Olahraga & Kebugaran

15 Desember 2021

Masih Suka Malas? Ini Manfaat Olahraga bagi Fisik Maupun Mental

Lakukan secara rutin setiap hari, ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Nevy
Disunting oleh Widya Citra Andini

Manfaat olahraga bagi fisik maupun mental bisa Moms dapatkan jika rutin melakukannya. Lakukan aktivitas fisik tersebut setidaknya 30 menit sehari.

Minimalkan waktu yang dihabiskan untuk duduk dalam waktu lama dan bermalas-malasan.

Sebaiknya lakukan hal lebih bermanfaat saat memiliki waktu luang, seperti berolahraga.

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Fisik

Menjaga Kesehatan Jantung (www.aimsindia.com).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Better Health, olahraga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Bukan itu saja, olahraga juga dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit kardiovaskular.

Aktivitas fisik tersebut memiliki manfaat kesehatan secara langsung dan jangka panjang.

Hal yang paling penting adalah, olahraga mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Berikut ini sejumlah manfaat olahraga bagi kesehatan fisik:

  1. Mengurangi risiko serangan jantung.
  2. Menjaga berat badan ideal, sehingga terhindar dari risiko sejumlah penyakit.
  3. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.
  6. Meningkatkan fungsi tulang, otot, dan persendian, sehingga risiko terkena osteoporosis dapat diturunkan.
  7. Meningkatkan proses pemulihan penyakit.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, seseorang perlu melakukan aktivitas fisik tersebut minimal 30 menit setiap hari.

Jika baru memulai, Moms bisa melakukannya dari olahraga dengan intensitas rendah, yang ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 10+ Aktivitas Fisik Sederhana, Cocok untuk yang Malas Olahraga!

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

positive-mental-attitude-adalah (1).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat olahraga tidak hanya mencakup kesehatan fisik secara keseluruhan saja, lho. Kesehatan mental pun akan meningkat.

Dilansir dari Active Norfolk, berikut ini sejumlah manfaat olahraga bagi kesehatan mental seseorang:

1. Meningkatkan Suasana Hati

Baik dilakukan di fasilitas kebugaran atau di rumah, olahraga memicu produksi zat kimia yang membuat seseorang merasa lebih bahagia dan rileks.

Lebih baik lagi jika dilakukan secara berkelompok. Secara tidak langsung, olahraga dalam bentuk tim memberikan tantangan tersendiri.

Selain itu, Moms juga lebih semangat dalam melakukannya. Olahraga tim juga memberikan manfaat sosial.

Salah satunya terhubung dengan orang lain, dengan visi dan misi yang sama, yaitu meningkatkan kualitas kesehatan.

Ibarat kata, olahraga tim memberikan efek yang sama dengan melakukan rekreasi. Bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain.

2. Meningkatkan Konsentrasi dalam Berpikir

Manfaat olahraga bagi kesehatan fisik selanjutnya adalah, meningkatkan konsentrasi dalam berpikir.

Jika dilakukan secara teratur, aktivitas fisik dapat membantu menjaga tingkat konsentrasi seiring bertambahnya usia.

Hal tersebut termasuk fokus berpikir, mampu menyerap ilmu yang diberikan, serta mampu menilai dari segi positif.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Moms bisa melakukan senam aerobik atau latihan kekuatan otot.

Lakukan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu, 30 menit dalam satu kali sesi. Moms dapat merasakan manfaatnya seiring dengan bertambahnya usia.

3. Menurunkan Kadar Stres dan Depresi

Ketika aktif secara fisik, pikiran akan teralihkan dari stres dan hal-hal yang mengganggu.

Bisa dibilang, berolahraga secara rutin dapat membantu mencegah otak terjebak oleh pikiran negatif.

Olahraga bekerja dengan mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh. Di saat yang sama, aktivitas fisik merangsang produksi endorfin.

Nah, hormon tersebut yang dapat meningkatkan suasana hati, sehingga tingkat stres dan depresi dapat diturunkan.

Endorfin juga dapat membuat Moms merasa lebih rileks dan optimis. Sampai di sini, apakah Moms mau rutin melakukannya?

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat olahraga bagi kesehatan mental selanjutnya adalah meningkatkan kualitas tidur tidur seseorang.

Saat berolahraga, otak melepaskan bahan kimia yang memicu perasaan nyaman untuk melawan stres dan kecemasan.

Olahraga membuat tubuh merasa lelah di malam hari, sehingga mendorong tidur menjadi lebih nyenyak.

Namun, jangan lakukan olahraga sesaat sebelum tidur, ya! Hal tersebut justru akan membuat Moms terjaga sepanjang malam.

Pasalnya, olahraga dapat meningkatkan denyut jantung, suhu tubuh, dan kewaspadaan yang dapat menurunkan kualitas tidur.

Jadi, sebaiknya lakukan pada pagi atau sore hari.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Olahraga secara langsung dapat menjaga berat badan ideal seseorang. Beberapa jenis olahraga yang efektif untuk membakar kalori, seperti:

Menjaga berat badan ideal secara langsung dapat mengurangi kemungkinan terkena diabetes, kolesterol tinggi, dan hipertensi.

Di samping itu, olahraga mampu meningkatkan rasa percaya diri, karena memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Rasa percaya diri sendiri berhubungan langsung pada harga diri dan citra diri seseorang.

Olahraga memberikan rasa puas dan kontrol diri, yang mengarah pada perasaan bangga dan percaya diri.

Semangat dan energi baru yang berasal dari aktivitas fisik, meningkatkan kemungkinan keberhasilan dalam menjalankan pekerjaan.

6. Meningkatkan Gairah Seksual

Jika Moms dan pasangan sering merasa kelelahan atau kurang bergairah saat melakukan hubungan intim, cobalah untuk berolahraga.

Jika dilakukan secara rutin, olahraga dapat meningkatkan gairah seksual, sehingga risiko disfungsi ereksi dapat diturunkan.

Tips Tepat Melakukan Olahraga

Olahraga atau melakukan aktivitas fisik apapun lebih baik daripada sama sekali tidak melakukannya.

Jika Moms tidak terbiasa melakukan olahraga, mulailah dari intensitas rendah terlebih dulu, dan tingkatkan secara bertahap.

Lebih baik jika dilakukan setiap hari. Jika terlalu sibuk, luangkan waktu saat akhir pekan.

Olahraga sebaiknya dilakukan selama 150 hingga 300 menit, atau setara dengan 2 hingga 5 jam per minggu.

Moms juga melakukannya dalam intensitas sedang, yaitu selama 75 hingga 150 menit, atau setara dengan 1 hingga 2 jam per hari.

Sementara dalam intensitas tinggi, Moms bisa melakukannya ketika tubuh sudah terbiasa dengan intensitas sedang.

Sebaiknya selingi dengan latihan kekuatan otot, setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Peningkatan intensitas olahraga yang dilakukan dapat berasal dari perubahan kecil yang dilakukan sepanjang hari.

Untuk memulainya, Moms bisa berjalan kaki atau bersepeda, naik kereta atau bus untuk ke kantor dan berjalan kaki sepanjang perjalanan menuju kantor.

Baca juga: 8 Olahraga Tangan di Rumah dan Manfaatnya

Mulai Sekarang, Hindari Gaya Hidup Tidak Aktif

person-using-dell-laptop-3197392.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari National Health Service, gaya hidup sedentari atau tidak aktif menjadi pembunuh diam-diam.

Ternyata, duduk atau berbaring dalam waktu yang lama dapat membahayakan kesehatan seseorang, lho.

Moms bukan hanya harus meningkatkan aktivitas fisik yang dilakukan saja, tetapi juga mengurangi waktu untuk duduk dan berbaring.

Contohnya saja, menonton televisi, bekerja depan laptop, menjadi driver online, dan kegiatan lain yang yang membutuhkan duduk dalam waktu lama.

Sejumlah hal tersebut meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, termasuk sakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan obesitas.

Hal yang tak kalah penting adalah, jangan lupa melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga, ya.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari risiko cedera otot dan sendi.

Meski aman dilakukan, penderita penyakit jantung atau kelebihan asam laktat, perlu berkonsultasi terlebih dulu sebelum melakukan olahraga.

Tanyakan juga pada dokter terkait dengan olahraga yang sesuai dengan kemampuan fisik masing-masing.

Dengan begitu, manfaat olahraga yang dirasakan tubuh akan lebih maksimal.

Itulah sejumlah manfaat olahraga bagi fisik maupun mental.

Saat sudah mengetahui manfaatnya, apakah Moms masih ragu untuk melakukannya secara rutin?

  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/physical-activity-its-important
  • https://www.activenorfolk.org/2021/05/mental-benefits-of-sport/
  • https://www.nhs.uk/live-well/exercise/exercise-health-benefits/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait