14 Jenis Olahraga saat Puasa serta Tips Nyaman Melakukannya

Ketahui juga kapan waktu terbaik berolahraga saat puasa

Olahraga saat puasa Ramadan tetap bisa dilakukan, asalkan dengan cara yang benar.

Seperti diketahui, rutinitas makan dan tidur akan berubah saat berpuasa di bulan Ramadan.

Moms wajib menerapkan pola hidup sehat agar bisa tetap kuat untuk menahan haus dan lapar seharian penuh.

Di samping itu, Moms juga perlu olahraga di bulan puasa agar kondisi fisik dan mental senantiasa terjaga.

Yuk, Moms, cari tahu selengkapnya tentang cara, jenis, dan kapan waktu terbaik untuk olahraga saat puasa lewat ulasan di bawah ini!

Baca Juga: 7+ Cara Menahan Lapar saat Puasa, Praktikkan Yuk!

Waktu Terbaik Olahraga saat Puasa

Olahraga Ringan
Foto: Olahraga Ringan (Orami Photo Stocks)

Asian Journal of Sports Medicine menjelaskan bahwa puasa Ramadan bisa dianggap sebagai sebuah diet dengan cara berbeda.

Alasannya, karena pola dan jadwal makan, minum, dan tidur akan berubah.

Untuk puasa yang sehat, Moms wajib memerhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur maupun berbuka.

Moms juga perlu menggerakkan tubuh dengan melakukan berbagai jenis olahraga saat puasa.

Banyak yang merasa bahwa tubuh akan lebih bugar saat berolahraga menjelang waktu berbuka, yaitu sekitar 30 menit sebelum magrib.

Melansir HealthXChange, waktu terbaik olahraga saat puasa adalah seperti berikut:

  • Pagi hari setelah matahari terbit atau setelah sahur
  • Sore hari sebelum buka puasa
  • Sore hari setelah buka puasa

Keuntungan olahraga setelah sahur, yaitu energi tubuh sedang tinggi-tingginya untuk bergerak.

Sementara itu, ada sebagian orang yang memilih olahraga mendekati buka puasa agar dapat langsung makan dan minum saat magrib tiba.

Selain memperhatikan waktu yang tepat, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Hal terpenting adalah jangan sampai kekurangan air atau dehidrasi. Jadi, pastikan tubuh Moms mendapatkan asupan cairan yang cukup selama bulan puasa.

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Sunnah Tengah Bulan dengan Pahala Setara Setahun Puasa

Jenis Olahraga saat Puasa Ramadan

Tidak ada yang salah bila Moms ingin berolahraga di bulan Ramadan. Mengingat, banyak manfaat yang dapat diperoleh saat melakukannya.

Berikut ini rekomendasi olahraga saat puasa Ramadan yang bisa dilakukan. Selamat mencoba, Moms!

1. Yoga

Yoga
Foto: Yoga (yogadailytips.com)

Penting untuk memerhatikan bentuk latihan fisik sehingga tidak membuat tubuh dehidrasi sebelum waktu berbuka tiba.

Salah satu olahraga saat puasa yang direkomendasikan adalah yoga.

Ketika berpuasa, tentu kekuatan kita tidak seperti biasanya. Moms bisa memilih berbagai gerakan yoga yang ringan dan tidak berlebihan.

Gerakan yoga untuk pemula biasanya cukup mudah untuk dijalani.

2. Jalan Cepat

Jalan Cepat
Foto: Jalan Cepat (Orami Photo Stock)

Karena lari jadi sesuatu yang melelahkan, maka sebaiknya lakukan olahraga jalan cepat sebagai gantinya.

Jalan cepat memiliki ragam manfaat untuk tubuh juga lho, Moms. Mengutip Mayo Clinic, beberapa manfaat dari olahraga jalan cepat yaitu:

  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Mencegah atau membantu mengelola penyakit jantung
  • Memperkuat tulang dan otot
  • Meningkatkan suasana hati
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh

Sebelum jalan cepat, Moms bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan berjalan perlahan.

Lakukan selama 5-10 menit untuk memanaskan otot dan mempersiapkan tubuh untuk berolahraga.

Baca Juga: Si Kecil Malas Bergerak? Ini 5 Tips Agar Anak Suka Olahraga

3. Naik Turun Tangga

Naik Turun Tangga (Orami Photo Stock)
Foto: Naik Turun Tangga (Orami Photo Stock)

Pernahkah merasa lelah akibat naik turun tangga? Ini menjadi alternatif olahraga saat puasa lainnya, lho.

Gerakan sederhana ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

Karena sedang dalam keadaan puasa, aturlah intensitas olahraga ini dengan kekuatan masing-masing.

4. Push Up

Push Up (Orami Photo Stock)
Foto: Push Up (Orami Photo Stock)

Manfaat push up untuk tubuh tak perlu diragukan lagi. Gerakan olahraga saat puasa ini juga bisa jadi inspirasi.

Rasakan otot pada perut yang lebih kencang ketika rutin menerapkan olahraga ini.

Bahkan tak memerlukan alat olahraga tertentu, hanya beralas lantai saja bisa langsung dipraktikkan, lho.

Waktu terbaik untuk melakukan gerakan olahraga saat puasa ini bisa di pagi hari setelah sahur.

5. Jogging Lambat

Jogging (Orami Photo Stock)
Foto: Jogging (Orami Photo Stock)

Ragu ingin berlari atau jogging untuk membakar kalori di saat puasa? Sebaiknya, lakukan jalan lambat atau dikenal slow jogging.

Jogging lambat dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit, seperti:

  • Diabetes
  • Kegemukan
  • Aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah karena penumpukan plak)

Saat melakukan jogging lambat, Moms dapat membakar lebih banyak kalori daripada berjalan biasa.

Berjalan lambat sekitar 3-5 kilometer membakar sekitar 200-300 kkal.

Baca Juga: Panduan Penting Puasa Saat Hamil Trimester 1-3, Simak Moms!

6. Sit Up

Sit Up (Orami Photo Stock)
Foto: Sit Up (Orami Photo Stock)

Menurut National Health Service, orang dewasa harus melakukan beberapa jenis olahraga fisik setiap hari.

Olahraga fisik apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

Salah satu olahraga saat puasa lainnya adalah dengan sit up. Ini gerakan yang cukup praktis dan dapat dilakukan siapapun.

Manfaatnya bisa mengecilkan perut dalam waktu yang cepat, lho.

Jenis olahraga saat berpuasa di bulan Ramadan yang tak kalah menarik adalah bersepeda.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb