Kesehatan

22 April 2021

Mengenal Jenis-jenis Yoghurt Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Satu yoghurt, berbagai kegunaan lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang cukup populer terutama sebagai menu pilihan diet. Biasanya, yoghurt dihidangkan bersama dengan buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan yang kaya vitamin dan mineral.

Perlu Moms ketahui bahwa, yoghurt dibuat dengan cara difermentasi. Proses fermentasi dari susu ini menghasilkan bakteri baik, kaya akan protein, serta kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga bagus bagi tumbuh kembang Si Kecil.

Kandungan nutrisi penting dalam yoghurt membuatnya menjadi salah satu makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari kesehatan tulang, sistem pencernaan, hingga dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit, lho.

Yuk, simak penjelasan seputar jenis yoghurt serta manfaatnya. Jangan sampai terlewat juga Moms, aka nada resep yoghurt sehat dan lezat yang dapat dicoba.

Baca Juga: Sering Mengonsumsi Olahan Susu Saat Hamil, Amankah?

Jenis-jenis Yoghurt

Jenis dan Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

Foto: Orami Photo Stock

Terdapat beragam jenis yoghurt yang cukup dikenal dunia. Jenis-jenis yoghurt dapat dibedakan melalui asal negara atau bahan bakunya. Selain itu, saran penyajian yoghurt juga dapat menjadi pembeda pada setiap jenis yoghurt.

Berikut jenis-jenis yoghurt yang perlu Moms ketahui.

1. Yoghurt Kefir

Yoghurt kefir merupakan jenis yoghurt yang dapat diminum karena bentuknya berupa cairan layaknya susu dan mengandung probiotik. Dalam proses pembuatannya, susu sebagai bahan dasar yoghurt dicampurkan dengan biji kefir dan didiamkan selama 12 hingga 24 jam.

Sebagai pengetahuan Moms, yoghurt kefir ini adalah jenis yoghurt yang telah dikonsumsi oleh masyarakat Rusia dan Asia Tengah selama berabad-abad sebelum akhirnya menyebar ke belahan dunia lain.

2. Greek Yoghurt

Greek yoghurt memiliki tesktur yang kental karena telah disaring berulang kali dan terasa lembut saat disantap. Greek yoghurt memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada jenis yoghurt lainnya.

Selian itu, Greek yoghurt juga rendah karbohidrat dan gula sehingga sering disajikan Bersama menu diet lainnya. Namun, tekanan ekstra selama proses penyaringan membuat Greek yoghurt memiliki kandungan kalsium yang cukup rendah.

3. Skyr Yoghurt

Sama halnya dengan Greek yoghurt, Skyr yoghurt yang merupakan produk olahan susu khas Islandia ini juga memiliki tekstur kental, lembut, dan tinggi protein.

Dibandingkan dengan jenis yogurt biasanya, skyr yoghurt membutuhkan 4 kali lebih banyak susu sebagai bahan baku. Jadi, skyr yoghurt mengandung 2 hingga 3 kali lebih banyak protein daripada jenis yoghurt lainnya, Moms.

Baca Juga: Manfaat Susu Sapi A1 dan A2, Apa Perbedaannya?

4. Yoghurt Susu Kambing

Sesuai dengan namanya, yoghurt jenis ini terbuat dari susu kambing. Moms mungkin dapat memilih yoghurt susu kambing apabila Si Kecil memiliki riwayat alergi susu sapi.

Tekstur yoghurt dari susu kambing ini lebih padat, halus, dan lembut daripada yoghurt yang terbuat dari susu sapi lho, Moms.

Namun, Moms perlu pintar-pintar dalam menyajikan yoghurt susu kambing ini karena aromanya cukup kuat.

5. Yoghurt Susu Domba

Tak hanya yoghurt dari susu sapi dan susu kambing saja, susu domba juga umum diolah menjadi yoghurt. Yoghurt yang dibuat menggunakan susu domba ini memiliki tekstur serta rasa yang cukup mirip dengan yoghurt susu sapi.

Moms dapat menggunakan yoghurt susu domba ini dalam tambahan masakan di rumah karena sifatnya yang tidak mudah rusak atau pecah saat diolah.

6. Yoghurt Tanpa Susu

Meski yoghurt umumnya terbuat dari susu, tetapi kini telah banyak jenis yoghurt non-susu yang dapat Moms pilih. Misalnya, yoghurt kelapa, yoghurt almond, atau yoghurt kedelai. Kandungan nutrisi dan cita rasanya tak kalah enak dengan yoghurt lainnya kok, Moms.

Baca Juga: Minum Yoghurt saat Hamil, Amankah?

Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

manfaat-yoghurt-bagi-kesehatan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mengandung bakteri baik, yuk simak apa saja manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh berikut ini Moms.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Yoghurt yang dibuat dengan cara difermentasi ini menghasilkan bakteri baik bernama probiotik. Probiotik ini bermanfaat bagi usus karena dapat membantu mengatur sistem pencernaan dan mengurangi gas, diare, sembelit, dan kembung.

Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan, membantu pengelolaan berat badan, dan mengurangi risiko penyakit kanker.

Selain itu, mengkonsumsi yoghurt dan makanan probiotik lainnya dapat meningkatkan penyerapan vitamin serta mineral.

2. Kaya Akan Kalsium untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi lain yang terkandung dalam yoghurt, yaitu kalsium, protein, kalium, fosfor, dan vitamin D. Seluruh nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, vitamin dan mineral ini sangat membantu dalam mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang ditandai dengan melemah atau rapuhnya tulang.

Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya tiga porsi makanan olahan susu, seperti yoghurt setiap hari dapat membantu menjaga massa dan kekuatan tulang.

3. Mengandung Protein yang Cukup Tinggi

Dikutip dari laman Healthline, yoghurt menyediakan jumlah protein yang cukup mengesankan sekitar 12 gram per 7 ons (200 gram).

Protein telah terbukti dapat mendukung metabolisme tubuh karena mampu meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibutuhkan sepanjang hari.

Mendapatkan cukup protein penting untuk pengaturan nafsu makan, karena dapat meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. Hal ini secara otomatis dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi secara keseluruhan. Jadi, bermanfaat untuk pengendalian berat badan.

Tak heran jika yoghurt cukup populer untuk ditambahkan dalam menu diet. Yoghurt yang paling ideal sebagai pilihan menu diet ialah Greek yoghurt.

Baca Juga: Ini 8 Jenis Keju Enak, Tak Hanya Cheddar Saja

Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan

manfaat-yoghurt-untuk-kecantikanjpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain untuk kesehatan tubuh, ada juga ragam manfaat yoghurt untuk kecantikan? Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Kondisioner dan Masker Rambut

Menurut Jennifer Houston, praktisi kesehatan Amerika, nutrisi pada yoghurt dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan bersinar.

Cara memanfaatkan yoghurt untuk merawat rambut, yaitu ambil yoghurt tawar, kemudian oleskan ke rambut hingga merata. Bilas dengan air hangat agar pori-pori kulit tidak melebar dan mengurangi kerontokan pada rambut.

Gunakan secara rutin, tetapi tetap berhati-hati agak tidak menimbulkan iritasi atau alergi ya, Moms.

2. Melembutkan dan Menghaluskan Kulit

Siapa sangka, yoghurt juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit wajah bahkan keseluruhan kulit tubuh.

Campur yoghurt dengan tepung gandum atau kulit jeruk. Usapkan kebagian kulit dan pijat perlahan agar nutrisinya bisa terserap lebih maksimal.

Bilas dengan menggunakan air hangat atau air dingin. Kulit pun akan terasa lebih lembut dan halus, lho.

Moms dapat melakukan perawatan dengan yoghurt ini secara rutin. Apabila kulit bereaksi dan menimbulkan alergi atau iritasi, sebaiknya segera hentikan pemakaian.

Baca Juga: 4 Buah yang Cocok Sebagai Masker untuk Kulit Berminyak

Inspirasi Resep Yoghurt

Jika Moms bosan mengonsumsi yoghurt langsung dan hendak mencari rekomendasi resep olahannya, simak beberapa resep menarik berikut ini.

1. Salad Buah Saus Yoghurt

salad buah saus yoghurt

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui informasi tentang jenis yoghurt, manfaat kesehatan dan kecantikan yoghurt, Moms mungkin tertarik sehingga berkeinginan untuk membuat menu makanan dengan tambahan yoghurt di rumah.

Misalnya, salad buah-buahan segar dengan saus yoghurt di atasnya. Moms tak perlu khawatir karena bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya pun mudah.

Bahan Salad Buah:

  1. 150 gr strawberry
  2. 150 gr anggur
  3. 150 gr nanas
  4. 150 gr semangka

Catatan: buah-buahan dapat diganti sesuai selera Moms

Bahan Saus Salad Buah:

  1. 200 ml yoghurt tawar (bisa juga diganti dengan yoghurt rasa buah, sesuai selera)
  2. 3 sdm simple syrup atau madu
  3. 3 sdm air jeruk lemon atau air jeruk nipis
  4. 1 sdm susu kental manis

Cara Membuat Salad dan Saus Salad Buah:

  1. Salad buah: Potong semua buah yang sudah disiapkan, kemudian campur semua potongan buah tersebut. Aduk rata dan dinginkan di dalam kulkas (jangan di freezer) selama 15-20 menit.
  2. Saus salad: Campur yoghurt dengan simple syrup atau madu, air jeruk lemon atau air jeruk nipis, dan susu kental manis. Aduk rata, kemudian dinginkan (jangan di frezeer).
  3. Penyajian: Masukkan potongan buah-buahan yang sudah didinginkan, kemudian siram dengan saus yoghurt. Salad buah siram yoghurt siap dinikmati.

Baca Juga: 3+ Tips Memilih Blender MPASI, Jangan Salah Pilih ya Moms!

2. Resep Banana Berry Yoghurt Smoothies

resep banana berry yoghurt smoothies.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain jadi camilan seperti salad buah yang segar, Moms juga bisa mengolah yoghurt menjadi minuman sehat nan bergizi. Moms dapat mengikuti resep banana berry yoghurt smoothies alaFebriyana yang dikutip dari cookpad.

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang, kupas, potong, dan bekukan dalam freezer
  • 10 buah strawberry, potong, cuci, dan bekukan dalam freezer
  • 4-5 sdm yoghurt kemasan yang dijual di pasaran, boleh merek apa saja
  • 100 ml air
  • Beberapa lembar daun mint secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan blender. Masukkan buah strawberry dan pisang yang telah dibekukan.
  2. Tambahkan yoghurt kemasan dan tuang air ke dalam blender.
  3. Blender seluruh bahan hingga benar-benar halus dan tercampur rata. Tuang ke dalam gelas dan hias smoothies dengan daun mint di atasnya agar semakin cantik dan menggugah selera.

Itulah penjelasan jenis-jenis yoghurt serta manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan, serta resep olahan yoghurt yang dapat Moms jadikan inspirasi. Semoga bermanfaat, ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait