Pasca Melahirkan

31 Maret 2021

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan? Simak Jawabannya di Sini!

Apakah aman bagi ibu menyusui?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

"Bolehkah ibu menyusui makan mie instan?" mungkin menjadi sebuah pertayaan yang seringkali Moms pikirkan.

Terlebih mie instan sangat praktis dibuat dan memiliki beraneka ragam rasa yang hampir pasti menggugah selera banyak orang.

Saat senggang, Moms yang tengah menikmati waktu ketika Si Kecil tertidur atau bahkan belum menyiapkan makan untuk diri sendiri. Maka, mi instan menjadi salah satu alternatifnya.

Mi instan yang merupakan jenis makanan cepat saji, sangat nyaman, cepat dan mudah disajikan karena Moms hanya perlu air panas tentu akan menenangkan perut.

Jadi, mengapa tidak? Terutama bila ditambahkan cabai atau telur. Jadi, bolehlah ibu menyusui makan mie instan?

Nah, hal yang perlu diingat, ibu menyusui perlu memantau menu harian dan memerhatikan perubahan perilaku Si Kecil. Karena, ibu menyusui akan membutuhkan banyak energi, kekuatan, dan stamina, kewaspadaan, daya tahan hingga beberapa bulan mendatang.

Jadi untuk menjawab bolehkan ibu menyusui makan mie instan? Mari kita simak penjelasan dan jawaban pertanyaan tersebut secara lengkap di bawah ini, yuk!

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan?

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Foto: freepik.com

Satu porsi mie instan bukanlah santapan yang seimbang. Karena, yang dikandungnya hanyalah pati, banyak garam, dan monosodium glutamate (MSG), lalu bolehkah ibu menyusui makan mie instan sebagai sajian?

Ya, ibu menyusui makan mie instan diperbolehkan, tapi makanan ini tidak bernutrisi.

Coba untuk membatasi makan mie instan dan siapkan diet makan yang seimbang. Nah, jika Moms sangat ingin makan mie instan, maka buatlah menjadi lebih sehat dengan menambah sayur-sayuran.

Dilansir dari Babycentre, mie instan sebaiknya tidak menjadi santapan tersendiri karena kekurangan protein, vitamin, mineral, sayur dan serat.

Singkatnya, ia kekurangan semua nutrisi penting yang Moms butuhkan saat menyusui. Ini juga sangat asin dan mungkin dapat menyebabkan hipertensi jika Moms makan ini setiap hari.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

Fakta Nutrisi Mie Instan

Fakta Nutrisi Mie Instan

Foto: freepik.com

Sebelum ibu menyusui makan mie instan, cobalah untuk mengetahui fakta mengenai nutrisi yang dikandung oleh mie instan dalam setiap porsinya.

Meskipun ada banyak variasi antara merek dan rasa mi instan yang berbeda, sebagian besar jenis mie instan memiliki kesamaan nutrisi. Menurut Healthline, satu porsi mi instan mengandung nutrisi berikut :

  • Kalori: 188
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Total lemak: 7 gram
  • Lemak jenuh: 3 gram
  • Protein: 4 gram
  • Serat: 0,9 gram
  • Natrium: 861 mg
  • Tiamin: 43% dari RDI
  • Folat: 12% dari RDI
  • Mangan: 11% dari RDI
  • Besi: 10% dari RDI
  • Niacin: 9% dari RDI
  • Riboflavin: 7% dari RDI

Perlu dicatat juga bahwa ada beberapa varietas khusus yang tersedia yang dipasarkan sebagai pilihan yang lebih sehat. Ini dapat dibuat menggunakan biji-bijian atau memiliki jumlah natrium atau lemak yang lebih rendah.

Bahaya Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Bahaya Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Foto: freepik.com

Walaupun termasuk aman, ada juga bahaya ibu menyusui makan mie instan bila dilakukan setiap waktu.

Namun perlu diingat, bahwa akan ada bahaya yang bisa mengintai ketika Moms mengonsumsi mie instan sebagai menu utama dan dilakukan secara terus menerus. Ini dia faktanya!

1. Tidak Bernutrisi

Mie dikelompokkan dalam junk food karena mengandung karbohidrat dan lemak tingkat tinggi. Nah bila ibu menyusui makan mie Instan, mereka sangat rendah vitamin, protein, serat dan mineral. Sehingga, jika dikonsumsi setiap hari maka tidak ada kandungan nutrisi untuk ibu menyusui.

2. Kandungan Natrium

Salah satu perhatian terbesar mie adalah kandungan garam di dalamnya. Sodium yang direkomendasikan saat ini untuk orang dewasa adalah harus kurang dari 2.300 mg/hari. Mie instan jenis cup biasanya mengandung 2.700 mg sodium (per 100 g porsi yang bisa dimakan).

3. Mengandung Aditif

Mie instan termasuk dalam kategori makanan olahan cepat juga mengandung bahan pengawet yang bersifat racun bagi Si Kecil.

Bahkan, aditif pun bisa menyebabkan kolik pada Si Kecil dan alergi. Tentu, ini membuat buah hati Moms dan Dads bisa menjadi rewel.

4. Risiko Sindrom Metabolik

Laporan yang dipublikasikan The Washington Post pada 2016, mengungkap walaupun praktis, mie instan bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik, mengingat tinggi sodium dan minim gizi.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa Moms yang makan mi instan dua kali seminggu atau lebih dalam seminggu berisiko lebih tinggi untuk mengalami sindrom metabolik dibandingkan yang hanya makan sedikit atau tidak makan mi instan sama sekali.

5. Komplikasi Kesehatan

Asupan kalori seperti nasi, gandum, buah segar dan sayuran, daging, telur dan ikan lebih dianjurkan untuk ibu yang sedang memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya.

Sedangkan, ibu menyusui makan mie instan dalam jumlah banyak turut berkontribusi memicu obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan isu kesehatan berbahaya lainnya.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Bakso? Ini Faktanya!

Tips Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Tips Ibu Menyusui Makan Mie Instan

Foto: freepik.com

Karena ibu menyusui makan mie instan sebenarnya diperbolehkan, meski tidak boleh berlebihan, temukanlah cara untuk mengonsumsinya secara lebih sehat. Jika Moms ingin makan mie instan, perhatikan tips berikut ini:

1. Setengah Bumbu Penyedap

Tambahkan hanya setengah atau kurang dari setengah penyedap yang ada di kantong untuk mengurangi asupan garam.

2. Tambahkan Sayur

Tambahkan bahan lain seperti telur rebus, ayam masak, udang, bakso ikan, kepiting, sayuran berdaun hijau seperti pak choy, bayam, brokoli, atau sayuran lainnya.

3. Buang Air Rebusan

Saat memasak mie instan berkuah, jangan gunakan air rebusan mei sebagai kuah. Resus air baru atau tuangkan air panas sebagai kuah tambahan.

Ide Menu Sehat Bagi Ibu Menyusui yang Makan Mie Instan

Ide Menu Sehat Bagi Ibu Menyusui yang Makan Mie Instan

Foto: freepik.com

Setelah mengetahui tips ibu menyusui makan mie instan, nah berikut ini juga bisa menjadi ide menu sehat lainnya:

1. Telur Rebus dengan Brokoli

Penggemar mie instan tahu segalanya lebih baik dengan telur di atasnya. Moms bisa memasaknya segar atau merendam telur dalam mi instan untuk menambahkan bumbu yang lebih berbumbu.

Bagaimanapun, Moms bisa mendapatkan campuran bergizi vitamin B dari telur, yang sangat penting untuk sistem saraf. Merasa stres? Vitamin C dari brokoli sebenarnya membantu kita mengatasinya, terutama dengan kecemasan.

Penyajian: Didihkan sepanci air dan tambahkan telur. Untuk dua butir telur, harus mendidih selama lima menit. Mengaduk kuning telur juga menambah tubuh pada kaldu.

Tips: Moms bisa mengolah telur rebus tidak hanya untuk mie instan, tapi untuk ngemil sepanjang minggu. Mereka bisa aman disimpan dalam wadah kedap udara selama dua hingga empat hari.

2. Kimchi dan Tahu

Kimchi, makanan khas Korea yang difermentasi, membantu memberi makan bakteri menguntungkan di usus untuk pencernaan yang lebih baik. Biasanya dibuat dengan kubis, serta vitamin C dan karoten yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Penyajian: Potong tahu menjadi kubus kecil dan aduk ke dalam sup. Jika lebih suka rasa yang lebih enak, rendam potongan tahu yang sudah dipotong dadu dengan campuran tamari, bawang putih, dan minyak wijen di pagi hari. Moms juga bisa menuangkan air kimchi ke dalam ramen untuk menambah rasa pedas.

Tips: Tunggu hingga mie selesai dimasak dan dinginkan sebentar sebelum diaduk dengan kimchi atau air kimchi. Makanan probiotik bersifat "hidup", dan kaldu mendidih akan membunuh bakteri ramah usus kimchi.

Baca Juga: 10 Makanan untuk Ibu Menyusui, Simak di Sini

Bergantung pada bahannya, merek mie akan berbeda nutrisi. Nah, walaupun ibu menyusui makan mie instan boleh dilakukan, tapi ada baiknya tidak mengonsumsi secara berlebihan mengingat minim nutrisi yang dikandungnya.

Jika ingin tetap memakan mie instan, pastikan menambahkan sayuran dan bahan makanan lain untuk mencukupi nutrisi ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait