26 April 2022

10 Tanaman Rumah Penghasil Oksigen, Cantik dan Bermanfaat!

Apa saja ya tanaman rumah penghasil oksigen? Cek di sini!

Meningkatnya tingkat polusi udara berimbas pada kualitas udara di sekitar rumah. Untuk membawa kembali kesegaran, tanaman rumah penghasil oksigen bisa menjadi solusi.

Studi Architecture Innovation mencatat, taman vertikal di rumah merupakan solusi design arsitektur yang menjawab kebutuhan penghuni rumah atas pemenuhan tersedianya tanaman rumah penghasil oksigen di samping taman horizontal.

Saat di luar, Moms mungkin tidak dapat menghindari polusi. Namun di rumah, Moms masih dapat memastikan untuk mendapat udara bersih dan oksigen yang cukup dengan tanaman dalam ruangan.

Baca Juga: Dikenal sebagai Tanaman Keramat, Ini Manfaat Daun Sendok bagi Kesehatan

Tanaman Rumah Penghasil Oksigen yang Cantik

Tanaman Rumah Penghasil Oksigen -1
Foto: Tanaman Rumah Penghasil Oksigen -1

Foto: Indiamart.com

Berbagai alternatif alami untuk meningkatkan kualitas udara yang bermanfaat bagi tubuh dan pikiran kini tersedia. Menghadirkn tanaman rumah [enghasil oksigen bisa jadi solusi yang juga akan mempercantik tampilan rumah.

Rumah harus menjadi lingkungan yang menunjang kesehatan dan kesejahteraan yang baik. Dan dengan memperhatikan hal tersebut, ada beberapa rekomendasi tanaman rumah penghasil oksigen yang bisa dicoba:

1. Ficus Compacta

Tanaman ini umumnya dikenal sebagai tanaman rumah penghasil oksigen yang juga berfungsi sebagai pembersih udara dengan dedaunan yang indah.

Ini adalah tanaman rumah biasa dengan berbagai manfaat. Bahkan, fungsinya sebagai pemurni udara terbaik ini telah diakui oleh NASA, karena efektif membersihkan formaldehida, xilena, dan toluena di udara.

2. Tanaman Laba-laba

Jika Moms membutuhkan tanaman rumah penghasil oksigen yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk perawatannya, tanaman laba-laba ini adalah salah satu tanaman indoor yang paling mudah untuk tumbuh.

Tanaman laba-laba ini dikenal dapat meningkatkan kualitas udara dengan menyaring karbon monoksida, formaldehida, dan benzena.

Selain dapat menghasilkan oksigen, tanaman ini juga dikenal untuk menyebarkan getaran bahagia dan membantu mengatasi kecemasan dan juga manajemen stres.

3. Areca Palm (Pohon Pinang)

Dikenal karena dapat menyerap polutan berbahaya dari udara, pinang adalah salah satu tanaman indoor terbaik untuk memurnikan udara di rumah.

Areca Palm tidak hanya dikenal untuk memurnikan udara saja, tetapi juga membantu perkembangan yang tepat dari anak-anak dan janin. Memiliki tanaman ini di rumah juga membantu memperkuat sistem saraf.

Seperti semua tanaman, Pinang secara biologis direkayasa untuk menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen.

Bukan hanya itu, Areca Palm memiliki kemampuan untuk juga memurnikan lingkungan dengan menghilangkan bahan kimia berbahaya seperti formaldehida, xilena, dan toluena.

Areca Palm bekerja dengan baik dalam cahaya yang disaring dan perlu sering disiram. Untuk satu orang, empat tanaman setinggi bahu sudah cukup. Penempatan pohon pinang terbaik adalah di ruang tamu.

Baca Juga: Bikin Cepat Tumbuh dan Berbuah, Inilah Tanaman yang Bisa di Stek

4. Tulsi

Sering digunakan sebagai dedaunan spiritual karena dinggap dapat melindungi rumah dari kejahatan, tanaman Tulsi juga memiliki beberapa manfaat lain.

Terlepas dari manfaat spiritualnya, tanaman Tulsi dikenal sebagai ratu herbal dan memiliki beberapa manfaat kesehatan. Menjadikannya sebagai tanaman rumah penghasil oksiden adalah salah satunya.

Tanaman ini dapat meningkatkan pasokan oksigen, karena memberikan oksigen 20 jam sehari. Ini juga menyerap gas berbahaya seperti karbon monoksida, karbon dioksida dan sulfur dioksida dari udara.

5. Tanaman Bambu

Tanaman ini dapat menghilangkan toluena dari udara yang merupakan cairan tidak berwarna dengan bau menyengat dan memiliki efek berbahaya seperti iritasi hidung, mata, dan tenggorokan.

Ini juga dapat menyaring racun berbahaya dari atmosfer seperti benzene dan formaldehida. Memelihara tanaman bambu di rumah dapat meningkatkan kadar oksigen secara luar biasa.

6. Money Plant atau Tanaman Uang

Tanaman Money Plant terkenal karena kemampuannya menghilangkan bahan kimia dan polutan lain dari udara, khususnya benzena, formaldehida, xilena, dan toluena.

Namun, terlepas dari manfaat tingkat pemurniannya yang tinggi, tanaman ini beracun bagi kucing, anjing, dan anak kecil jika daunnya tertelan.

Tanaman ini lebih menyukai cahaya tidak langsung dan perlu disiram setiap minggu atau lebih. Untuk satu orang, tiga tanaman 18 inci direkomendasikan.

Tanaman ini bisa ditempatkan di setiap ruangan, tetapi jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan atau anak kecil.

Baca Juga: 5 Jenis Pupuk Tanaman Cabai agar Panen Berhasil dan Melimpah

Tanaman Rumah Penghasil Oksigen di Malam Hari

Tanaman Rumah Penghasil Oksigen -2
Foto: Tanaman Rumah Penghasil Oksigen -2

Foto: Jollyparmer.com

Menyadari bahwa rumah dapat memberi kualitas udara terbaik dibanding saat berkegiatan di luar, Moms tentu ingin memberikan yang terbaik dengan meningkatkan kadar oksigen dengan bantuan teman-teman hijau meski saat malam.

Beberapa tanaman ini mungkin dapat membantu:

7. Gerbera Daisy

Tanaman berbunga berwarna-warni tidak hanya membuat rumah terlihat indah tetapi juga merupakan tanaman dalam ruangan yang sangat baik untuk oksigen.

Gerbera Daisy menghilangkan polutan dari udara seperti formaldehida, benzena, dan trikloroetilen. Tanaman ini juga dikenal dapaat melepaskan oksigen di malam hari dan menyerap CO2.

Ini bisa dibilang tanaman tercantik dalam daftar tanaman rumah penghasil oksigen di malam hari. Sebab, Gerbera Daisy sering digunakan sebagai elemen dekoratif dalam berkebun.

Selain itu, tanaman ini juga bermanfaat bagi Moms yang menderita sleep apnea dan gangguan pernapasan. Ini bisa disimpan di ruang tidur untuk mendapatkan tidur yang lebih baik.

8. Pothos

Tanaman dedaunan yang indah dan dan dapat menyumbang oksogen di rumah ini sangat mudah dirawat lho Moms!

Pothos dikenal dapat menghilangkan paparan racun dari udara seperti formaldehida, benzena dan karbon monoksida.

Selain mudah dirawat, ini juga merupakan tanam indoor yang mengagumkan untuk tambahan oksigen dan juga dapat melepaskan oksigen di malam hari.

Baca Juga: Tanaman Pakis Haji, Tanaman Purba Mewah yang Mudah Dirawat

9. Lidah Buaya

Diketahui baik untuk kulit, lidah buaya juga sering dikenal sebagai tanaman ajaib karena memiliki banyak manfaat medis saat diolah atau dalam bentuk utuh.

Ini juga tanaman yang sangat baik untuk memurnikan udara, karena dapat menghilangkan benzena dan formaldehida dari udara.

Bahkan, lidah buaya juga dapat melepaskan oksigen di malam hari. Jadi, ini termasuk dalam tanaman rumah penghasil oksigen yang sangat bermanfaat.

10. Tanaman Ular Atau Lidah Mertua

Dianggap sangat efisien dalam produksi oksigen, tanaman Ular atau dikenal sebagai Lidah Mertua, juga dapat menjaga pasokan oksigen yang baik saat malam hari.

Kemampuannya untuk memurnikan udara dilakukan karena dapat melawan beragam zat berbahaya seperti benzena, formaldehida, trikloroetilena, xilena dan toluena.

Ini tumbuh dengan baik dalam cahaya di dekat jendela dan perlu disiram setiap minggu. Untuk satu orang, direkomendasikan enam hingga delapan tanaman setinggi pinggang.

Dalam ruangan tertutup udara, tanaman ini mampu menghasilkan oksigen yang cukup untuk bernapas secara normal. Penempatan terbaiknya adalah di kamar tidur.

Bagaiman, tertarik untuk memelihara tanaman rumah penghasil oksigen yang juga dapat mempercantik ruangan? Yuk mulai berkebun, Moms!

  • http://journal.podomorouniversity.ac.id/index.php/JAI/article/view/69
  • https://www.fnp.com/article/top-9-plants-that-provide-oxygen
  • https://thepracticalplanter.com/indoor-plants-that-release-oxygen-at-night/
  • https://centersforrespiratoryhealth.com/blog/top-5-plants-for-increasing-oxygen/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb