Kesehatan

KESEHATAN
26 Maret 2021

4 Manfaat Barley dan Cara Memasaknya!

Barley merupakan biji-bijian yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Barley merupakan salah satu biji-bijian yang paling banyak dikonsumsi di Amerika.

Biji serba guna ini memiliki konsistensi yang agak kenyal dengan rasa sedikit pedas dan bisa dicampurkan dalam berbagai jenis hidangan.

Panganan satu ini juga juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari memperbaiki pencernaan, hingga menurunkan kadar kolesterol sehingga jantung lebih sehat.

Baca juga: 4 Olahan Gandum yang Mudah Dibuat di Rumah

Kaya Akan Kandungan Nutrisi Penting untuk Tubuh

barley kaya akan nutrisi penting untuk tubuh

Foto: freepik.com

Barley kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya.

Semua manfaat dari nutrisi tersebut dapat Moms peroleh dari semua olahan barley. Baik barley utuh, diolah menjadi bubur jagung, sereal hingga tepung.

Ketika dikonsumsi sebagai biji-bijian utuh, ini adalah sumber serat, molibdenum, mangan, dan selenium yang sangat kaya.

Selain itu, ia juga mengandung tembaga, vitamin B1, kromium, fosfor, magnesium dan niasin dalam jumlah yang baik.

Critical Reviews in Clinical Laboratory Science menjelaskan barley juga mengandung lignan, salah satu jenis antioksidan yang dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Namun, seperti semua biji-bijian, ia juga memiliki antinutrien, yang mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi pada tubuh.

Cobalah merendam biji-bijian untuk mengurangi kandungan antinutrisi. Metode persiapan ini membuat nutrisi biji-bijian ini lebih mudah diserap.

Merendam biji-bijian ini juga dapat meningkatkan kadar vitamin, mineral, protein, dan tingkat antioksidan yang ada di dalamnya. Moms juga bisa menggunakan tepungnnya untuk membuat kue.

Baca juga: 11+ Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan, Luar Biasa!

Manfaat Barley untuk Kesehatan

Barley memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak heran, kalau panganan ini sangat disukai di Amerika.

Berikut manfaatnya untuk kesehatan yang perlu Moms ketahui.

1. Menurunkan Berat Badan

barley baik untuk diet

Foto : freepik.com

Barley dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang. Kedua manfaat ini dapat membantu penurunan berat badan seiring waktu.

Kandungan serat yang tinggi dapat membantu mengurangi rasa lapar. Salah satu jenis serat yang banyak terkandung adalah beta-glukan.

Hal ini karena serat larut, seperti beta-glukan, cenderung membentuk zat seperti gel di usus Moms, sehingga dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Pada gilirannya, hal ini dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Sebuah tinjauan dari 44 studi menemukan bahwa serat larut, seperti beta-glukan, adalah jenis serat yang paling efektif untuk mengurangi nafsu makan dan asupan makanan.

Terlebih lagi, serat larut dapat menargetkan lemak perut yang terkait dengan penyakit metabolisme.

2. Meningkatkan Kesehatan Usus

barley meningkatkan kesehatan usus

Foto : freepik.com

Biji-bijian ini dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Karena kandungan serat tinggi dalam biji-bijian satu ini bertanggung jawab dalam kerja usus. Terutama serat yang tidak larut.

Kebanyakan serat yang ada di dalam makanan ini adalah jenis yang tidak larut dalam air. Hal ini dapat membantu massa pada tinja dan mempercepat pergerakan usus serta mengurangi kemungkinan sembelit.

Dalam satu studi pada wanita dewasa yang mengonsumsi selama empat minggu, fungsi usus mereka lebih baik karena dapat meningkatkan volume tinja. Hal ini sangat baik untuk saluran pencernaan Moms.

Di sisi lain, kandungan serat larut dalam barley menyediakan makanan untuk bakteri baik pada usus. Pada gilirannya, hal ini dapat menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA).

Penelitian menunjukkan bahwa SCFA membantu memberi makan sel-sel usus, mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan usus seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

Baca juga: Cari Tahu Manfaat Gandum untuk Kesehatan Tubuh, Cocok untuk Menu Diet

3. Dapat Mencegah Tumbuhnya Batu Empedu

barley untuk kesehatan hati

Foto : freepik.com

Kandungan serat tinggi dalam barley juga dapat membantu mencegah batu empedu.

Batu empedu adalah partikel padat yang dapat terbentuk secara spontan di kantong empedu, sebuah organ kecil yang terletak di bawah hati. Kantung empedu menghasilkan asam empedu yang digunakan tubuh untuk mencerna lemak.

Dalam kebanyakan kasus, batu empedu tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, dari waktu ke waktu, batu empedu yang besar bisa tersangkut di saluran kandung empedu dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Kasus seperti itu seringkali memerlukan pembedahan untuk mengangkat kantong empedu.

Jenis serat tidak larut yang ditemukan dalam barley dapat membantu mencegah pembentukan batu empedu dan mengurangi kemungkinan operasi kandung empedu.

Baca juga: Baik untuk Diet, Ketahui Kalori Roti Gandum dan Kandungan Nutrisinya

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

barley meningkatkan kadar kolesterol

Foto : freepik.com

Barley juga bisa menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh Moms.

Beta-glukan yang ditemukan di dalam biji-bijian ini telah terbukti mengurangi kolesterol jahat (LDL) dengan mengikat asam empedu. Tubuh Moms menghilangkan asam empedu melalui tinja.

Dalam satu studi observasi 16 tahun, wanita dengan jumlah asupan serat tertinggi 13% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan batu empedu yang memerlukan pengangkatan kandung empedu.

Manfaat ini tampaknya terkait dengan dosis, karena setiap peningkatan 5 gram dalam asupan serat tidak larut menurunkan risiko batu empedu sekitar 10%.

Dalam penelitian lain, orang gemuk diberi salah satu dari dua diet penurunan berat badan cepat - satu kaya serat, yang lain protein. Penurunan berat badan yang cepat dapat meningkatkan risiko batu empedu.

Setelah lima minggu, peserta diet kaya serat tiga kali lebih mungkin memiliki kandung empedu yang sehat daripada mereka yang diet kaya protein.

The British Journal of Nutrition menyebutkan hati harus menggunakan lebih banyak kolesterol untuk membuat asam empedu baru, yang pada gilirannya menurunkan jumlah kolesterol yang beredar dalam darah.

Dalam sebuah penelitian kecil, pria dengan kolesterol tinggi menjalani diet kaya gandum, beras merah, atau barley.

Setelah lima minggu, mereka yang diberi barley mengalami penurunan kadar kolesterol sebesar 7% jumlah ini lebih banyak daripada peserta yang mengonsumi beras merah dan gandum.

Baca juga: 3 Resep Sarapan Balita dari Oatmeal, Enak dan Praktis!

Cara Memasak Barley

cara memasak barley

Foto : freepik.com

Barley memiliki tekstur kenyal dan rasa seperti kacang. Biji-bijian satu ini sangat lezat saat diolah menjadi sup dan dicampurkan dengan daging.

Selain rasanya yang enak, ia juga merupakan makanan yang sangat bergizi dan sehat. Melansir thekitcn.com berikut cara memasak barley yang mudah dan enak.

Bahan-bahan:

  • 1 cup barley (bisa pilih jenis apapun)
  • 2 cup air atau kaldu
  • Garam (opsional)

Cara memasak:

  1. Campurkan barley, air dan garam di dalam panci.
  2. Nyalakan api besar kemudian masak hingga mendidih. Jangan ditinggal ya Moms karena saat barley dimasak akan mengeluarkan banyak bisa dan kemungkinan akan tumpah.
  3. Setelah sudah mendidih, kecilkan api kemudian tutup panci dan biarkan ia direbus hingga matang sekitar 25 hingga 45 menit tergantung jenus barley yang digunakan.
  4. Tanda barley sudah matang adalah jumlahnya bertambah tiga kali lipat dan memiliki tekstur lembut namun kenyal.
  5. Tambahkan lebih banyak air jika panci mulai mengering saat memasak. Periksa setiap 5 menit sampai kekenyalan yang diinginkan tercapai.
  6. Jika sudah matang, ia akan menyerap sebagian besar air. Jika masih ada sedikit air yang tersisa di dalam panci, diamkan selama 10 menit, tutup, sampai semuanya terserap. Jika masih air juga masih banya, tiriskan barley dengan saringan dan diamkan hingga airnya habis.
  7. Haluskan barley menggunakan garpu untuk memisahkan butirannya. Nikmati!

Baca juga: Ini Manfaat Masker Oatmeal Bagi Kulit dan Jenis Masker yang Bisa Digunakan

Moms demikian artikel tentang manfaat dan cara memasak barley. Semoga bermanfaat ya Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait