Kesehatan Mental

1 November 2021

5 Manfaat Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak untuk Kesehatan Mental, Yuk Terapkan!

Membuat Si Kecil lebih aktif dan bahagia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms bukan rahasia lagi kalau daya tahan tubuh anak sehat mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri, virus, dan mikroorganisme jahat lainnya.

Agar tubuh Si Kecil benar-benar sehat, Moms perlu menjaga kesehatan fisik dan mental sekaligus, karena keduanya saling berhubungan. Kesehatan fisik yang buruk dapat meningkatkan risiko terganggunya kesehatan mental.

Sebuah penelitian ilmiah Social Science & Medicine menunjukkan bahwa, seringkali pasien yang datang ke dokter dengan keluhan pusing, letih, gangguan di perut ternyata penyebabnya adalah depresi, walau si pasien tidak secara terang-terangan merasa mengalami depresi.

Maka dari itu menjaga daya tahan tubuh anak sangat penting dilakukan karena memberikan manfaat lain bagi psikologisnya juga.

Baca Juga: 4 Tipe Pola Asuh Anak, Mana yang Moms Pilih?

Manfaat Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Setiap orangtua pasti menginginkan Si Kecil tumbuh sehat dan kuat sehingga selalu memerhatikan asupan nutrisinya, pola makan serta komposisi gizi makanan yang seimbang.

Pola hidup sehat memang memberikan manfaat positif untuk tubuh anak, bukan hanya melindungi dari berbagai penyakit tetapi juga untuk kesehatan mental.

Berikut ini manfaat jaga daya tahan tubuh anak dari sisi psikologisnya:

1. Menjadi Lebih Aktif

anak aktif

Foto: Orami Photo Stock

Pola makanan yang teratur, seimbang dan bergizi tentu dapat membantu peningkatan produksi energi di dalam tubuh Si Kecil sehingga mereka lebih aktif.

Selain menjaga pola makan sebagai syarat hidup sehat, Moms juga dapat mengimbanginya dengan mengajak anak olahraga serta istirahat cukup. 

Jika rutin dilakukan, tubuh akan terlatih dan terbiasa untuk berusaha menjalani hidup sehat. Hal ini membantu memaksimalkan proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh, sehingga bekerja lebih optimal. 

Ketika Si Kecil tampak sehat secara fisik, kondisi pikirannya pun relatif lebih baik sehingga terlihat lebih bahagia dan bersemangat dalam beraktivitas sehari-hari.

2. Lebih Bahagia

anak bahagia

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat jaga daya tahan tubuh anak dari sisi psikologis selanjutnya adalah membantu meningkatkan suasana hati sehingga Si Kecil merasa bahagia.

Sebuah penelitian ilmiah American Journal of Health Behavior menyatakan bahwa, gaya hidup sehat yang merupakan gabungan dari pengaturan makan yang lebih sehat, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup, dapat membuat otak dan tubuh lebih sehat.

Dampak baiknya, proses berpikir Si Kecil lebih lancar dan suasana hati lebih gembira.

Baca Juga: Anak Jatuh dari Tempat Tidur? Lakukan 9 Pertolongan Pertama Ini

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

anak percaya diri

Foto: Orami Photo Stock

Moms, memberikan makanan kaya karbohidrat untuk Si Kecil bukan hanya sebagai sumber energi saja, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri anak.

Pasalnya, kandungan karbohidrat memiliki manfaat membantu otak menerima lebih banyak serotonin, yaitu hormon yang memicu munculnya rasa positif, santai, dan percaya diri.

4. Produktivitas Meningkat

olahraga

Foto: Orami Photo Stock

Daya tahan tubuh yang baik membuat kesehatan badan Si Kecil terjaga dan memiliki banyak energi, otomatis produktivitas juga akan meningkat.

Si Kecil bisa melakukan kegiatan sehari-hari tanpa hambatan dan selalu energik

Memakan makanan yang bernutrisi juga ternyata berpengaruh terhadap fungsi otak, lho! Selain menyehatkan badan, otak juga dapat berfungsi lebih optimal dan Si Kecil pun bisa melakukan aktivitas secara lebih produktif lagi.

5. Hidup Lebih Teratur

makanan-sehat-untuk-anak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat daya tahan tubuh terjaga setelah memulai pola hidup yang lebih sehat, membuat Si Kecil terbiasa.

Ketika ingin tekun menjalani hidup sehat, terdapat beberapa hal yang harus dijadikan rutinitas.

Setelah rutin melakukan hal-hal tersebut, Si Kecil akan merasa lebih terorganisir dalam berbagai macam aspek kehidupan. 

Baca Juga: Rekomendasi 7 Dokter Anak Semarang untuk Atasi Masalah Kesehatan Si Kecil

Nutrilon Royal, Susu Anak bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil , Moms harus memperhatikan kebutuhan nutrisi yang lengkap seimbang agar kesehatan fisik dan mentalnya terjaga, salah satunya dengan memberikan Nutrilon Royal 3 ActiDuobio+.

Nutrilon Royal 3 ActiDuobio+ adalah salah satu susu anak untuk anak usia 1-3 tahun yang sudah teruji klinis dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil. Sebab, kandungan FOS:GOS 1:9 yang lebih tinggi dan sudah dipatenkan di dalamnya.

Kandungan Vitamin C dan E di dalam Nutrilon Royal 3 ActiDuobio+ membuat tubuh Si Kecil semakin sehat dan tidak akan mudah sakit.

Tak hanya, Nutrilon Royal 3 ActiDuobio+ juga dilengkapi dengan Omega 3 dan 6 serta zat besi yang mengoptimalkan kemampuan berpikir Si Kecil, sehingga kesehatannya selalu terjaga.

Dengan nutrisi yang diberikan oleh Nutrilon Royal 3 ActiDuobio+, tidak hanya daya tahan tubuh Si Kecil secara Fisik yang terjaga, kesehatan Si Kecil dari sisi psikologis juga akan terjaga dengan baik.

(ADV)

  • https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/1557988319899236
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0277953617306639
  • https://www.healthline.com/nutrition/27-health-and-nutrition-tips
  • https://bmcpublichealth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12889-018-5526-2
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait