Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
07 April 2022

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan!

Semangka kuning tak kalah sehatnya dengan semangka merah, lho!
Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan!

Tak cuma merah, Moms dan Dads juga bisa menikmati semangka kuning.

Ya, jenis semangka ini tidak sulit untuk dicari karena memang umum dibudidayakan di berbagai wilayah di Indonesia.

Warnanya yang kuning ini, tentunya dapat menarik perhatian.

Apakah zat gizinya sama dengan semangka kuning?

Lantas, bagaimana dengan manfaatnya?

Yuk, caru tahu jawabannya pada ulasan berikut ini!

Kenapa Ada Semangka Berwarna Kuning?

yellow-watermelon-plant-profile-4766599-05-e398951dea9748e087138fcea28b7d25

Foto: yellow-watermelon-plant-profile-4766599-05-e398951dea9748e087138fcea28b7d25 (https://www.thespruce.com/thmb/aRCt5zD0InIjrBgWaVX6K21QjmY=/4395x2928/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/yellow-watermelon-plant-profile-4766599-05-e398951dea9748e087138fcea28b7d25.jpg)

Foto: thespruce.com

Perbedaan jelas antara semangka merah dengan semangka kuning dapat dilihat dari warnanya.

Semangka merah mendapatkan warna khasnya ini dari likopen, yakni antioksidan yang juga memberikan warna merah pada jeruk bali dan tomat.

Semangka kuning di sisi lain tidak mengandung likopen, sehingga warna tidak kemerahan.

Tak cuma dari warna, rasanya pun berbeda.

Varietas kuning dianggap lebih manis dan rasanya hampir mirip madu, ketimbang varietas yang merah.

Bagian kulit semangka merah diketahui juga jauh lebih tipis ketimbang varietas kuning.

Walaupun varietas kuning tidak mengandung likopen, varietas kuning tetap dilengkapi oleh zat gizi lainnya yang menyehatkan tubuh.

Baca Juga: 20 Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil, Intip Porsi yang Ideal dan Tidak Berlebihan

Kandungan Gizi Semangka Kuning

AdobeStock_374145341

Foto: AdobeStock_374145341 (https://images.ctfassets.net/3s5io6mnxfqz/1HAGQs64RwIjBPNja9pORz/8bbcb74943e35e2de3e97923d6cd7450/AdobeStock_374145341.jpeg?fm=jpg&w=900&fl=progressive)

Foto: masterclass.com

Untuk 286 gram buah semangka kuning, mengandung zat gizi sebagai:

Juga mengandung kalsium, zat besi, vitamin C, dan vitamin A.

Zat gizinya ini bisa saja berbeda, tergantung dari tingkat kematangan dan kesegaran buah.

Baca Juga: 9+ Manfaat Buah Angkung, Salah Satunya Menurunkan Berat Badan!

Manfaat Semangka Kuning bagi Kesehatan

ezgif-2-71132273d8

Foto: ezgif-2-71132273d8 (https://img.freepik.com/free-photo/watermelon-woman-eat-yellow-funny-tasty-food_431835-3148.jpg)

Foto: freepik.com

Berdasarkan kandungan gizinya, berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika mengonsumsi semangka kuning secara rutin:

1. Mencukupi Asupan Cairan

Baik itu semangka varietas merah atau kuning, sama-sama mengandung banyak air.

Hal ini bisa dilihat dari air yang kerap kali menetes ketika kita menggigiti daging buah semangka.

Nah, kandungan airnya ini bisa membantu mencukupi asupan cairan tubuh per harinya, selain dengan minum air putih.

Kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, sel-sel tubuh dapat bekerja dengan normal dan terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: Manfaat Buah Lobi-Lobi, Mampu Jaga Kesehatan Ginjal dan Atasi Diare!

2. Menyediakan Energi

Tidak hanya air, buah semangka kuning juga menyediakan energi.

Energinya ini didapat dari karbohidrat yang terkandung pada buah semangka jenis ini.

Karbohidrat adalah sumber utama tubuh untuk menghasilkan energi tubuh.

Jadi, mengonsumsi semangka ini bisa menyumbang energi yang nantinya digunakan untuk menjalani berbagai aktivitas.

3. Menyehatkan Mata, Kulit, dan Otak

Semangka kuning tidak mengandung likopen, namun jenis semangka ini kaya akan beta karoten.

Menurut situs WebMD, beta karoten ketika masuk ke tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang disebut juga retinol.

Nah, retinol ini mendukung kesehatan mata dan mencegah terjadinya gangguan pada mata, seperti degenerasi makula.

Degenerasi makula adalah gangguan mata yang terkait dengan menuanya usia.

Di samping itu, senyawa ini juga bertindak seperti antioksidan yang dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif.

Aktivitas antioksidannya juga dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Selain itu, kandungan antioksidannya ini juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Perlu diketahui, jika terpapar sinar UV terlalu sering bisa menimbulkan bercak cokelat dan garis penuaan dini..

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Carica, Buah Khas Dataran Tinggi Dieng

4. Menjaga Kesehatan Saraf dan Jantung

Buah semangka kuning juga mengandung kalium dan natrium.

Keduanya, diperlukan tubuh sebagai elektrolit untuk menjaga kesehatan saraf-saraf di tubuh.

Jika tubuh kekurangan mineral ini, kesemutan pada tubuh akan sering terjadi.

Di samping itu, keduanya juga mengontrol tekanan darah di dalam tubuh agar tekanan darah normal bisa dicapai.

Hal ini berkaitan erat dengan kesehatan jantung.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat mengurangi fleksibilitas tekanan darah dan membuat jantung bekerja lebih berat dari biasanya.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Terakhir, buah semangka kiuning juga menyediakan serat.

Tercukupinya asupan serat perhari, membantu melancarkan BAB.

Ini karena serat membuat tekstur jadi lebih lunak, sehingga bisa melewati usus dan keluar dari tubuh dengan lancar

Asupan serat yang tercukupi juga membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

Baca Juga: Mengenal Buah Namnam, Buah Langka dengan Beragam Manfaat Baik

Tips Aman Makan Semangka Kuning

Yellow-Watermelon-2

Foto: Yellow-Watermelon-2 (https://cdn.diys.com/wp-content/uploads/2021/05/Yellow-Watermelon-2.jpg)

Foto: diys.com

Manfaat semangka kuning sungguh banyak, bukan?

Namun, bukan berarti kita dapat mengonsumsinya secara berlebihan.

Makanlah buah ini secukupnya saja, dan kombinasikan dengan buah-buah lain agar zat gizi yang didapatkan lebih bervariasi.

Kebanyakan makan semangka bisa membuat perut jadi kembung dan diare.

Memang tidak aturan seberapa banyak semangka aman dimakan.

Asupannya disesuaikan dengan kandungan gula yang ada di dalamnya.

Departemen Pertanian AS (USDA) merekomendasikan makan sekitar 2 cangkir buah per hari untuk mereka yang menjalani diet standar 2.000 kalori, yang berarti sekitar 300 gram untuk semangka.

Pilih juga kondisi semangka yang masih segar, karena zat gizinya masih dalam kondisi baik.

Moms dan Dads bisa menikmati buah semangka kuning secara langsung, dibuat smoothies atau es buah.

  • https://www.allrecipes.com/article/what-is-yellow-watermelon/
  • https://www.livestrong.com/article/321902-yellow-watermelon-nutritional-content/
  • https://www.nutritionix.com/food/yellow-watermelon
  • https://www.webmd.com/diet/health-benefits-beta-carotene
  • https://medlineplus.gov/ency/article/002415.htm