Fashion & Beauty

9 Juli 2021

Sering Ada di Skincare, Apa Manfaat Zinc Oxyde untuk Kulit?

Zync oxide termasuk salah satu bahan yang banyak digunakan pada sunscreen
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Widya Citra Andini

Zinc oxyde sering kali hadir di berbagai macam produk yang kita pakai. Sebenarnya, apakah kandungan ini aman ketika dikonsumsi kulit kita? Atau justru bisa membahayakan?

Bila Moms rajin menggunakan sunscreen, mungkin menyadari terdapat kandungan zinc oxyde di dalamnya.

Zinc oxyde (ZnO) adalah mineral berwarna putih dan bertekstur bubuk, yang umumnya digunakan pada produk kosmetik dan skincare.

Mari kita mengenal lebih lanjut apa manfaat zinc oxyde pada skincare yang kita gunakan sehari-hari! Jangan sampai nggak tahu ya, Moms!

Baca Juga: Jenis Alkohol Baik dan Alkohol Buruk Pada Skincare

Zinc Oxyde Dalam Tabir Surya dan Produk

zinc oxide pada skincare - baby lotion

Foto: Orami Photo Stock

Zinc oxyde umum digunakan pada produk kosmetik dan skincare, terutama sunscreen.

Pada sunscreen, zinc oxyde bekerja dengan cara menghalangi radiasi sinar UV ke kulit, sehingga bisa mencegah kulit terbakar dan penuaan pada kulit.

Cosmetics Info menyebutkan bahwa zinc oxyde adalah bahan terkuat untuk melawan UVA dan UVB.

Zinc oxyde juga umum ditemui dalam kandungan skincare bayi, seperti krim biang keringat, salep antiseptik, dan krim ruam popok.

1. Manfaat pada Tabir Surya

zinc oxyde

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, zinc oxyde sendiri bisa membuat tubuh kita aman dari sengatan cahaya matahari.

Kemampuan inilah yang mebuat zinc oxyde hadir dalam berbagai produk kecantikan seperti tabir surya, losion dan produk pengobatan jerawat.

Perlu diketahu, zinc oxyde kandungan adalah bahan alami. Bahan ini terbuat dari kombinasi zinc dan molekul oksigen yang dipanaskan.

Kedua elemen tersebut diproses dengan diuapkan, dikondensasi, dan dibentuk menjadi bubuk putih halus yang mengkristal.

Nah ketika dioleskan pada kulit, zinc oxyde sendiri bisa berguna sebagai lapisan pelindung. Semakin sedikit kadar zinc oxyde dalam suatu produk yang digunakan, semakin rendah pula efek perlindungan terhadap paparan sinar UV.

Baca Juga: Berikut 5 Tips Perawatan Kulit Wajah Selama Puasa yang Patut Dilakukan

2. Manfaat pada Kosmetik

zinc oxyde

Foto: Orami Photo Stock

Zinc Oxyde sendiri memiliki manfaat juga untuk kecantikan nih, Moms. Kandungannya pun sering hadir di dalam skincare untuk membuat penampilan terlihat lebih cantik.

Lalu, apa saja sih manfaat zinc oxyde jika hadir dalam produk skincare? Ini dia!

  • Mencegah Infeksi Bakteri

Tentunya kita tak ingin terkena infeksi kulit ya, Moms. Nah manfaat dari menggunakan produk yang mengangung zinc oxyde sendiri adalah mencegah terjadinya infeksi bakteri pada kulit.

Dalam produk perawatan kulit, bahan ini bisa digunakan untuk meredakan kulit yang kemerahan, pembengkakan, nyeri, atau meradang akibat terjadinya penumpukan bakteri.

Zinc oxyde sendiri pun bisa dijumpai dalam beberapa obat atau salep untuk mengobati luka setelah operasi atau berbagai jenis luka lainnya.

Baca Juga: 9+ Tips Perawatan Wajah Pria Agar Terlihat Segar dan Tidak Kusam, Catat!

  • Meredakan Jerawat

Nah, salah satu manfaat dari zinc oxyde sebagai skincare adalah meredakan atau menghilangkan jerawat.

Dilansir dari sebuah penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine, disebutkan bahwa zinc bisa bantu mencegah kulit untuk ditumbuhi jerawat.

Kandungan zinc oxyde salam skincare membantu dalam:

  1. Mengatur produksi minyak atau sebum.
  2. Mengatur produksi minyak atau sebum
  3. Mengurangi inflamasi atau peradangan yang terjadi akibat pori-pori yang tersumbat serta jerawat.
  4. Mencegah jerawat muncul kembali.
  5. Mengecilkan atau mengencangkan pori-pori.

Baca Juga: Berikut 5 Tips Perawatan Kulit Wajah Selama Puasa yang Patut Dilakukan

Dalam riset yang lain, ditemukan bahwa zat ini bisa digunakan langsung dengan mengolesnya pada kulit ataupun dikombinasikan dengan zat aktif lainnya.

Ketika dipakaiakan di kulit, mengoleskan zat ini bisa cukup efektif dalam mengurangi dan menghambat produksi bakteri penyebab jerawat.

Produk yang dibuat untuk menghilangkan atau meredakan jerawat biasanya akan dikombinasikan dengan zat antiperadangan atau antibakteri lainnya. Serta tambahan antioksidan serta zinc gluconate atau zinc sulfat.

Ketika dikombinasikan, sederet bahan aktif tersebut bisa membantu untuk meredakan jerawat serta meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh timbulnya jerawat hormonal.

Baca Juga: Paraben dalam Kosmetik, Apakah Benar-benar Berbahaya?

Keamanan Zinc Oxide pada Skincare

zinc oxide pada skincare - Sunscreen Bayi

Foto: Orami Photo Stock

US Food and Drug Administration (FDA) sudah melakukan penelitian panjang tentang keamanan zinc oxide pada obat, kosmetik, dan skincare. Hasilnya FDA menyatakan bahwa zinc oxyde aman untuk digunakan.

FDA menyetujui penggunaan zinc oxide pada skincare dan sunscreen dengan kandungan sebanyak 25 persen.

Hal yang sama juga diterapkan di Eropa. EU’s Scientific Committee on Consumer Safety (SCCS) telah meninjau keamanan zinc oxyde, dan sampai pada keputusan bahwa zinc oxyde boleh digunakan pada produk perawatan kulit dengan konsentrasi maksimal 25%

Dengan kandungan sebanyak itu, zinc oxyde tidak akan menimbulkan efek samping pada kulit.

Lalu, bagaimana dengan peraturan di Indonesia? Tenang saja Moms, sebab Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melaporkan bahwa kandungan zinc oxide dengan kadar maksimum 25% boleh digunakan pada tabir surya.

Baca Juga: Bahaya Kandungan Talc pada Bedak Bayi, Jangan Asal Pakai Ya

Apakah Zinc Oxyde Memiliki Efek Samping?

zinc oxyde

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit, pada dasarnya menggunakan zinc oxyde sendiri adalah langkah yang aman.

Pasalnya, kandungan bahan aktif ini tergolong aman digunakan dalam bentuk sunscreen, produk makeup, hingga salep untuk ruam popok Si Kecil.

Kendati zat ini jarang sekali menimbulkan reaksi alergi atau efek samping lain dibandingkan prodyk senyawa lainnya, belum tentu zinc oxyde ini bisa digunakan oleh semua orang ya, Moms!

Bisa saja ada orang yang memang alergi terhadap zat ini sehingga berisiko iritasi ketika memakainya.

Ketika Moms mengalami reaksi negatif pada kulit seperti gatal, pembengkakan atau perih, sebaiknya Moms tak lagi menggunakan produk yang menggunakan zat ini, ya.

Setelah itu, Moms pun harus segera mengonsultasikan keadaan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Perlu diingat, untuk Moms yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit terpercaya yang mengandung zinc oxyde.

Baca Juga: 10 Tips Perawatan Wajah Remaja, Ketahui Manfaatnya!

Hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan tes atau percobaan nih, Moms. Langkah awal, Moms bisa mengoleskan produk tersebut di lengan bagian dalam atau belakang telinga terlebih dahulu.

Jangan diratakan, oleskan saja di titik yang kecil. Tunggu 12 hingga 24 jam. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Moms bisa menggunakan produk tersebut untuk perawatan harian.

Itu dia penjelasan mengenai manfaat dan keamanan zinc oxyde pada produk skincare. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan, Moms?

Sebelum membeli produk perawatan kulit, terutama bagi Si Kecil, pastikan kalau Moms sudah mengecek bahan-bahan di kemasan terlebih dahulu.

Jangan sampai ia mengalami iritasi atau masalah kulit karena bahan yang berbahaya.

  • https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/fda-advances-new-proposed-regulation-make-sure-sunscreens-are-safe-and-effective
  • https://cosmeticsinfo.org/ingredient/zinc-oxide-0
  • https://ec.europa.eu/health/scientific_committees/consumer_safety/docs/sccs_o_163.pdf
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23652948/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait