3-12 bulan

6 Oktober 2020

9 Solusi untuk Bayi Sulit BAB yang Bisa Moms Lakukan Segera

Perkaya makanan tinggi serat untuk membantu Si Kecil BAB
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Tentunya setiap orang tua ingin agar bayinya tumbuh sehat. Karenanya, Moms memberikan asupan nutrisi terbaik kepada Si Kecil setiap harinya, sehingga makanan yang dikonsumsinya ini juga membuat pencernaan bayi sehat.

Tetapi, Moms mungkin akan mengalami momen di mana bayi sulit BAB (buang air besar). Ini bisa dikatakan Si Kecil mengalami sembelit.

Mengutip Nationwide Children's Hospital, ada beberapa gejala yang menunjukkan jika Si Kecil mengalami sembelit.

  • Sulit buang air besar
  • Mengejan lebih dari usaha normal untuk buang air besar
  • Kotoran berbentuk seperti kerikil kecil, keras, tinja yang lunak dan lembek atau tinja yang lebar dan besar
  • Perut bengkak dengan gas
  • Kram yang menyakitkan

Tips Mengatasi Bayi Sulit BAB

Menurut Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition, sembelit adalah keterlambatan atau kesulitan buang air besar yang terjadi selama 2 minggu atau lebih.

Jika Moms merasa Si Kecil mengalami sembelit, tidak perlu panik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bayi sulit BAB.

Baca Juga: Makanan Ini Justru Sebabkan Bayi Sembelit

1. Mengganti Susu

bayi sulit BAB-1

Mengutip Healthline, jika bayi minum ASI, Moms dapat mencoba mengatur pola makan yang dikonsumsi. Ini karena sesuatu yang Moms makan mungkin bisa menyebabkan konstipasi, meskipun jarang terjadi.

Sementara, jika Si Kecil minum susu formula, Moms dapat mencoba berbagai jenis susu formula, setidaknya sampai sembelit hilang.

Sensitivitas terhadap bahan-bahan tertentu pada susu formula dapat menyebabkan bayi sulit BAB.

2. Makan Makanan Padat

bayi sulit BAB-2

Beberapa makanan padat bisa menyebabkan sembelit, tetapi ada makanan padat lain yang bisa memperbaikinya. Moms dapat menambahkan makanan tinggi serat, seperti:

  • Brokoli
  • Buah pir
  • Prem
  • Persik
  • Apel tanpa kulit

Baca Juga: Kenalkan Bayi pada 3 Makanan Tinggi Serat ini Di Awal MPASI

3. Tingkatkan Konsumsi Cairan

bayi sulit BAB-3

Berikan bayi sedikit air atau jus buah seperti apel, jus prune, atau jus pir yang dibuat sendiri setiap hari, selain pemberian makanan biasa sebagai solusi bayi sulit BAB.

"Jus ini mengandung sorbitol, pemanis yang bertindak seperti pencahar. Mulailah dengan jus sekitar 60-120 ml," jelas Jay L. Hoecker, M.D., dokter anak dan anggota Departemen Kedokteran Anak dan Remaja, mengutip Mayo Clinic.

4. Perkaya Serat dalam Pola Makan

bayi sulit BAB-4

Moms juga dapat mengonsumsi makan jenis tertentu yang kaya akan serat sebagai solusi bayi sulit BAB.

"Jika bayi sudah mengonsumsi makanan padat, cobalah bubur kacang polong atau plum, yang mengandung lebih banyak serat daripada buah dan sayuran lainnya," jelas Dr. Jay.

Moms bisa memberikan gandum utuh, roti gandum atau sereal multigrain, yang mengandung lebih banyak serat daripada sereal beras biasa.

Baca Juga: 4 Manfaat Pijat Untuk Bayi yang Perlu Moms Ketahui

5. Pijat Perut Bayi

bayi sulit BAB-5

Selain memerhatikan jenis makanan yang dapat melancarkan BAB bayi, Moms juga bisa melakukan pijatan pada perut bayi untuk mengatasi sembelitnya.

Pijat pada bagian perut dan perut bawah bayi dengan lembut agar dapat merangsang usus untuk buang air besar. Lakukan beberapa pijatan sepanjang hari, sampai Si Kecil dapat buang air besar.

6. Ajak Bayi Berolahraga

mengatasi bayi sulit BAB

Foto: Orami Photo Stock

Menggerakkan kaki bayi dapat membantu mengatasi bayi yang kesulitan BAB. Seperti halnya orang dewasa, olahraga dan gerakan cenderung merangsang buang air besar bayi. Namun, karena Si Kecil mungkin belum bisa berjalan atau bahkan merangkak, Moms mungkin ingin membantu mereka berolahraga untuk meredakan sembelit.

Moms dapat dengan lembut menggerakkan kaki bayi saat mereka berbaring telentang untuk meniru gerakan mengendarai sepeda. Melakukan ini dapat membantu fungsi usus dan meredakan sembelit.

7. Mandi Air Hangat

memandikan bayi dengan air hangat

Foto: Orami Photo Stock

Memandikan Si Kecil dengan air hangat dapat mengendurkan otot perut dan membantunya berhenti mengejan. Itu juga dapat meredakan beberapa ketidaknyamanan yang berkaitan dengan sembelit.

Baca Juga: Minum Air Putih Hangat Setiap Pagi Ternyata Punya 7 Manfaat Menakjubkan untuk Tubuh

8. Berikan Si Kecil Jus Buah

jus buah untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Setelah bayi mencapai usia 2-4 bulan, mereka dapat mengonsumsi sedikit jus buah, seperti 100 persen prune atau jus apel. Jus ini dapat membantu mengatasi sulit BAB pada bayi. Para ahli mungkin merekomendasikan untuk memulai dengan sekitar 2–4 ons jus buah. Gula dalam jus sulit dicerna. Akibatnya, lebih banyak cairan masuk ke usus, yang membantu melembutkan dan memecah tinja.

Namun, Moms sebaiknya tidak memberikan jus buah kepada bayi untuk pertama kalinya tanpa berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu ya agar lebih aman.

9. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

puree peach untuk mengatasi bayi sulit BAB

Foto: Orami Photo Stock

Perubahan pola makan tertentu dapat membantu mengatasi kesulitan BAB, tetapi ini akan bervariasi tergantung pada usia dan pola makan bayi.

Untuk bayi yang diberi susu formula, Moms mungkin ingin mencoba jenis susu formula yang berbeda. Sebaiknya jangan beralih ke formula lembut atau bebas susu tanpa berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Jika satu perubahan tidak membuat perbedaan, terus coba makanan yang berbeda.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Naga Sebagai MPASI Bayi, Luar Biasa!

Jika bayi mengonsumsi makanan padat, Moms harus mencoba memperkenalkan makanan yang merupakan sumber serat yang baik.

Banyak buah dan sayuran dapat membantu merangsang BAB karena kandungan seratnya yang lebih tinggi, seperti:

  • Apel tanpa kulit.
  • Brokoli.
  • Biji-bijian, seperti oatmeal atau roti atau pasta dari gandum utuh.
  • Persik.
  • Buah pir.
  • Plum.

Itu dia Moms, tips untuk bayi sulit BAB yang dapat dilakukan. Jika Si Kecil masih belum bisa buang air besar, konsultasikan ke dokter anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait