Kesehatan

10 Juni 2021

7+ Cara Menahan Lapar saat Puasa, Praktikkan Yuk!

Dengan tips ini, lapar saat puasa jadi tak terasa Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setelah melewati bulan Ramadan, kini saatnya Moms bersiap untuk membayar utang puasa kemarin. Agar tidak lupa, tidak ada salahnya Moms mendahulukan membayar utang-utang puasa tersebut. Saat mulai berpuasa kembali, Moms tentu harus menyesuaikan diri lagi. Tentunya Moms perlu mengetahui seperti apa cara menahan lapar saat puasa. Apalagi, puasa ganti Ramadan merupakan sebuah kewajiban.

Seperti yang telah Moms ketahui, puasa adalah ibadah yang dilakukan dengan cara menahan lapar dan haus, serta menghindari hal-hal berdosa.

Meski sudah terbiasa puasa sejak kecil, tantangan akan tetap ada. Misalnya, ketika rasa lapar melanda sehingga beraktivitas terasa berat dan tak semangat. Untuk itu, Moms mungkin mungkin perlu mengetahui cara menahan lapar saat puasa.

Baca Juga: Bagaimana Aturan Minum Obat Saat Puasa Ramadan? Ini Penjelasannya

Cara Menahan Lapar saat Puasa

Berikut cara menahan lapar saat puasa yang bisa Moms terapkan. Ibadah puasa dan kegiatan harian pun akan terasa lebih lancar dijalankan

1. Mengubah Pola Makan

cara menahan lapar saat puasa-1

Foto: Orami Photo Stock

Pada hari biasa, Moms mungkin mengikuti anjuran untuk makan lebih sering tapi dengan porsi kecil.

Namun, saat berpuasa, Moms perlu membiasakan diri untuk mengurangi frekuensi makan dan memperbesar porsi sebagai cara menahan lapar saat puasa.

Moms juga sebaiknya memilih makanan yang lebih lama dicerna. Misalnya, mengganti roti putih dengan roti gandum atau nasi putih menjadi nasi merah agar Moms merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, karena frekuensi makan saat puasa berkurang, Moms perlu mengonsumsi makanan yang lebih bervariasi setiap kali makan sahur dan berbuka untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan Sahur Bernutrisi, Bikin Puasa Makin Lancar!

2. Rencanakan Jadwal dan Sibukkan Diri

cara menahan lapar saat puasa-2

Foto: Orami Photo Stock

Cara menahan lapar saat puasa yang berikutnya ialah membuat jadwal dan usahakan untuk menyibukkan diri. Hal ini bertujuan agar Moms tidak terlalu fokus pada tantangan berupa lapar dan haus.

Ada banyak kegiatan yang bisa Moms pilih sehingga lebih produktif saat berpuasa

Misalnya, menyelesaikan pekerjaan rumah dan kantor, menghabiskan waktu dengan keluarga atau kerabat, beribadah, dan melakukan hal-hal bermakna lainnya yang bisa mengalihkan fokus Moms terhadap rasa lapar.

Kegiatan bermakna yang dimaksud, yaitu berbagi kepada sesama muslim. Tidak hanya menjadi cara menahan lapar saat puasa, kegiatan tersebut juga membuat Moms menuai banyak pahala.

Baca Juga: Ini Rukun Puasa dan Syaratnya Agar Ibadah Sah Dilakukan, Catat!

3. Usahakan untuk Selalu Sahur

cara menahan lapar saat puasa-3

Foto: Orami Photo Stock

Sahur adalah sunah berpuasa yang mendatangkan pahala, juga dapat Moms jadikan sebagai cara untuk menahan lapar saat puasa.

Jadi, janganlah melewatkan makan sahur, ya. Hal ini disampaikan oleh Ahli Gizi Meryem Berrin Ak dari Nişantaşı University di Istanbul.

“Penting untuk tidak melewatkan sahur jika tidak ingin merasa sangat lapar di siang hari,” jelasnya, seperti yang dikutip dari laman DailySabah.

Namun, Moms tidak perlu sahur dengan cara makan berlebihan. Anggapan mengonsumsi banyak makanan ketika sahur agar tidak lapar ketika puasa rasanya keliru.

Sebaiknya, Moms mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, mudah untuk dicerna, dan sehat.

Moms dapat mencoba yogurt, avokad, salmon, telur, atau kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi sehingga mampu memberikan asupan energi cukup saat menjalankan ibadah puasa keesokan harinya.

Cobalah juga untuk mengonsumsi lebih banyak protein karena asupan protein yang cukup dapat membantu Moms dalam mengelola rasa lapar.

Baca Juga: 5 Resep Ayam Bacem Gurih untuk Santap Sahur

4. Pastikan Tubuh Cukup Terhidrasi

cara menahan lapar saat puasa-4

Foto: Orami Photo Stock

Cara menahan rasa lapar saat puasa ialah dengan mencukupi kebutuhan cairan saat berbuka puasa dan sahur, Moms. Ini adalah cara menahan rasa lapar yang paling mudah dilakukan, tetapi cukup efektif sehingga patut dicoba.

Pastikan tubuh Moms benar-benar terhidrasi dengan mengonsumsi cairan. Dalam hal ini, air putih adalah pilihan yang paling baik dan sehat.

Ingat ya, konsumsi cairan yang disarankan agar tubuh terhidrasi dengan baik adalah sebanyak delapan gelas air sehari.

Baca Juga: 8 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

5. Lakukan dan Nikmati Hobi

cara menahan lapar saat puasa-5

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms memiliki kegemaran terhadap sesuatu, lakukanlah sebagai cara menahan lapar saat puasa. Misalnya ketika Moms hobi melukis, berkebun, atau journaling.

Aktivitas yang menyenangkan dan memiliki dampak positif ini akan membuat Moms terdistraksi dan melupakan rasa lapar ketika puasa.

Baca Juga: Selain Jadi Hobi, Ini 5 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Fisik dan Mental

6. Olahraga

cara menahan lapar saat puasa-6

Foto: Orami Photo Stock

Olahraga juga dapat menjadi cara menahan lapar saat puasa. Jika Moms khawatir atau merasa bahwa olahraga akan meningkatkan rasa lapar dan haus, cobalah untuk melakukan olahraga yang ringan saja.

Misalnya, jalan kaki, jogging atau bersepeda sejenak.

Dengan berolahraga, tubuh Moms justru akan mendapatkan asupan energi lebih banyak sehingga rasa lapar bisa diminimalisir.

Baca Juga: Yuk, Aktif Melakukan 4 Jenis Olahraga Saat Puasa Ramadan Ini Moms!

7. Mengelola Stres

cara menahan lapar saat puasa-7

Foto: Orami Photo Stock

Stres dapat memicu seseorang untuk makan lebih banyak, maka penting bagi Moms untuk mengelola stres saat Ramadan. Hal ini dapat Moms jadikan sebagai cara menahan lapar saat puasa.

Fokuslah pada hal-hal positif dan menyenangkan sehingga rasa lapar bisa dicegah. Salah satunya melakukan perawatan wajah atau tubuh sehingga Moms lebih tenang saat ibadah puasa.

Moms juga bisa menggunakan cara lain dalam mengelola stres. Misalnya, dengan meditasi, cara menahan rasa lapar ini akan membuat tubuh Moms lebih santai dan rileks sehingga ibadah puasa dapat terlaksana dengan baik.

Baca Juga: 6 Cara Agar Tetap Sehat saat Sedang Stres

8. Istirahat yang Cukup

cara menahan lapar saat puasa-8

Foto: Orami Photo Stock

Ketika Moms mendapatkan waktu istirahat yang cukup, hal ini dapat menjadi cara menahan lapar saat puasa.

Sebaliknya, orang yang kurang tidur cenderung menciptakan reaksi lapar lebih cepat ketika siang hari.

Jadi, sebaiknya Moms menyesuaikan waktu tidur dengan kegiatan saat Ramadan agar tidak mudah lapar saat berpuasa. Moms dapat mencoba tidur lebih cepat setelah menunaikan ibadah salat teraweh atau mendapatkan waktu istirahat yang cukup setelah salat Dzuhur di siang hari.

Baca Juga: Aturan Tidur Siang Selama Bulan Puasa

Itulah beberapa cara menahan lapar saat puasa yang dapat Moms terapkan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

  • https://www.dailysabah.com/health/2019/05/08/feel-full-in-ramadan-with-these-foods
  • https://gulfnews.com/going-out/ramadan-2021-9-suhoor-foods-to-keep-you-energised-all-day-in-ramadan-1.1587534241970?slide=10
  • http://islam.ru/en/content/story/7-tips-tackle-hunger-and-fatigue-ramadan
  • https://www.ghastlygirl.com/control-hunger/
  • https://www.dummies.com/health/nutrition/weight-loss/9-ways-to-stave-off-hunger-when-fasting/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait