Parenting Islami

4 Juni 2021

Potong Rambut saat Haid, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Simak keterangan potong rambut saat haid dari kaca mata Islam dan kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu mitos khusus perempuan yang sering dipercaya oleh masyarakat adalah tidak boleh potong rambut saat haid. Berdasarkan kepercayaan tersebut, perempuan sedang berada dalam kondisi tidak suci dan tidak boleh ada anggota tubuh yang terpisah karena sama-sama tidak suci.

Jika dilakukan, banyak masyarakat percaya bahwa rambut yang dibuang tersebut akan mendatangkan masalah pada hari kiamat kelak. Ini karena saat kiamat, kondisi tubuh akan seperti sedia kala. Rambut yang sudah dipotong akan kembali yang malah membuat seseorang tidak suci pada hari itu.

Larangan memotong rambut ini sering disamakan dengan orang yang berqurban. Hal ini berdasarkan salah satu hadis saat Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang berqurban dilarang untuk memotong rambut dan kuku, terhitung saat memasuki tanggal 1 Zulhijjah.” (HR Muslim).

Baca Juga: 6 Mitos Tentang Haid dan Faktanya

Hukum Potong Rambut saat Haid Dalam Islam

Potong Rambut Saat Haid -1

Foto: Orami Photo Stock

Haid merupakan kondisi biologis yang dialami perempuan yang telah memasuki masa baligh. Ini merupakan peristiwa keluarnya darah segar dari lubang kewanitaan dalam siklus satu bulan sekali. Perempuan yang haid dan nifas hanya darahnya saja yang najis, bukan orangnya.

Sebenarnya, tidak terdapat riwayat yang melarang potong rambut saat haid. Demikian pula, tidak terdapat riwayat yang memerintahkan agar rambut perempuan haid yang rontok untuk dicuci bersamaan dengan mandi setelah haid.

Bahkan sebaliknya, terdapat riwayat yang membolehkan perempuan yang sedang haid untuk menyisir rambutnya. Padahal, bisa saja ada rambut rontok yang ikut terjatuh saat perempuan tersebut menyisir rambutnya. Ini berarti hukum potong rambut saat haid dibolehkan.

Dalam sebuah hadis disebutkan, ketika Aisyah mengikuti haji bersama Nabi SAW, sesampainya di Mekkah beliau mengalami haid. Kemudian Nabi SAW bersabda: “Tinggalkan umrahmu, lepas ikatan rambutmu dan bersisirlah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari sini bisa disimpulkan bahwa Rasulullah SAW bahwa Rasulullah SAW tidak melarang potong rambut saat haid. Karena, beliau bahkan menyuruh Aisyah untuk menyisir rambut yang kemungkinan terdapat rambut rontok.

Di dalam fatawa Al-Kubra, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah memiliki sebuah pertanyaan, “Saat seorang sedang junub dan memotong kukunya atau kumis atau menyisir rambut, apakah salah?, Sebagian orang mengatakan jika orang yang memotong rambut atau kuku saat junub, maka semua bagian tubuhnya akan kembali saat hari kiamat dan menuntut pemiliknya untuk memandikannya dan apakah itu benar?”

Syaikhul Islam lalu menjawab: “Terdapat hadis shahih dari Hudzifah dan Abu Hurairah RA bahwa Nabi SAW ditanya tentang orang yang junub, kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya orang mukmin itu tidak najis.’ Dalam shahih Al-Hakim, ada tambahan, ‘Baik ketika hidup maupun ketika mati.’"

Baca Juga: Mengenal Menorrhagia, Darah Berlebih Saat Haid yang Bisa Sebabkan Anemia

Yang Tidak Boleh Dilakukan saat Haid

Potong Rambut Saat Haid -2

Foto: Orami Photo Stock

Dalam hadis dari Aisyah di atas menunjukkan tidak ada keterangan yang secara spesifik melarang potong rambut saat haid. Bahkan, sangat dianjurkan untuk menyisir rambut. bahkan, Muhammad bin Yusuf Al-Ibadhi dalam Syarkh An-Nail Wa Syifai Alil (1/347) menyebut pemahaman yang melarang perempuan haid dan nifas memotong rambut sebagai sesuatu yang bid’ah.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya yang paling besar dosa dan kejahatannya dari kaum muslimin adalah orang yang bertanya tentang hal yang tidak diharamkan, lantas hal tersebut menjadi diharamkan karena pertanyaannya tadi.” (HR Bukhari).

Dalam hadist tersebut diterangkan bahwa tidak boleh membuat spekulasi mengenai hal ini. Karena secara hukum, tidak ada dasar dan ketegasan yang menjelaskan bahwa potong rambut rambut saat haid merupakan hal yang dilarang.

Dalam kitab fikih yang muktamad, jika ditelusuri ada hal-hal yang dilarang dikerjakan oleh orang yang sedang dalam keadaan junub, tak satu pun yang menyebutkan tidak boleh potong rambut. Yang jelas-jelas dilarang untuk dikerjakan oleh orang yang junub adalah:

  • Shalat atau sujud tilawah. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila haid datang, tinggalkanlah shalat.” (HR Bukhari dan Muslim).
  • Tawaf di sekitar Ka’bah,
  • Menyentuh mushaf Alquran. Dalam Alquran Allah SWT berfirman: “Tidak menyentuhnya (Al-Quran) kecuali orang-orang yang disucikan.” (QS Al-Waqi’ah: 79).
  • Membaca ayat Alquran dengan lisannya, bukan dalam hati kecuali doa yang lafaznya diambil dari ayat Alquran.
  • I’tikaf di masjid atau masuk ke dalam masjid di luar i’tikaf. Dari Aisyah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ku halalkan masjid bagi orang yang junub dan haidh.”

Baca Juga: Bikin Haid Tak Teratur dan Ganggu Kesuburan, Apa Penyebab PCOS dan Gejalanya?

Kondisi Rambut saat Haid

Potong Rambut Saat Haid -3

Foto: Orami Photo Stock

Karena potong rambut saat haid diperbolehkan, alangkah lebih baik untuk memperhatikan mahkota perempuan tersebut selama periode mentruasi. Sebab, ada beberapa kondisi rambut yang berubah saat sedang haid.

Hasil studi dari Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa jika lebih banyak kondisi rambut buruk yang terjadi sekitar waktu menstruasi, hal itu tidak berkorelasi dengan peningkatan kadar sebum kulit kepala.

Ada beberapa perubahan pada rambut yang terjadi selama mentruaasidan tips tentang cara mengatasinya, dikutip Be Beautiful India.

1. Rambut Terasa Lebih Berminyak dari Biasanya

Hormon cenderung berfluktuasi lebih banyak dari biasanya saat seorang perempuan sedang haid, menghasilkan lebih banyak testosteron yang meningkatkan sekresi sebum yang dapat membuat rambut terlihat lengket, dan lebih berminyak.

Jika terbiasa untuk mencuci rambut saat merasa kulit lebih berminyak, sebenarnya itu bukan pilihan bagus. Sebab nyatanya, mencuci rambut setiap hari akan menghilangkan minyak alami yang dikandung di dalam rambut.

Sebaliknya, belilah sampo kering yang bagus yang akan membantu menyerap minyak berlebih dan membuat rambut terasa lebih segar di sela-sela keramas. Ini juga akan membantu mendapatkan kondisi rambut yang lebih baik.

2. Kulit Kepala Lebih Sensitif

Hormon akan mengontrol segalanya saat perempuan sedang menstruasi, tidak terkecuali dengan kondisi kulit kepala. Ketika siklus mendtruasi dimulai, perempuan akan menghasilkan hormon yang meningkatkan kepekaan rasa sakit, yang menyebabkan kulit kepala Anda menjadi lembut dan sensitif terhadap segala hal.

Untuk mempertahankan kondisi kulit kepala yang baik, hindari menarik-narik rambut terlalu keras saat sedang menyisirnya. Ini untuk menghindari kondisi kulit kepala yang lebih sensitif. Sebaliknya, pilihlah sisir bergigi jarang dan lebih lembut memperlakukan rambut.

3. Lebih Banyak Rambut Rontok

Tingkat estrogen berada paling rendah saat menstruasi pertama kali dimulai. Dan saat siklus haid dimulai, tingkat zat besi dalam tubuh juga ikut menurun. Ini akan menyebabkan perempuan kehilangan lebih banyak rambut daripada biasanya.

Bahkan, pada beberapa kasus, pendarahan hebat saat haid dapat memicu rambut rontok dan menipis. Jika sudah begini, konsultasikan dengan dokter untuk memeriksa apakah akan memerlukan suplemen zat besi selama menstruasi atau tidak.

Salah satu solusinya juga dapat dengan memilih tidak mengikuti gaya rambut seperti mengepang yang menarik rambut terlalu kencang, untuk menghindari kerontokan rambut lebih lanjut. Ini juga demi menjaga kesehatan rambut selama siklus haid.

Karena potong rambut saat haid diperbolehkan, segera perhatikan kondisi rambut agar tetap terawat selama menjalani siklus haid.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17163928/
  • https://dalamislam.com/hukum-islam/wanita/hukum-memotong-rambut-saat-haid-dalam-islam\
  • https://konsultasisyariah.com/5266-bolehkah-memotong-kuku-atau-rambut-ketika-haid.html
  • https://helloclue.com/articles/cycle-a-z/hair-and-the-menstrual-cycle
  • https://www.bebeautiful.in/articles/did-you-know-that-you-could-damage-your-hair-while-sleeping
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait