Gizi

3 November 2021

6 Manfaat Daun Legundi untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Cacingan Juga!

Daun legundi secara tradisional sudah digunakan sebagai obat herbal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daun legundi merupakan bagian dari tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah tropis. Tanaman legundi memiliki tampilan yang sangat cantik, apalagi ketika tumbuh bunga berwarna ungu. Tidak heran, kalau banyak Moms menggunakannya sebagai tanaman hias.

Di Indonesia tanaman yang satu ini banyak dijumpai sebagai tanaman liar yang ada di daerah hitan jati, hitam sekunder dan juga tepi jalan.

Dalam dunia medis, tanaman ini memiliki banyak manfaat karena dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Jurnal Traditional Medicine Journal Universitas Gadjah Mada, daun legundi mengandung minyak atsiri (l-pinen, kamfen, terpenil asetat), diterpen alkohol, aukubin, agnusid, viteksikarpin (kastisin), orientin, iso-orientin, dan luteolin 7-glukosida yang berkhasiat sebagai analgesik, diuretik, diaforetik, antipiretik, karminatif, insektisida, dan antelmintik.

Bunga dan daun legundi sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat dari tanaman ini adalah kemampuannya dalam mengendalikan peradajan.

Yuk Moms simak manfaat daun legundi untuk kesehatan dalam artikel berikut ini.

Baca juga: 8 Manfaat Daun Kayu Manis untuk Diabetes dan Ibu Menyusui

Manfaat Daun Legundi untuk Kesehatan

manfaat daun legundi untuk kesehatan

Foto: bibit.co.id

Daun legundi memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh, seperti artemetin, luteolin, friedelin, triterpenoid friedelin, isoorientin, viteksin, casticin, sitosterol, glukosida, trimetil quercetagetin, dan glukuronid.

Selain itu, tanaman ini juga mengandung minyak atsiri yang terkandung dari pinen, kamfer, dan terpinylasetat. Selain itu, tanaman ini juga mengandung senyawa antioksidan dan juga flavonoid.

Berikut manfaat daun legundi untuk kesehatan yang perlu Moms ketahui.

1. Sesak Napas

Sesak napas merupakan kondisi saat Moms mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Biasanya, Moms yang sudah memiliki gangguan asma akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan ini.

Nah, Moms yang mengalami sesak napas dapat memanfaatkan ramuan dari daun legundi. Karena salah satu manfaat daun ini adalah mengobati sesak napas.

Untuk mendapatkan manfaat tanaman ini, Moms hanya perlu merebus 9 lembar daun legundi bersama 3 lembar daun sembung dan 3 lembang daun serawung dalam 3 gelas air. Diamkan hingga air mendidih dan tersisa 1 gelas.

Jika menginkan hasil yang maksimal, Moms minum dua kali setiap pagi dan sore hingga gejala sesak napas.

Baca juga: Mengenal Radang Amandel, Kondisi Infeksi di Tenggorokan yang Kerap Menyerang Anak-anak

2. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering dialami oleh Moms. Kondisi ini biasanya ditandai dengan demam tinggi karena adanya infeksi bakteri di sekitar tenggorokan atau faring.

Saat mengalami radang tenggorokan Moms mingkin akan kesusahan menelan karena terjadi pembengkakan di sekitar faring.

Gangguan kesehatan ini bisa diatasi dengan rebusan air daun legundi yang dicampur dengan garam. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama satu minggu saat Moms mengalami radang tenggorokan.

3. Menjaga Kesehatan Rahim

Daun legundi juga memiliki manfaat untuk kesehatan rahim wanita lho Moms. Campuran daun legundi dengan temu hitam serta garam yang direbus dalam satu liter air disebut dapat menjaga kesehatan rahim Moms. Saat Moms mengalami gangguan pada rahim, disarankan untuk mengkonsumsi ramuan ini secara rutin selama 7 hari.

4. Mengobati Sakit Limpa

Limpa merupakan organ penting di dalam tubuh Moms. Jika organ ini mengalami pembengkakan menandakan terjadi penyakit serius pada tubuh Moms. Jadi sebaiknya jangan pernah menyepelekan ya Moms.

Nah, saat limpa mengalami gangguan Moms dapat mengatasinya dengan ramuan dari daun legundi. Cara mendapatkan manfaat daun legundi juga mudah Moms.

Tumbuh genggam daun legundi segar kemudian tambahkan sedikit cuka dan campur rata. Setelah itu ditempelkan di perut sebelah kiri, tepat di mana limpa berada.

Baca juga: Ketahui 9 Manfaat Daun Suliga dan Efek Sampingnya

Manfat Daun Legundi untuk Bayi

Manfaat daun legundi

Foto: shopee.co.id

Bayi sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Bahkan, saat Moms salah memberikan makanan akan menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi.

Beberapa penyakit yang mungkin dialami bayi ternyata bisa diatasi dengan daun legundi lho Moms. Simak penjelasan lengkapnya yuk.

5. Mengobati Cacingan

Manfaat daun legundi salah satunya adalah mengobati cacingan. Journal of Health, Population and Nutrition menyebutkan infeksi parasit yang disebabkan oleh cacing usus dan protozoa adalah salah satu infeksi yang paling umum pada manusia di negara berkembang.

Moms yang ingin mengobati cacingan dapat meminum ramuan yang dibuat dari tanaman ini secara rutin, hingga keluhan hilang. Biasanya penyakit ini lebih sering dialami oleh anak-anak atau bayi.

6. Mengobati TBC

TBC merupakan gangguan pernapasan yang sering dialami oleh anak-anak dan juga bayi. Cold Spring Harbor Perspectives in Medicine menjelaskan, TBC adalah penyakit mematikan pada anak-anak yang berada di daerah endemik. Penyakit ini dapat menular dengan cepat antar manusia.

Baca juga: TBC Usus Bisa Sebabkan Muntah dan Diare, Ini yang Perlu Diketahui

Manfaat Daun Legundi untuk Batuk

manfaat daun legundi untuk batuk

Foto: home.co.id

Salah satu manfaat utama daun legundi adalah mengobati batuk. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa daun ini dapat mengatasi batuk. Bahkan, sudah banyak masyarakat Indonesia secara tradisional memanfaatkan daun ini untuk mengatasi batuk.

Ramuan daun legundi yang dicampur dengan kencur dan kunyit tidak hanya meredakan batuk, tetapi juga memiliki efek lain, yakni antiripetik atau penurun suhu sehingga dapat digunakan untuk meredakan batuk yang disertai dengan demam.

Penelitian lain menjelaskan, daun legundi telah terbukti memiliki manfaat sebagai pelega tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh aktivitas tracheospasmolytic atau mengurangi kejang otot tenggorokan dengan menahan kontraksi trakea (tenggorokan) yang dihasilkan dari ekstrak daun legundi pada hewan percobaan.

Dalam Jurnal Farmasi Indonesia, tercatat bajwa senyawa aktif viteosin-A dan vitesikparin yang dilakukan bioassay-guided fractination dapat bekerja memblok kontraksi trak.

Selain itu, sebuah studi juga menunjukan bahwa tanaman ini memiliki aktivitas antibakteri yang sangat baik. Ekstrak petroleum eter maupun etanol daun legundi menunjukkan aktivitas penghambatan pada bakteri gram positif maupun negatif.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Patikan Kebo, Tanaman Pengganggu yang Membantu Atasi Asma

Demikian penjelasan mengenai manfaat daun legundi untuk kesehatan. Semoga artikelnya bermanfaat ya Moms.

  • https://otcdigest.id/info-sehat/bagaimana-caranya-meredakan-batuk-dengan-daun-legundi
  • https://www.greeners.co/flora-fauna/legundi-tanaman-herbal-yang-andal/
  • https://bibitbunga.com/mengenal-tanaman-legundi-ciri-ciri-serta-khasiat-dan-manfaatnya/
  • https://manfaat.co.id/manfaat-daun-legundi
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait