Scroll untuk melanjutkan membaca

RESEP & MAKANAN
06 Juli 2022

10 Rekomendasi Makanan Kaleng Khas Indonesia, Praktis!

Bagi sebagian orang makanan kaleng menjadi salah satu kudapan yang digemari
10 Rekomendasi Makanan Kaleng Khas Indonesia, Praktis!

Bagi sebagian orang, makanan kaleng menjadi salah satu kudapan yang digemari karena praktis, lezat, dan harganya pun terjangkau.

Tak hanya ikan, ada banyak makanan yang diawetkan dengan cara dikalengkan sehingga lebih bervariasi.

Selain itu, makanan kaleng bisa jadi alternatif makanan untuk jangka panjang karena awet dan memasaknya pun mudah yakni hanya perlu dihangatkan.

Melansir dari Johnson & Wales University, dijelaskan bahwa sejarah panjang makanan kaleng dimulai ketika pemerintah Perancis membuat sayembara dan menawarkan hadiah besar untuk mereka yang dapat mengawetkan makanan.

Tak tanggung-tanggung, hadiah tersebut bahkan mencapai hingga 12.000 franc atau setara dengan Rp 167 juta.

Pencetus sayembara ini ialah Napoleon Bonaparte, seorang jenderal Perancis terkenal pada saat itu.

Kala itu, ia sedang mencari metode mengawetkan makanan untuk mendukung konsumsi logistik pasukannya saat berpindah ke berbagai negara.

Kemudian, pada tahun 1803 seorang juru masak bangsawan Perancis, Appert, memulai eksperimennya. Ia berpendapat bahwa makanan mudah basi karena terkena udara terbuka.

Ia lantas membuat sup yang dapat diawetkan dengan sejumlah bahan seperti daging, saus kacang, dan kacang polong. Ia kemudian mengemas makanan itu dalam botol anggur.

Benar saja, dalam rentang waktu 3 bulan, makanan tersebut masih enak dimakan oleh para prajurit Perancis dan rasanya pun lezat.

Penemuan ini lantas menjadi cikal bakal pengawetan makanan dengan media kaleng di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Banyak merek-merek makanan pun mulai memproduksi makanan kaleng sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Lalu, apa saja rekomendasi makanan kaleng Indonesia? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Cegah Kambuh, Ini Anjuran Makanan untuk Penderita Asam Urat

Rekomendasi Makanan Kaleng

makanan kaleng

Foto: makanan kaleng

Foto: ragam makanan kaleng (Orami Photo Stock)

Jika selama ini Moms hanya mengetahui sarden sebagai salah satu olahan makanan kaleng, maka Moms harus mencaritahu lebih lanjut.

Sebab, kini makanan kaleng tersedia dalam berbagai bentuk, rasa, dan pilihan masakan yang lezat, praktis, dan murah. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi makanan kaleng yang bisa Moms coba.

1. Kornet

Kornet merupakan salah satu makanan kaleng yang terbuat dari daging sapi atau ayam. Biasanya, kornet menjadi salah satu campuran wajib untuk beberapa masakan.

Mulai dari mi instan, nasi goreng, makanan berkuah, dan lainnya. Teksturnya pada mirip sosis namun dengan rasa dan tekstur yang lebih gurih juga nikmat.

Bahkan, tanpa dicampur apa pun, yakni hanya menggorengnya dengan minyak lalu dimakan dengan nasi dan sayur, rasanya sudah lezat lho Moms!

2. Ikan

Salah satu makanan kaleng yang paling banyak diketahui dan populer di Indonesia ialah ikan. Namun, kini ada banyak jenis ikan yang dapat dijadikan makanan kaleng.

Mulai dari ikan sarden, makarel, hingga tuna. Ikan kalengan ini memang rasanya enak dan lezat jika disantap dengan nasi hangat, lho Moms!

Bahkan Moms tak perlu khawatir dengan tulang ikan, karena sudah lunak sehingga tidak perlu kerepotan memisahkan tulangnya.

Baca Juga: Apakah Gluten di Makanan Berbahaya? Begini Penjelasannya!

3. Buah-buahan

Siapa bilang, makanan kaleng hanya berisi daging dan ikan, buah-buahan juga bisa diawetkan.

Biasanya, buah-buahan kaleng ini dijadikan bahan pelengkap atau isian es buah di restoran karena lebih awet dan rasanya pun tak kalah manis.

Buah-buahan tersebut direndam dalam air gula kemudian penyimpanannya mirip dengan makanan kaleng lainnya. Jika Moms tak mau kerepotan mengupas buah, bisa membeli buah kaleng sebagai alternatifnya.

4. Sayuran

Selain buah-buahan, sejumlah sayuran seperti timun dan jagung juga bisa diawetkan. Biasanya, timun diawetkan untuk dijadikan acar atau buah pendamping makanan dan rasanya cenderung masam manis.

Sedangkan jagung diawetkan untuk sebagai campuran berbagai masakan hingga pembuatan dessert. Jagung dalam kaleng sudah matang, sehingga Moms tak perlu kerepotan untuk merebusnya lagi.

5. Kacang-kacangan

Tak hanya sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan juga bisa dijadikan sebagai makanan kaleng untuk berbagai jenis masakan asin maupun manis.

Umumnya, kacang akan direndam dalam air sebelum dikalengkan. Kacang merah dan polong yang dikalengkan ini sudah dalam keadaan matang jadi Moms tinggal mengolahnya saja.

Baca Juga: Makanan Khas Cilacap Jawa Tengah yang Sedap dan Bikin Ngiler, Coba Yuk!

Rekomendasi Makanan Kaleng Indonesia

makanan kaleng

Foto: makanan kaleng (pexels.com/cottonbro)

Foto: rekomendasi makanan kaleng (Orami Photo Stock)

Selain buah, sayur, kacang-kacangan, daging, dan ikan, ada sejumlah makanan Indonesia dalam bentuk kaleng yang bisa Moms temukan dan coba.

Berikut ini rekomendasi makanan Indonesia yang dikalengkan, dilansir dari berbagai sumber.

1. Gudeg

Jika Moms merindukan masakan khas Yogyakarta yakni gudeg, Moms bisa memakannya di mana saja dan kapan pun dengan membeli gudeng kemasan kaleng.

Salah satu makanan kaleng gudeg yang terkenal ialah Gudeg Bu Tjitro, dan Gudeg Yu Djum.

Bahkan keduanya sudah berjualan gudeg sejak awal tahun 1900-an, lho! Tak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta jika ingin mencicipi sepiring gudeg yang lezat, Moms bisa membelinya secara online. Lebih praktis, murah dan higienis.

2. Rendang Daging Sapi

Makanan Indonesia lainnya yang juga diolah menjadi makanan kaleng ialah rendang daging sapi.

Menjadi salah satu makanan paling lezat di dunia versi CNN, rendang daging sapi kini tak hanya tersedia dalam kemasan plastik namun juga dalam bentuk kaleng agar lebih awet juga higienis.

Moms hanya perlu menghangatkannya saja lalu dimakan dengan nasi hangat. Wah, rasanya tak kalah lezat dengan rendang sapi yang biasa dijual di rumah makan Padang.

Baca Juga: Berapa Lama Susu UHT Bertahan Setelah Kemasannya Dibuka?

3. Empal Gentong

Empal Gentong merupakan makanan khas Cirebon yang juga banyak dicari dan digandrungi masyarakat. Rasanya gurih, pedas, dan lezat apalagi dimakan dengan sepiring nasi hangat.

Nah, kini Moms tak perlu jauh-jauh ke Cirebon untuk mencicipi empal gentong asli dan khas Cirebon.

Moms bisa membeli makanan kaleng empal gentong Haji Apud melalui sosial media resmi atau secara online melalui e-commerce.

4. Sop Domba

Apakah Moms berniat untuk memasak sop iga sapi namun tak mengerti bagaimana cara membuatnya? Tak perlu khawatir, Moms bisa membeli makanan kaleng sop domba.

Dalam satu kaleng sop domba terdapat 4-5 potong daging domba berkualitas, dan cocok disantap untuk satu orang.

Moms hanya perlu menghangatkannya ke dalam microwave sebelum dimakan lalu tambahkan potongan wortel atau kentang untuk rasa yang lebih lezat.

Baca Juga: 7 Bahaya Pemanis Buatan yang Terkandung dalam Makanan dan Minuman Kemasan

5. Sambal Goreng Hati

Salah satu produk makanan kaleng khas Indonesia berikutnya ialah sambal goreng hati oleh Bernardi.

Merek ini terkenal dalam berbagai penyajian masakan olahan daging sapi dan ayam seperti bakso, sosis, dan kornet.

Makanan kaleng ini terbuat dari hati ayam, kentang, wortel, cabe, bawang merah, minyak nabati, bawang putih, lengkuas, gula merah, dan garam. Cocok dijadikan lauk pendamping opor ayam saat lebaran.

Itulah rekomendasi dan ragam makanan kaleng khas Indonesia yang tak kalah lezat, nikmat, praktis, dan menggugah selera.

Makanan kaleng ini bisa Moms jadikan alternatif apabila sedang berada di luar kota dan luar negeri lalu merindukan masakan daerah.

Selain itu, makanan kaleng ini bisa jadi menu makan siang atau buka puasa yang praktis dan nikmat untuk Moms yang tak memiliki banyak waktu untuk memasak.

  • https://scholarsarchive.jwu.edu/cgi/viewcontent.cgi?referer=https://www.google.com/&httpsredir=1&article=1006&context=ac_symposium