Jalan-jalan

14 Juni 2021

Mampir ke Ambon? Yuk Cicipi 9 Makanan Khas Maluku Ini!

Makanan khas Maluku ternyata sangat beragam dan wajib Moms cicipi jika ada kesempatan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Jika ada kesempatan jalan-jalan ke Indonesia Timur? Kota apa nih Moms yang ingin sekali Moms kunjungi? Jika Moms berencana pergi ke daerah Indonesia Timur untuk berwisata sekalian mengcicipi kekayaan kulinernya, maka kota Ambon bisa jadi pilihan tepat. Pasalnya, ada banyak makanan khas Maluku yang bisa Moms cicipi di sini sekalian menikmati keindahan alamnya.

Provinsi yang berbatasan dengan Laut Seram, Samudera Pasifik, Laut Arafura, Papua, dan Sulawesi ini beribukota di Ambon.

Kota ini bahkan dianugerahi sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO dan merupakan salah satu kota tujuan wisata favorit. Moms bisa mengunjungi beberapa pantai yang menakjubkan seperti Pantai Ora, Pulau Molana, Banda Neira, dan Pulau Bair.

Jika ditelusuri sejarahnya, Maluku juga merupakan pusat perdagangan rempah dunia. Produk rempah utama di Maluku yang mendunia adalah cengkih dan pala.

Bahkan, Maluku juga kerap disebut dengan “Kepulauan Rempah” sehingga tak mengherankan jika makanan khas Maluku juga dikenal sangat kaya akan rempah yang membuatnya lezat dan sangat khas.

Baca Juga: 8 Makanan Khas Papua, Penasaran Ingin Coba Moms?

Makanan Khas Maluku

Jika suatu hari Moms memiliki kesempatan untuk mengunjungi Ambon, maka berikut ini adalah makanan khas Maluku yang wajib Moms cicipi:

1. Papeda

papeda

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu makanan yang paling terkenal sebagai makanan khas Maluku dan Papua adalah papeda. Ini adalah makanan yang bahan dasarnya adalah tepung sagu, yang dimasak hingga terlihat seperti bubur.

Papeda memiliki tekstur yang kental dan lengket, dengan warna putih serta rasanya tawar. Jika dilihat secara sekilas, tampilan papeda mungkin mirip lem kertas.

Makanan khas Maluku ini akan sangat nikmat jika disantap bersama mubara atau ikan tongkol, yang sudah ditambahkan dengan bumbu kunyit yang khas.

Kandungan serat di dalam papeda juga sangat tinggi namun ia rendah kalori. Moms bisa mendapatkan banyak nutrisi dari makanan lezat satu ini.

Selain itu, cara memakannya juga sangat unik, Moms bisa menyeruputnya langsung dari piring, atau Moms juga bisa menggulungnya menggunakan sumpit. Jika Moms belum terbiasa, mungkin akan kesulitan. Namun, di situlah ketak keunikannya.

2. Gohu Ikan

makanan khas mauluku- gohu ikan

Foto: primarasa.co.id

Jika di Jepang ada sashimi yang merupakan sajian ikan mentah, maka di Maluku ada Gohu Ikan.

Ini adalah makanan khas Maluku lainnya yang terbuat dari ikan cakalang atau tuna mentah yang dipotong dadu dan kemudian dilumuri perasan jeruk nipis serta garam.

Bumbu pelengkapnya juga sederhana saja, yakni campuran bawang merah, cabe rawit, dan daun kemangi.

Jika Moms terbiasa makan sashimi, maka ikan ini juga memiliki rasa yang tidak jauh beda.

Rasa Gohu ikan ini asam manis namun segar. Moms juga bisa menyantap kuliner khas Maluku ini bersamaan dengan papeda, singkong, atau pisang.

3. Nasi Lapola

makanan khas mauluku- nasi lapola

Foto: nyero.id

Makanan pokok orang Maluku adalah sagu, akan tetapi Moms juga bisa tetap menemukan nasi jika mengunjungi Ambon.

Ada sajian lezat dari Ambon yang merupakan olahan nasi, yaitu Nasi Lapola. Ini adalah olahan beras yang dicampur dengan kacang tolo dan parutan kelapa muda.

Memasak berasnya juga harus menggunakan api kecil sampai setengah matang dan kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu khas. Adonan kuliner khas Maluku ini kemudian dikukus hingga matang, dan baru bisa disajikan.

Baca Juga: 5+ Makanan Khas Bali yang Wajib Dicicipi

4. Woku Komo-Komo

makanan khas mauluku- Woku Komo-Komo

Foto: piknikdong.com

Makanan khas Maluku yang berbahan dasar sagu atau batang rumbia ini adalah lauk dari hidangan utama.

Woku komo-komo biasanya dibuat dengan sagu yang direndam air dan kemudian dicampur dengan rempah-rempah yang menghasilkan cita rasa yang sangat khas.

Rempah-rempah tersebut terdiri dari bawang, merica, serai, jahe, santan kental, dan daun bawang. Kemudian, rempah-rempah tersebut akan dicampur dengan jeroan ikan dan dibungkus dengan daun woka.

Lalu, adonan bungkusan daun woka akan dipanggang menggunakan bara api sehingga tercipta cita rasa yang unik namun menggugah selera.

5. Kohu-Kohu

makanan khas maluku - Kohu-Kohu

Foto: tandaseru.id

Apabila di tanah Jawa Moms cukup sering menemukan urap, maka di Maluku ada kohu-kohu.

Berbeda dengan urap, makanan khas Maluku ini adalah campuran daun kemangi, kacang panjang, tauge yang masih mentah (tidak direbus) dan ditambahkan parutan kelapa, perasan lemon, irisan bawang, serta suwiran ikan cakalang asap atau teri atau bisa juga ikan tongkol.

Bagi yang kurang tertarik dengan makanan mentah, Moms juga bisa cicipi kohu-kohu rebus yang juga tak kalah nikmat untuk dicicipi.

6. Sambal Colo-Colo

makanan khas maluku - Sambal Colo-Colo

Foto: res.cloudinary.com

Makanan khas Maluku selanjutnya adalah sambal yang merupakan khas dari Ambon. Sambal ini terkenal karena rasanya yang merupakan kombinasi dari pedas, segar, dan manis.

Sambal ini terbuat dari cabe rawit hijau dan merah, tomat muda, dan bawang merah kupas yang kemudian diberi taburan garam dan perasan jeruk nipis, yang kemudian disajikan tanpa diulek.

Moms bisa menambahkan sambal colo-colo ini dengan daun kemangi, ataupun irisan kenari mentah.

Terdapat dua versi sambal colo-colo di Maluku, yaitu yang pakai kecap dan tanpa kecap. Biasanya sambal ini menjadi pelengkap ragam kuliner seafood yang lezat.

Baca Juga: Selain Kari, 11 Makanan Khas India Ini Juga Terkenal karena Kelezatannya

7. Bubur Ne

makanan khas maluku - Bubur Ne

Foto: sumber.com

Ini adalah makanan khas Maluku yang juga dibuat dari sagu dan disajikan dalam bentuk mutiara kecil-kecil yang berwarna cokelat tua, merah terang, putih, atau merah muda.

Bubur ne dikenal sebagai takjil tradisional ala orang Maluku, yaitu salah satu jenis kolak berbahan dasar sagu.

Sagu ini kemudian akan dimasak bersama santan sampai teksturnya menjadi empuk. Kemudian, campuran tadi bisa ditambahkan dengan kayu manis, daun pandan, dan gula merah.

Makanan khas Maluku satu ini bisa disantap dalam keadaan hangat maupun dingin dengan ditambahkan es batu.

8. Bubur Sagu Ubi

makanan khas maluku - bubur sagu ubi

Foto: mommiesdaily.com

Tak hanya ada bubur sagu atau papeda di Maluku, ada lagi jenis bubur yang juga terbuat dari sagu, tapi ditambahkan dengan ubi. Cita rasa bubur ini manis, sehingga cocok kalau dijadikan menu berbuka puasa.

Camilan ini diolah dari kenari, ubi merah, dan campuran sagu lempengan. Sebagai penambah rasa, bubur ini ditambahkan daun pandan, gula pasir, dan gula merah.

Proses membuatnya sama dengan woku komo-komo, karena sagu perlu direndam selama sejam hingga mengembang.

Lalu, sagu dipadukan dengan perasa alami dan kemudian dimasak sampai gula larut. Selanjutnya didihkan kembali air gulanya, menambahkan ubi merah, dan juga sagu yang lunak.

Semua bahan ini dimasak sampai kental dan matang. Untuk menambah kenikmatannya, bubur ini disajikan dengan saus khusus yang berupa campuran daun pandan, kelapa parut, santan, garam, dan taburan kacang kenari.

Semua bahan yang digunakan benar-benar lezat, dan membuat Moms pasti ketagihan.

9. Kopi Sibu-sibu

makanan khas maluku - kopi sibu sibu

Foto: pemudafm.com

Tak hanya makanan, ada juga minuman khas Maluku yang tidak boleh dilewatkan saat Moms berkunjung ke Ambon, yaitu kopi sibu-sibu.

Dalam bahasa Maluku, sibu-sibu berarti sepoi-sepoi. Sementara dalam bahasa Melayu Ambon, disebut ‘hail buang lansyik’ yang kemudian diartikan sebagai rumah tempat melepas penat.

Kopi khas Maluku ini dibuat dari kopi robusta atau yang dihaluskan secara tradisional, kemudian dicampur dengan bubuk cengkeh halus dan kemudian diberikan taburan cacahan biji ketapang.

Supaya semakin nikmat, kopi ini lebih nikmat jika disuguhkan bersama kudapan khas Maluku, seperti kue kasbi, koyabu, bubengka, atau bruder sagure.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Riau yang Menggoyang Lidah, Wajib Dicoba!

Itulah beberapa makanan khas Maluku yang bisa Moms coba saat berkunjung ke Ambon. Selamat mencoba ya Moms!

  • https://food.detik.com/info-kuliner/d-5146251/7-makanan-khas-maluku-yang-wajib-dicicip-para-wisatawan
  • http://blog.sayurbox.com/10-makanan-khas-maluku/
  • https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-maluku/
  • https://www.traveloka.com/id-id/explore/culinary/makanan-khas-maluku-acc/46013
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait