Kehamilan

14 Juli 2020

Olahraga Boxing Saat Hamil, Ini Manfaat dan Peringatannya!

Olahraga teratur selama kehamilan bermanfaat bagi Moms serta Si Kecil dalam kandungan. Namun bagaimana dengan boxing?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Boxing adalah aktivitas aerobik yang tengah meningkat popularitasnya. Bisa menjadi penghilang stres yang ideal, tapi juga mampu membangun otot lengan. Banyak wanita yang mendapat manfaat dari latihan kekuatan, kemandirian serta pertahanan dalam boxing.

Nah, selama kehamilan tergantung berada dalam trimester ke berapa, Moms bisa berlatih boxing dengan aman. Namun, sebelum berlatih boxing saat hamil, lebih baik untuk mendapatkan bimbingan professional dari dokter kandungan.

Baca Juga: Manfaat dan Dampak Crossfit

Manfaat Boxing Saat Hamil

Boxing Saat Hamil, Ini Manfaat dan Hal yang Perlu Diwaspadai!

Foto: sporteluxe.com

Berikut adalah beberapa manfaat boxing saat hamil yang bisa Moms pertimbangkan:

1. Membangun Tulang serta Ligamen yang Kuat

Manfaat boxing saat hamil adalah memperkuat tulang, persendian, tendon, dan ligamen. Aktivitas fisik yang berat memfasilitasi peningkatan laju metabolism dan pembuangan limbah beracun dari tubuh Moms.

2. Peningkatan Kebugaran Kardiovaskular

Boxing menggabungkan gerakan seluruh tubuh yang membuat jantung serta paru-paru Moms bekerja dengan baik. Tentunya, hal ini membuat pasokan cukup banyak darah serta oksigen janin yang sedang tumbuh. Sehingga, boxing saat hamil bisa meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Tubuh Sebelum, Saat, dan Sesudah Elektrokardiogram?

3. Meningkatkan Kekuatan

Boxing adalah olahraga seluruh tubuh yang memperkuat pinggul, kaki, glutes, dada, punggung, dan bahu Moms. Meninju membuat otot lebih kuat dan meningkatkan kekuatan secara keseluruhan.

4. Menghilangkan Stres

Dilansir dari Harvard Health Publishing, manfaat boxing saat hamil lainnya adalah menghilangkan stress sehingga membantu Moms tetap aktif. Namun, disarankan untuk tidak berlatih tendangan keras serta pukulan setelah trimester kedua.

Hal yang Harus Diwaspadai Saat Boxing

Manfaat Boxing Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Kemudian, dokter kandungan biasanya mendorong Moms untuk melakukan olahraga hamil yang sedang. lalu untuk boxing saat hamil ada pedoman tertentu yang harus diikuti. Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, berikut ini beberapa alasan umum mengapa boxing tidak aman selama kehamilan:

Baca Juga: 7 Tanda Bahaya Kehamilan saat Olahraga dan Senam Hamil, Waspada!

1. Cedera Risiko Tinggi

Boxing meningkatkan kemungkinan cedera kontak, dan Moms berisiko lebih besar untuk langsung tertendang di perut bagian bawah.

2. Kehilangan Keseimbangan Tubuh

Moms, ada risiko nyata kehilangan keseimbangan tubuh dan terjatuh ke lantai. Ligamen yang terlalu tegang dapat mudah pecah karena jatuh tiba-tiba dan menignkatkan kemungkinan keguguran.

3. Overheating

Boxing saat hamil dapat memanaskan tubuh Moms lebih cepat atau overheating, sehingga sangat berbahaya bagi pertumbuhan janin.

Apakah Moms merupakan seorang atlet yang berpengalaman ataupun pemula, perhatikan tanda-tanda berikut ini ketika Boxing saat hamil. Jika mengalaminya, sesegera mungkin hentikan serta hubungi dokter kandungan:

  • Pendarahan dari vagina
  • Merasa pusing atau pingsan
  • Nafas pendek sebelum memulai latihan
  • Nyeri dada
  • Sakit kepala
  • Kelemahan otot
  • Nyeri betis atau bengkak
  • Kontraksi uterus yang teratur dan menyakitkan
  • Cairan mengalir atau bocor dari vagina

Perlu diingat selama instruktur atau sparing partner mengetahui Moms hamil dan menyesuaikan latihan sesuai kebutuhan maka bisa melanjutkan latihan.

Pastikan untuk memerhatikan sendi dan otot karena latihan berdampak tinggi harus dibatasi pada trimester kedua dan ketiga karena meningkatkan level relaxin dalam tubuh.

Terakhir, tetap bicarakan ke dokter kandungan dengan keputusan Moms mengambil kelas boxing saat hamil guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Baca Juga: Tidak Selalu Demam, Ini 5 Penyebab Kepala dan Tubuh Bayi Terasa Panas

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait