Scroll untuk melanjutkan membaca

HOME & LIVING
01 Juni 2016

4 Tips Mendesain Kamar Minimalis

Jangan takut bereksperimen!
4 Tips Mendesain Kamar Minimalis

Anda mungkin berpikir bahwa merancang ruang kamar tidur kecil akan membatasi pilihan Anda, tetapi yang dibutuhkan adalah beberapa ide desain kamar tidur dan juga kreativitas untuk dekorasi yang dapat Anda ikuti agar kamar tidur kecil bisa tetap nyaman dan fungsional.

Memilih Warna yang Tepat

Dinding berwarna terang dan karpet akan membuat suasana yang segar dalam ruang yang kecil. Bukan hanya terpikir dengan warna putih, Anda pun bisa mempertimbangkan warna abu-abu terang. Faktanya, jika kamar tidur Anda tidak memiliki banyak cahaya alami yang dapat masuk, warna putih justru akan membuat kamar tidur terasa kecil dan klinis. Setelah Anda menetapkan warna dasar, pilihlah aksesoris dengan berbagai nuansa warna yang sama untuk memberi kesan tekstur yang rapih. Anda juga bisa menambahkan bunga atau tanaman kecil yang tidak memakan ruang, misalnya kaktus.

Membuat Titik Fokus

Mengarahkan mata ke titik fokus lain dapat mengalihkan perhatian dari ukuran ruangan Anda. Titik fokus Anda misalnya selimut bermotif cerah, seni atau sebuah lukisan yang dinamis, atau koleksi aksesoris warna-warni yang diletakan pada rak tinggi agar menarik perhatian mata menuju ke atas. Titik fokus adalah satu-satunya benda atau tempat dimana Anda harus “menyimpang” dari palet warna monokromatik.

Ukuran Furniture

Pada umumnya, lemari yang terlalu besar akan membuat kamar tidur Anda terlihat sesak. Furniture dengan kurva akan memakan ruangan. Jadi, pilihlah furniture yang ramping dan lurus. Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan untuk perlengkapan dalam jumlah yang besar, pilihan yang tepat adalah dengan memilih furniture yang tinggi atau dangkal dan panjang. Lemari atau meja rias yang tinggi juga membuat perhatian mata Anda ke atas sehingga membuat ruangan Anda tampil lebih luas.

Membuat Sebuah Ilusi dengan Cermin

Sebuah cermin adalah “teman terbaik” kamar tidur kecil ketika mampu membuatnya menjadi terlihat besar. Cermin yang panjang di pintu lemari bukan hanya membantu Anda untuk memilih pakaian yang digunakan pada hari itu, tetapi juga sebagai refleksi agar ruangan Anda tampak lebih besar. Anda dapat membuat efek ganda dengan cara menggantung cermin berlawanan dengan jendela sehingga keduanya akan memantulkan lebih banyak cahaya ke dalam kamar Anda dan memberikan ilusi ruang yang lebih besar.

Masih banyak cara yang dapat Anda terapkan untuk “menyulap” kamar minimalis Anda agar tampil lebih besar. Jangan takut untuk berkreasi, tidak peduli seberapa kecil ukuran kamar tidur, Anda selalu dapat mencoba ide-ide kreatif dengan mengganti warna dinding, memilih furniture yang sesuai, ataupun dengan sedikit trick, seperti bermain ilusi cermin!

(DA)

Sumber: www.overstock.com

Foto: freshouz