Kesehatan

KESEHATAN
2 Desember 2020

21+ Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Jangan Dianggap Sepele ya!

Salah satu penyebabnya adalah endometriosis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sepanjang kehidupan, setidaknya Moms pernah mengalami sakit perut. Entah karena sedang diare, memasuki masa PMS, telat makan, atau karena penyebab lainnya.

Karena itu, Moms perlu mencari tahu apa saja yang menyebabkan perut sakit. Termasuk ketika merasakan sakit perut sebelah kanan. Sehingga, dapat dilakukan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit perut bisa terjadi di perut bagian mana saja. Jika Moms merasakan sakit perut sebelah kanan, maka bisa dicari tahu apa yang menyebabkannya. Cari tahu penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Sakit Perut Sebelah Kanan? Waspada 3 Penyakit Ini

1. Gangguan Pencernaan

sakit perut sebelah kanan-2

Foto: Orami Photo Stock

Gangguan pencernaan (dispepsia) biasanya berkembang setelah Moms makan atau minum sesuatu. Nyeri biasanya terjadi di perut bagian atas, meski mungkin masih terasa di bagian bawah.

Gejala gangguan pencernaan juga meliputi maag, kembung, merasa kekenyangan awal atau tidak nyaman, merasa sakit, bersendawa, kentut. Jika seperti ini, makanan atau cairan yang rasanya pahit muncul kembali

Gangguan pencernaan ringan akan hilang dengan cepat dan dapat diobati dengan obat yang dijual tanpa resep. Tetapi jika gejalanya menetap selama lebih dari dua minggu, Moms harus menemui dokter untuk mengesampingkan masalah pencernaan yang mendasarinya.

2. Gas di Usus

Penyebab sakit perut sebelah kanan selanjutnya adalah menumpuknya gas di usus. Ketika makanan tidak dicerna dengan baik, gas bisa menumpuk di usus. Ini bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman dan kembung di daerah perut.

Gejala biasanya akan berlalu dalam hitungan jam, tetapi kegigihan selama beberapa minggu dapat menunjukkan kondisi mendasar yang lebih serius, seperti intoleransi laktosa.

3. Kram Menstruasi

sakit perut sebelah kanan-1

Foto: Orami Photo Stock

Kram menstruasi (dismenore) adalah gejala menstruasi. Mereka bisa terjadi sebelum atau selama menstruasi sedang berlangsung. Kram paling sering dirasakan di salah satu atau kedua sisi perut bagian bawah, tempat rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisannya.

Gejala umum dari kram menstruasi adalah nyeri yang terjadi terus-menerus, nyeri di seluruh punggung bawah dan paha, mual, bangku longgar, sakit kepala, dan pusing.

4. Batu Ginjal

Penyebab sakit perut sebelah kanan selanjutnya adalah batu ginjal. Mineral dan garam dapat menumpuk di ginjal untuk membentuk benjolan keras, yang dikenal sebagai batu ginjal.

Ukuran batu ginjal bisa sangat bervariasi. Batu yang lebih kecil dapat melewati sistem kemih tanpa diketahui, tetapi batu yang lebih besar dapat tersangkut dan menyebabkan rasa sakit yang parah di sekitar punggung bawah, samping, perut, dan selangkangan.

Saat batu bergerak di seluruh sistem kemih, rasa sakit akan bervariasi di lokasi dan tingkat keparahannya.

Gejala lain dapat termasuk:

  • Darah dalam urin
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Keinginan kuat untuk buang air kecil
  • Mual
  • Muntah

Baca Juga: Moms, Mari Mengenali Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit di Sini

5. Infeksi Ginjal

sakit perut sebelah kanan-hepatitis

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin salah satu atau kedua ginjal terinfeksi oleh bakteri dalam sistem urin. Nyeri biasanya terjadi di punggung bawah, samping, dan pangkal paha. Ini juga bisa dirasakan di perut sebelah kanan bagian bawah.

Rasa sakitnya sering tidak separah dari batu ginjal, tetapi perhatian medis diperlukan untuk mencegah kerusakan permanen.

Gejala lain dapat termasuk:

  • Mual
  • Demam
  • Diare
  • Kehilangan selera makan

Infeksi ginjal dapat keliru untuk didiagnosis sebagai infeksi saluran kemih, seperti sistitis, yang memiliki gejala yang sama. Ini juga termasuk gejala lain, yaitu:

  • Darah dalam urin
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Urin berbau atau keruh
  • Terus-menerus mendesak untuk buang air kecil

6. Hernia

Penyebab sakit perut sebelah kanan selanjutnya adalah hernia. Hernia terjadi ketika bagian tubuh atau organ dalam mendorong melalui jaringan atau otot yang menahannya. Ada beberapa jenis hernia, kebanyakan terjadi di perut. Setiap jenis dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di area yang terkena. Mereka paling sering terjadi di sekitar area perut.

Gejala umum hernia yang mungkin Moms rasakan adalah bengkak atau menggembung, nyeri meningkat, nyeri saat mengangkat, tertawa, menangis, batuk, atau mengejan, sakit yang hilang timbul, merasa kenyang atau sembelit.

Hernia sering tidak berbahaya dan terjadi dengan beberapa gejala lainnya. Namun, beberapa dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar benjolan, yang mungkin meningkat ketika disaring, seperti ketika batuk atau mengangkat benda berat.

7. Sindrom Iritasi Usus

sakit perut sebelah kanan

Foto: Orami Photo Stock

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah kelainan kronis yang umum terjadi yang memengaruhi usus besar. IBS menyebabkan:

  • kram
  • kembung
  • gas
  • diare
  • sembelit
  • sakit perut
  • perubahan gerakan usus
  • lendir di tinja

Dokter tidak mengetahui apa yang menyebabkan sindrom iritasi usus besar, meskipun beberapa faktor telah diidentifikasi. Ini termasuk kontraksi usus yang lebih kuat dari normal atau kelainan pada sistem saraf pencernaan kita.

8. Penyakit Radang Usus

Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau tidak sama dengan penyakit radang usus atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). IBD adalah sekelompok gangguan pencernaan yang melemahkan yang menyebabkan perubahan pada jaringan usus dan meningkatkan risiko kanker kolorektal.

Kolitis ulserativa dan penyakit Crohn adalah dua penyebab IBD yang paling umum. Kedua kondisi kronis tersebut menyebabkan peradangan di saluran pencernaan kit , yang dapat menyebabkan sakit perut.

IBD juga dapat menyebabkan:

  • diare parah
  • kelelahan
  • penurunan berat badan
  • demam
  • darah di tinja Anda
  • nafsu makan berkurang

IBD dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa jika tidak ditangani. Moms harus segera menemui dokter jika melihat salah satu dari gejala di atas.

9. Radang Usus Buntu

sakit perut sebelah kanan-radang usus buntu

Foto: Orami Photo Stock

Radang usus buntu jadi salah satu penyebab sakit perut sebelah kanan bawah. Usus buntu adalah tabung kecil dan tipis yang terletak di tempat pertemuan usus besar dan kecil.

Jika usus buntu Moms meradang, itu dikenal sebagai radang usus buntu. Apendisitis adalah penyebab umum nyeri khususnya di perut kanan bawah.

Sakit perut sebelah kanan bawah yang dirasakan dapat bertambah parah bila penderita batuk, berjalan, atau membuat gerakan yang tiba-tiba.

Gejala radang usus buntu akan menyebabkan penderitanya mengalami mual, muntah,demam, diare, sembelit, perut bengkak, nafsu makan yang buruk

Kondisi tersebut seringkali membutuhkan perhatian medis segera. Jadi, jika Moms mengalami gejala-gejala tersebut, maka harus segera menemui dokter. Setelah dokter mendiagnosis kondisi tersebut, mereka akan mengirim Moms pulang dengan rencana perawatan atau memasukkan kit ke rumah sakit untuk observasi lebih lanjut.

Dokter juga mungkin menentukan bahwa operasi untuk mengangkat usus buntu diperlukan untuk mencegah organ pecah dan menyebabkan komplikasi lain. Jika usus buntu yang Moms derita parah, dokter mungkin segera mengangkat usus buntu kita.

Jika Moms mengalami gejala radang usus buntu, mkatidak boleh minum enema atau obat pencahar, karena dapat menyebabkan usus buntu pecah. Sebaiknya hindari jenis obat apa pun kecuali jika diresepkan oleh dokter sebagai bagian dari rencana perawatan kita.

Baca Juga: Waspadai Radang Usus Buntu! Kenali Penyebab dan Gejalanya

10. Cholangitis

Penyebab sakit perut sebelah kanan lainnya adalah cholangitis. Cholangitis adalah kondisi saat terjadi peradangan pada saluran empedu dan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Cholangitis dikategorikan sebagai penyakit hati.

Moms hanya akan merasakan sakit perut bagian kanan jika mengalami cholangitis yang sudah berlangsung lama. Segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut ya, Moms.

11. Radang Usus Dua Belas Jari (Duodenitis)

sakit perut sebelah kanan-radang usus 12 jari

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang selanjutnya adalah radang usus dua belas jari. Saat mengalami radang usus dua belas jari, penderita mungkin akan mengalami sakit perut sebelah kanan bawah. Peradangan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri H.pylori.

Gejala yang dialami dapat berupa mual, muntah, kram perut, sensasi terbakar atau panas di perut, rasa nyeri pada perut yang tembus ke bagian belakang, merasa kenyang meskipun hanya makan sedikit, dan gangguan pencernaan seperti halnya buang air besar berdarah.

12. Kolesistitis

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang selanjutnya adalah kolesistitis. Kolesistitis merupakan peradangan pada kantong empedu dan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas. Selain sakit perut sebelah kanan, rasa sakit dapat dialami pada perut bagian tengah.

Rasa sakit juga dapat menjalar ke bahu kanan atau punggung. Penderita juga dapat mengalami mual, muntah, demam, dan rasa lunak saat perut disentuh. Jika tidak ditangani, kolesistitis dapat menjadi kondisi yang serius. Oleh karenanya, segera konsultasikan ke dokter.

Baca Juga: Penyakit Batu Empedu: Ini Gejala, Pengobatan, dan Komplikasinya

13. Batu Empedu

sakit perut sebelah kanan-batu empedu

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang selanjutnya adalah batu empedu. Batu empedu terjadi saat terdapat cairan-cairan pencernaan yang mengeras dan tersimpan di kantong empedu.

Jika batu empedu menyumbat saluran empedu, maka penderita dapat mengalami sakit perut sebelah kanan atas yang mendadak dan makin bertambah parah.

Selain sakit perut sebelah kanan, penderita juga dapat merasakan rasa sakit pada perut bagian tengah, bahu, dan punggung di antara tulang belikat. Penderita juga dapat mengalami mual dan muntah. Selain batu empedu, batu ginjal juga dapat menyebabkan perut terasa sakit.

14. Hepatitis

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang selanjutnya adalah hepatitis. Penyakit hepatitis adalah peradangan pada hati dan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas, menurunnya nafsu makan dan berat badan, kulit dan mata yang menguning (jaundice), air seni yang gelap, feses yang berwarna pucat, kelelahan, dan gejala-gejala seperti flu.

Segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Apa Beda Hepatitis A, B, dan C?

15. Kanker Hati

sakit perut sebelah kanan-kanker hati

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang selanjutnya adalah kanker hati. Kebanyakan orang tidak mengalami gejala-gejala kanker hati pada tahapan awal dari kanker hati. Namun, salah satu gejala yang terasa adalah sakit perut sebelah kanan atas.

Gejala lain yang dialami adalah penurunan berat badan dan nafsu makan, merasa lelah, feses yang berwarna putih dan berkapur, mata dan kulit yang menguning (jaundice), mual dan muntah, serta pembengkakan perut.

16. Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang ditemukan di dalam atau di dalam ovarium. Kebanyakan kista tidak menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, dan akhirnya bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi kista ovarium yang besar, terutama jika pecah, dapat menyebabkan gejala yang serius.

Gejala yang dimaksud termasuk:

  • nyeri perut bagian bawah yang tumpul atau tajam
  • kembung
  • perasaan penuh atau berat di perut kita

Moms harus segera menemui dokter jika gejala-gejala ini disertai dengan:

  • sakit perut mendadak dan parah
  • demam
  • muntah
  • kulit dingin dan lembap
  • pernapasan cepat
  • kelemahan

17. Endometriosis

sakit perut sebelah kanan

Foto: lifepack.id

Endometriosis adalah tempat jaringan yang biasanya melapisi rahim ditemukan di area lain, seperti ovarium atau perut. Ini adalah kondisi kronis dan dapat menyebabkan rasa sakit di perut sebelah kanan bagian bawah atau punggung.

Tingkat keparahan gejala bervariasi dan dapat meliputi:

  • Nyeri haid yang parah
  • Rasa sakit selama atau setelah berhubungan seks
  • Rasa sakit saat buang air kecil atau mengosongkan usus selama suatu periode
  • Mual
  • Menstruasi berat yang tidak normal

18. Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul adalah infeksi pada saluran genital. Ini dapat menyebabkan sakit perut bagian kanan, tetapi gejalanya seringkali ringan dan jarang. Mereka dapat mencakup:

  • Rasa sakit saat berhubungan seks
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Menstruasi yang sangat berat atau menyakitkan
  • Perdarahan di antara periode atau setelah berhubungan seks
  • Mual
  • Demam

19. Kehamilan Ektopik

sakit perut sebelah kanan

Foto: Orami Photo Stock

Kehamilan ektopik dapat terjadi ketika sel telur yang dibuahi hadir di luar rahim, seperti di salah satu saluran tuba. Ini dapat menyebabkan rasa sakit di perut sebelah kanan dan gejala lainnya, termasuk:

  • Tanda-tanda khas kehamilan, seperti menstruasi yang terlewat
  • Perdarahan vagina atau keputihan
  • Rasa sakit di sekitar bahu
  • Rasa sakit saat buang air kecil atau mengosongkan usus
  • Mual
  • Diare

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Perut Sebelah Kiri Sakit yang Harus Moms Waspadai

20. Torsi Ovarium

Torsi ovarium, juga disebut torsi adneksa atau torsi tubo-ovarium, adalah putaran "batang", atau tangkai berdaging pendukung, dari ovarium.

Kondisi ini dapat terjadi ketika massa terbentuk di permukaan ovarium dan menariknya. Ini paling sering merupakan komplikasi ovarium kistik. Masalah ini paling sering terjadi pada wanita di bawah tiga puluh atau menopause sebelumnya. Itu bisa terjadi selama kehamilan.

Gejala berupa sakit perut bagian bawah yang parah, satu sisi, disertai mual dan muntah. Gejala lainnya yang juga bisa dirasakan adalah:

  • periode menstruasi yang tidak teratur
  • nyeri saat berhubungan seks
  • merasa kenyang meskipun Moms baru saja makan

Diagnosis dibuat dengan USG. Ovarium akan tampak membesar karena torsi yang memutus sirkulasi. Akan ada cairan panggul bebas dan pedikel bengkok.

Torsi ovarium adalah keadaan darurat medis. Ovarium bisa mati karena kehilangan sirkulasi, menyebabkan infeksi, abses, atau peritonitis. Pembedahan harus dilakukan untuk mencegah kematian jaringan dan komplikasi selanjutnya. Pada sebagian besar kasus, ovarium yang terkena harus diangkat, yang juga menghilangkan kista atau massa yang menyebabkan torsi.

Perawatan yang tepat untuk sindrom ovarium polikistik (PCOS) dapat membantu mencegah setidaknya satu penyebab torsi ovarium.

Torsi ovarium sering kali membutuhkan pembedahan untuk melepaskan ovarium

21. Hernia Inguinalis

sakit perut sebelah kanan

Foto: pelvicpaindoc.com

Hernia inguinalis adalah salah satu jenis hernia yang paling umum. Mereka jauh lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Hernia inguinalis biasanya terjadi ketika jaringan lemak atau bagian dari usus mendorong melalui saluran yang terletak di perut bagian bawah. Ini adalah tipe hernia yang paling umum dan biasanya terjadi pada pria.

Jika ini terjadi, Moms akan melihat tonjolan kecil di area selangkangan di antara paha dan perut bagian bawah. Moms mungkin juga merasakan ketidaknyamanan dan nyeri saat mengejan, mengangkat, batuk, atau berolahraga.

Gejala lainnya termasuk:

  • Lesu, berat, sakit, atau terbakar di selangkangan
  • skrotum bengkak atau membesar

22. Torsi Testis

Torsi testis terjadi ketika testis Anda berputar dan memutar korda spermatika. Pemelintiran ini menyebabkan berkurangnya aliran darah ke area tersebut, yang menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah serta pembengkakan di skrotum. Tali sperma yang menempel pada testis dapat menjadi bengkok dan membatasi aliran darah. Ini dapat menyebabkan rasa sakit di perut bagian kanan dan gejala lainnya termasuk:

Torsi testis biasanya membutuhkan pembedahan darurat.

Baca Juga: 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Jangan Dianggap Sepele ya!

Dalam mengatasi sakit perut sebelah kanan, jangan mengonsumsi obat-obatan sembarangan. Segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan.

Artikel Terkait