Kesehatan

31 Agustus 2021

Ketahui Jumlah Kalori Burger dan Cara Sehat Mengonsumsinya

Meski dikenal sebagai makanan cepat saji, burger juga bisa jadi makanan sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Kalori burger dikenal sangat tinggi. Selama ini, Moms pasti mengenal burger sebagai makanan cepat saji yang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering karena mengandung banyak lemak. Namun, apakah Moms sudah tahu jumlah kalori burger yang sesungguhnya?

Ternyata, tidak semua burger memiliki kandungan nutrisi yang buruk, lho. Moms bahkan bisa menjadikan burger sebagai salah satu pilihan dalam menu diet.

Namun, Moms perlu mengetahui jumlah kalori burger terlebih dahulu agar bisa mengonsumsinya dengan lebih sehat. Lalu, berapakah kalori burger yang biasa Moms beli dari restoran cepat saji dan bagaimana cara sehat makan burger? Simak selengkapnya.

Baca Juga: Yuk, Hitung Kalori Dimsum untuk Takaran Program Diet!

Kalori Burger Daging

kalori burger daging

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kalori burger dengan satu patty daging sapi dan tanpa bumbu berukuran 90 gram memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 266
  • Lemak: 10,1 gram
  • Natrium: 396 mg
  • Karbohidrat: 30,3 gram
  • Serat: 1,1 gram
  • Gula: 5,2 gram
  • Protein: 13,3 gram

Mengutip Very Well Fit, mengonsumsi burger akan meningkatkan asupan lemak jenuh. Hal ini karena daging sapi giling, yang merupakan bahan utama burger, kaya akan lemak jenuh. Selain itu, burger biasanya menggunakan lemak tambahan, seperti mentega, minyak, hingga keju.

Lemak jenuh yang berlebihan dalam tubuh berkaitan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi. Pakar nutrisi di Academy of Nutrition and Dietetics pun merekomendasikan agar Moms dapat membatasi asupan lemak jenuh hingga 10% dari total konsumsi kalori harian.​

Meski kalori burger cukip tinggi, tetapi burger memiliki beberapa nilai gizi karena merupakan sumber protein, zat besi, fosfor, dan beberapa nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Ternyata Ini Jumlah Kalori Ayam Geprek yang Perlu Diperhatikan

Kalori Burger Ayam

kalori burger ayam

Foto: Orami Photo Stock

Tak berbeda jauh dengan burger yang menggunakan daging sapi, jumlah kalori burger ayam juga cukup tinggi. Berikut kalori burger ayam dengan satu buah patty besar dan kandungan nutrisi lainnya yang dikutip dari Fat Secret.

  • Kalori: 265
  • Lemak: 15,11 gram
  • Natrium: 453 mg
  • Karbohidrat: 0
  • Serat: 0
  • Gula: 0
  • Protein: 30,32 gram

Namun dibanding dengan burger daging sapi, burger yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya dinilai lebih sehat.

“Unggas memiliki lemak yang lebih baik daripada daging merah, dan makan unggas belum dikaitkan dengan risiko kanker, serangan jantung, stroke, atau diabetes yang lebih tinggi,” jelas Walter Willett, ketua Departemen Nutrisi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan di Boston.

Tidak heran jika banyak orang yang lebih suka mengonsumsi burger ayam daripada burger daging karena kandungan kalori burger ayam yang lebih sedikit, tetapi rasanya tetap lezat.

Selain itu, dibanding burger daging sapi, burger ayam lebih sehat jika digunakan untuk program diet.

Menurut Journal of Food and Nutrition Research, konsumsi daging unggas sebagai bagian dari diet kaya sayuran, dikaitkan dengan pengurangan risiko pengembangan kelebihan berat badan dan obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes mellitus tipe 2. Daging unggas, seperti ayam juga dianggap cukup protektif atau netral terhadap risiko kanker.

Baca Juga: 10 Buah Rendah Kalori, Baik Dikonsumsi Saat Diet

Cara Sehat Makan Burger

burger sehat.jpg

Foto: clevelandclinic

Jika ingin mengonsumsi burger dengan lebih sehat, sebaiknya Moms membuat burger sendiri di rumah. Jadi, jumlah kalori burger bisa dikurangi. Moms bisa mengikuti beberapa tips makan burger yang lebih sehat berikut ini!

1. Batasi Porsinya

Hal pertama yang harus diperhatikan jika Moms ingin mengonsumsi burger dengan lebih sehat adalah membatasi porsinya.

Menurut American Heart Association, ukuran porsi yang disarankan untuk daging sapi dan ayam yang dimasak, yakni tidak lebih dari 5,5 ons per harinya.

Ketika memilih daging giling untuk burger, belilah 95% daging giling tanpa lemak untuk menghemat kalori dan lemak jenuh. Moms pun dapat menggabungkan daging giling tanpa lemak dengan ayam giling tanpa lemak untuk menjaga rasa daging sapi, tetapi meminimalkan lemak jenuh dan kalori.

Roti untuk membuat burger juga dapat menambah kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Jadi, sebaiknya potong roti sehingga lebih tipis dan kandungan kalorinya menjadi lebih sedikit. Lebih bagus lagi jika Moms tidak menggunakan roti sama sekali.

2. Isi dengan Berbagai Sayuran

Untuk membuat burger lebih sehat, Moms juga perlu menambahkan berbagai sayuran sebagai isiannya. Moms bisa menambahkan bayam, bawang bombay, paprika cincang, dan sayuran lainnya.

Selain menambah rasa, sayuran bisa membuat burger lebih renyah dan meningkatkan nilai gizi. Sayuran juga dapat membantu Moms untuk mengurangi jumlah daging yang digunakan dan meningkatkan asupan serat.

Baca Juga: 7 Aturan dan Cara Minum Teh Hijau untuk Diet, Jangan sampai Salah ya!

3. Panggang Patty

Ketika membuat burger sendiri di rumah, sebaiknya patty burger diolah dengan cara dipanggang. Cara memasak yang satu ini lebih baik daripada menggorengnya, Moms.

Hal ini karena memanggang bisa menghilangkan kandungan lemak dalam daging sapi atau ayam. Jadi, kalori burger menjadi lebih sedikit.

4. Perhatikan Takaran Bumbu

Perlu Moms ketahui, topping dan bumbu dapat membuat jumlah lemak dan kalori pada burger menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, Moms sebaiknya tidak menambahkan bacon, mayo, saus barbekyu, dan bahkan saus tomat jika menginginkan burger dengan lebih sedikit kalori, lemak, dan gula.

Kurangi juga garam tambahan saat Moms memasak burger di rumah. Gunakan bumbu lain, seperti bawang segar atau jalapeno untuk menambah rasa.

Baca Juga: 11 Tips Diet Berhasil Agar Cepat Langsing Tanpa Efek Samping

5. Makanan Pendamping Burger

Saat memesan burger di restoran cepat saji, Moms mungkin biasa menambahkan kentang goreng atau milk shake sebagai makanan pendampingnya.

Namun jika membuatnya di rumah, sebisa mungkin Moms berhati-hati dalam memilih makanan pendamping burger. Apabila ingin mengonsumsi burger dengan lebih sehat, sebaiknya Moms mengonsumsinya bersama dengan stik sayuran, salad dalam porsi kecil, atau sayuran kukus, dan minum air putih atau es teh tanpa pemanis.

Itu dia Moms, jumlah kalori burger dan cara sehat makan burger. Semoga informasinya bermanfaat bagi Moms yang sedang menjalani program diet atau pola makan sehat, ya.

  • https://www.verywellfit.com/hamburger-nutrition-facts-calories-and-healthier-swaps-4111280
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/174036/nutrients
  • https://www.fatsecret.co.za/calories-nutrition/generic/chicken-burger?portionid=4630519&portionamount=1.000&frc=True
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4462824/
  • https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/nutrition-basics/meat-poultry-and-fish-picking-healthy-proteins
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait