Parenting Islami

27 Agustus 2021

Surah Al Baqarah 2 Ayat Terakhir, Ini Bacaan Lengkap dan Keistimewaannya, Yuk Amalkan!

Ternyata, surah al baqarah 2 ayat terakhir mengandung doa yang dahsyat, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Membaca surah Al Baqarah 2 ayat terakhir termasuk ke dalam amalan yang sunnah dilakukan. Salah satu manfaatnya adalah diberikan kecukupan oleh Allah SWT. Disebutkan dalam hadits dari Abu Mas’ud Al-Badri RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya: “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Institutional Repository of UIN Ar-Raniry Banda Aceh mencatat, pada bagian pembuka mengandung pola yang sama dengan bagian penutup, yaitu penjelasan tentang orang-orang beriman dan orang-orang kafir.

Akan tetapi, penjelasan tentang orang kafir pada bagian penutup tersebut disebutkan hanya sebagai bagian dari doa yang bisa dipanjatkan oleh orang-orang beriman yang meminta perlindungan dari orang-orang kafir.

Baca Juga: Tasyakuran 4 Bulanan dalam Islam, Berikut Penjelasannya

Surah Al Baqarah 2 Ayat Terakhir Arab, Latin, dan Terjemahannya

Surah Al Baqarah 2 Ayat Terakhir -1.jpg

Foto: Nataaudio.com

Ayat 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

“A Manarrasuulu Bimaa Unzila Ilaihi Min Robbihi Wal Mu’minuna Kullu Amana Billahi Wamalaa Ikatihi Wakutubihi Warusulihi La Nufarriku Bayna Ahadin Min Rusulihi Wakulu Sami’naa Wa Atho’naa Ghufronaka Rabbana Wailaikal Masyiiru.”

Artinya: “Rasul telah beriman kepada Alquran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.

(Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”

Ayat 286

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Laa Yukallifullahu Nafsan Illa Wus’ahaa Lahaa Makasabat Wa ‘Alaihaa Maktasabat Rabbanaa Laa Tuwaa Khidnaa Inna Siinaa Au Akhtho’naa Rabbanaa Walaa Tahmil ‘Alainaa Isron Kamaa Hamaltahu ‘Alalladzina Minkoblina Rabbanaa Walaa Tuhammilnaa Maa Laa Thoo Qotala Naa Bihi Wa’fu ‘Ana Wakhfirlanaa Warhamnaa Anta Mailaanaa Fansurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriina.”

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Baca Juga: 9 Macam Puasa yang Diharamkan dalam Ajaran Islam, Catat!

Keistimewaan Surah Al Baqarah 2 Ayat Terakhir

Surah Al Baqarah 2 Ayat Terakhir -2.jpg

Foto: Pinterest.com

Seperti hadis dari Rasulullah SAW di atas, ada keistimewaan dari surah Al Baqarah 2 ayat terakhir bagi orang-orang yang membacanya, di antaranya:

  • Mayoritas ulama memberi pendapat mengenai arti ‘diberi kecukupan’, yaitu barang siapa yang melaksanakannya, maka akan diberi kecukupan baginya urusan dunia dan akhirat.
  • Selain itu juga akan dijauhkan dari godaan setan dan perbuatan dosa. Alasannya adalah karena di dalam surah Al Baqarah 2 ayat terakhir mengandung sikap pasrah pada Allah SWT.
  • Ada juga ulama yang mengatakan bahwa dengan membaca 2 ayat tersebut, imannya akan diperbaharui.
  • Ada juga ulama yang mengatakan bahwa ayat tersebut bisa digunakan sebagai pengganti dari berbagai dzikir, karena di dalamnya sudah terdapat do’a untuk meminta kebaikan dunia dan akhirat.

Baca Juga: 7+ Hadits Larangan Marah dalam Islam yang Perlu Diketahui, Catat!

Al-Qadhi ‘Iyadh menyatakan bahwa makna hadits di atas bisa jadi dengan membaca surah Al Baqarah 2 ayat terakhir akan mencukupkan dari shalat malam. Atau orang yang membacanya dinilai menggantungkan hatinya pada Alquran. Atau bisa pula maknanya terlindungi dari gangguan setan dengan membaca ayat tersebut.

Atau bisa jadi dengan membaca dua ayat tersebut akan mendapatkan pahala yang besar karena di dalamnya ada pelajaran tentang keimanan, kepasrahan diri, penghambaan pada Allah dan berisi pula do’a kebaikan dunia dan akhirat. (Ikmal Al-Mu’allim, 3: 176, dinukil dari Kunuz Riyadhis Sholihin, 13: 83).

Ada juga pendapat dari Imam Nawawi yang menyatakan bahwa maksud dari memberi kecukupan adalah ia sudah dicukupkan dari shalat malam. Maksudnya, itu sudah pengganti shalat malam. Ada juga ulama yang menyampaikan makna bahwa ia dijauhkan dari gangguan setan atau dijauhkan dari segala macam penyakit. Semua makna tersebut kata Imam Nawawi bisa memaknai maksud hadits.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin menjelaskan tentang keutamaan dua ayat tersebut ketika dibaca di malam hari. “Ketahuilah para ikhwan sekalian, kedua ayat ini jika dibaca di malam hari, maka akan diberi kecukupan.

Yang dimaksud diberi kecukupan di sini adalah dijaga dan diperintahkan oleh Allah, juga diperhatikan dalam do’a karena dalam ayat tersebut terdapat doa untuk maslahat dunia dan akhirat.” (Ahkam Al-Qur’an Al-Karim, 2: 540-541).

Semoga setelah mengetahui keutamaan surah Al Baqarah ini dapat menjadi motivasi untuk selalu membacanya dan meraih kebaikan dan keberkahan dengan melakukannya.

  • https://islamkita.co/2-ayat-terakhir-al-baqarah/
  • https://rumaysho.com/11085-keutamaan-membaca-dua-ayat-terakhir-surah-al-baqarah-pada-waktu-malam.html
  • https://core.ac.uk/reader/293475160
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait