebut.

Tak jarang, kepribadian mereka mungkin diredupkan oleh saudara mereka, membuat mereka pendiam dan pemarah.

2. Kurang Mendapatkan Perhatian

Fakta anak ke 5 tengah selanjutnya ialah dalam hubungan keluarga mereka mungkin mengalami kesulitan dan merasa tidak diperlakukan setara dengan kakak maupun adiknya.

Kakak yang lebih tua sering kali memikul lebih banyak tanggung jawab, dan keberadaan adiknya lebih banyak mendapatkan perhatian orang tua, sehingga timbul perasaan tidak diperhatikan.

Baca Juga: Makna Anak Suputra, Pola Asuh Anak Menurut Ajaran Hindu

3. Selalu Merasa Bersaing dengan Saudaranya

fakta anak ke 5

Foto: Orami Photo Stocks

Anak tengah sering merasa perlu bersaing dengan adik dan kakaknya untuk mendapatkan perhatian orang tua. Mereka juga bersaing untuk mendapatkan perhatian di antara saudara kandung, karena berisiko diabaikan oleh salah satu dari saudaranya.

Saat mereka menemukan diri mereka di situasi tersebut, anak kelima tengah malah cenderung bertindak sebagai pembawa kedamaian dan keadilan apabila saudaranya bertengkar.

4. Bukan Favorit Keluarga

Fakta anak ke 5 tengah berikutnya ialah mereka merasa bahwa ia bukanlah anak kesayangan keluarga. Hal ini dipengaruhi oleh perilaku orang tua yang sibuk mengurus anak bungsu atau kakak yang sibuk dengan urusannya sendiri.

Sehingga menyebabkan si anak kelima tengah merasa tak diinginkan dalam keluarga.

Baca Juga: Ternyata, Nama Anak Mencerminkan Kepribadian Orangtuanya!

5. Lebih Berprestasi

fakta anak ke 5

Foto: Orami Photo Stocks

Penelitian oleh Journal of Population Economics mengemukakan bahwa anak tengah memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan kakaknya.

Salah satu penyebabnya ialah karena orang tua cenderung menaruh ekspektasi kepada anak sulung atau kakak sehingga ketika ekspektasi tersebut tidak tercapai maka anak kelima tengahlah yang jadi tumpuan harapan orang tua.

6. Memiliki Karakter yang Mandiri

Fakta anak ke 5 berikutnya ialah mereka dikenal mandiri. Dalam penelitian oleh Journal of Adolescence menyebut bahwa anak kelima tengah memiliki otonomi yang lebih besar dibandingkan kakak dan adiknya.

Salah satu faktor yang memengaruhi ialah perilaku orang tua. Pada anak sulung orang tua cenderung merasa ingin mengatur dan hal inilah yang membuat si anak kelima tengah jadi lebih tangguh dan mandiri.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Penting untuk Menguatkan Kepribadian Anak Perempuan

Itulah fakta anak ke 5 yang perlu Moms ketahui. Apakah Si Kecil sudah menunjukkan sifat-sifat seperti yang sudah disebutkan di atas?

  • https://www.healthline.com/search?q1=midle%20child
  • https://www.healthline.com/health/mental-health/middle-child-syndrome#bottom-line
  • https://www.insider.com/things-youngest-siblings-know-2018-4#youre-ok-with-being-alone-4
  • https://theculturetrip.com/north-america/usa/articles/this-is-how-being-the-youngest-child-affects-your-personality/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait