Rupa-rupa

19 Agustus 2021

8 Alat Musik yang Tergolong Sebagai Alat Musik Idiophone, Wajib Tahu!

Berikut ini adalah beberapa jenis alat musik idiophone!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sudah familiar dengan alat musik idiophone?

Sebelum mengenal lebih jauh apa sebenarnya alat musik idiophone itu, ada baiknya Moms memahami terlebih dahulu bagaimana berbagai alat musik itu diatur.

Pertama-tama Moms harus memahami Klasifikasi Alat Musik Hornbostel-Sachs, yang berasal darinya.

Klasifikasi Alat Musik Hornbostel-Sachs adalah struktur untuk mengkategorikan alat musik. Sistem klasifikasi ini pertama kali dibuat oleh Erich von Hornbostel dan Curt Sachs.

Mereka menciptakan ini untuk menemukan cara mengatur dengan baik banyak instrumen di seluruh dunia.

Klasifikasi ini didasarkan pada bagaimana suara dihasilkan oleh masing-masing instrumen tersebut.

Erich von Hornbostel dan Curt Sachs memperhatikan bahwa ada pola antar instrumen. Pola-pola ini digunakan untuk membuat kategori dan subkategori untuk berbagai kelompok instrumen.

Dalam klasifikasi Hornbostel-Sachs, instrumen dikelompokkan menjadi 4 kategori utama. Ini adalah aerophones, chordophones, membranophones, dan terakhir idiophones.

Nah, jika Moms ingin mengetahui seperti apa contoh-contoh alat musik idiophone, simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Alat Musik untuk Anak, Banyak Manfaatnya!

Mengenal Alat Musik Idiophone

Alat Musik Idiophone

Foto: rajatourbandung.com

Dalam sistem Hornbostel-Sachs, alat musik idiophone terdaftar sebagai klasifikasi instrumen pertama.

Mengutip artikel dari Bamboo Instruments, ia adalah alat musik apa pun yang menciptakan suara dengan cara menghasilkan getaran, namun tanpa menggunakan senar atau membran.

Alat musik idiophone adalah alat musik yang membutuhkan penggunaan bahan padat untuk membuat getaran untuk menghasilkan suara dan suara akan dihasilkan dengan memukul instrumen agar beresonansi.

Ada berbagai bahan yang bisa digunakan untuk membuat idiophone ini. Moms dapat menggunakan logam, batu, dan kayu. Alat musik yang terbuat dari bahan-bahan tersebut kemudian dipukul bersama-sama untuk menghasilkan bunyi.

Instrumen idiophone dapat dibuat dari bahan apa saja kecuali senar dan membran atau drum.

Artinya, instrumen apa pun yang menghasilkan suara utama melalui resonansi dari instrumen senar dan membran tidak dihitung karena mereka memiliki kategorinya sendiri.

Pernahkah Moms mendengar tentang perkusi sebelumnya?

Perkusi merupakan alat musik yang menghasilkan bunyi dengan cara dipukul atau dikerok menggunakan bahan pemukulan. Itu berarti semua idiophone adalah alat musik perkusi kecuali gendang yang merupakan alat musik membranofon.

Baca Juga: Apa Manfaat Balita Belajar Bermain Alat Musik Sejak Dini?

Alat Musik Idiophone di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa alat musik tradisional Indonesia yang masuk ke dalam kategori alat musik idiophone:

1. Angklung

Alat Musik Sunda - Angklung

Foto: Orami Photo Stock

Alat musik asal Jawa Barat ini adalah salah satu alat musik idiophone.

Alat musik ini menghasilkan suara saat ia digoyangkan dan suara yang dihasilkannya cukup khas karena alat musik ini terbuat dari bambu.

Hingga kini, angklung masih sering dimainkan pada berbagai pagelaran budaya masyarakat di Sunda, atau bahkan ke khalayak internasional.

2. Kolintang

Cara Memainkan Alat Musik Kolintang

Foto: Orami Photo Stock

Jenis alat musik idiophone yang selanjutnya adalah kolintang yang merupakan alat musik asli dari Minahasa. Sama seperti angklung, kolintang juga masih dipakai pada saat pagelaran seni budaya dan upacara adat.

Namun, cara memainkan alat musik ini bukan digoyangkan, melainkan dipukul menggunakan alat pemukul yang juga dibuat khusus.

3. Saron

Alat Musik Jawa Tengah - Saron

Foto: Orami Photo Stock

Saron adalah salah satu alat musik idiophone tradisional yang dapat dimainkan dengan cara dipukul. Untuk memukul alat musik ini, Moms bisa menggunakan tongkat pemukul yang bentuknya mirip dengan palu.

Berbeda dari kolintang dan angklung, bahan untuk membuat saron yaitu berasal dari logam. Sedangkan bagian-bagian saron yang dipukul yaitu bilah logam yang disusun berdasarkan urutan tangga nada.

Saron dimainkan dengan menggunakan teknik dasar memathet, yakni teknik untuk menghilangkan dengungan bilah logam yang telah dipukul dengan cara menyentuh bilah tersebut setelah dipukul.

4. Bonang

Alat Musik Jawa Tengah - Bonang

Foto: Orami Photo Stock

Alat musik idiophone selanjutnya adalah bonang yang merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul pada sisi bagian luarnya. Biasanya alat untuk memukul menggunakan tongkat pemukul.

Bonang juga dibuat dengan menggunakan bahan logam kuningan dan ia dibentuk menyerupai gong kecil. Alat musik ini juga merupakan salah satu bagian dari alat musik gamelan.

Baca Juga: Sarana Edukasi Anak, Ini 10 Ragam Tarian Tradisional Indonesia

5. Gong

Alat Musik Betawi - Gong dan Kempul

Foto: Orami Photo Stock

Gong adalah alat musik idiophone yang paling mudah dikenali karena ia biasanya berukuran besar dan banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara.

Kebanyakan Gong dibuat dengan menggunakan bahan perunggu dan ia dimainkan dengan cara dipukul. Untuk memukulnya digunakan alat penabuh yang bagian ujungnya dilapisi dengan menggunakan kain atau karet.

Saat dipukul, Gong akan menghasilkan suara yang berasal dari getaran badannya pada saat ditabuh.

6. Tamborin

Tamborin

Foto: majalahpraise.com

Tamborin adalah alat musik yang akan menghasilkan suara saat ia digoyangkan. Goyangan dari tamborin ini juga akan membuat piringan kecil yang berada pada pinggir tamborin saling berbenturan sehingga menghasilkan bunyi.

Di Indonesia, alat musik yang satu ini juga seringkali dimainkan dalam Qasidahan.

7. Glockenspiel

Alat Musik Idiophone - Glockenspiel

Foto: woodbrass.com

Tak hanya dari Indonesia, ada banyak jenis alat musik idiophone lainnya di dunia ini. Seperti misalnya alat musik yang tergolong modern yakni glockenspiel.

Alat musik ini bentuknya mirip dengan Kolintang. Namun, glockenspiel terdapat bilah-bilah nada yang dibuat dengan menggunakan bahan baja sehingga menghasilkan bunyi yang nyaring.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan stik.

8. Triangle

Alat Musik Idiophone - Triangle

Foto: twinkl.co.uk

Disebut sebagai Triangle karena bentuknya segitiga dan cara memainkan alat musik ini hanya dengan cara dipukul menggunakan tongkat besi.

Triangle terbuat dari bahan logam yang berasal dari baja atau tembaga dan supaya rambatan getaran yang dihasilkan oleh Triangle terdengar bersih, maka Triangle tersebut bisa diikat dengan menggunakan kawat atau nilon.

Setelah itu tali tersebut kemudian akan diikat ke penyangga yang ditempelkan pada tiang atau juba dipegang menggunakan tangan.

Nah, itu dia Moms, beberapa contoh alat musik idiophone. Alat musik mana yang pernah Moms mainkan?

  • https://bambooinstruments.com/blog/idiophone-musical-instruments/
  • https://www.allthemusicalinstrumentsoftheworld.com/index.php?page=ClassificationofMusicalInstruments
  • https://www.britannica.com/art/idiophone
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait