Trimester 1

TRIMESTER 1
3 Juni 2020

Hamil Bayi Kembar, Ini 3 Olahraga yang Aman untuk Dilakukan

Ketika mengandung bayi kembar, Moms perlu berhati-hati dalam memilih jenis olahraga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, masa kehamilan adalah momen-momen yang sangat magical, ya?

Terlebih lagi ketika Moms dan pasangan tahu bahwa akan segera memiliki anak kembar.

Nah, biasanya bayi kembar atau tidak dapat diketahui saat usia kehamilan antara 10 dan 14 minggu.

Calon orang tua baru bisa mengetahuinya melalui pemeriksaan USG.

Hamil bayi kembar membuat Moms harus berhati-hati dalam setiap tindakan yang dilakukan, termasuk ketika ingin berolahraga.

Lantas, seberapa aman olahraga dilakukan oleh ibu hamil bayi kembar? Selain itu, jenis olahraga apa saja yang tepat? Ini ulasannya.

Amankah Ibu Hamil Bayi Kembar Berolahraga?

hamil bayi kembar-4.jpg

Foto: supplementreview.net

Jawabannya bisa beragam, namun semua tergantung pada kondisi tubuh Moms, kesehatan janin itu sendiri, dan jenis olahraga yang dijalani.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil bayi kembar sebaiknya menghindari melakukan latihan aerobik karena berisiko tinggi untuk menyebabkan masalah potensial pada kandungan.

Namun, bukan berarti hanya berdiam diri saja, ya. Aktif bergerak bagi ibu hamil itu penting sekali, termasuk ibu hamil bayi kembar.

Dilansir dari American Pregnancy Association, hal terbaik adalah mendiskusikan terlebih dulu dengan dokter kandungan Moms.

“Saat hamil bayi kembar dan ingin berolahraga, pada dasarnya seperti dua sampai tiga kali lipat lebih berat daripada hamil tunggal. Semua yang ada di tubuh Moms juga berlipat ganda, seperti volume darah, plasenta, dan berat air. Untuk itu, olahraga saat hamil bayi kembar memang berat namun tetap bisa dilakukan,” ungkap Rochelle Moncourtois, pelatih olahraga dan juga founder dari Aaptiv.

Baca Juga: Seperti Apa Risiko Kehamilan Kembar dan Cara Memiliki Kehamilan Sehat?

Jika sebelum hamil Moms sudah cukup aktif, maka akan semakin aman untuk berolahraga ketika hamil bayi kembar.

Kebiasaan tersebut dinilai membuat Moms lebih kuat berolahraga saat sudah hamil.

Jenis Olahraga untuk Ibu yang Hamil Bayi Kembar

Melihat beban yang berat ketika harus berolahraga saat hamil bayi kembar, maka sebaiknya Moms memilih olahraga yang ringan dan tidak banyak menopang berat badan tubuh, di antaranya adalah:

1. Berenang

hamil bayi kembar-1.jpg

Foto: mamaplus.md

Berenang bisa menjadi olahraga yang tepat untuk ibu hamil bayi kembar.

Air membantu menopang berat yang Moms bawa dan menjaga tekanan dari sendi serta ligamen saat berolahraga. Berenang juga melindungi Moms dari cedera.

Dilansir dari Hospital for Special Surgery, berenang dapat mengurangi persendian yang bengkak dan sakit punggung pada ibu hamil. Hal ini karena berenang memperkuat otot-otot di sekitar persendian.

Jika Moms merasa khawatir, cukup bergerak dan berjalan di dalam air bisa menjadi olahraga yang baik.

Pastikan Moms ditemani saat berenang, ya, untuk mencegah risiko terpeleset.

Baca Juga: 5 Faktor yang Memengaruhi Kehamilan Anak Kembar

2. Prenatal Yoga

hamil bayi kembar-2.jpg

Foto: babycentre.co.uk

Prenatal yoga juga menjadi olahraga yang baik dilakukan oleh ibu hamil bayi kembar.

Tidak hanya menguatkan dan menyehatkan fisik, namun yoga juga mampu menjaga kesehatan mental Moms.

Prenatal yoga berfokus pada pose untuk wanita hamil, dengan tujuan meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas.

“Prenatal yoga juga melatih pernapasan, sehingga nantinya baik untuk persiapan persalinan. Olahraga ini juga baik untuk mengurangi stres dan sakit kepala serta meningkatkan daya tahan tubuh,” ungkap Kahlil Kuykendall, guru prenatal yoga bersertifikasi dari Capitol Hill Yoga, Washington DC.

Baca Juga: Hamil Anak Kembar? Simak 3 Tipsnya Agar Tetap Sehat dan Bugar

3. Senam Kegel

hamil bayi kembar-3.jpg

Foto: modernpregnancy.com

Senam kegel juga menjadi olahraga yang aman untuk ibu hamil bayi kembar. Senam kegel dapat melatih otot-otot dasar panggul secara teratur.

Hal ini nantinya akan membantu kelancaran proses persalinan dan mengontrol otot-otot setelah melahirkan.

Senam kegel juga membantu mendapatkan kembali kontrol kandung kemih.

Untuk itu, yuk pilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan kondisi tubuh Moms, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait