23 March 2023

8 Cara Menahan Lapar saat Puasa, Pastikan Selalu Sahur!

Dengan tips ini, lapar saat puasa jadi tak terasa Moms
8 Cara Menahan Lapar saat Puasa, Pastikan Selalu Sahur!

Saat berpuasa di bulan Ramadan, agar kuat sampai Magrib, Moms mungkin perlu mengetahui seperti apa cara menahan lapar saat puasa.

Seperti yang telah Moms ketahui, puasa adalah ibadah yang dilakukan dengan cara menahan lapar dan haus, serta menghindari hal-hal berdosa.

Meski sudah terbiasa puasa sejak kecil, tantangan akan tetap ada. Misalnya, ketika rasa lapar melanda sehingga beraktivitas terasa berat dan tak semangat.

Untuk itu, Moms mungkin mungkin perlu mengetahui cara menahan lapar saat puasa.

Pengetahuan ini juga penting untuk diajarkan pada anak-anak di rumah, agar Si Kecil lebih bersemangat dalam beribadah selama bulan suci.

Baca Juga: Benarkah Puasa Pengaruhi Produksi ASI?

Cara Menahan Lapar saat Puasa

Berikut cara menahan lapar saat puasa yang bisa Moms terapkan. Ibadah puasa dan kegiatan harian pun akan terasa lebih lancar dijalankan

1. Mengubah Pola Makan

Ilustrasi Puasa
Foto: Ilustrasi Puasa (Freepik.com/odua)

Pada hari biasa, Moms mungkin mengikuti anjuran untuk makan lebih sering tapi dengan porsi kecil.

Namun, saat berpuasa, Moms perlu membiasakan diri untuk mengurangi frekuensi makan dan memperbesar porsi sebagai cara menahan lapar saat puasa.

Moms juga sebaiknya memilih makanan yang lebih lama dicerna. Misalnya, mengganti roti putih dengan roti gandum atau nasi putih menjadi nasi merah agar Moms merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, karena frekuensi makan saat puasa berkurang, Moms perlu mengonsumsi makanan yang lebih bervariasi setiap kali makan sahur dan berbuka untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Baca Juga: Kapan Batas Mandi Junub Ketika Puasa? Ini Penjelasannya!

2. Rencanakan Jadwal dan Sibukkan Diri

Membersihkan Rumah
Foto: Membersihkan Rumah (Orami Photo Stocks)

Cara menahan lapar saat puasa yang berikutnya ialah membuat jadwal dan usahakan untuk menyibukkan diri.

Hal ini bertujuan agar Moms tidak terlalu fokus pada tantangan berupa lapar dan haus.

Ada banyak kegiatan yang bisa Moms pilih sehingga lebih produktif saat berpuasa

Misalnya, menyelesaikan pekerjaan rumah dan kantor, menghabiskan waktu dengan keluarga atau kerabat, beribadah, dan melakukan hal-hal bermakna lainnya yang bisa mengalihkan fokus Moms terhadap rasa lapar.

Kegiatan bermakna yang dimaksud, yaitu berbagi kepada sesama muslim.

Tidak hanya menjadi cara menahan lapar saat puasa, kegiatan tersebut juga membuat Moms menuai banyak pahala.

Baca Juga: Pusing Saat Puasa, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya!

3. Usahakan untuk Selalu Sahur

Ilustrasi Wanita Sahur untuk Berpuasa
Foto: Ilustrasi Wanita Sahur untuk Berpuasa (Freepik.com/odua)

Sahur adalah sunah berpuasa yang mendatangkan pahala, juga dapat Moms jadikan sebagai cara untuk menahan lapar saat puasa.

Jadi, janganlah melewatkan makan sahur, ya. Hal ini disampaikan oleh Ahli Gizi Meryem Berrin Ak dari Nişantaşı University di Istanbul.

“Penting untuk tidak melewatkan sahur jika tidak ingin merasa sangat lapar di siang hari,” jelasnya, seperti yang dikutip dari laman DailySabah.

Namun, Moms tidak perlu sahur dengan cara makan berlebihan. Anggapan mengonsumsi banyak makanan ketika sahur agar tidak lapar ketika puasa rasanya keliru.

Sebaiknya, Moms mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, mudah untuk dicerna, dan sehat.

Moms dapat mencoba yoghurt, alpukat, salmon, telur, atau kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi sehingga mampu memberikan asupan energi cukup saat menjalankan ibadah puasa keesokan harinya.

Cobalah juga untuk mengonsumsi lebih banyak protein karena asupan protein yang cukup dapat membantu Moms dalam mengelola rasa lapar.

Baca Juga: Ibu Menyusui Boleh Puasa, Ini Anjuran dan Manfaatnya

4. Pastikan Tubuh Cukup Terhidrasi

Minum Air Putih
Foto: Minum Air Putih (Orami Photo Stocks)

Cara menahan rasa lapar saat puasa yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan saat berbuka puasa dan sahur, Moms.

Ini adalah cara menahan rasa lapar yang paling mudah dilakukan, tetapi cukup efektif sehingga patut dicoba.

Jadi pastikan tubuh Moms benar-benar terhidrasi dengan mengonsumsi cairan. Dalam hal ini, air putih adalah pilihan yang paling baik dan sehat.

Ingat ya, konsumsi cairan yang disarankan agar tubuh terhidrasi dengan baik adalah sebanyak delapan gelas air sehari.

Selain bisa menunda lapar, disebutkan dalam studi di Strength and Conditioning Journal bahwa air juga memiliki peran yang penting dalam tubuh kita. Baik itu fungsi fisiologis dan biokimia.

Bahkan, hidrasi yang cukup dapat berperan dalam pencegahan persalinan lama, urolitiasis, infeksi saluran kemih, kanker kandung kemih, konstipasi, gangguan paru/bronkus, penyakit jantung, hipertensi, trombosis vena, dan kondisi lainnya.

Baca Juga: Bolehkah Puasa sebelum Mandi Wajib? Ini Jawabannya!

5. Lakukan dan Nikmati Hobi

Berkebun
Foto: Berkebun (Orami Photo Stock)

Jika Moms memiliki kegemaran terhadap sesuatu, lakukanlah sebagai cara menahan lapar saat puasa. Misalnya ketika Moms hobi melukis, berkebun, atau journaling.

Aktivitas yang menyenangkan dan memiliki dampak positif ini akan membuat Moms terdistraksi dan melupakan rasa lapar ketika puasa.

Baca Juga: 9+ Rekomendasi Vitamin untuk Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui

6. Olahraga

Olahraga
Foto: Olahraga (Orami Photo Stocks)

Olahraga juga dapat menjadi cara menahan lapar saat puasa. Jika Moms khawatir atau merasa bahwa olahraga akan meningkatkan rasa lapar dan haus, cobalah untuk melakukan olahraga yang ringan saja.

Misalnya, jalan kaki, joging atau bersepeda sejenak.

Dengan berolahraga, tubuh Moms justru akan mendapatkan asupan energi lebih banyak sehingga rasa lapar bisa diminimalisir.

Penelitian yang dikutip dari laman Stanford Medicine mengemukakan bahwa, senyawa yang diinduksi oleh olahraga intens berjalan ke otak untuk menahan nafsu makan.

Itulah mengapa olahraga memiliki peran penting dalam proses penurunan berat badan. Selain bantu membakar banyak kalori dan lemak, olahraga juga dapat mengurangi rasa lapar.

Baca Juga: Ini 17 Amalan Bulan Ramadan yang Dicontohkan oleh Rasul

7. Mengelola Stres

Meditasi
Foto: Meditasi (Orami Photo Stocks)

Stres dapat memicu seseorang untuk makan lebih banyak, maka penting bagi Moms untuk mengelola stres saat Ramadan.

Hal ini dapat Moms jadikan sebagai cara menahan lapar saat puasa.

Fokuslah pada hal-hal positif dan menyenangkan sehingga rasa lapar bisa dicegah. Salah satunya melakukan perawatan wajah atau tubuh sehingga Moms lebih tenang saat ibadah puasa.

Moms juga bisa menggunakan cara lain dalam mengelola stres.

Misalnya, dengan meditasi, cara menahan rasa lapar ini akan membuat tubuh Moms lebih santai dan rileks sehingga ibadah puasa dapat terlaksana dengan baik.

Baca Juga: 4 Tanda Ibu Hamil Harus Berhenti Berpuasa

8. Istirahat yang Cukup

Tidur Cukup
Foto: Tidur Cukup (Unsplash.com/bruce mars)

Ketika Moms mendapatkan waktu istirahat yang cukup, hal ini dapat menjadi cara menahan lapar saat puasa.

Sebaliknya, orang yang kurang tidur cenderung menciptakan reaksi lapar lebih cepat ketika siang hari.

Jadi, sebaiknya Moms menyesuaikan waktu tidur dengan kegiatan saat Ramadan agar tidak mudah lapar saat berpuasa.

Moms dapat mencoba tidur lebih cepat setelah menunaikan ibadah salat tarawih atau mendapatkan waktu istirahat yang cukup setelah salat Dzuhur di siang hari.

Baca Juga: Apakah Menangis Saat Puasa Ramadan Dapat Membatalkan Puasa dan Mengurangi Pahala?

Itulah beberapa cara menahan lapar saat puasa yang dapat Moms terapkan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

  • https://www.dailysabah.com/health/2019/05/08/feel-full-in-ramadan-with-these-foods
  • https://gulfnews.com/going-out/ramadan-2021-9-suhoor-foods-to-keep-you-energised-all-day-in-ramadan-1.1587534241970?slide=10
  • http://islam.ru/en/content/story/7-tips-tackle-hunger-and-fatigue-ramadan
  • https://www.ghastlygirl.com/control-hunger/
  • https://www.dummies.com/health/nutrition/weight-loss/9-ways-to-stave-off-hunger-when-fasting/
  • https://journals.lww.com/nsca-scj/fulltext/2010/04000/a_review_of_hydration.6.aspx
  • https://med.stanford.edu/news/all-news/2022/06/anti-hunger-molecule-exercise.html

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb