22 Januari 2024

Mengenal Ketua BPUPKI, Biografi Singkat dan Perannya!

Cari informasinya di sini, yuk Moms!
Mengenal Ketua BPUPKI, Biografi Singkat dan Perannya!

Foto: harianmerapi.com

Jika membahas kemerdekaan, Moms pasti tidak asing dengan BPUPKI, salah satu tokoh yang menonjol dalam perjalanan BPUPKI adalah ketua BPUPKI pertama.

Nama ketua BPUPKI pertama ini menjadi sangat terkenal dalam sejarah Indonesia, dan kontribusinya sangat berpengaruh dalam perjuangan kemerdekaan.

Peran ketua BPUPKI tidak hanya terbatas pada kepemimpinan formal dalam badan ini.

Ketua BPUPKI memiliki tanggung jawab besar dalam mengarahkan perjalanan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pengaruh ketua BPUPKI juga sangat signifikan dalam membentuk arah pergerakan dan semangat perjuangan rakyat Indonesia, lho Moms.

Dalam artikel ini, Moms akan menjelajahi lebih dalam mengenai profil, peran, dan pengaruh ketua BPUPKI dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Memahami Hasil Sidang BPUPKI Pertama dan Kedua, Simak yuk!

Biografi Singkat Ketua BPUPKI

Radjiman Wedyodiningrat
Foto: Radjiman Wedyodiningrat (Ngawikab.go.id)

Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat adalah seorang dokter, politikus, dan salah satu pendiri Budi Utomo. Ia lahir di Desa Melati, Yogyakarta pada tanggal 21 April 1879.

Ia merupakan putra dari Sutodrono, seorang wedana di Yogyakarta, dan Kusumawardhani, putri dari K.P.A.A. Mangkunagara IV, raja Surakarta.

Radjiman Wedyodiningrat menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Belanda (ELS) di Yogyakarta, lalu melanjutkan pendidikannya di Sekolah Kedokteran Hindia Belanda (STOVIA) di Jakarta.

Setelah lulus dari STOVIA pada tahun 1903, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Amsterdam, Belanda, dan meraih gelar dokter pada tahun 1899.

Setelah kembali ke Indonesia, Radjiman Wedyodiningrat aktif dalam pergerakan nasional. Ia menjadi salah satu pendiri Budi Utomo pada tahun 1908.

Budi Utomo adalah organisasi modern pertama di Indonesia yang beranggotakan para priyayi.

Pada masa pendudukan Jepang, Radjiman Wedyodiningrat diangkat menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dibentuk pada tanggal 29 April 1945.

BPUPKI bertugas untuk menyelidiki dan mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan pembentukan negara Indonesia merdeka.

Dalam sidang pertama BPUPKI yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945, Radjiman Wedyodiningrat mengajukan pertanyaan “apa dasar negara Indonesia jika kelak merdeka?”. Pertanyaan ini kemudian dijawab oleh Bung Karno dengan Pancasila.

Pada sidang kedua BPUPKI yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 1945 sampai 17 Juli 1945, Radjiman Wedyodiningrat kembali menjadi salah satu tokoh penting.

Ia berhasil melobi pemerintah Jepang untuk mempercepat kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Radjiman Wedyodiningrat bersama dengan Soekarno dan Mohammad Hatta menandatangani naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Radjiman Wedyodiningrat tetap aktif dalam bidang politik. Ia menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada tahun 1950-1955.

Radjiman Wedyodiningrat meninggal dunia pada tanggal 20 September 1952 di Ngawi, Jawa Timur.

Baca Juga: 10 Negara yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia, Sudah Tahu?

Peran Ketua BPUPKI

Tugas BPUPKI
Foto: Tugas BPUPKI (Edugoedu.com)

Peran Ketua BPUPKI adalah sangat penting dalam perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia.

Badan ini dibentuk pada masa pendudukan Jepang selama Perang Dunia II dan memiliki tugas utama dalam menyusun dasar negara yang akan membentuk landasan bagi kemerdekaan Indonesia.

Berikut adalah beberapa peran kunci yang dimainkan oleh ketua BPUPKI:

1. Memimpin Proses Penyusunan Dasar Negara

Salah satu peran utama ketua BPUPKI adalah memimpin proses penyusunan dasar negara Indonesia.

Ini melibatkan perumusan konsep-konsep dasar seperti Pancasila, Undang-Undang Dasar, dan struktur pemerintahan yang akan menjadi landasan bagi negara yang merdeka.

Ketua BPUPKI bertanggung jawab atas koordinasi dan penyelarasan pandangan dari berbagai tokoh dan anggota badan tersebut.

Ketua BPUPKI juga memiliki tugas untuk mengartikulasikan visi kemerdekaan Indonesia kepada anggota...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.