Kesehatan

13 Juli 2021

Jangan Panik Kehabisan Susu Beruang, Ini 5 Alternatif Susu Steril yang Tidak Kalah Bergizi!

Enggak kalah berkhasiat dari Susu Beruang
placeholder

Foto: Freepik.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Susu beruang sempat viral dan dicari banyak orang sebelum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diberlakukan.

Banyak orang yang melakukan panic buying dan menyebabkan susu beruang menjadi barang langka di pasaran.

Namun, tahukah Moms kalau ternyata bukan hanya susu beruang yang memiliki khasiat untuk menjaga imunitas tubuh?

Berikut daftar susu yang khasiatnya engggak kalah dari susu beruang!

Baca Juga: 11 Manfaat Susu Kambing Etawa, Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh!

Pengertian Susu Steril

manfaat susu

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat susu memang sangat banyak untuk tubuh terlebih untuk anak-anak. Manfaat tersebut pun bisa dirasakan ketika Moms meminum atau memberikan susu sapi dengan aturan minum yang tepat.

Dilansir dari Down To Earth, susu memiliki banyak sekali manfaat untuk anak kecil hingga usia dewasa. Jadi, bukan hanya susu beruang saja. Susu jenis lain pun bisa meningkatkan imunitas dan memberikan sejuta manfaat untuk tubuh kita.

Beberapa manfaat susu yang bisa dirasakan adalah jantung yang sehat. Mengandung kalsium, susu bisa membantu menyehatkan antung dan menurunkan risiko seseorang terkena penyakit stroke.

Susu juga memiliki magnesium dan juga potassium untuk menurunkan tekanan darah dan melancarkan peredaran darah ke organ-organ vital.

Tak hanya itu, dilansir dari Journal of Diary Science mengonsumsi susu bisa mengontrol gula darah sehingga hal ini baik untuk para penderita diabetes.

Lantas, apa yang dimaksud dengan susu steril yang merupakan jenis Susu Beruang yang sedang dicari banyak orang? Susu steril berbeda dengan susu UHT yang dipanaskan dengan suhu tinggi. Susu steril biasanya dipanaskan di suhu kisaran 110 derajat Celsius selama kurang lebih 30 menit. Sementara susu UHT dipanaskan dengan suhu mencapai 135-145 derajat Celsius dengan durasi yang lebih singkat, yakni 3-4 detik.

Sterilisasi susu bertujuan untuk membunuh semua mikroorganisme yang ada, termasuk spora bakteri, sehingga produk yang dikemas dapat disimpan dalam waktu lama pada suhu kamar, tanpa pembusukan oleh mikroorganisme.

Baca Juga: 6 Manfaat Mandi Susu dan Cara Melakukannya di Rumah

Alternatif Susu Steril selain Susu Beruang

Nah, selain susu beruang, berikut jenis susu yang memiliki manfaat untuk tubuh!

1. Susu Tujuh Kurma

susu tujuh kurma

Foto: shopee.co.id

Susu dan kurma adalah minuman dan makanan yang kaya akan nutrisi dan juga gizi.

Minuman sehat ini mengandung kebaikan nutrisi susu serta khasiat kurma yang tentu saja baik untuk menjaga imunitas tubuh nih, Moms!

Tak hanya itu, susu ini un terbuat dari 100 persen susu steril premium yang digabungkan dengan buah kurma pilihan sehingga sangat baik untuk daya tahan tubuh kita.

2. Susu Asia Panda

susu asia panda

Foto: lazada.co.id

Susu Asia Panda terbuat dari susu sapi segar tanpa bahan pengawet dan tanpa bahan pewarna sintetik.

Mengandung 6% kolin, 5% potassoium, 30% kalsum, 6% magnesium, 30% phosporus dan 15% selenium, Susu Panda sangat cocok untuk menjaga imunitas tubuh kita.

Baca Juga: Kenali Gejala Hepatitis B Pada Anak dan Penanganannya

3. Susu Big Koala

Susu Big Koala

Foto: blibli.com

Susu Big Koala adalah salah satu brand susu steril siap minum yang bisa Moms konsumsi untuk menjaga imunitas.

Susu Big Koala sendiri terbuat dari 100% susu sapi murni yang sudah melalui proses sterilisasi.

Susu ini rendah lemak dan gula, aman dan sehat, serta bisa dikonsumsi langsung setiap hari sesuai kebutuhan.

Tak perlu khawatir, susu Bog Koala sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

4. Susu Naraya

susu steril naraya

Foto: Zilingotrade.id

Moms mungkin masih asing dengan susu steril Naraya. Merek satu ini memang sudah masuk ke indonesia, namun hanya varian susu soyanya yang bisa ditemukan di sini. Varian susu steril Naraya masih jarang ditemukan. Konon, para penjual susu steril Naraya mengambil susu tersebut dari Thailand.

Susu steril Naraya terbuat dari 100 persen susu murni berkualitas tinggi tanpa penambahan bahan pengawet yang telah mengalami proses sterilisasi sehingga dapat langsung dikonsumsi.

Kemurnian dapat membantu menjaga kesehatan dan proses pemulihan tubuh. mengandung seluruh kebaikan susu dan nutrisi serta tidak mengandung gula.

Baca Juga: 6 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil, Ketahui Porsi yang Tepat!

5. Susu Indomilk

susu steril indomilk

Foto: Shopee.co.id

Alternatif susu steril lainnya selain Susu Beruang adalah susu steril Indomilk. Jika Si Kecil tidak suka rasa susu steril pada umumnya yang tawar, kalau diberikan susu steril Indomilk ini, mereka pasti tidak akan menolak. Pasalnya, susu steril Indomilk ini punya aneka rasa yang sudah pasti disukai anak.

Susu cair steril Indomilk adalah produk susu cair yang diperoleh dari susu segar yang dipanaskan pada suhu tidak kurang dari 100 derajat selama waktu yang cukup untuk mencapai keadaan steril dan dikemas dalam botol plastic transparan yang kedap udara sehingga dapat bertahan lama tanpa bahan pengawet.

Susu steril Indomilk dibuat dengan susu segar dengan sumber gizi kalsium, fosfor, dan vitamin D yang baik untuk tulang. Susu ini juga mengandung vitamin A, B2, B3, dan B6 untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Si Kecil.

Susu ini punya empat varian rasa, yakni cokelat, stroberi, melon, dan vanila. Dengan varian rasa itu, susu ini cocok dikonsumsi oleh anak usia 3-12 tahun.

Nah, kini Moms enggak perlu lagi panic buying susu beruang karena ada berbagai alternatif susu yang bisa dibeli. Yuk jaga kesehatan tubuh kita dan keluarga dengan rutin minum susu!

  • https://www.downtoearth.org.in/news/food/benefits-of-milk-what-can-it-do-to-your-body--61627#:~:text=a%20plane%20crash.-,Milk%20contains%20nutrients%20like%20probiotics%2C%20vitamin%20D%20and%20immunoglobulins%20that,reduce%20the%20risk%20of%20allergies.&text=While%20we%20mostly%20relate%20milk,of%20one%20getting%20a%20stroke.
  • https://www.journalofdairyscience.org/article/S0022-0302(18)30742-2/fulltext
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait