Keluarga

15 Desember 2019

6 Tanda Toxic Relationship yang Harus Segera Diakhiri

Hubungan toxic bisa membuat Moms lelah sepanjang waktu, baik secara psikis maupun fisik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, memiliki hubungan yang sehat tentu saja merupakan impian semua pasangan. Melalui hubungan yang sehat, akan tumbuh pula kepribadian dan pemikiran yang sehat.

Namun, apa jadinya jika Moms berada di hubungan yang toxic atau lebih dikenal sebagai toxic reltionship? Tentu hal ini bisa membahayakan, bukan hanya psikis tapi juga fisik.

Mengutip Psychalive, toxic relationship sering ditandai dengan hubungan berulang yang saling menghancurkan antara pasangan. Pola-pola ini bisa melibatkan kecemburuan, posesif, dominasi, manipulasi, keputusasaan, keegoisan, atau penolakan

Tanda Toxic Relationship

Banyak yang tidak menganggap serius toxic relationship. Padahal, dampaknya cukup besar lho pada diri kita. Nah, agar tidak terjebak dalam toxic relationship yang berlarut-larut, yuk kenali tanda toxic relationship yang harus segera diakhiri!

1. Selalu Dianggap Salah oleh Pasangan

6 Tanda Hubungan yang Toxic dan Harus Segera Diakhiri 5.jpg

Tanda toxic relationship yang pertama adalah selalu dianggap salah oleh pasangan. “Seorang pasangan yang memberikan saran yang tidak tepat terhadap apa yang seharusnya Anda perbaiki, tidak mendukung minat atau hobi Anda, dan secara fundamental mengkritik aspek-aspek tentang siapa diri Anda sebenarnya adalah orang yang toxic,” ujar Gary Lewandowski Jr., PhD, seorang profesor psikologi di Monmouth University, New Jersey.

Itulah mengapa sangat penting bagi Moms untuk mengelilingi diri sendiri dengan orang-orang yang suportif. Jadi, saat Moms merasa sedang down atau dikritik orang lain, Moms bisa menyeimbangkannya dengan kehadiran orang-orang yang Moms cintai dan percayai.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Orang Bertahan Dalam Toxic Relationship

2. Mengabaikan Rasa Percaya Diri

6 Tanda Hubungan yang Toxic dan Harus Segera Diakhiri.jpg

Tanda toxic relationship yang selanjutnya adalah mengabaikan rasa percaya diri. Dalam hubungan toxic, pasangan akan selalu menghilangkan rasa percaya diri Anda dengan cara memberi olokan.

Misalnya seperti, “Gaunnya sangat tidak bagus” atau “Make up-nya kebanyakan tuh” atau “Aku tidak suka melihat rambutmu, potong deh”.

Menurut Jane Greer, PhD, seorang terapis pernikahan dan keluarga juga penulis buku What About Me? Stop Selfishness From Ruining Your Relationship, komentar-komentar semacam itu bisa menghilangkan rasa percaya diri pada diri seseorang.

“Anda mulai merasa buruk tentang diri Anda dan mulai meragukan diri sendiri. Anda terus menyalahkan diri dan berpikir, apa yang bisa saya lakukan agar ia merasa lebih baik?” kata Greer.

3. Suka Mengendalikan dan Cemburu Berlebihan

6 Tanda Hubungan yang Toxic dan Harus Segera Diakhiri 3.jpg

Tanda toxic relationship yang selanjutnya adalah suka mengendalikan dan cemburu berlebihan. Ia merasa bahwa Moms hanya miliknya seorang dan Moms tidak diperbolehkan melakukan aktivitas sendirian. Dalam hubungan toxic, pasangan akan terus memantau di mana keberadaan Moms, apa yang sedang Moms lakukan, dan bersama siapa.

Berhati-hatilah apabila Moms merasa punya pasangan seperti ini, ya. Hal ini tentunya akan membuat Moms merasa sangat tidak nyaman, terlebih jika pasangan melarang-larang dengan alasan yang tidak masuk akal.

Baca Juga: Kenapa Toxic Relationship Susah untuk Dilupakan?

4. Suka Bermain Tarik Ulur

6 Tanda Hubungan yang Toxic dan Harus Segera Diakhiri 1.jpg

Tanda toxic relationship yang selanjutnya adalah suka bermain tarik ulur. Dalam hubungan yang sehat, apabila pasangan Moms berkata akan datang menemui Moms, ia pasti akan datang. Namun, dalam hubungan yang toxic, Moms bahkan tidak tahu apakah akan bertemu dengan ia lagi atau tidak.

“Dan kadang-kadang orang yang toxic itu bahkan tidak menyukai Anda sampai Anda mulai menarik diri dan menjauhinya,” kata Rachel Sussman, LCSW, seorang terapis pernikahan dan keluarga di New York.

5. Selalu Membuat Alasan untuk Perilaku Buruknya

6 Tanda Hubungan yang Toxic dan Harus Segera Diakhiri 2.jpg

Tanda toxic relationship yang selanjutnya adalah selalu membuat alasan untuk perilaku buruk. Apabila Moms selalu mencoba mencari alasan rasional atas tindakan pasangan Moms, seperti ketidakhadiran pasangan, kurangnya empati, kebiasaan menyebalkan pada teman-teman Moms, atau kurangnya dukungan, itu merupakan salah satu tanda hubungan toxic.

Setiap orang punya minggu-minggu yang penuh tekanan dan stres. Keadaan itu bukanlah suatu alasan untuk seseorang bisa berbuat seenaknya dan tidak mendengarkan Moms. Apabila Moms selalu merasakan hal ini, mungkin sebaiknya Moms berpikir ulang mengenai hubungan ini.

Baca Juga: Agar Pernikahan Langgeng, Ikuti 5 Tips Komunikasi dengan Pasangan Seperti Ini

6. Merasa Lelah Sepanjang Waktu

6 Tanda Hubungan yang Toxic dan Harus Segera Diakhiri 4.jpg

Tanda toxic relationship yang selanjutnya adalah merasa lelah sepanjang waktu, baik secara fisik dan emosi dalam sebuah hubungan. Hubungan toxic memang benar-benar akan menguras energi dan membuat Moms lelah sepanjang waktu.

Hubungan yang tidak sehat akan membuat tubuh jadi tidak sehat, membuat Moms jadi tidak memikirkan self care terhadap diri sendiri. Waspada dengan tanda utama yang satu ini ya, Moms.

Moms, itulah 6 tanda toxic relationship yang harus segera diakhiri. Sebuah hubungan bisa berjalan baik apabila kedua pihak bisa sama-sama sadar dan mau menjalankan perannya.

Bak sebuah sandal, meskipun tidak berjalan beriringan, tapi punya satu tujuan. Apabila Moms merasa pasangan sudah tidak bisa berjalan beriringan lagi, tak ada salahnya mempertimbangkan masa depan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait