Kehamilan

20 Februari 2020

6 Manfaat Apel Hijau untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Nutrisi tambahan diperlukan selama kehamilan karena mendukung dua jiwa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, konsumsi buah selama kehamilan tentu akan banyak disarankan oleh siapapun. Karena, makan buah selama kehamilan membantu Moms dan bayi tetap sehat dan kuat. Ada banyak buah dengan manfaat besar untuk dipilih.

Salah satunya adalah apel. Apel mengandung beberapa manfaat kesehatan bagi ibu hamil. Tapi, tidak seperti sepupu merahnya, apel hijau rasanya sedikit asam.

Banyak Moms cenderung beranggapan mengonsumsi apel hijau selama kehamilan sebagai pilihan sehat yang luar biasa. Memilih jus apel hijau selama kehamilan juga merupakan keputusan yang diambil oleh banyak ibu hamil.

Manfaat Apel Hijau untuk Ibu Hamil

Tubuh Moms selama kehamilan membutuhkan dosis nutrisi tambahan. Nah, dengan mengonsumsi apel hijau diharapkan ada hal yang didukungnya. Berikut ini merupakan manfaat konsumsi apel hijau bagi ibu hamil

1. Baik untuk Pencernaan

Ilustrasi Sembelit

Manfaat apel untuk ibu hamil yang pertama adalah mencegah masalah pencernaan. Selama kehamilan menurut jurnal dari Obstetrics & Gynecology, Moms akan mengalami banyak masalah pencernaan seperti sembelit dan sindrom iritasi usus besar.

Apel hijau yang mengandung banyak serat diyakini dapat membantu menjaga sistem pencernaan Moms dengan lancar.

2. Cegah Kerusakan DNA

Ilustrasi Cegah Kerusakan DNA

Manfaat apel untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah kerusakan DNA. Jurnal Clinical Endogrinology mengungkapkan tubuh ibu hamil banyak mengalami kehausan.

Hal ini bisa berakibat kerusakan DNA yang selanjutnya dapat menyebabkan kanker. Kandungan antioksidan yang terdapat pada apel hijau dapat membantu mencegah kerusakan DNA di tubuh Moms.

3. Cegah Preeklampsia

preeklamsia.jpg

Manfaat apel untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah membantu mencegah preeklamsia yang disebabkan kekurangan vitamin C. BJOG An International Journal of Obestetrics and Gynaecology menerangkan kekurangan vitamin C adalah salah satu penyebab preeclampsia yang terbukti berbahaya bagi Moms dan Si Kecil dalam kandungan.

Jadi, Moms perlu memastikan asupan vitamin C yang cukup selama kehamilan. Apel hijau mengandung banyak vitamin ini dan dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang mengancam jiwa ini.

Baca Juga:4 Efek Samping Mengonsumsi Cuka Apel secara Berlebihan

4. Bagus untuk Kulit

Ilustrasi kulit sehat ibu hamil

Manfaat apel untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah bagus untuk kulit. Indian Journal of Dermatology menjelaskan banyak ibu hamil yang menderita masalah kulit. Hal ini pun bisa mengurangi rasa percaya diri Moms.

Jika Moms sedang mencari cara untuk menjaga kulit Anda akan tetap terlihat yang terbaik. Cobalah konsumsi apel hijau yang mengandung vitamin A, B, dan C, yang semuanya berfungsi menjaga kulit Moms sehat serta bercahaya.

5. Menjaga Kesehatan Hati

kesehatan hati.jpg

Manfaat apel untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan hati. Dilansir dari artikel American Association for the Study of Liver Diseases, sekresi empedu yang berlebih di hati Moms dapat menyebabkan komplikasi parah saat kehamilan termasuk kelahiran prematur.

Manfaat konsumsi apel hijau bagi ibu hamil juga termasuk menjaga kesehatan hati dan dapat mencegah masalah kelahiran premature.

6. Cegah Diabetes Gestasional

Manfaat apel untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah diabetes gestasional. Diabetes gestasional sering terjadi selama kehamilan menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

Tak hanya itu diabetes gestasional tersebut pun mampu menyebabkan komplikasi serius. Nah, manfaat konsumsi apel hijau bagi ibu hamil ini dapat mengelola kadar gula darah dan menjaga diabetes gestasional sejauh mungkin.

Baca Juga:6 Manfaat Cuka Apel untuk Kehamilan, Simak di Sini!

Efek Samping Apel Hijau untuk Ibu Hamil

apel hijau untuk ibu hamil

Setelah mengetahui manfaat konsumsi apel hijau bagi ibu hamil, Moms pun ingin memasukkan buah tersebut dalam makanan sehari-hari bukan? Walaupun begitu, ada efek samping dari mengonsumsi terlalu banyak apel hijau selama kehamilan.

1. Rendah Kalori

Moms membutuhkan banyak kalori selama kehamilan. Tetapi apel hijau mengandung banyak protein tetapi sedikit kalori. Ini bisa menimbulkan perasaan kenyang.

Tanpa nafsu makan yang memadai, Moms bisa menderita kelelahan. Jadi, jangan hanya bergantung pada apel hijau. Sertakan makanan kaya kalori bersamaan dengan itu untuk mendapatkan nutrisi lengkap.

2. Dapat Menyebabkan Penurunan Berat Badan

Moms perlu menambah berat badan untuk mempertahankan kehamilan yang sehat. Terlalu banyak apel hijau sehari dapat membuat masalah berat badan bertambah dan bahkan dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Baca Juga:8 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil; Cegah Cacat Lahir hingga Detoksifikasi

Itulah manfaat apel hijau untuk ibu hamil dan efek sampingnya. Moms pun harus berhati-hati dalam memilih apa yang dimakan. Moms juga perlu memahami apa yang tepat dan apa yang harus dihindari.

Jadi, baca sebanyak mungkin, tanyakan kepada para ahli dan selalu konfirmasi dengan dokter kandungan sebelum Moms memutuskan untuk memasukkan apa pun dalam menu makanan selama kehamilan.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait