Kehamilan

17 Juli 2020

13 Manfaat Sujud saat Hamil Menurut Islam, Masya Allah!

Sujud saat hamil ternyata memiliki manfaat luar biasa, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Zarah Amala
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kehamilan merupakan saat yang indah bagi seorang wanita. Sebab setiap ibu hamil mendapat kepercayaan untuk merawat karunia terbaik dari Allah SWT. Bahkan setiap ibadah yang dilakukan seorang ibu hamil akan mendapatkan banyak pahala dan penghargaan.dari Allah.

Tidak hanya mendapat banyak pahala, ibadah yang dilakukan ibu hamil juga dapat memberi manfaat luar biasa untuk janin yang dikandungnya. Misalnya saja saat ibu hamil melakukan gerakan sujud dalam shalat. Ternyata, gerakan ini memiliki manfaat yang luaar biasa untuk ibu hamil dan janin.

Manfaat Sujud Saat Hamil

13 Manfaat Sujud Saat Hamil Menurut Islam, Jangan Lewatkan Moms

Foto: Shutterstock

Apa saja manfaat sujud saat hamil? Yuk simak ulasannya di bawah ini seperti dikutip dari A-Z Islam!

Baca Juga: 9 Cara Mendampingi Ibu Hamil dalam Islam, Dads Wajib Tahu!

1. Membenarkan Posisi Janin

Diketahui posisi Knee-Chest atau posisi sujud, sangat disarankan dalam Islam dan medis untuk dilakukan ibu hamil. Posisi ini mampu menghindari posisi sungsang atau kepala di bagian atas, sehingga proses persalinan normal bisa dilakukan.

Bagi ibu hamil yang posisi janinnya sungsang, dokter sering kali menyarankan untuk melakukan gerakan sujud ini supaya posisi janin berputar ke bawah.

2. Melatih Pernapasan saat Melahirkan

13 Manfaat Sujud Saat Hamil Menurut Islam, Jangan Lewatkan Moms

Foto: Shutterstock

Ketika pinggul dan pinggang terangkat di atas kepala dan dada, otot-otot perut penuh kontraksi (rectusabdominis dan obliquus abdominis externuus). Kondisi ini akan melatih beberapa organ perut untuk mengejan agak lama yang diperlukan dalam proses persalinan.

3. Melancarkan ASI

Kontraksi yang terjadi pada dada akan merangsang kelenjar ASI untuk menghasilkan ASI yang lebih baik. Menurut Prof. H.A Saboe dari Jerman, sujud dapat membantu memproduksi ASI lebih banyak untuk ibu hamil.

4. Melancarkan Pencernaan

13 Manfaat Sujud Saat Hamil Menurut Islam, Jangan Lewatkan Moms

Foto: Shutterstock

Sudah menjadi keluhan umum bahwa seorang ibu hamil sering mengalami sembelit bahkan wasir. Dengan melakukan sujud dalam periode rutin, Insya Allah semua penyakit itu bisa dihindari. Dianjurkan juga untuk menekuk kedua kaki untuk menghindari kram di kedua lutut.

Selain itu posisi membungkukkan tubuh ke depan dan meletakkan dahinya di lantai efektif juntuk memijat perut dan pencernaan pada tubuh.

Menurunkan tubuh kita ke depan dengan setengah bagian bawah kita di posisi atas, sementara tangan kita di samping, lutut, jari kaki, dan dahi di lantai, juga dapat membantu ibu hamil untuk menghindari wasir.

Baca Juga: 7 Pantangan Ibu Hamil Menurut Islam, Yuk Hindari!

5. Tingkatkan kecerdasan

Penelitian tentang otak yang dilakukan oleh State University Colombia menyebutkan bahwa ada bagian otak (otak kiri) yang tidak teraliri aliran darah, bagian itu disebut Prefrontal Cortex. Namun, Prefrontal Cortex akan terkena aliran darah ketika kita melakukan aktivitas seperti sujud pada waktu tertentu.

Kondisi ini akan mendukung aliran darah untuk memiliki fungsi maksimal dalam mengambil keputusan dan itu juga alasan bahwa sholat dapat menghindari manusia untuk melakukan perbuatan buruk dan kejam.

Selain itu juga dapat meningkatkan kecerdasan ibu akan memiliki efek yang baik dan otak bayi juga akan meningkat di dalam rahim.

6. Melancarkan Aliran Getah Bening

Aliran getah bening akan dipompa ke leher dan ketiak saat ibu hamil dalam kondisi sujud sehingga alirannya akan lebih lancar.

7. Membuat Wajah Cerah dan Bersinar

Itulah mengapa seseorang yang sering shalat dan melakukan gerakan sujud akan lebih bersih dan cerah wajahnya. Karena darah akan mengalir ke kepala dan mengisi pembuluh darah di wajah.

8. Menghindari Penyakit Saraf

Oksigen yang cukup akan membuat otak lebih sehat sehingga membantu kita menghindari bahaya penyakit syaraf.

Baca Juga: Hukum Memotong Rambut saat Hamil Menurut Islam, Sudah Tahu?

9. Meringankan Sakit Kepala

13 Manfaat Sujud Saat Hamil Menurut Islam, Jangan Lewatkan Moms

Foto: Shutterstock

Seorang ibu hamil biasanya mengalami sakit kepala karena anemia atau kelelahan, dalam hal ini, sujud dapat membantu aliran darah untuk menenangkan dan mengurangi sakit kepala.

10. Membersihkan Dosa

Suatu hari, Abdullah bin Umar RA melihat seorang pria muda melakukan sholat dan dia agak lama berdoa, sementara dia bertanya-tanya dan bertanya: "Apakah Anda tahu siapa dia?" Seseorang menjawab: ya, saya tahu. Dia berkata: "Jika saya mengenalnya dengan baik, saya benar-benar memintanya untuk mendapatkan ruku 'dan sujoodnya lebih lama, karena saya mendengar Rasulullah SAW menyebutkan,

”Sejujurnya, ketika seorang budak berdiri untuk berdoa, semua dosanya akan datang kepadanya dan diletakkan di pundaknya. Kemudian, setiap kali dia ruku 'dan sujud, semua dosanya akan jatuh." (Silsilah shahihah: 1398, shahih sanad).

Doa ibu hamil untuk bayi dalam kandungan juga akan dikabulkan oleh Allah SWT karena ibu hamil berada dalam kondisi yang paling kuat untuk shalat.

11. Dihindarkan dari Semua Penyakit

Ibu hamil rentan terhadap penyakit, tapi dengan melakukan sujud minimal 34 kali dalam shalat harian, dan mengangkat kedua tangan saat berdoa, mereka dapat menghindari dari semua penyakit.

Meningkatkan lipat tangan akan dapat memperlancar sirkulasi darah dari pergelangan tangan ke atas dan ke bawah sehingga dapat membantu untuk menghindari infeksi yang biasanya menyerang pergelangan tangan.

12. Mengatasi Stres

Mendekati waktu persalinan pasti akan membuat ibu hamil lebih cemas. Surat kabar London West melakukan penelitian dalam 10 tahun pada orang yang disiplin melakukan ibadah dan mereka tidak melakukan ibadah sama sekali.

Singkatnya, persentase pasien tekanan darah tinggi, pasien jantung, depresi dan stres berkurang karena konsistensi mereka melakukan ibadah dibandingkan dengan mereka yang tidak konsisten melakukan ibadah.

“Mereka adalah orang-orang saleh sedangkan hati mereka menjadi nyaman karena mengingat Allah SWT. Ingat, itu hanya peringatan Allah SWT hati kita menjadi tenang." (QS. Ar Raad: 28)

Baca Juga: 5 Penyebab Susah Hamil Menurut Pandangan Islam

13. Mengatasi Sakit Punggung

Sangat wajar bila ibu hamil sering mengalami sakit punggung dan pinggang karena pertumbuhan janin di dalam kandungan. Namun, gerakan sujud dapat membantu meringankan semua sakit punggung dan pinggang.

Berdasarkan penelitian di Birmingham University, New York, mengatakan bahwa gerakan sujud yang benar tidak hanya akan mengurangi tekanan fisik dan cemas, tetapi juga sebagai terapi klinis bagi mereka yang mengalami sakit punggung bagian bawah.

Itulah penjelasan lengkap mengenai manfaat sujud saat hamil. Semoga Moms rajin merepatkannya juga, ya.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait