Kesehatan

27 Mei 2021

5 Minuman untuk Dehidrasi, Bantu Gantikan Cairan Tubuh dengan Cepat

Ketahui juga tanda dan gejala dehidrasi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mencari pilihan minuman untuk dehidrasi? Ternyata ada beberapa pilihan untuk mengisi kembali tubuh dengan air dan elektrolit. Apakah Moms sedang berusaha mengisi kembali cairan tubuh setelah latihan atau mencoba untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama sakit, pilihan ini akan membantu Moms merasa lebih baik.

Melansir Medline Plus, dehidrasi adalah kondisi yang disebabkan oleh kehilangan terlalu banyak cairan dari dalam tubuh. Ini terjadi ketika Moms kehilangan lebih banyak cairan daripada yang konsumsi, dan tubuh tidak memiliki cukup cairan untuk bekerja dengan baik.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beraktivitas, diare, muntah, terlalu banyak mengeluarkan keringat, terlalu banyak mengeluarkan urin karena sakit atau efek samping mengonsumsi obat-obatan, demam, dan tidak cukup minum.

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

Ini dia Moms beberapa informasi seputar dehidrasi, serta minuman apa yang tepat untuk mengatasinya.

Tanda dan Gejala Dehidrasi

what-is-dehydration-11595505452.jpg

Foto: world-me.com

Setiap sel, jaringan, dan organ di tubuh, akan membutuhkan air untuk berfungsi. Air membantu mengatur suhu tubuh, melumasi persendian, mengangkut nutrisi, membuang limbah, dan mengedarkan darah.

Maka secara singkatnya, tubuh tidak dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik jika mengalami dehidrasi.

Beberapa orang lebih rentan terhadap dehidrasi dibandingkan dengan yang lain, termasuk anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, dan orang dengan kondisi medis tertentu seperti diabetes dan penyakit ginjal.

Tanda dan gejala dehidrasi meliputi:

  • Rasa haus yang meningkat.
  • Mulut kering.
  • Jarang buang air kecil.
  • Kulit kering.
  • Kelelahan.
  • Pusing.
  • Sakit kepala.

Mengutip Healthline, warna urin juga merupakan indikator umum dari status hidrasi. Umumnya, semakin pucat warnanya, semakin baik tubuh terhidrasi. Menurut beberapa peneitian, warna urin dapat berubah karena alasan selain status hidrasi tubuh, termasuk diet, penggunaan obat-obatan tertentu, dan beberapa kondisi medis.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa warna urin adalah indikator hidrasi yang valid pada anak-anak dan dewasa muda, tetapi tidak pada orang dewasa yang lebih tua.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengetahui Tubuh Kekurangan Cairan

Minuman untuk Dehidrasi

Apa minuman untuk dehidrasi yang terbaik? Mayoritas pasti akan menjawab air ya, Moms. Namun ternyata, air mungkin bukan pilihan terbaik sepanjang waktu.

Minuman dengan lebih banyak nutrisi daripada air dapat membantu, lho, Moms. Karena kandungannya memperlambat laju pengosongan cairan perut, yang menarik keluar proses rehidrasi. Hal ini menjadi sangat penting bagi orang yang sering berolahraga atau yang banyak berkeringat karena alasan lain.

Berikut adalah beberapa minuman untuk dehidrasi yang terbaik dan bisa membantu tubuh agar cepat terhidrasi kembali. Simak yuk, Moms!

1. Air

air.jpg

Foto: freepik.com

Meskipun sepertinya tidak mengherankan, air seringkali merupakan cara terbaik dan termurah untuk tetap terhidrasi dan rehidrasi. Sehingga merupakan salah satu minuman untuk dehidrasi yang baik.

Tidak seperti banyak jenis minuman lain, air tidak mengandung gula atau kalori tambahan. Sehingga sangat ideal untuk diminum sepanjang hari atau saat tubuh perlu rehidrasi, contohnya saat setelah berolahraga.

Perlu dicatat bahwa berbagai faktor, termasuk genetika, menyebabkan beberapa orang kehilangan lebih banyak natrium melalui keringat daripada yang lain. Moms mungkin menjadi "salty sweater" jika sering mengalami kram otot saat berolahraga atau jika keringat menyengat mata.

Jika salah satu dari hal tersebut dialami oleh Moms, pastikan untuk mengganti tidak hanya cairan yang hilang melalui keringat tetapi juga natrium, terutama setelah latihan intens atau lama di lingkungan yang panas.

2. Air Kelapa

coconut.jpg

Foto: pinterest.com

Tidak seperti jus lainnya, air kelapa tanpa rasa memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah. Dalam satu gelas jus buah memiliki kalori dua kali lebih banyak daripada air kelapa.

Air kelapa sudah lama populer digunakan untuk rehidrasi setelah aktivitas fisik atau penyakit seperti diare. Melansir Mayo Clinc, air kelapa memiliki elektrolit alami, seperti kalium, natrium, dan mangan. Tetapi jumlahnya dapat bervariasi karena perubahan yang terjadi pada air kelapa saat kelapa matang.

Jadi, meskipun ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa air kelapa mungkin sebanding dengan minum minuman olahraga, ada juga bukti bahwa air kelapa mungkin tidak lebih efektif daripada minum air biasa.

Baca Juga: Waspadai 4 Pertanda Dehidrasi

3. Susu Skim dan Rendah Lemak

susu.jpg

Foto: pinterest.com

Susu skim dan susu rendah lemak, ternyata dapat menjadi minuman untuk dehidrasi, lho, Moms. Karena tidak hanya kandungan nutrisinya saja yang tinggi, tetapi susu secara alami mengandung elektrolit konsentrasi tinggi, yang membantu menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa susu skim dan susu rendah lemak membuat tubuh kembali terhidrasi, sehingga cocok diminum setelah olahraga yang intens, sembari memberikan manfaat protein dan nutrisi penting lainnya.

Melansir Healthline, protein berkualitas tinggi dalam susu juga menjadikan minuman ini sebagai minuman pasca-latihan yang ideal untuk memulai perbaikan otot dan proses pembangunan kembali.

Namun, ada beberapa efek dari mengonsumsi susu setelah berolahraga, salah satunya dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut seperti kembung. Ditambah, susu bukan pilihan yang tepat untuk orang yang tidak toleran terhadap laktosa atau protein susu tertentu.

4. Jus Buah dan Sayuran

jus.jpg

Foto: pinterest.com

Terdiri dari 80–99 persen air, jus berbahan dasar buah-buahan dan sayuran merupakan minuman yang dapat menghidrasi dengan sempurna. Sebagai perbandingan, makanan yang diproses seperti kue, biskuit, sereal, dan keripik hanya mengandung 1–9 persen air.

Tidak hanya itu, jus buah dan sayuran juga memiliki kandungan vitamin, nutrisi, serat, dan antioksidan yang tinggi. Adapula kandungan sejumah elektrolit, seperti kalium, magnesium, serta fosfor yang dapat membantu menyegarkan tubuh setelah dehidrasi.

Buah dan sayur dengan kandungan air tertinggi antara lain:

  • Beri-berian, seperti blueberi, stroberi, blackberi, dan masih banyak lainnya.
  • Melon.
  • Jeruk.
  • Anggur.
  • Wortel.
  • Selada.
  • Kubis.
  • Bayam.

Buah dan sayuran beku sama bergizi seperti buah dan sayuran segar, bahkan dalam beberapa kasus, lebih bergizi. Ini dikarenakan, buah dan sayur sering membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu dari petani ke pasar, sebelum dikonsumsi. Selama waktu tersebut, oksidasi dapat menyebabkan hilangnya unsur hara. Di sisi lain, buah dan sayuran beku dibekukan segera setelah dipanen, inilah yang mempertahankan sebagian besar nutrisinya.

Namun buah dan sayur memiliki kadar garam yang rendah. Karena berkeringat juga mengeluarkan kadar galam, ada baiknya berikan sedikit garam pada jus sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: Ini Porsi Ideal Sayur dan Buah Untuk Balita, Jangan Sampai Kurang Gizi!

5. Sport Drink

hero-64.jpg

Foto: insidehook.com

Minuman berenergi untuk olahraga atau juga disebut dengan sport drink, sangat mudah ditemukan di minimarket terdekat dan bisa menjadi pilihan minuman untuk dehidrasi yang praktis.

Minuman ini mengandung magnesium, kalium, kalsium, serta garam yang berguna untuk mengembalikan cairan di dalam tubuh dengan cepat. Beberapa brand sport drink juga mengandung karbohidrat dan vitamin yang mudah dicerna oleh tubuh.

Walaupun dapat menjadi pilihan yang mudah, beberapa sport drink memiliki kandungan gula yang tinggi. Jadi, tetap perhatikan jumlah konsumsinya ya, Moms.

Baca Juga: 5 Tips untuk Menghindari Dehidrasi Selama Puasa

Itu dia Moms seputar minuman untuk dehidrasi yang berguna menghidrasi kembali tubuh sehingga tidak kekurangan cairan.

  • https://medlineplus.gov/dehydration.html#:~:text=Dehydration%20is%20condition%20caused%20by,enough%20fluids%20to%20work%20properly.
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/coconut-water/faq-20207812#:~:text=Coconut%20water%20is%20popularly%20used,water%20as%20the%20coconut%20matures.
  • https://www.healthline.com/nutrition/how-to-rehydrate#3.-Skim-and-low-fat-milk
  • https://foodfornet.com/drinks-for-dehydration/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait