Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
4 Februari 2020

5 Tips Meredakan Ngilu Luka Jahitan Pasca Melahirkan Normal, Catat!

Hindari tindakan mengejan ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika dibutuhkan, dokter akan melakukan tindakan medis yaitu episiotomi, yang membuat pembukaan vagina sedikit lebih lebar, dan memungkinkan bayi melewatinya dengan lebih mudah, seperti dikutip dari National Health Service (NHS).

Tindakan ini pun membutuhkan jahitan dan mungkin dampaknya akan memberikan sedikit rasa ngilu. Karena itu, penting mengetahui cara meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan normal.

Cara Meredakan Ngilu Luka Jahitan Pasca Melahirkan Normal

Moms tak perlu khawatir, karena luka jahitan ini akan sembuh dengan sendirinya dan tubuh akan menyerap jahitan tersebut. Meskipun memang membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu.

Namun, jika Moms merasa tidak nyaman dengan rasa ngilu tersebut, tidak ada salahnya mencoba beberapa tips meredakan ngilu luka jahian pasca melahirkan normal di bawah ini.

Baca Juga: 4 Hal Penting untuk Bertahan Menghadapi Depresi Pascapersalinan

1. Kompres Es Batu

meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan-kompres es batu

Foto: Orami Photo Stock

Tips pertama untuk meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan normal adalah kompres es batu. Mengutip Mater Mothers, oleskan kompres es ke area perineum setiap beberapa jam selama 12-24 jam pertama setelah kelahiran.

Kompres es juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit lebih lama (24-48 jam)

Cobalah gunakan cairan witch hazel dingin, sarung tangan bedah yang diisi dengan es yang dihancurkan, atau kompres dingin menggunakan es batu untuk meredakan pembengkakan.

2. Mandi Sitz

meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan-mandi sitz

Foto: Orami Photo Stock

Tips selanjutnya untuk meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan normal adalah mandi sitz. Untuk meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan, coba mandi sitz hangat selama 20 menit, dan lakukan ini sebanyak tiga kali sehari.

Selain itu, Moms dapat menggunakan kompres hangat.

"Mandi sitz adalah mandi terapi hangat yang digunakan untuk menyembuhkan dan membersihkan area di sekitar perineum (ruang antara alat kelamin dan anus)," tulis Barbara Bolen, PhD, psikolog klinis berlisensi dan pelatih kesehatan mengutip Very Well Health.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kontraksi Rahim Pascamelahirkan

3. Menggunakan Obat Bius

meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan-obat bius.jpg

Foto: newatlas.com

Tips selanjutnya untuk meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan normal adalah gunakan obat bius. Jika disarankan, dokter dapat merekomendasikan obat bius untuk mematikan rasa di daerah jahitan tersebut.

Obat bius ini bisa berupa semprotan, salep, atau pembalut.

Moms juga bisa minum obat penghilang rasa sakit secara teratur, obat ini biasanya akan diresepkan oleh dokter.

4. Jangan Mengejan

meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan-jangan mengejan.jpg

Foto: verywellhealth.com

Tips selanjutnya untuk meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan normal adalah jangan mengejan. Mengutip What to Expect, untuk meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan, jangan melakukan hal yang dapat menyebabkan ketegangan di daerah perineum seperti mengejan.

Selain itu, ketika tidur atau berbaring, disarankan agar tidur dengan posisi miring, dan coba untuk tidak berdiri atau duduk dalam waktu lama, karena ini dapat meningkatkan rasa sakit perineum.

5. Memakai Bantal Khusus

meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan-duduk di bantal donat.jpeg

Foto: walmart.com

Tips selanjutnya untuk meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan normal adalah memakai bantal khusus. Bantal berbentuk donat yang biasanya digunakan untuk penderita wasir bisa memberi kenyamanan saat duduk.

Jika Moms mengalami wasir selama kehamilan dan masih berada dalam masa pemulihan, cara ini membantu meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan dan juga nyeri saat wasir.

Baca Juga: Menutup Luka Operasi Cesar, Pilih Metode Jahit, Lem atau Staples?

Cara Sembuhkan Nyeri Luka Jahitan Pasca Melahirkan Normal

meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan-senam Kegel

Foto: Orami Photo Stock

Menurut American Journal of Perinatology (2011), sekitar 10 persen wanita yang melakukan persalinan normal, akan mengalami beberapa jenis komplikasi. Salah satunya, kecenderungan kulit dan jaringan di sekitar vagina meregang dan robek. Jika terjadi, tentunya luka ini butuh dijahit.

Karena itu, penting untuk mengetahui cara tepat meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan. Misalnya, dengan merawat luka jahitan tetap bersih dengan rajin membersihkannya.

"Luka perlu dijaga tetap bersih. Bila perlu, berikan kompres antiseptik atau salep antibiotik. Setelah proses persalinan, ibu harus lebih berhati-hati saat berakivitas," terang dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, RS Pondok Indah - Pondok Indah.

Selain itu, Moms bisa juga melakukan latihan Kegel untuk merangsang sirkulasi dan membantu menyembuhkan jahitan lebih cepat.

Melansir Mayo Clinic, latihan Kegel penting dilakukan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul, yang menopang rahim, kandung kemih, usus kecil dan dubur.

Itu dia Moms, beberapa cara meredakan ngilu pada luka jahitan pasca melahirkan normal yang bisa dilakukan. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait