Kesehatan

15 September 2021

Moms Penggemar Nasi Padang? Wajib Tahu Jumlah Kalori Daun Singkong!

Kira-kira berapa ya jumlah kalori sayur daun singkong dalam nasi padang?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms termasuk penggemar nasi padang? Jika iya, sayur daun singkong mungkin termasuk dalam salah satu lauk favorit. Namun, tahu kah Moms berapa jumlah kalori daun singkong yang sesungguhnya?

Daun singkong memang cukup populer sebagai lauk tambahan dalam hidangan nasi padang. Umumnya, daun singkong dapat diolah dengan cara direbus atau ditumis.

Banyak masyarakat yang gemar mengonsumsi daun singkong, apalagi karena kandungan gizinya yang cukup tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Lalu, berapa ya, jumlah kalori daun singkong? Simak penjelasan berikut.

Baca Juga: 9+ Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Baik untuk Bumil Juga!

Kalori Daun Singkong Rebus

kalori daun singkong

Foto: Orami Photo Stock

Melansir laman Fat Secret Indonesia, berikut jumlah kalori daun singkong dalam porsi 100 gram dan diolah dengan cara direbus.

  • Kalori: 38 kkal
  • Energi: 160 kj
  • Lemak: 0,29 gram
  • Protein: 3,66 gram
  • Serat: 1,9 gram
  • Karbohidrat: 7,25 gram
  • Gula: 0,06 gram
  • Sodium: 10 mg
  • Kalium: 478 mg

Kalori Sayur Daun Singkong Nasi Padang

kalori daun singkong nasi padang

Foto: Orami Photo Stock

Sementara jika diolah sebagai lauk dalam nasi padang, berikut jumlah kalori daun singkong dalam setiap 50 gramnya.

  • Kalori: 19 kkal
  • Energi: 79 kj
  • Lemak: 0,14 gram
  • Protein: 1,83 gram
  • Serat: 1,0 gram
  • Karbohidrat: 3,63 gram
  • Gula: 0,03 gram
  • Sodium: 5 mg
  • Kalium: 239 mg

Baca Juga: Ini Dia 5 Resep Sayur Daun Singkong Sederhana yang Wajib Dicoba!

Manfaat Mengonsumsi Daun Singkong

Setelah mengetahui jumlah kalori daun singkong, berikut manfaat mengonsumsi sayur daun singkong bagi kesehatan yang perlu Moms ketahui.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat daun singkong.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka, sayur daun singkong ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh, lho. Hal ini karena daun singkong merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

Efek antioksidan dalam daun singkong diketahui disebabkan oleh penangkapan radikal bebas melalui donor atom hidrogen dari gugus hidroksil flavonoid.

Menurut Journal of Life Science, daun singkong yang kaya akan flavonoid telah dilaporkan memiliki aktivitas antioksidan, antibakteri, antivirus, antiinflamasi, antialergi, antidiabetes, dan antikanker.

Baca Juga: 15 Manfaat Singkong Sebagai Alternatif Nasi, Penuh Nutrisi!

2. Mengatasi Penyakit Diare

daun singkong untuk diare

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat daun singkong selanjutnya, yakni bisa mengatasi penyakit diare.

Pasalnya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang menunjukkan bahwa ekstrak daun singkong memiliki sifat antibakteri sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri Shigella sp.

Untuk diketahui, Shigella sp merupakan salah satu bakteri gram negatif, penyebab utama penyakit diare.

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun singkong, seperti flavonoid, saponin dan tanin lah yang mempunyai aktivitas sebagai antibakteri.

Baca Juga: 6 Cara Menanam Singkong Agar Hasil Memuaskan, Bisa Dicoba di Rumah Moms!

3. Mengandung Zat Besi Pencegah Anemia

daun singkong mencegah anemia

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka, daun singkong ternyata termasuk sayuran hijau yang kaya akan kandungan zat besi. Oleh karena itu, bisa digunakan sebagai bahan alami pencegah penyakit anemia atau kurang darah.

Selain itu, zat besi memiliki peran penting dalam sintesis dan metabolisme sel darah merah, pembentukan hemoglobin juga mempunyai fungsi yang berhubungan pengangkutan, penyimpanan, dan pemanfaatan oksigen.

Namun, dijelaskan dalam Jurnal Mitra Pendidikan proses perebusan daun singkong sebelum dikonsumsi akan memberikan perubahann terhadap zat besi yang terkandung di dalamnya.

Jadi, sangat penting bagi Moms untuk memerhatikan cara perebusan dan lamanya waktu merebus daun singkong.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lama perebusan terhadap kandungan zat besi pada daun singkong yakni 4,9% pada waktu perebusan 5 menit, 3,5% dan 2,9% pada waktu perebusan 10 menit dan 15 menit.

Singkatnya, semakin cepat proses perebusan, maka akan semakin baik kandungan zat besi di dalam daun singkong, Moms.

Baca Juga: Simak Sumber Makanan Mengandung Zat Besi, Cegah Anemia!

4. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

daun singkong baik untuk pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Daun singkong termasuk dalam sayuran yang mengandung cukup serat. Dengan demikian, mengonsumsi daun singkong dapat membantu Moms dalam menjaga sistem pencernaan.

Manfaat daun singkong sebagai obat diare seperti yang disebutkan sebelumnya juga menjadi bukti bahwa sayur daun singkong bisa meningkatkan kesehatan saluran cerna.

Selain itu, telah banyak masyarakat yang menggunakan daun singkong sebagai obat tradisional untuk mengatasi hama cacing di saluran pencernaan.

5. Membentuk dan Bantu Meregenerasi Sel Tubuh

manfaat sayur daun singkong

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan asam amino esensial yang terdapat dalam daun singkong merupakan salah satu sumber penting untuk menjaga dan meregenerasi sel-sel dalam tubuh manusia.

Jadi, sebaiknya Moms mengonsumsi daun singkong jika ingin memiliki tubuh yang sehat.

Asam amino merupakan jenis protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel-sel yang rusak dan memberikan pembaharuan sel-sel dalam tubuh agar tetap berfungsi secara normal.

Baca Juga: 11 Manfaat Kulit Singkong untuk Kecantikan hingga Alternatif Ramah Lingkungan

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

daun singkong menurunkan gula darah

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi daun singkong juga dapat membantu Moms dalam menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

Melansir jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Udayana, daun singkong memiliki berbagai kandungan flavonoid golongan kuersetin.

Penelitian sebelumnya menunjukkan flavonoid golongan kuersetin dalam Aloe vera dan Uncaria gambir Roxb mampu menurunkan kadar glukosa darah mencit yang diinduksi aloksan sehingga diduga flavonoid dalam daun singkong memiliki aktivitas antihiperglikemia.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa ekstrak daun singkong (Manihot utilissima Pohl) mampu menurunkan kadar glukosa darah (p<0,05), namun kemampuan tersebut tidak sama dengan metformin (p<0,05) dimana metformin (obat anti-diabetes oral) memiliki aktivitas antihiperglikemia yang lebih besar.

Itu dia Moms, jumlah kalori daun singkong dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/daun-singkong
  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/rumah-makan-sederhana/daun-singkong/1-porsi
  • http://www.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/36248
  • http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=745163&val=11748&title=PENGARUH%20LAMA%20PEREBUSAN%20TERHADAP%20KANDUNGAN%20ZAT%20BESI%20DAUN%20SINGKONG%20VARIETAS%20MANGI%20MANIHOT%20ESCULENTA%20CRANTZ
  • https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/UnnesJLifeSci/article/view/30001
  • https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/15462
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait