Pernikahan & Seks

PERNIKAHAN & SEKS
3 Januari 2021

Normalkah Selalu Ingin Berhubungan Setiap Hari?

Melayani pasangan yang selalu ingin berhubungan setiap hari tentu melelahkan dan seolah tidak normal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berhubungan seks banyak dikenal sebagai salah satu cara untuk mengurangi stres dan terbukti dapat meningkatkan suasana hati seseorang secara instan. Ada fase-fase dalam hidup, ketika seseorang lebih sering berhubungan seks.

Misalnya, di masa awal pernikahan yang dikenal dengan 'fase bulan madu', di mana pasangan melakukan hubungan seks sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari. Ini juga terjadi ketika pasangan berencana untuk memiliki bayi dan ingin meningkatkan peluang mereka untuk hamil.

Lantas, normalkah jika pasangan selalu ingin berhubungan setiap hari? Jawabannya adalah ya! Berhubungan setiap hari adalah hal yang sangat normal dan memiliki alasan, terutama bagi para pria atau suami. Tidak hanya itu, berhubungan seks juga memiliki manfaat secara medis.

Baca Juga: Seks yang Lebih Panas Seiring Bertambahnya Usia

Alasan Pasangan Selalu Ingin Berhubungan Setiap Hari

berhubungan-2-minggu-sebelum-haid-apa-bisa-hamil.jpg

Ada banyak alasan mengapa pasangan atau terutama pria, selalu ingin berhubungan setiap hari.

Terdapat beberapa alasan praktis dan emosional mengapa mereka selalu ingin bercinta dengan pasangannya, sehingga ingin berhubungan setiap hari dan menjadikannya kebiasaan yang normal.

1. Pria Biasanya Memiliki Libido Lebih Tinggi

Alasan pria selalu ingin berhubungan setiap hari yang pertama adalah libidonya yang lebih tinggi. Pada pasangan pria, umumnya mereka memiliki libido yang lebih tinggi daripada wanita.

Mereka selalu ingin melakukan hubungan karena karena dorongan seks yang lebih besar. Artinya, sebagian besar alasan ini bisa bersifat biologis atau berhubungan dengan faktor hormon dan juga kebutuhan fisik.

Pria mencoba berhubungan seks sesering mungkin untuk 'menabur gandum liar mereka'. Secara biologis, pria terhubung dengan upaya memastikan garis darah mereka berlanjut.

Meskipun ini bukan cara yang dapat Moms pahami dengan mudah, yang tampak di mata Moms hanya keinginan suami yang selalu ingin berhubungan setiap hari dan seolah tidak normal karena kecanduan seks.

Hal tersebut disebabkan dorongan seks bagi wanita yang lebih rendah karena tubuh wanita tidak memiliki hormon yang sama. Pada wanita, kebutuhan akan seks biasanya akan lebih sejalan pada saat tubuh mereka berovulasi.

Intinya, jika tubuh wanita telah melepaskan sel telur, wanita tersebut akan menginginkan lebih banyak seks pada waktu itu.

2. Pria Menandai Wilayahnya dengan Berhubungan

Alasan pria selalu ingin berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah cara untuk menandai wilayah. Meskipun kini wanita mungkin secara emosional hidup di era kesetaraan, dorongan seks seorang pria berakar kuat pada saat dia perlu melindungi istrinya.

Secara konstan, tidur dengan seorang wanita adalah cara pria menandai wilayahnya dan membuat kejantanannya diketahui.

Akibatnya, berhubungan seks dengan istri tercinta adalah kesempatan suami untuk menunjukkan betapa jantannya dia. Dengan menunjukkan kepada Moms betapa jantannya dia, dia berusaha untuk meniadakan keinginan Moms untuk pergi dan mencari pasangan di tempat lain.

Beberapa pria senang dengan jenis penandaan wilayah seperti ini. Mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang, tetapi ini adalah pendorong utama kebutuhan pria akan berhubungan seks, bahkan ketika sudah menikah dalam waktu yang cukup lama. Itulah salah satu alasan mengapa seks sangat penting dalam hubungan.

3. Kurang Percaya Diri

Alasan pria selalu ingin berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah karena kurang percaya diri. Dikutip dari Hernorm, orang terkadang mendambakan seks hanya karena mereka memiliki kepercayaan diri yang rendah.

Sementara beberapa menunjukkan ketidakamanan mereka dengan cara lain, tidak jarang orang dengan harga diri rendah ingin melakukan banyak seks sebagai cara untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Masalahnya jika suami Moms adalah salah satu pria yang sering mengajak berhubungan karena dia merasa rendah diri, itu bisa sangat melukai perasaan mereka jika Moms menolak karena alasan apa pun.

Hal ini bisa merepotkan karena ketika Moms mulai sering menolak, tetapi Moms tahu itu akan menyakiti perasaan suami, Moms bisa sampai pada titik di mana benar-benar merasa berkewajiban untuk tidur dengannya di setiap kesempatan yang dia inginkan.

Ini jelas bukan sesuatu yang bisa dianggap fantastis karena kewajiban berhubungan seks bukanlah alasan yang baik untuk tidur dengan seseorang termasuk suami.

Jika Moms takut hal ini bisa terjadi dalam hubungan rumah tangga sesekali, sebaiknya Moms duduk bersama suami dan membicarakannya. Namun, tidak perlu khawatir jika terkadang tidak nyaman untuk membicarakannya.

Baca Juga: Wah, Ternyata Saat Stres Wanita Cenderung Ingin Berhubungan Seks!

Manfaat Berhubungan Setiap Hari

cara-berhubungan-intim-yang-tidak-mengakibatkan-kehamilan.jpg

Selalu ingin berhubungan setiap hari juga normal karena tidak hanya membuat pasangan merasa lebih baik, tetapi juga bagus untuk kesehatan keduanya dalam jangka panjang.

Dokter menganjurkan untuk berhubungan seks secara teratur tidak hanya untuk keturunan, tetapi juga karena beberapa manfaat kesehatannya. 

Tidak hanya membantu seseorang tidur nyenyak, menghilangkan stres, dan membakar kalori, ada juga beberapa alasan lain mengapa seseorang perlu lebih sering berhubungan seks. Beberapa manfaat berhubungan setiap hari yaitu:

1. Membangun Keintiman Emosional

Manfaat berhubungan setiap hari yang pertama adalah membangun keintiman sosial. Berhubungan seks bukan hanya tentang keintiman fisik, tetapi juga membantu memperkuat ikatan emosional antara kedua pasangan.

Agar hubungan apa pun berhasil, penting bagi orang yang terlibat secara emosional untuk berada pada halaman atau keintiman yang sama. Oleh karena itu, berhubungan seks adalah cara yang bagus untuk membangun keintiman emosional itu.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Dikutip dari Times Of India, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa pria yang melakukan hubungan seks lebih dari dua kali dalam seminggu, memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung, dibandingkan pria yang berhubungan seks kurang dari sekali dalam sebulan.

3. Meningkatkan Kekebalan

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan. Bercinta secara teratur meningkatkan tingkat antibodi peningkat kekebalan imunoglobulin A (IgA), yang selanjutnya membuat tubuh seseorang menjadi lebih kuat melawan penyakit seperti flu biasa dan demam.

4. Mengurangi Stres

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah mengurangi stres. Stres dengan masalah pekerjaan atau keluarga?  Jangan biarkan hal itu mempengaruhi performa di kamar tidur.

Berhubungan seks tidak hanya akan memperbaiki suasana hati, tetapi sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang-orang yang sering melakukan aktivitas di kamar tidur dapat menangani stres dengan lebih baik dan menjadi orang yang lebih bahagia.

5. Meredakan Nyeri

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah meredakan nyeri. Jika seseorang menggunakan sakit kepala sebagai alasan untuk tidak bercinta, maka kini hal tersebut sudah berubah. Sebaliknya, lakukanlah seks!

Saat seseorang akan mengalami orgasme, kadar hormon oksitosin meningkat lima kali lipat. Endorphin ini akan benar-benar mengurangi rasa sakit dan nyeri yang dirasakan.

6. Pengharapan Umur Panjang

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah pengharapan umur panjang. Saat seseorang mengalami orgasme, hormon yang disebut dehydroepiandrosterone akan dilepaskan. Hormon ini meningkatkan kekebalan, memperbaiki jaringan dan menjaga kesehatan kulit.

Pria, yang mengalami setidaknya dua kali orgasme dalam seminggu, hidup lebih lama dibandingkan pria yang melakukan hubungan seks hanya sekali setiap beberapa minggu.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Seks setiap hari normal dan bermanfaat.jpg

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah meningkatkan sirkulasi darah. Karena detak jantung akan meningkat saat berhubungan seks, darah segar disuplai ke organ dan sel. Saat darah bekas dikeluarkan, tubuh juga mengeluarkan racun dan bahan lain yang menyebabkan seseorang merasa lelah.

Baca Juga: 3 Mitos Soal Seks yang Sering Disalah Pahami Orang Awam

8. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah membuat tidur lebih nyenyak. Tidur yang didapatkan setelah bercinta akan jauh lebih santai dan berkualitas. Tidur nyenyak akan membuat seseorang merasa waspada dan sehat secara keseluruhan.

9. Meningkatkan Kebugaran secara Keseluruhan

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah meningkatkan kebugaran. Jika pergi ke gym biasa atau berolahraga di rumah merupakan tugas yang berat, maka berhubungan seks adalah cara lain untuk membantu menghilangkan timbunan lemak dan menjaga kebugaran tubuh.

Seks secara teratur akan memberikan keajaiban bagi lingkar pinggang seseorang, di mana setengah jam bercinta dapat membakar lebih dari 80 kalori.

10. Meningkatkan Kadar Estrogen dan Testosteron

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah meningkatkan kadar estrogen dan testosteron. Pada pria, hormon testosteron inilah yang membuat mereka lebih bergairah dalam beraktifitas.

Tidak hanya akan membuat pria merasa jauh lebih baik di tempat tidur, tetapi berhubungan seks yang sering akan menjadi suatu hal yang normal karena mampu meningkatkan otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol.

Sebaliknya, pada wanita, hormon estrogen melindungi mereka dari penyakit jantung dan juga menentukan aroma tubuh wanita.

11. Mengurangi Kemungkinan Terkena Depresi

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah mengurangi risiko depresi. Sama seperti bentuk olahraga lainnya, berhubungan seks juga mendorong otak untuk melepaskan zat kimia perasaan senang yang meningkatkan kadar hormon bahagia.

Bahan kimia ini juga membantu meningkatkan kadar serotonin, yang bertindak sebagai neurotransmitter dan merupakan salah satu bahan kimia antidepresan utama tubuh. Ini, pada gilirannya, membantu mengurangi kemungkinan terkena depresi.

12. Merasa Lebih Baik Sepanjang Hari

manfaat seks untuk kesehatan.jpg

Manfaat berhubungan setiap hari yang selanjutnya adalah merasa lebih baik sepanjang hari. Menurut sebuah penelitian, orang yang berhubungan seks di pagi hari akan mengatasi stres harian mereka dengan lebih baik dan bahkan menjalani hari dengan suasana hati yang baik.

Berkat semua hormon bahagia yang diproduksi setelah sesi seks, pasangan akan dipersenjatai dengan senyuman untuk semua tantangan yang dilemparkan dalam hidup mereka setiap hari.

Baca Juga: Sering Anyang-anyangan Setelah Berhubungan Seks? Ini Penyebabnya!

Berhubungan seks tidak hanya memenuhi kebutuhan fisik, tetapi juga membangun hubungan emosional antara dua orang dalam suatu hubungan.

Berhubungan seks bahkan ketika dilakukan setiap hari, adalah hal yang sangat normal karena memang hadir dengan banyak manfaat. Akan tetapi, itu tidak berarti itu berhubungan seks harus menjadi tugas hidup sehari-hari dan wajib.

Moms atau suami boleh membatasi berapa kali berhubungan seks dalam sehari atau seminggu. Ini karena berhubungan seks sesering pasangan lain, tidak selalu terjadi karena diingankan oleh keduanya.

Memaksa seseorang untuk berhubungan seks dikenal sebagai pemaksaan seksual dan tidak dianjurkan. Tidak hanya itu, seks mungkin tidak baik saat pasangan tidak ingin melakukannya karena kelelahan atau sakit atau menjadi gangguan utama dalam pekerjaan dan kehidupan.

Terlalu banyak berhubungan seks juga bisa membuat seseorang melupakan tanggung jawab rumah tangga atau keuangan. Oleh karena itu, Moms dan pasangan harus selalu merasa bebas untuk berbicara tentang kebutuhan saat ini sehingga dapat memutuskan harus berhubungan seks atau tidak.

Bagaimanapun, berhubungan seks bukanlah satu-satunya cara untuk mengalami keintiman fisik. Terkadang, bahkan berciuman dan berpelukan bisa menggantikan seks.

Jika masalah seksual menghambat hubungan seseorang, maka berkonsultasi dengan terapis seks atau seksolog sangat disarankan.

Baca Juga: 5 Makanan Peningkat Gairah Seksual yang Wajib Dicoba

Artikel Terkait