Kesehatan

KESEHATAN
18 Januari 2020

5 Fakta Penyakit Tiroid, dari Faktor Pemicu hingga Orang Paling Berisiko

Ada beberapa fakta masalah tiroid, terutama penyebab hingga orang yang paling berisiko
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Simak fakta mengenai penyakit tiroid di sini, Moms.

Kelenjar tiroid adalah kelenjar kecil di pangkal leher yang beratnya sekitar 20 gram. Kelenjar tiroid ini mengeluarkan hormon yang penting untuk pertumbuhan, metabolisme dan mengatur fungsi tubuh.

Tiroid berfungsi mengontrol detak jantung, pernapasan, organ utama dan metabolisme tubuh. Karena itu, keberadaan kelenjar kecil di leher ini sangat penting.

"Tiroid baik secara langsung atau tidak langsung mengendalikan hampir setiap fungsi tunggal dalam tubuh," kata Becky Campbell, penulis The 30-Day Thyroid Reset Plan.

Menurut Becky Campbell, semua orang membutuhkan hormon tiroid pada semua sel tubuh. Sehingga sangat penting untuk menghasilkan hormon tiroid yang sehat.

Meski begitu, kelainan tiroid memang salah satu kasus yang sangat umum terjadi. Sebagian besar kasus gangguan tiroid dapat diobati.

Sayangnya dilansir dari Thyroid Foundation of Canada, masih banyak orang yang kurang menyadari pentingnya mengobati masalah kelenjar tiroid sejak awal. Akibatnya, penyakit tiroid yang diabaikan bisa menyebabkan masalah lebih serius.

Padahal kesadaran orang untuk memeriksakan kelenjar tiroidnya jika merasa ada sesuatu yang salah, maka pengobatan bisa lebih ceoat dan efektif. Apalagi penyakit tiroid di tahap awal masih belum cepat berkembang, sehingga lebih mudah diobati.

Adapun dua kondisi yang menyebabkan masalah kelenjar tiroid, yakni hipotiroidisme (tiroid dalam aktivitas) dan hipertiroidisme (tiroid akibat aktivitas).

Gejala penyakit tiroid pun tidak jelas, biasanya seperti kelelahan atau kedinginan. Gangguan tiroid juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Karena gejala yang tidak jelas itulah membuat indikasi penyakit tiroid tidak spesifik dan tumpang tindih dengan kondisi lainnya.

Sementara itu dilansir dari Northwestern Medicine, berikut ini fakta-fakta penyakit tiroid yang harus Moms ketahui supaya bisa mencegahnya.

1. Wanita Lebih Mungkin Memiliki Penyakit Tiroid Dibandingkan Pria

5 Fakta Penyakit Tiroid

Foto: shutterstock.com

Satu dari delapan wanita akan mengalami penyakit tiroid selama masa hidupnya, terutama setelah kehamilan dan selama menopause.

Ya, wanita dari segala usia dapat mengembangkan penyakit tiroid. Selama pubertas, kehamilan, pascapersalinan dan perimenopause, risiko terkena penyakit tiroid meningkat.

Kondisi tiroid yang paling umum adalah hipotiroidisme. Beberapa gejalanya termasuk kelelahan, perasaan dingin, kelemahan otot dan kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Baca Juga: Apa Beda Kelenjar Getah Bening Bengkak dan Kelenjar Tiroid yang Bengkak?

2. Sebagian Besar Gangguan Tiroid Tidak Dapat Dicegah

5 Fakta Penyakit Tiroid

Foto: shutterstock.com

Tidak ada cara untuk menyembuhkan penyakit tiroid autoimun atau memperlambat perkembangan penyakit tiroid. Tetapi, penderita bisa mengambil tindakan untuk mengelola kondisinya.

Endokrinologis dari Northwestern Medicine, Eve D. Bloomgarden, MD, mengatakan penyakit tiroid akan berlangsung alami.

Seseorang harus mendapatkan diagnosis, mencegahnya menjadi masalah yang signifikan dan mengambil tindakan untuk meminimalkan dampaknya pada tubuh serta kehidupan.

Baca Juga: Penyakit Graves pada Anak, Penyebab Hipertiroidisme

3. Stres dan Faktor-Faktor Lain Dapat Memperburuk Gangguan Tiroid

5 Fakta Penyakit Tiroid

Foto: shutterstock.com

Mengelola kesehatan secara keseluruhan dapat meminimalkan dampak gejala gangguan tiroid. Menurut Anna V. Balabanova, MD, seorang dokter keluarga di Northwestern Medicine Osher Center, faktor-faktor lain seperti penyakit, kehamilan dan stres dapat memengaruhi fungsi tiroid.

Olahraga rutin dan menjaga hubungan yang sehat dapat membantu menjaga kondisi tiroid. Istirahat juga penting untuk menjaga tiroid, setidaknya penderita harus tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Tetapi, masalah kelenjar tiroid seringkali memengaruhi tidur. Guna meningkatkan kualitas tidur, penderita bisa membatasi paparan cahaya dengan menghindari main ponsel sebelum tidur atau menonton TV dan menghindari kafein serta olahraga sebelum tidur.

Baca Juga: Yuk Ketahui Pentingnya Skrining Hipotiroid Untuk Bayi Baru Lahir

4. Gangguan Tiroid Perlu Ditangani Sebelum dan Selama Kehamilan

5 Fakta Penyakit Tiroid

Foto: shutterstock.com

Hormon tiroid sangat penting untuk membantu bayi dalam kandungan berkembang, terutama selama tiga bulan pertama. Karena itu, seseorang yang memiliki penyakit tiroid harus memantau kadar hormonnya sebelum dan selama kehamilan.

5. Makanan Memengaruhi Penyakit Tiroid

5 Fakta Penyakit Tiroid

Foto: shutterstock.com

Becky Campbell menunjukkan bahwa makanan memainkan peran utama dalam tingkat peradangan di tubuh Anda. Banyak tiroid akibat peradangan, jadi makanan tertentu bisa mendukung dan menjaga tiroid.

"97 persen penyakit tiroid bersifat autoimun dan sebagian besar sistem kekebalan berada di usus. Inilah sebabnya mengapa mendukung kesehatan usus menjadi prioritas ketika menjaga kondisi tiroid secara alami," jelasnya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait