Kehamilan

KEHAMILAN
16 Februari 2020

Kebas saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Kenapa saya mengalami kebas anggota tubuh saat hamil? Apakah hal tersebut normal dirasakan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perubahan tubuh pada wanita terjadi paling cepat saat kehamilan. Beberapa dari perubahan ini pun menyebabkan kebas di beberapa bagian tubuh seperti lengan, kaki, hingga perut.

Wanita hamil sering mengalami mati rasa di kaki mereka sesaat setelah bangun tidur. Saat hamil, Moms juga mungkin merasa mati rasa di kaki jika duduk lama.

Gejalanya berkisar dari hilangnya sensasi hingga kesemutan dan rasa sakit yang biasanya mereda dengan mengubah posisi atau mengubah posisi tubuh.

Saat hamil, lengan dan tangan Moms mungkin juga mati rasa setelah bangun dari tidur atau mengangkat benda berat. Beberapa wanita hamil juga mengalami mati rasa di lidah setelah asupan makanan tertentu, ketegangan di leher atau gerakan tiba-tiba.

Baca Juga: Bagi Wanita Hamil, Tahukah Sindrom Alkohol Janin Pada Bayi?

Biasanya kebas merupakan salah satu gejala kehamilan yang tak terduga, dan sebagian besar dialami pada trimester terakhir kehamilan.

Jika Moms sedang hamil dan merasakan kebas atau mati rasa di kaki, lengan, atau tangan, jangan khawatir. Tetapi jika disertai dengan gejala penyakit lainnya, Moms harus memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab Kebas saat Hamil

Moms, kebas saat hami terjadi karena beberapa faktor. Apa saja penyebab kebas saat hamil? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Perubahan Hormon

Hormon Tidak Seimbang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab ibu hamil alami kebas anggota tubuh bisa dikarenakan perubahan hormon. Hormon relaxin yang dilepaskan pada akhir kehamilan memiliki efek pelunakan lubang panggul dan persendian lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan berat tubuh mencubit saraf di persendian dan selanjutnya membuat area kebas.

2. Sindrom Carpal Tunnel

Sindrom Carpain Tunnel

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab kebas saat hal yang selanjutnya adalah sindrom carpal tunnel. Berdasarkan Journal of Clinical Neuroscience, hormon awal kehamilan bisa menyebabkan tubuh menahan air yang mengarah ke sindrom carpal tunnel.

Sindrom carpal tunnel adalah suatu kondisi yang menyakitkan yang memengaruhi tangan dan lengan. Wanita mendapatkan sebanyak 50 persem lebih banyak darah selama kehamilan untuk mendukung bayi.

Peningkatan cairan ini dapat memberi tekanan pada saraf median yang berjalan di lengan yang menyebabkan rasa sakit. Gejala-gejalanya meliputi nyeri kesemutan di jari tengah, jari telunjuk dan jari serta nyeri yang menjalar ke lengan.

Kondisi ini cukup umum dan kehamilan meningkatkan kemungkinan mengembangkannya. Peningkatan berat badan selama kehamilan juga dapat menyebabkan sindrom carpal tunnel.

Baca Juga: Waspada Carpal Tunnel Syndrome Saat Hamil Jika Tangan Sering Kebas!

3. Anemia

Anemia pada Ibu Hamil-1.png

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab kebas saat hamil lainnya adalah anemia. Ternyata anemia yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti jumlah sel darah merah yang rendah, kekurangan zat besi atau faktor genetik yang bisa memicu kebas pada anggota tubuh.

Baca Juga: 4 Spot Kebas di Tubuh Saat Hamil, Ini Cara Menanganinya!

Nah, itulah beberapa penyebab kebas saat hamil. Meskipun kondisi kebas saat hamil adalah normal, namun jika Moms merasakan gejala lain sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ahli ya. Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk meredakan kebas yang Moms alami saat hamil.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait