Jalan-jalan

26 Agustus 2021

7 Destinasi Wisata Ambarawa yang Seru dan Wajib Dikunjungi!

Jangan lupa masukan wishlist ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Tempat wisata tidak melulu harus tempat wisata yang banyak didatangi oleh orang-orang atau tempat wisata yang mainstream. Tidak ada salahnya mencoba suasana baru dengan berwisata ke destinasi wisata lainnya, seperti beragam wisata Ambarawa misalnya.

Sekilas indormasi, Ambarawa merupakan sebuah kecamatan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Semarang. Pada zaman dahulu di era masa kerajaan mataram, Ambarawa bernama Limbarawa, juga pernah menjadi ibu kota Kabupaten Semarang.

Ambarawa juga disebut sebagai kota Palagan Ambarawa, dan terdapat Musium Palagan Ambarawa, Musium Kereta Api Ambarawa dan Benteng Willem I.

Menuju Ambarawa dibutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dari Semarang atau sekitar dua jam dari Yogyakarta. Terminal bus di Ambarawa adalah Terminal Bawen. Jika Moms dari Semarang, lanjutkan ke Terminal Bus Terboyo.

Baca Juga: Destinasi Wisata Musim Dingin Di Asia yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata Ambarawa

Meski jarang terdengar, Ambarawa memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tanpa berlama-lama, yuk langsung kita cek destinasi wisata Ambarawa di bawah ini!

Baca Juga: Kunjungi 7 Negara Ramah Wisatawan Muslim Ini, Banyak Makanan Halal

1. Dusun Semilir

wisata di ambarawa

Foto: Tribunjateng.com/INES FERDIANA PUSPITAR

Destinasi wisata Ambarawa yang pertama adalah Dusun Semilir. Dusun Semilir tepatnya berada di jalan utama Semarang–Ambarawa sehingga jika Moms dan keluarga ingin berkunjung ke destinasi ini, kemudahan akses untuk berkunjung di tempat ini bisa didapatkan.

Sesuai dengan namanya, di Dusun Semilir, wisatawan bisa menikmati suasana alam pedesaan yang masih asri dengan fasilitas yang lengkap tentunya. Bisa menikmati pemandangan pegunungan yang ada di sekeliling tempat wisata ini juga.

Bukan hanya itu saja destinasi wisata Ambarawa satu ini juga memiliki arsitektur sangat menawan perpaduan konsep modern dan art.

Bangunan utama mengusung konsep stupa candi Borobudur dengan jumlah 7 buah stupa yang berdekatan. Di lantai 1 menjadi pusat oleh-oleh yang berisi jajanan dan kerajinan tangan, sedangkan di lantai 2 menjadi restoran dengan konsep fine dining.

Untuk masuk ke tempat wisata ini dikenakan biaya sebesar Rp5.000. Cukup murah sebagai tiket masuk sebuah tempat wisata.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah.

2. Eling Bening

wisata di ambarawa

Foto: hellosemarang.com

Destinasi wisata Ambarawa selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Eling Bening. Tempat wisata ini sebenarnya merupakan resort mewah yang mengusung konsep wisata keluarga.

Meski begitu, Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pemandangan utama Rawa Pening. Keindahan pemandangan alam ini disempurnakan dengan latar Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo, yang berdiri dengan gagah dan terlihat jelas.

Tidak hanya kuliner saja yang bisa dilakukan di sini, namun ada juga berbagai macam kegiatan seperti outbond, trekking, hunting foto hingga mandi di kolam renang. Dengan fasilitas lainnya yang tersedia, Eling Bening bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk liburan bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa Bawen, Mustika, Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Mengenalkan Anak Pada Alam, Ini Dia 5 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Indonesia

3. Kereta Api Wisata

wisata di ambarawa

Foto: pesona.travel

Destinasi wisata Ambarawa lainnya adalah kereta api wisata. Dari namanya mungkin sudah bisa dibayangkan bahwa ini merupakan wisata tur kereta api tua di Ambarawa.

Di destinasi wisata Ambarawa satu ini, pengunjung akan bisa menikmati tur wisata kereta api tua, mulai uap hingga diesel yang tersedia di Museum Kereta Api (KA) Ambarawa, Jawa Tengah.

Uniknya lagi, museum ini merupakan museum perkeretaapian pertama di Indonesia yang terletak di Jalan Stasiun Nomor 1 Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Kereta api wisata rute Ambarawa-Tuntang (PP) dengan lokomotif uap diesel vintage dikenakan biaya Rp50.000, yang berlaku untuk usia 3 tahun ke atas.

Lokasi: Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

4. Love Hill of Rawa Pening

wisata di ambarawa

Foto: weziee.com

Dikenal juga dengan nama Bukit Cinta Rawa Pening. Destinasi wisata Ambarawa yang memiliki akses mudah ini cocok untuk kita yang ingin melepaskan penat sejenak dari keramaian dengan menikmati pemandangan alam yang indah, mulai dari pegunungan, bukit, hingga hamparan Rawa Pening yang luas.

Bukit ini ditumbuhi hutan pinus yang terawat, sehingga akan terasa sejuk dan teduh. Pengunjung bisa duduk bersantai menikmati Rawa Pening yang memiliki air yang jernih. Bisa juga menyewa perahu yang berlayar di atas Rawa, tempat memancing, juga taman bermain untuk anak-anak.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, dikenakan tiket seharga Rp6.000 di hari Senin-Jumat dan Rp7.500 di akhir pekan.

Lokasi: Kebondowo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Sebelum Jalan-jalan, Berikut Kebutuhan Bayi yang Diperlukan untuk Bepergian

5. Saloka Park

wisata di ambarawa

Foto: travelspromo.com

Destinasi wisata Ambarawa yang selanjutnya adalah Saloka Park. Ambarawa juga memiliki theme park atau wahana taman bermain yang wajib dikunjung bernama Saloka Park. Bahkan, Saloka Park disebut-sebut merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah.

Di taman bermain ini, ada 5 zona wahana yang menjadi andalan di Saloka Theme Park dan wajib sekali untuk dicoba, yakni pesisir, balalantar, kamayayi, ararya, dan segara prada.

Namun layaknya theme park lain, kita harus merogoh kantong sedikit dalam untuk membayar tiket masuk dalam Saloka Park, yakni Rp 120.000 per orang untuk hari kerja. Sedangkan harga tiket Saloka Theme Park di hari libur dijual Rp 150.000 per orang.

Setelah puas bermain, kita bisa membeli oleh-oleh yang dijajakan di sini. Ada berbagai jenis merchandise untuk dijual, seperti gantungan kunci hp hingga payung. Harganya pun dipatok mulai dari Rp10.000-Rp90.000.

Lokasi: Jalan Fatmawati Nomor 154, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

6. Monumen Palagan Ambarawa

wisata ambarawa

Foto: borobudurnews.com

Monumen ini merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12 – 15 Desember 1945. Pasukan TKR yang dipimpin Kolonel Soedirman berhasil menghancurkan Sekutu. Kini diperingati sebagai Hari Infanteri.

Dilengkapi dengan museum yang menyimpan berbagai koleksi senjata, kendaraan tempur, pakaian dan barang lain yang dipergunakan dalam Pertempuran Ambarawa.

Di monumen tempat wisata Ambarawa ini, pengunjung dapat menemukan peninggalan pemerintahan Jepang dan Belanda. Pengunjung dapat melihat seragam para tentara Jepang dan Belanda, senjata perang, seragam tentara Indonesia, dan barang bersejarah lain.

Moms dapat juga menemukan beberapa tank kuno, kendaraan angkut personil dan meriam yang digunakan dalam pertempuran tersebut. Yang paling menarik adalah dapat menemukan pesawat Mustang Belanda yang berhasil ditembak jatuh di Rawa Pening.

Dengan bentuk bangunan joglo sesuai arsitektur budaya Jawa Tengah, Museum tempat wisata Ambarawa ini menjadi objek wisata yang menyediakan wisata edukasi. Moms bisa mengajak Si Kecil memahami sejarah sambil mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan Negara tercinta ini.

Lokasi: Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

Baca Juga: Ini 13+ Tempat Wisata Solo yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

7. Candi Gedong Songo

wisata ambarawa

Foto: jejakpiknik.com

Kompleks Candi Gedong Songo terletak di kaki Gunung Ungaran. Yaitu pada ketinggian 1.200 mdpl. Tidak heran, jika suhu di tempat wisata ambarawa ini sangat sejuk. Yakni berkisar diantara 19 – 27 celcius.

Pengunjung dapat menaiki candi mulai dari Candi I hingga seterusnya. Setiap candi menawarkan pemandangan yang berbeda – beda. Semakin tinggi, pemandangan akan semakin indah, ditambah kabut tipis yang menyelimuti.

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan lingkungan yang hijau. Pepohonan tinggi berjajar membentuk barisan rapi. Pelatarannya pun ditumbuhi rumput segar serta bunga warna – warni yang menghiasi semak.

Bagi pengunjung tempat wisata ambarawa ini yang enggan berjalan kakai, bisa menyewa kuda. Di pintu masuk area candi, pengunjung akan ditawari persewaan kuda. Pengunjung pun dapat memilih paket candi yang akan dikunjungi.

Di sekitar kawasan candi juga terdapat pemandian air panas. Ketika menuju candi IV dan V, pengunjung akan menemui sumber mata air. Sumber mata air ini mengandung belerang yang asapnya mengepul tebal.

Lokasi: Dsn Darum, Krajan, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Surabaya yang Tak Boleh Dilewatkan

Itulah beberapa destinasi wisata Ambarawa yang seru. Membaca informasi ini, apakah Moms dan keluarga langsung memasukan Ambarawa ke dalam destinasi wisata selanjutnya? Jika iya jangan lupa mengunjungi tempat-tempat ini ya.

  • https://www.itrip.id/tempat-wisata-ambarawa-semarang
  • https://www.javatravel.net/tempat-wisata-ambarawa-semarang
  • https://www.merdeka.com/jateng/6-wisata-di-ambarawa-yang-menarik-tempat-bersejarah-hingga-destinasi-alam-kln.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait