Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
11 Maret 2021

Manfaat Lulur dan Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Jangan-jangan selama ini cara lulur Anda salah?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Lulur dan minyak zaitun adalah satu dari sekian banyak treatment kecantikan yang banyak dilakukan oleh kaum wanita.

Tujuan dari treatment ini yakni untuk menghilangkan kulit mati pada tubuh. Biasanya setelah lulur, kulit akan terlihat lebih cerah.

Bagi Moms yang cukup peduli pada kebersihan kulit umumnya akan melakukan lulur menimal 2 minggu sekali.

Nah jika Moms terbiasa lulur berikut ini beberapa hal tentang langkah-langkah lulur badan yang benar. Karena jika tidak dilakukan dengan tepat maka hasil lulur jadi kurang maksimal:

Bahan yang dibutuhkan:

● Lulur

● Sabun antiseptik

● Minyak zaitun/baby oil (opsional).

● Handuk

Cara melakukannya:

  1. Sebelum melakukan lulur ada baiknya Anda memijat terlebih dahulu tubuh memakai minyak zaitun/baby oil. Tujuan dari proses ini adalah agar kulit lebih halus dan kotoran mudah terangkat.
  2. Jika proses memijat sudah, mandi terlebih dahulu memakai sabun antiseptik (jika kulit Moms jenisnya kering gunakan sabun biasa saja).
  3. Keringkan tubuh memakai handuk. Usahakan jangan terlalu kering.
  4. Oleskan lulur ke seluruh bagian tubuh dan tunggu sampai setengah kering.
  5. Gosok tubuh dengan arah memutar membentuk lingkaran.
  6. Bersihkan sisa lulur menggunakan air dan sabun.
  7. Setelah selesai gunakan body lotion agar kulit tidak kering.
  8. Selesai.

Untuk hasil yang lebih maksimal pakailah lulur yang sesuai dengan jenis kulit kita. Hindari pula menggosok terlalu keras agar kulit tidak terluka. Selamat mencoba!

Baca Juga: Banyak Kegunaannya! Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bayi

Guna Lulur dan Minyak Zaitun untuk Kulit Tubuh

Dilansir dari All In Health guna lulur dan minyak zaitun untuk tubuh memang bisa dibilang mirip. Minyak zaitun mirip dnegan minyak alami yang diproduksi oleh kulit sehingga mudah diserap dengan baik ke dalam kulit.

Sangat bermanfaat, minyak zaitun sendiri biasanya tak menyebabkan alergi. Namun pemakaiannya disarankan agar tak dioleskan pada wajah yang sedang berjerawat atau break out.

Dalam sebuah penelitian, minyak zaitun sendiri bisa membantu untuk melindungi tubuh dari serangan kanker termasuk kanker kulit serta menangkan dampak sinar matahari langsung pada kulit.

Efek ini diduga terkait dengan antioksidan dan antiradang yang terkandung di dalam minyak zaitun. Namun, manfaat minyak zaitun secara klinis untuk kanker masih perlu pembuktian dan studi yang lebih lanjut.

Baca Juga: Penggunaan Minyak Zaitun untuk Payudara, Dapat Mencegah Kanker

Zat antioksidan serta antiradang yang ada dalam minyak zaitun yang diduga bisa membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah. Jadi, selain lulur, minyak zaitun bisa memberikan manfaat. antioksidan.

Manfaat antioksidan sendiri berguna untuk melawan radikal bebas dan mengatasi peradangan yang bisa menyebabkan munculnya kerutan serta mengurangi kekencangan kulit.

Seperti yang dilansir dari National Eczema anfaat minyak zaitun untuk kulit sendiri sudah terbukti bisa mengobat eksim, psoriasis, infeksi jamur atau jamur di lipatan tubuh. Meski demikian, penelitian serta bukti lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung pernyataan tersebut.

Terlebih pengobatan eksim dan psoriasis tak bisa hanya dilakukan dari luar. Pola makan dan menjalani diet tertentu pun harus diberlakukan agar seseorang yang memiliki kondisi eksim atau psoriasis tidak mengalami gatal atau timbulnya kulit kemerahan.

Meski minyak zaitun adalah bahan alami dan hanya sedikit orang yang merasakan alergi ketika menggunakannya, bukan berarti bahan ini bebas alergi ya, Moms!

Jika terdapat tanda-tanda kemerahan, gatal, dan muncul ruam di kulit, segera hentikan pemakaian dan lakukan konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Lalu, apa guna lulur untuk tubuh?

Lulur dan minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Usai membicarakan mengenai kegunaan minyak zaitun, berikut manfaat lulur untuk kulit.

Baca Juga: 10 Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Bayi

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Lulur dan Minyak Zaitun

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lulur untuk kulit yang pertama adalah membantu mengangkat sel kulit mati. Bukan hanya di area wajah, tubuh juga butuh eksfoliasi agar sel kulit mati bisa terangkat loh, Moms!

Jadi, jika Moms melakukan perawatan tubuh alias luluran ini secara berkala, tentunya eksfoliasi kulit akan sangat terbantu dan membuatnya terlihat lebih cerah.

Ketika tak dieksfoliasi dengan rutin, sel kulit mati bisa bertumpuk dan menimbulkan masalah pada kulit.

Masalah kulit yang biasa dihadapi adalah hiperpigmentasi atau kelembapan kulit yang terganggu. Alhasil, kulit akan menjadi kering, kusam dan tak terlihat bercahaya.

Perlu diketahui, pembersihan menggunakan sabun ketika mandi hanya bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit. Sementara sel kulit mati tidak bisa terangkat dengan sempurna.

Hal tersebutlah yang membuat lulur dan minyak zaitun diperlukan agar permasalahan yang bisa ditimbulkan kulit mati tidak terjadi pada Moms.

2. Mencegah Penuaan

mencegah penuaan

Foto: Orami Photo Stock

Menurut About Olive Oil bukan hanya kulit wajah yang bisa menua, kulit tubuh pun bisa mengalami penuaan kulit jika tidak dirawat secara rutin. Hal tersebutlah yang membuat lulur dan minyak zaitun dibutuhkan.

Pencegahan penuaan kulit bisa dilakukan dengan pengaplikasian lulur dan minyak zaitun secara rutin. Seiring bertambahnya usia, tentu saja kulit akan mengalami penuaan. Oleh karena itu perawatan adalah hal yang wajib dilakukan sejak dini.

Terlebih di zaman yang serba modern ini kulit sering terpapar radikal bebas yang berasal dari polusi, sinar UV serta sumber lainnya. Terpaparnya kulit oleh kondisi di atas bisa membuat proses penuaan lebih cepat jika Moms tidak merawatnya dengan baik. Jadi melakukan lulur dan minyak zaitun secara rutin akan sangat membantu meremajakan kulit loh, Moms!

Selain minyak zaitun, cobalah untuk menggunakan bahan lulur yang mengandung vitamin E serta antioksidan agar bisa membantu regenerasi kulit serta menangkal radikal bebas yang bisa dengan mudah memicu penuaan. Jenis lulur yang direkomendasikan adalah green tea, madu, alpukat, dan bahan lainnya.

Baca Juga: 12 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bisa Dipakai Sebelum Tidur

3. Mencerahkan dan Melembapkan Kulit

lulur melembapkan kulit

Foto: Orami Photo Stock

Siapa yang ingin mendapatkan kulit cerah dan lembap? Lulur dan minyak zaitun bisa membantu Moms untuk mendapatkan kulit idaman!

Ketika tubuh dirawat secara rutin dengan lulur dan minyak zaitun, Moms bisa merasakan kulit yang perlahan berubah menjadi lembut dan juga halus.

Dengan menggunakan lulur, sel kulit mati bisa terangkat dan mencerahkan bagian kulit seperti ketiak dan juga selangkangan. Nah, jenis lulur yang bisa membantu mencerahkan bagian kulit tersebut adalah lulur kopi, bengkoang dan juga lemon.

Kulit yang lembap juga akan membuatnya terlihat sehat serta lebih mudah menyerap nutrisi dari setiap produk yang diaplikasikan pada kulit. Selain minyak zaitun Moms bisa melembapkan kulit dengan bahan-bahan seperti bengkoang, cocoa butter dan juga kopi.

4. Menghaluskan Kulit

kulit halus dengan lulur

Foto: cosmeticsbusiness.com

Manfaat lulur dan minyak zaitun selanjutnya adalah menghaluskan dan melembutkan kulit. Dengan mengaplikasikannya dengan rutin, lulur dan minyak zaitun bisa membuat kulit terasa lebih lembut dan juga halus.

Hal tersebut dikarenakan penumpukan sel kulit mati bisa menyebabkan kulit terasa lebih kasar. Jadi dengan mengangkat sel kulit mati secara rutin, hal tersebut akan merangsang pembentukan sel kulit baru yang sehat sehingga tekstur kulit pun akan terasa lebih halus serta lebih lembut.

Bagaimana Moms pembahasan mengenai lulur dan minyak zaitun dari Orami? Jika Moms memiliki banyak pertanyaan dengan lulur dan minyak zaitun, jangan lupa tuliskan pertanyaannya di kolom komentar ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait